Sponsors Link

Cara Merekam Layar hp Android, dengan Aplikasi Maupun Tidak Pakai Aplikasi

Sponsors Link

Saat ini di dunia banyak sekali orang yang menggunakan hp android. Mereka menggunakan android tidak hanya sebagai alat komunikasi, membuka sosial media, browsing internet, bermain game, namun juga untuk mengerjakan pekerjaan sekolah dan kantor, semuanya dapat dipermudah melalui penggunaan hp android tersebut.

ads

Terkadang seseorang membutuhkan rekaman dari layar hp android mereka, dikarenakan mereka ingin merekam aktivitas untuk ditampilkan atau juga sebagai alat bukti apa saja kegiatan yang dilakukan seseorang dengan menggunakan hp android mereka, terutama untuk orang tua kepada anaknya.

Sebagai contoh umum, saat presentasi atau membuat video tutorial. Para gamers pun menjadikan fungsi lain dari merekam layar android mereka adalah untuk merekam hasil permainan mereka di sosial media terutama youtube. Sehingga, walaupun tidak banyak orang yang membutuhkan alat untuk merekam layar hp android, akan tetapi beberapa orang masih mencari aplikasi yang bisa melakukan hal tersebut.

Tanpa Install Aplikasi Bisa Merekam Hp Android ?

Banyak pertanyaan yang muncul berkaitan dengan bisa atau tidaknya merekam layar hp android tanpa menggunakan aplikasi yang di instal dari Playstore. Jawabannya adalah bisa, salah satunya dengan cara menggunakan aplikasi bawaan hp android yaitu Google Play Games.

Melalui google play games, para gamers hanya perlu mengikuti tahapan atau arahan yang ditampilkan. Sebagai contoh; pilih game yang akan direkam, kemudian klik icon lingkaran yang berwarna merah. Pilih kualitas rekaman yang 720p atau 480p, lalu klik “next”. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita juga bisa mengatur apakah suara sekitar juga akan ikut terekam melalui microphone atau tidak. Setelah beberapa tahapan tersebut diikuti, gamers dapat langsung “launch” atau mulai merekam. Saat proses perekaman berlangsung, ada icon floating yang dapat berfungsi untuk mematikan kamera depan, mematikan microphone, atau menghentikan rekaman. Aplikasi google play games yang merupakan bawaan hp android bisa juga berfungsi untuk merekam aplikasi lainnya.

Selain menggunakan google play games, dapat juga dilakukan alternatif perekaman layar hp android dengan menggunakan Youtube Gaming. Youtube gaming ini berguna juga untuk streaming, atau proses menampilkan hp layar android secara real time atau langsung kepada orang lain, tentunya melalui sambungan internet. Akan tetapi selain itu juga dapat digunakan untuk perekam offline, dan dapat juga berfungsi sebagai perekam (recording) layar hp android.

Bila anda tidak menemukan 2 (dua) aplikasi bawaan (google play games atau youtube gaming) pada hp android yang anda beli, maka anda dapat merekam layar hp android dengan menggunakan kamera hp android lain atau alat video recording.

Aplikasi Perekam Layar Hp Android

Berikut ini akan kita bahas mengenai beberapa aplikasi yang bisa melakukan perekaman layar hp android dengan bagus. Aplikasi-aplikasi tersebut ialah:

Sponsors Link

  1. AZ Screen RecorderAplikasi AZ Screen Recorder ini dibuat oleh Hecorat, yang bisa digunakan walaupun hp belum di root atau di jailbreak.Sehingga aplikasi ini bisa digunakan tanpa perlu repot me-root hp android anda. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan syarat watermark aplikasi, dengan ini anda dapat menghasilkan video yang bersih dan jernih.Selain itu juga, aplikasi ini bebas iklan serta dapat membuat rekaman dengan baik dan smooth. Untuk penggunaan nya, pada aplikasi terdapat magic button, sehingga tidak tampil tombolnya pada saat perekaman layar hp android.Untuk kamu yang suka blogging, atau menampilkan diri saat melakukan tutorial dan aktivitas keseharian, aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk merekam wajah atau emosi user. Sebelum proses perekaman berlangsung pun aplikasi ini akan menunjukkan count down timer, tentunya hal ini dapat membantu anda mempersiapkan diri untuk melakukan perekaman. Terlebih lagi, aplikasi ini menyediakan fitur draw on the screen. Juga penyuntingan video setelah perekaman layar hp android dilakukan. Untuk penggunaan aplikasi ini, tinggal jalankan aplikasi AZ Screen Recorder lalu tekan tombol rekam.
  2. Screen RecorderAplikasi screen recorder ini dibuat oleh Mobidev Studio. Pada aplikasi ini terdapat pengaturan perekaman layar hp android baik dari resolusi yang paling rendah yaitu 240p hingga resolusi yang paling tinggi yaitu 1080p. Atau lebih dikenal sebagai resolusi HD (High Definition).Pada aplikasi ini juga terdapat pengaturan frame atau gambar per tiap gerakan, dan hasil perekaman pun dapat dilakukan tanpa adanya batasan waktu. Yang lebih menariknya lagi, rekaman pun bisa dikontrol melalui menu notifikasi.
  3. Mobizen Screen Recorder 
    Sponsors Link


    Aplikasi mobizen ini juga menampilkan kualitas HD. Aplikasi ini juga seperti AZ screen recorder yang memiliki facecam atau perekaman kamera depan untuk merekam wajah atau emosi user.Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur editing video, tentunya sangat menarik untuk dicoba. Video yang hendak anda tampilkan tidak akan terlihat monoton. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bisa menambahkan musik di dalamnya sehingga dapat menambah kemeriahan video dan membuat video yang anda buat lebih menyentuh dan mengenang. Kelebihan lainnya pula, aplikasi ini dapat menambahkan intro dan outro video, yaitu video identitas pembuat yang muncul pada awal video juga pada akhir video. Sehingga membuat rekaman video layar hp android lebih berkelas dan memiliki identitas.Aplikasi ini juga memiliki hasil rekaman tanpa batas waktu dan tanpa watermark juga. Ini tentu cukup menguntungkan bagi orang lain yang ingin mengupload ulang video hasil rekaman anda. Menariknya lagi, penyimpanan rekaman layar hp android anda dapat dilakukan pada memori external, sehingga dapat menyimpan lebih banyak hasil rekaman. Dengan demikian, akan lebih banyak lagi memori atau kenangan yang dapat disimpan dan diabadikan melalui penggunaan aplikasi ini.Dengan di downloadnya aplikasi ini hingga 30 juta user, menunjukkan bahwa aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna android saat ini.Demikian pembahasan mengenai cara perekaman layar hp android dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kiranya informasi dapat membantu dan mempermudah anda yang tidak mudah lepas dari menggunakan hp android sebagai pelengkap aktivitas keseharian.

Demikian artikel mengenai cara merekam layar hp android, semoga informasi cara merekam layar hp android pada artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi