Sponsors Link

16 Cara Cek Keaslian iPhone Paling Lengkap dan Mudah

Sponsors Link

Apple merupakan salah satu produsen gadget yang cukup fenomenal. Rata-rata, produk yang diproduksi oleh produsen ponsel ini memiliki harga kelas premium. Meskipun demikian kualitas yang dijanjikan oleh Apple untuk produk-produk yang dijualnya tentu saja sangat tidak mengecewakan. Terlebih untuk jenis iPhone. Produk dari Apple yang satu ini sudah meluncur ke pasaran dengan beberapa tipe tertentu yang cukup memiliki kualitas premium. Kualitas yang terjamin ini tentu saja membuat iPhone menjadi salah satu smartphone yang cukup diburu oleh banyak orang. Namun karena harganya yang sedikit lebih mahal dari smartphone lainnya, membuat para produsen nakal membuat replika atau membuat iPhone yang palsu.

ads

Sebagai pembeli yang bijak, tentu saja melakukan pembelian produk yang asli akan lebih baik daripada Anda harus melakukan pembelian produk yang palsu. Selain itu, dengan melakukan pembelian produk yang asli, Anda akan mendapatkan jaminan kualitas yang cukup baik sehingga akan membuat Anda bisa memperoleh umur pakai iPhone yang lebih lama jika dibandingkan dengan ketika Anda melakukan pembelian produk yang palsu. Nah, bagaimana cara cek keaslian iPhone agar tidak tertipu oleh produsen nakal? Berikut ini cara-cara yang bisa Anda gunakan:

1. Material Casing

Design dari iPhone selalu terlihat elegan dan menakjubkan, karena material casing iPhone asli terbuat dari campuran aluminium dan kaca. Material ini juga membuat iPhone asli memiliki body yang lebih kokoh. Meskipun kokoh, namun ketika digenggam, iPhone yang asli lebih terasa ringan. Berbeda dengan yang palsu, iPhone yang palsu ini tidak memiliki body yang kokoh. Jikapun kokoh, pasti ketika digenggam akan terasa berat. Sehingga inilah yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli iPhone yang asli. Ketika Anda melakukan pembelian, maka genggam dan cek material body terlebih dahulu agar tidak sampai tertipu. Selain itu, karena iPhone palsu menggunakan bahan yang murah, tentu tidak akan tahan banting seperti iPhone asli.

2. Layar Retina

Keaslian dari iPhone, bisa Anda cek juga dengan membandingkan kualitas layarnya. Apabila Anda bisa melihat layar retina yang ada pada layar ponsel ini, maka bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah palsu. Karena iPhone yang asli tidak akan mudah dilihat layar retinanya, baik itu pada jarak yang dekat maupun pada jarak yang cukup jauh. Layar retina adalah sebuah layar yang memiliki dioda sangat kecil. Sehingga ketika Anda menggunakan jarak yang cukup jauh untuk melihatnya akan cukup sulit dilakukan. Apabila Anda bisa melihat komponen yang sangat kecil tersebut pada layar dari jarak yang cukup jauh, maka bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah palsu. Ini hal paling penting yang membedakan iPhone asli dengan yang palsu.

3. iTunes

Bagi pengguna iPhone tentu sudah mengenal iTunes. iTunes merupakan salah satu sistem yang mampu mengakomodir sebuah iPhone, seperti untuk mengirim dan memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain serta berfungsi untuk menambahkan atau mendownload musik dan masih banyak fungsi lainnya. Ketika Anda coba melakukan analisa dengan menggunakan iTunes, namun ternyata iPhone Anda tidak dikenali, maka Anda wajib curiga bahwa Anda sudah membeli sebuah iPhone yang palsu. iPhone yang asli pasti akan dikenali oleh iTunes. Ketika Anda akan melakukan pembelian iPhone, maka pastikan untuk selalu melakukan pengecekan terhadap sistem di iTunes. Namun jika Anda membelinya di counter resmi iPhone, maka Anda tidak akan mendapatkan iPhone yang palsu.

4. App Store

App store merupakan toko aplikasi atau pusat belanja aplikasi ponsel yang hanya terdapat pada iPhone. Android memiliki lisensi atas Google Play Store. Windows Phone memiliki lisensi atas Windows Store dan BlackBerry memiliki lisensi atas BlackBerry App World. Hal ini kadang dianggap sepele oleh para konsumen. Padahal di dalam App Store, Anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang hanya diperuntukkan untuk iPhone dan tidak bisa dipasang di sistem operasi lain. Sedangkan iPhone yang palsu, biasanya akan muncul Play Store sebagai pasar aplikasinya yang kelengkapannya tentu berbeda dengan App Store.

Sponsors Link

5. Screenshot Layar

Screenshot adalah salah satu fitur untuk memfoto atau menangkap layar ponsel yang sedang dijalankan. Mengecek kemampuan screenshot merupakan salah satu cara yang paling gampang untuk membedakan iphone asli dengan yang palsu. Anda bisa melakukan screenshot dengan menekan tombol kunci dan home secara bersamaan, cara tersebut juga berlaku di hp Android. Jika iPhone Anda tidak mampu melakukannya, maka Anda patut curiga bahwa iPhone tersebut palsu.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

6. Harga Iphone

Mengenali keaslian iPhone juga bisa Anda lakukan dengan mengetahui harga jualnya di pasaran. Sebelum Anda melakukan pembelian iPhone, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan di situs resmi Apple atau datang langsung ke gerai Apple, untuk mengetahui berapakah harga normal yang dilepas ke pasaran. Sehingga dengan mengetahui harga resminya, maka Anda tidak akan terkecoh dengan promo-promo yang diberikan oleh beberapa situs belanja yang belum tentu benar adanya. Kalaupun Anda ingin membelinya secara online, maka pastikan bahwa situs belanja tersebut terpercaya dan mampu memberikan jaminan apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan aslinya atau ternyata malah palsu. Setidaknya ketika Anda akan melakukan pembelian online maupun langsung ke counter, Anda wajib melakukan pemeriksaan terhadap faktor harga. Sebab semurah-murahnya harga yang dipasang, tidak akan mungkin memberikan harga yang terlampau murah dari produk iPhone yang asli.

7. Sistem Operasi iOS

Sistem operasi iOS memiliki kemampuan menjalankan ponsel dengan sangat cepat. Sehingga dengan menggunakan iPhone asli, ketika Anda melakukan akses ke beberapa menu, maka Anda akan cukup mudah untuk melakukannnya. Sedangkan untuk iPhone yang palsu, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat mengakses menunya. Ketika membeli iPhone, cobalah untuk menjalankan ponsel dan membuka beberapa aplikasinya untuk mengecek kecepatan ponsel. Sayangnya ketika Anda melakukan pembelian produk melalui situs belanja online, Anda tidak dapat melakukan cara ini. Anda baru bisa melakukannya setelah menerima produknya. Apabila situs belanja tersebut terpercaya atau resmi, tentu akan bertanggung jawab apabila ditemukan iPhone palsu pada produknya. Namun jika Anda membelinya melalui situs tidak resmi, maka Anda menanggung resikonya sendiri.

8. Cek Kemasan dan Box

Kemasan dan box pembungkus juga bisa dijadikan patokan untuk membedakan iPhone asli dengan yang palsu. Berikut cara mengenali keaslian iPhone dari kemasan dan boxnya:

  • Cek IMEI

IMEI merupakan salah satu tanda pengenal dari hampir seluruh ponsel. Tidak ada satupun ponsel yang dipasarkan tanpa adanya IMEI. IMEI dari Iphone tertera di box dan juga tertera di bagian belakang ponsel. IMEI yang tertera di box semestinya sama dengan yang ada di bagian belakang ponsel. Ketika IMEI yang tertera di box tidak sama dengan yang terteda di ponsel, maka Anda wajib curiga tentang keaslian iPhone. Sebab biasanya IMEI ini akan menjadi salah satu faktor terpenting untuk menentukan keaslian iPhone. Anda juga bisa cek IMEI dengan mengakses support center iPhone yang bisa Anda akses melalui ponsel Anda.

  • Logo pada Box

Logo iPhone yang ada pada box iPhone terbuat dari metalik Apple. Ukuran dari logo tersebut juga lebih presisi. Jika Anda tidak menemukan logo metalik ini maka keaslian dari iphone Anda wajib dicurigai. Kemudian ukuran presisi dari logo tersebut sangat baik. Ketika Anda menjumpai logo yang tidak memiliki presisi yang seimbang, maka Anda wajib curiga akan keaslian dari iPhone tersebut. Logo ini kelihatannya sepele, namun jika Anda mencermatinya, maka Anda akan mendapatkan bahwa logo ini menjadikan Anda bisa membedakan keaslian iPhone dengan cukup mudah dan cukup baik.

9. Design iPhone

Ketika Anda akan melakukan pembelian produk iPhone maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan terhadap design dan juga ukuran dari iPhone yang akan Anda beli. Ketika Anda akan melakukan pembelian iPhone Anda bisa cek dimensi, ketebalan dan juga ukuran layarnya dengan lebih cermat. Sebab untuk beberapa produk iPhone yang palsu, spesifikasi tersebut tidak sama dengan yang dikeluarkan oleh pihak Apple. Dimensi ini cukup penting terutama pada berat, ketebalan ponsel dan juga besarnya layar. Jika Anda memperhatikan dan melakukan pengamatan terhadap dimensi iPhone yang akan Anda beli, maka setidaknya Anda akan meminimalisir kemungkinan membeli produk yang palsu. Jika memungkinkan, Anda bisa mengeceknya dengan penggaris dan timbangan untuk memastikan dimensi dan berat dari iPhone tersebut sesuai dengan spesifikasi resminya.

10. SIM Card

iPhone asli tidak pernah memiliki fitur dual SIM atau penggunaan 2 nomer dalam 1 ponsel. Apabila Anda mendapatkan iPhone yang memiliki fitur dual SIM, maka iPhone tersebut adalah palsu. Sebab iPhone diproduksi hanya dengan menggunakan single SIM atau 1 nomer ponsel. Cara ini menjadi pembeda yang cukup mudah untuk membuat Anda bisa mengetahui keaslian dari iPhone. iPhone yang asli hanya menggunakan satu sim card saja sebagai penunjang komunikasi Anda, tidak ada satupun produk iPhone yang memiliki slot SIM lebih dari satu. Beberapa produk Android sekarang ini memang memacu ponselnya dengan fitur dual SIM. Namun iPhone tidak tergoda untuk membuat slot SIM card lebih dari satu.

11. Slot Micro SD

iPhone yang asli tidak pernah dibekali dengan slot micro SD. Sebab Apple memproduksi iPhone dengan kapasitas memori internal yang cukup besar. Ketika Anda melakukan pembelian iPhone, maka Anda tidak akan mendapatkan slot micro SD ini berada di ponsel ini. Namun kapasitas memori internal yang cukup besar akan Anda dapatkan ketika Anda melakukan pembelian iPhone yang asli. Biasanya iPhone akan membekali ponselnya dengan kapasitas memori antara 16 GB hingga 64 GB. Bahkan ada beberapa produk iPhone yang memiliki harga cukup tinggi dibanding iPhone yang lain, dan diberi bekal memori internal sebesar 128 GB hingga 256 GB. Sehingga Anda tidak perlu menambahkan memori card lagi. Inilah alasannya mengapa Apple tidak pernah memproduksi iPhone dengan slot micro SD untuk menambah kapasitas memori ponselnya.

12. Baterai

Produk iPhone biasanya memiliki baterai yang tidak dapat dilepas atau tertanam pada ponsel. Meskipun ada beberapa tipe iPhone yang menggunakan baterai yang dapat dilepas, namun mayoritas produk iphone memiliki baterai yang tidak dapat dilepaskan dengan mudah. Apple memproduksi iPhone dengan bekal baterai tanam, sehingga bisa dikatakan tidak ada yang menjual baterai cadangan dari iPhone. Inilah yang membedakan iphone asli dengan yang palsu. Ketika Anda melakukan pembelian iPhone di beberapa counter, wajib Anda tanyakan tentang baterainya apakah baterai bisa dilepas atau tidak. Anda juga bisa langsung mengeceknya sendiri dengan membuka cover belakang ponsel dan melihat apakah baterai tertanam atau mudah lepas. Namun sebagai bekal, setidaknya Anda wajib melihat di beberapa situs terpercaya yang mengulas mengenai iPhone. Jenis mana sajakah yang dibekali dengan  baterai yang dapat dilepas.

13. Kelengkapan Box

Ponsel biasanya memiliki beberapa kelengkapan yang ada di dalam box. Kelengkapan di dalam box dari masing-masing merk ponsel ini cukup beragam. Ketika melakukan pembelian iPhone tidak ada salahnya jika Anda melakukan pemeriksaan kelengkapan dusnya. Cara cek iPhone asli bisa dengan menggunakan metode Unboxing Your Phone. Pemeriksaan melalui proses unboxing ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan panduan dari beberapa video yang ada di youtube. Situs tersebut memiliki berbagai tutorial cara melakukan pengecekan kelengkapan iPhone. Salah satunya adalah untuk iPhone 6. Biasanya pada iPhone 6, Anda akan menemukan isi box yang terdiri dari earphone dan kabel USB. Jika Anda tidak menemukan hal tersebut, maka Anda wajib curiga terhadap keaslian iPhone. Tidak hanya iPhone 6 saja, jenis iPhone yang lainnya juga bisa Anda temukan panduan untuk melakukan unboxing untuk beberapa tipe iPhone yang berbeda.

ads

14. Garansi Resmi

Setiap hp pasti selalu dilengkapi dengan garansi resmi, begitu juga dengan iPhone yang biasanya terdapat di dalam box. Jika Anda tidak menemukan kartu garansi resmi pada box iPhone yang Anda beli, maka kemungkinan iPhone tersebut adalah palsu. Keberadaan kartu garansi ini tentu saja sangat penting mengingat iPhone memiliki harga yang relatif mahal. Sehingga ketika suatu saat iPhone yang Anda beli terjadi masalah, maka Anda cukup datang ke pusat servis Apple dengan membawa kartu garansi untuk ditangani masalahnya.

Selain itu cara cek kartu garansi resmi bisa Anda lakukan dengan pengecekan melalui situs resmi iPhone atau melalui pengecekan melalui telepon. Biasanya pada kartu garansi akan terdapat nomor telepon untuk service center dari iPhone. Anda bisa mencoba menghubungi nomor telepon tersebut seperti yang tertera pada box iPhone yang akan Anda beli tersebut dan menanyakan perihal nomor garansi tersebut terdaftar atau tidak. Biasanya untuk iPhone yang asli, Anda akan mendapatkan garansi resmi dari iPhone selama 1 tahun. Sedangkan pada iPhone yang palsu, tidak akan mendapatkan garansi sama sekali.

Mengenali iPhone dari box itu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun salah satu yang paling mudah adalah dengan mengenali garansinya. Apabila garansi resmi itu ada, maka keaslian dari iPhone Anda tidak perlu diragukan lagi. Tentu saja hal ini akan menjadi sebuah pembeda yang benar-benar mudah untuk dilakukan sampai Anda benar-benar yakin keaslian iPhone yang akan Anda beli.

