Sponsors Link

7 Cara Menghentikan Penyadapan Hp yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Dewasa ini tindakan kejahatan bisa dikatakan semakin beragam, salah satunya tindakan kejahatan dalam bidang teknologi informasi. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini banyak teknologi yang bermunculan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari manusia salah satunya adalah teknologi yang sudah ada sejak lama yakni handphone atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan smartphone atau ponsel pintar.

ads

Tindak kejahatan yang sering terjadi yang menyerang hp adalah penyadapan atau aksi hacking yang dilakukan oleh hacker. Tentunya tindakan penyadapan ini dilakukan demi untuk menuai keuntungan dari pihak korban, dimana para hacker yang melakukan penyadapan bisa mencuri informasi yang ada di hp korban baik itu akun sosial media atau bahkan akun banknya. Tentu hal seperti ini adalah tindakan yang sangat merugikan bagi para pengguna teknologi ini, terlebih lagi pengguna hp sekarang ini sudah dapat dikatakan menyebar diseluruh kalangan baik tua maupun muda dan bahkan anak-anak.

Tentu untuk menghindari kerugian dari proses penyadapan tersebut kamu perlu mengetahui cara menghentikan penyadapan hp agar para hacker tidak bisa mencuri informasi kamu dan mereka gunakan dengan tidak bertanggung jawab. Beberapa cara menghentikan penyadapan hp yang bisa kamu lakukan untuk hp kamu yakni sebagai berikut:

1. Rutin Melakukan Pembaruan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan penyadapan hp adalah dengan rutin melakukan pembaruan sistem pada hp kamu, hal ini bertujuan untuk memperkuat keamanan yang ada. Ketika sistem mengadakan pembaruan pihak developer tentunya telah menemukan celah-celah yang perlu ditutup agar tidak menjadi jalan masuk bagi para oknum tidak bertanggung jawab, itulah mengapa pentingnya mengadakan pembaruan sistem.

2. Menginstall Aplikasi Antivirus

Jika smartphone kamu tidak dibekali dengan antivirus bawaan kamu bisa menginstall aplikasi antivirus Android terbaik gratisan yang bisa kamu download dengan mudah di Play Store. Dengan menginstall antivirus maka hp kamu akan mendapatkan pengamanan yang lebih ekstra, hal ini akan membuat para hacker sedikit lebih kesulitan untuk membobol hp kamu, terlebih lagi jika kamu rutin melakukan proses scanning dan juga pembaruan antivirus tentunya aktivitas penyadapan akan mudah untuk dihentikan.

3. Hindari Mendownload Sesuatu yang Terlihat Tidak Aman

Beberapa orang jarang untuk memperhatikan hal semacam ini, ketika mereka berselancar di internet dan melihat sesuatu yang menarik untuk didownload ia langsung mendowonloadnya dan bahkan memasangnya begitu saja tanpa memeriksa aplikasi seperti apa yang ia download dan pasang tersebut. Aplikasi seringkali menjadi incaran para peretas untuk memasang jalan masuk bagi mereka untuk mendapatkan akses. Tidak hanya aplikasi beberapa virus yang mereka tanamkan di website-website seringkali juga menjadi jalan masuk mereka.

Oleh karena itu sebaiknya kita jangan mendownload sembarang file dan memasangnya begitu saja melainkan kita harus memeriksanya dahulu apakah aplikasi tersebut aman. Bisa dengan cara melihat website tempat aplikasi itu didownload apakah terlihat resmi atau tidak, atau dengan melihat properties dari aplikasi tersebut biasanya aplikasi atau file yang berisi virus memiliki size yang kecil. Memilih browser Android terbaik juga bisa menjadi kunci untuk menghindari terjadinya tindak penyadapan.

4. Menghapus Aplikasi Asing

Seperti yang sudah kita bahas di atas, aplikasi adalah sarana yang sering dijadikan tempat untuk memasang jalan masuk yang dilakukan oleh para hacker untuk mendapatkan akses pada hp kamu. Cara untuk menghentikan penyadapan yang dilakukan melalui aplikasi adalah dengan rutin memeriksa aplikasi yang terpasang di hp kamu. Apabila ada aplikasi yang tidak pernah ada di hp kamu sebelumnya maka kamu patut untuk mencurigainya dan apabila memang ternyata benar maka kamu bisa mencopot pemasangan aplikasi tersebut, kamu bisa mengetahuinya dengan browsing ke mbah google apakah aplikasi itu memang ada atau tidak.

5. Menghindari Menyimpan Informasi Penting di Hp

Usahakan sebisa mungkin untuk tidak menyimpan informasi-informasi penting di hp tentunya hal ini bertujuan untuk meminim terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Jika penyadapan tidak bisa kamu atasi umumnya para hacker akan berhenti menyadap hp kamu karena tidak ada data-data penting yang bisa mereka ambil di hp kamu, sehingga hal ini tentunya bisa menghentikan proses penyadapan karena hacker merasa hp kamu tidak ada hal yang menguntungkan bagi mereka. Pelajari juga cara mengamankan Whatsapp agar tidak disadap agar tidak kecolongan data-data penting.

Sponsors Link

Selain menghindari menyimpan data penting kamu juga perlu menutup kamera dengan plester karena biasanya jika tidak mengambil data hacker seringkali menyadap kamera hp untuk mendapatkan gambar-gambar dari kamu ketika bermain hp, tentunya ada kemungkinan bukan kamu menggunakan hp dengan pakaian terbuka, pastinya hal seperti ini akan merugikan untuk kamu jika para hacker memanfaatkan kamera kamu untuk mengambil gambar kamu.

6. Mematikan Bluetooth Apabila Tidak Terpakai

Selain melalui aplikasi para hacker juga seringkali menggunakan fasilitas bawaan yang ada di hp yakni bluetooth. Apabila bluetooth aktif dan hacker berada di jangkauan hp kamu maka ia akan sangat mudah untuk mendapatkan akses dari hp kamu tanpa kamu sadari, oleh karena itu ada baiknya mematikan fungsi bluetooth kamu jika tidak digunakan.

7. Install Ulang / Flash

Cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan tindak penyadapan yang dilakukan hacker pada hp kamu adalah dengan cara install ulang atau dikenal juga dengan proses flashing hp. Apabila kamu melakukan cara flash hp Android ini semua data di hp kamu akan bersih dan kembali seperti baru beli, dengan begini semua akses yang telah ditanamkan oleh hacker di hp kamu bisa kamu tutup dan membuat hp kamu aman kembali, tentunya sebelum melakukan hal ini kamu perlu melakukan backup data penting agar data-data pemting kamu yang ada di hp tetap aman dan bisa kamu masukan kembali ketika proses flashing sudah selese.

Yang terpenting dalam mengentkan penyadapan hp adalah memberikan pengamanan yang lebih ketat pada hp kita sehingga akan membuat para hacker kesulitan untuk mendapatkan akses hp kamu dan juga kamu perlu sedikit lebih perhatian dalam hal browsing atau seacrhing serta dalam hal download atau memasang aplikasi karena melalui hal itu hacker bisa dengan mudah mendapatkan akses ke hp kamu

Itulah cara menghentikan penyadapan hp yang terbukti ampuh dan bisa kamu lakukan jika hp kamu memang benar-benar terserang aksi hacking para hacker tidak bertanggung jawab atau dikenal juga dengan black hacker.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi