Sponsors Link

5 Penyebab Layar Android Tidak Sensitif Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Smartphone merupakan sebuah kebutuhan sekunder yang semakin lama semakin berganti menjadi kebutuhan primer setiap orang. Smartphone yang semakin berkembang dan memiliki segala fitur yang menarik membuat orang menjadikan smartphone adalah barang yang wajib dibawa kemana-mana. Smartphone menjadi barang wajib yang perlu dimasukkan list barang penting dan dibawa saat kesekolah, kerja, travelling, dan kegiatan lainnya. Menjadi sebuah keharusan yang sangat signifikan dan bahkan anak kecil saja pada saat ini sudah mengerti apa itu smartphone, serta sudah memilikinya. Kehebatan teknologi memang tidak bisa disalahkan, namun diperlukan kewaspadaaan terhadap masa berkembang anak dengan kebiasaan bermain dengan smartphonenya setiap hari.

ads

Smartphone bersistem operasi Android bisa ditemui disetiap sudut kota hingga daerah. Sama halnya dengan smartphone, Android juga melakukan hal yang sama yaitu selalu menghadirkan versi-versi terbarunya, hingga disematkan ke smartphone. Terkadang terdapat beberapa kesalahan yang membuat smartphone khususnya android tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam artikel ini akan diulas mengenai apa sebenarnya penyebab layar android menjadi tidak sensitif lagi. Berikut adalah penyebab layar android tidak sensitif:

  • Jari tangan yang basah

Tidak semua jenis android bisa digunakan dalam kondisi jari tangan yang basah. Hal ini wajar saja terjadi karena layar android terkadang tidak bisa digunakan secara maksimal dalam kondisi tangan yang basah. Diperlukan kebiasaan untuk selalu menggunakan touchscreen smartphone dalam kondisi tangan yang kering. Disamping untuk menjaga agar layar smartphone tetap dalam kondisi prima, hal tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan kebiasaan yang baik sehingga tidak mudah merusak secara tidak langsung dan perlahan smartphone anda.

Dengan menggunakan jari tangan yang basah terdapat kemungkinan bahwa anda akan merasa tidak nyaman dengan kondisi tangan yang basah serta menimbulkan rasa risih.

  • Menggores layar smartphone dengan barang yang kasar

Perlu diketahui bahwa touchscreen pada smartphone adalah tempat yang sangat sensitif. Tidak semua barang bisa digunakan untuk menggerakkan atau mengakses touchscreen smartphone. Hindarilah barang-barang yang kasar saat menggunakan touchscreen smartphone, karena ketika hal tersebut dilakukan, touchscreen smartphone mungkin tetap akan merespon gesekan benda kasar tersebut, namun perlu diketahui bahwa ketika anda terlalu sering mengoreskan benda kasar ke touchscreen anda, performa touchscreen akan menurun secara perlahan. Memang tidak langsung terjadi touchscreen tidak sensitif, akan membutuhkan waktu yang lama ketika anda memiliki kebiasaan buruk seperti itu dapat menurunkan performa sensitifitas pada layar smartphone.

  • Menggores layar smartphone dengan benda tajam

Tidak bisa dihindari lagi bahwa setiap hari kita akan menjumpai benda tajam disekitar kita. Benda yang memiliki fungsi yang cukup bervariasi, tergantung penggunaannya, dan tergantung yang menggunakan. Kita ketahui bahwa smartphone adalah benda yang relatif kecil dan bisa rusak kapan saja tergantung pemakaiannya. Jangan pernah anda mencoba mengoreskan layar smartphone anda dengan benda tajam, karena bisa saja terjadi layar smartphone anda akan rusak atau tidak berfungsi dengan optimal atau tidak sensitif lagi. Tidak semua smartphone dilindungi dengan pelindung layar yang menggunakan fungsi anti-gores, sehingga dalam pemakaian smartphone sehari-hari anda perlu memperhatikan pemakaian smartphone dengan baik dan bijak sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Smartphone terjatuh

Hal yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu adalah smartphone terjatuh. Mini kecelakaan yang bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar sangat memungkinkan bahwa ketika kita sedang berjalan-jalan, smartphone kita terjatuh. Hal tersebut adalah hal yang biasa terjadi. Dan bahkan saat kita diam pun smartphone bisa saja terjatuh dengan sendirinya, entah karena kita tidak sengaja menyentuhnya atau kita meletakkan smartphone pada pinggiran meja.

Harusnya kita bertindak hati-hati agar smartphone tidak terjatuh, karena hal tersebut bisa saja membuat layar smartphone menjadi rusak, pecah dan bahkan tidak berfungsi lagi. Layar smartphone merupakan bagian yang sangat sensitif dan perlu adanya perawatan terhadap smartphone.

Sponsors Link

  • Tercebur ke air

Hal yang sama ketika smartphone terjatuh, bisa saja tidak jatuh di jalan atau tempat yang kering. Smartphone bisa jatuh dimana saja, tergantung kita membawanya ke tempat mana. Layaknya seorang teman atau asisten pribadi yang selalu mengikuti kita kemanapun, itulah yang dinamakan smartphone. Ketika smartphone anda tidak memiliki fungsi tahan air, maka salah satu penyebab ini adalah hal yang fatal terjadi untuk smartphone anda. Smartphone yang tidak dilindungi dengan pelindung tahan air, ketika terjatuh kedalam air, smartphone anda bisa saja mengalami kerusakan, mulai dari layar yang tidak bisa berfungsi dengan baik hingga smartphone tidak bisa dinyalakan.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat layar smartphone anda menjadi tidak sensitif atau tidak berfungsi secara normal. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi penyebab tersebut, antara lain:

  1. Berikan pelindung smartphone

Untuk menjaga agar smartphone dalam kondisi yang aman, dan mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan, anda bisa memasang pelindung pada smartphone anda. Banyak hal yang bisa dijadikan untuk  melindungi smartphone anda. Dengan berkembangnya teknologi, dan semakin meningkatkan inovasi berbagai aksesoris untuk smartphone bisa membantu anda untuk menemukan berbagai pelindung untuk smartphone anda.

Pelindung yang bisa anda gunakan untuk samartphone anda adalah:

– Screenguard anti-gores

Sponsors Link

Screenguard ini bisa membantu anda untuk mengurangi agar smartphone anda tidak terkena goresan. Namun anda harus tetap berhati-hati dalam memilih srceenguard yang cocok untuk spesifikasi smartphone anda. Tidak semua jenis screenguard cocok dengan smartphone anda, jadi sebelum membeli, pastikan anda bertanya terlebih dahulu dan mencari tahu bagaimana screenguard yang cocok untuk smartphone anda.

– Case

Anda bisa menggunakan case untuk melindungi smartphone yang anda miliki. Case smartphone sudah banyak dijumpai bahkan disemua toko aksesoris smartphone atau bahkan pada online shop yang khusus menawarkan case smartphone. Tentunya anda juga harus mengetahui spesifikasi smartphone anda sehingga ketika anda membeli case cocok dengan smartphone anda.

  1. Gunakan dengan hati-hati

Semua hal yang kita lakukan harusnya dilakukan dengan cara hati-hati sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada barang yang kita miliki. Begitu pula dengan smartphone, anda harus menjaganya dengan hati-hati dan tidak boleh ceroboh.

Itulah informasi mengenai penyebab layar android tidak sensitif yang bisa saya sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat. 😊



Oleh :
Kategori : Teknologi