15. Autentikasi Perangkat

Autentikasi perangkat menjadi salah satu ciri sekaligus pembeda yang benar-benar tidak bisa ditiru. Autentikasi dibuat asli ketika perangkat iPhone dibuat. Sehingga dengan melakukan pemeriksaan terhadap autentikasi perangkat, maka iPhone Anda tidak akan bisa disamakan dengan yang palsu. Meskipun cara membedakan keaslian dari iPhone yang akan Anda beli dari metode ini cukup sulit untuk dilakukan sebelum Anda melakukan pembelian, namun hal ini akan sangat menjamin bahwa Anda sudah membeli produk yang sesuai dengan harapan Anda. Berikut ini panduannya untuk memeriksa autentikasi produk dari perangkatnya:

  • Nomer Seri Perangkat

Nomor seri dari perangkat ini akan ditampilkan dengan cara membuka pengaturan pada ponsel Anda. Caranya adalah Anda bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian Anda masuk ke menu general dan about. Pada menu ini, akan ditampilkan semua jenis informasi secara detail mengenai perangkat iPhone Anda, termasuk nomor seri. Nomor seri dari iPhone bisa dicek dengan mudah dengan melakukan pengecekan melalui situs resmi iPhone. Biasanya untuk ponsel yang palsu tidak akan Anda dijumpai nomor seri dari perangkat Anda. Hal ini tentu bisa membedakan keaslian iPhone yang Anda beli tersebut. Pada situs resmi akan bisa dicek apakah nomor seri dari ponsel Anda ini terdaftar ataukah tidak pada situs tersebut.

  • Touch ID

Bagi Anda yang belum mengenal apakah itu Touch ID, Touch ID adalah tanda pengenal dari iPhone yang Anda beli. Touch ID ini hanya bisa dikenali ketika Anda mengakses iTunes. Sehingga ketika iTunes tidak bisa mengenalinya, maka kemungkinan iPhone Anda palsu. Touch ID ini merupakan tanda pengenal yang sifatnya biometric dan berfungsi untuk melakukan penguncian atau pembayaran aplikasi itunes. Dengan melakukan pengecekan Touch ID, Anda akan mengetahui keaslian iphone Anda.

16. Kamera

Fitur kamera merupakan hal terpenting dan utama dalam setiap ponsel. Produk Apple, khususnya iPhone selalu memberikan teknologi terbaik untuk kameranya. Mulai dari resolusi yang cukup tinggi sehaingga mampu menghasilkan foto yang cerah, sampai fitur-fitur canggih seperti OIS, LED dual Flash, autofocus dan lain sebagainya. Semua fitur tersebut tentu dimaksudkan agar hasil foto berkualitas, jelas dan tajam.

Saat membeli iPhone baru, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu fitur kameranya. Apabila hasil fotonya terlihat buram dan tidak bisa fokus, ada kemungkinan iPhone tersebut palsu. iPhone palsu memiliki resolusi yang rendah sehingga foto akan terlihat kabur, serta tidak dilengkapi dengan fitur yang mendukung memadai. Segera urungkan niat Anda untuk membelinya daripada menyesal di kemudian hari.

Demikain cara cek keaslian iPhone yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. Membedakan iPhone asli dengan yang palsu memang tidak bisa dilakukan dengan singkat. Anda harus mempelajari dengan seksama cara-cara mengenali keaslian produk yang akan Anda beli. Tentu saja dengan melakukan proses identifikasi dan melakukan penelitian secara mendalam akan membuat Anda bisa mengenali produk iPhone yang asli. Mengecek keaslian tidak hanya berlaku untuk iPhone saja, namun juga untuk ponsel dengan merk lain juga. Karena bila sampai Anda membeli barang palsu, tentu akan rugi di diri sendiri. Uang yang Anda keluarkan jadi lebih banyak, karena harus membeli hp yang baru lagi. Kalaupun hp bisa berjalan normal, namun masa pemakaiannya tidak akan bisa bertahan lama. Jadi bijaklah sebelum membeli.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi