Sponsors Link

17 Teknik Fotografi Hp Android Paling Lengkap (Wajib Dicoba)

Sponsors Link

Smartphone Android yang dimiliki oleh hampir sebagian besar manusia di era modern ini tak luput dari fasilitas kamera. Berbagai jenis kamera pun tersemat pada tipe-tipe smartphone yang sangat beragam. Mulai dari kamera dengan kualitas standar hingga yang kualitas premium. Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, baik tentang suatu objek ataupun fotografi pemandangan alam pasti kamu akan sering menggunakan kamera smartphone kamu.

ads

Namun adakalanya kita merasa ingin mendapatkan hasil foto yang terlihat profesional seperti kamera SLR pada umumnya. Dengan menerapkan tips dan teknik fotografi hp Android berikut ini, maka bukan hal yang mustahil kamu akan mendapatkan hasil foto yang tak kalah bagus dengan kamera-kamera profesional.

Baca juga:

1. Bersihkan Lensa

Hal yang paling sederhana namun sering terlupakan adalah membersihkan lensa. Bagi mereka fotografer profesional tentunya akan sangat menjaga kebersihan lensa kameranya. Karena lensa adalah perangkat paling utama yang akan menentukan apakah gambar yang dibidik menghasilkan foto yang bagus atau tidak. Jadi, mulailah membiasakan diri untuk membersihkan lensa sebelum kamu memulai untuk membidik foto.

Apalagi handphone merupakan perangkat yang selalu dibawa ke berbagai tempat dan tak jarang diletakkan pada sembarang tempat pula. Maka sudah pasti lensa kamera Hp kamu haruslah dibersihkan agar mendapatkan hasil yang optimal. Akan sangat disayangkan bila kamu kehilangan momen yang bagus hanya karena lensa kamera yang tidak siap karena berdebu atau berminyak sehingga mengaburkan hasil bidikan foto kamu. Meskipun tidak sedang memerlukan kamera pun, ada baiknya kamu membersihkan lensa kamera agar tidak berjamur dan tetap optimal.

2. Tombol Volume untuk Shutter

Bila kalian perhatikan pengaturan kamera pada smartphone, maka kamu akan menemukan pengaturan tombol shutter dengan menggunakan tombol volume. Hal ini jelas membantu dan mempermudah kamu untuk menghasilkan foto yang baik. Karena apabila kamu menggunakan tombol shutter pada layar touchscreen akan ada kemungkinan kamu kehilangan momen yang pas untuk bidikan meski hanya beberapa second pun. Terlebih lagi bila touchscreen HP kamu tidak terlalu sensitif maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membidik. Karena pada fotografi momen sangat dihitung dalam waktu per second. Selisih 1 second pun akan memungkinkan kamu tidak mendapatkan shot yang terbaik, hal ini sangat terasa bagi mereka yang hobi fotografi bertema alam maupun fauna.

Baca juga: Hp Kamera Terbaik

3. Hindari Flashlight

Percayalah gambar terbaik dalam fotografi adalah gambar yang memiliki pencahayaan natural yang baik. Menggunakan flashlight hanya akan membuat pencahayaan foto kamu menjadi kasar dan tidak natural. Tak jarang pun akan menimbulkan noise yang sangat terlihat pada smartphone dengan kamera menengah kebawah. Jadi sangat tidak disarankan bila kamu memakai flashlight pada Hp Android kamu. Karena flashlight pada smartphone memiliki kualitas yang jauh dari flashlight ataupun lighting kamera pro. Ambillah gambar dari posisi yang paling banyak mendapatkan cahaya natural dan kamu bisa bermain dengan setting pencahayaan yang telah tersedia pada smartphone Androidmu.

Baca juga:

4. Hindari Zooming

Hindari zooming adalah hal yang penting dalam menggunakan kamera HP Android. Karena hasil zooming tidak akan memperjelas object seperti yang kamu bayangkan. Zooming pada HP Android lebih banyak menghasilkan gambar yang pecah terlebih pada kamera berpixel rendah. Jadi, jika kamu memang ingin mengambil gambar dengan lebih jelas, disarankan untuk berada lebih dekat dengan objek dan hindari memakai zoom. Agar hasil fotomu tampak lebih natural dan profesional.

Sponsors Link

5. Komposisi Rule of Third

Komposisi merupakan teknik mendasar yang dipegang oleh para fotographer profesional. Kompisisi Rule of Third terkadang tersemat pada beberapa smartphone Android. Kamu dapat mengetahuinya dari viewfinder atau layar tempat kamu melihat gambar yang kamu bidik. Disana akan terlihat 9 persegi yang berukuran sama besar membagi viewfinder yang sedang kamu lihat. Hal ini berguna bagi kamu untuk melihat apakah object yang kamu bidik berada diposisi tengah, samping, atas atau bawah. Tak semua foto terbaik dihasilkan dengan menempatkan objek ditengah. Karena dengan menempatkan object pada sisi lain seperti lebih ke samping atau ke atas pun akan memberikan sentuhan seni tersendiri bagi penikmat fotografi.

Baca juga:

6. Object Full pada Viewfinder

Agar foto yang kamu hasilkan menjadi lebih menarik, maka usahakan untuk memenuhi viewfinder dengan object. Hal ini akan mempertegas object dalam segi tekstur serta memberikan fokus yang lebih terarah kepada orang yang melihat hasil foto kita. Sehingga apa yang kita ingin sampaikan lewat foto tersebut dapat dengan mudah dimengerti oleh mereka yang menikmati hasil bidikan kita. Akan sangat berbeda bila kamu mengambil suatu object dengan jarak yang sangat jauh dan hanya seperempat atau setengah dari viewfinder. Hal ini akan membuat orang yang melihat hasil fotomu mungkin lebih fokus pada background atau object lain yang lebih dominan atau mencolok.

7. Gunakan Focusing

Bagi kalian yang memiliki kamera Hp Android yang support Auto Focus maka kamu bisa memanfaatkannya. Dengan mengoptimalkan teknik focusing maka kamu akan menghasilkan foto yang terkesan profesional. Kamera yang support dengan fitur Auto Focus dapat menyeleksi objek mana yang ingin kita lihat focus dan mana yang tidak perlu focus atau bluring.

Pemakaiannya pun terbilang mudah, kamu hanya perlu menyentuh layar Hp kamu tepat pada object yang kamu inginkan untuk terlihat focus. Contohnya jika kamu ingin memfoto suatu bunga diantara kumpulan bunga yang lainnya, maka kamu dapat menyentuh tepat digambar satu bunga tersebut maka gambar bunga tersebut akan terlihat focus hingga terkadang terlihat tekstur dari kelopaknya sedangkan bunga lain di sekitarnya akan tampak bluring sebagai background.

Baca juga:

8. Perhatikan Angle Foto

Jika komposisi akan membuat foto yang kamu hasilkan nampak lebih artistik, maka angle akan membuat foto yang kamu hasilkan lebih memiliki keterikatan psikologis. Hal ini dipelajari dalam ilmu fotografi. Seperti angle dasar yaitu jika kamu ingin mengambil foto dengan nuansa santai kamu bisa mengambil dengan angle eye level yaitu object sejajar mata atau kita memotret seseorang dengan posisi lensa yang sejajar dengan mata orang tersebut. Lalu low angle bisa kamu terapkan bila mengambil gambar dengan kesan tegas, tegang, berkuasa ataupun diterapkan kepada objek yang tinggi.

Sponsors Link

Misalnya kamu ingin mengambil foto seorang bos, jika kamu ingin memberikan kesan tegas dan berkuasa maka kamu bisa menempatkan lensa jauh lebih rendah dari bos tersebut sehingga menghasilkan suasana psikologis seseorang yang berkuasa. Begitu juga bila kamu ingin mengambil gambar bangunan atau sesuatu yang lebih tinggi dari kamu, maka kamu bisa menerapkan low angle sehingga object terlihat sangat menjulang tinggi. Begitu pula sebaliknya, bila yang kamu ingin tampilkan adalah kesan menyedihkan tak berdaya, maka kamu dapat menerapkan high angel yaitu object berada lebih rendah dari lensa kamera.

Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang

9. Terapkan Landscape

Teknik fotografi Hp Android selanjutnya adalah menerapkan landscape. Bagi kalian para pengguna smartphone tentunya telah terbiasa memegang Hp pada posisi vertikal. Namun biasakanlah untuk mengambil foto dengan posisi landscape atau horizontal. Terutama bila foto yang kamu bidik adalah foto pemandangan ataupun moment yang memerlukan banyak background. Maka sangat penting untuk kamu memiliki posisi bidikan dengan menggunakan landscape agar hasil foto kamu memiliki unsur yang lebih baik dengan background yang mendukung.

Baca juga:

10. Variasikan Penggunaan Panorama

Jarang sekali fasilitas panorama pada HP dipergunakan, terutama oleh pemilik smartphone. Bagi mereka yang telah mencoba biasanya hanya menggunakannya untuk memfoto suasana landscape sepanjang horizon pada bentang alam. Namun taukah kamu bahwa panorama dapat menghasilkan gambar yang lebih dari sekedar landscape horizon. Kamu dapat membuat foto diri kamu menjadi tiga sampai lima object sekaligus dalam satu foto. Hal ini akan membuat fotomu menjadi lebih keren. Kamu seperti memiliki banyak kembaran dalam satu foto dengan variasi gaya yang berbeda-beda tanpa melalui proses editing.

11. Underwater dengan Gelas

Kamu bisa menghasilkan foto underwater hanya dengan menggunakan smartphone. Kamu dapat memanfaatkan gelas kaca lalu masukkan smartphone kamu kedalam gelas dengan posisi kamera dibawah. Setelah itu kamu dapat menyelupkan gelas tersebut kedalam air, tapi ingat hanya celupkan setengah dari tinggi gelas tersebut. Jangan lupa untuk menyetting timer sebelumnya. Maka kamu dapat memfoto objek yang berada didalam air, bahkan kamu bisa mendapatkan gambar yang memperlihatkan foto didalam air dengan perbatasan airnya sekaligus. Untuk menggunakan trik ini, ada baiknya kamu melakukannya bersama orang lain terutama jika yang ingin kamu ambil adalah foto selfie bukan foto nuansa bawah air saja.

Baca juga:

ads

12. Drone memakai Balon Gas

Tidak memiliki drone bukan berarti menjadi penghalang bagi kamu untuk menghasilkan foto dengan konsep bird angle yaitu angle yang sangat tinggi dari object. Kamu dapat memanfaatkan balon gas yang diikatkan pada tali, kemudian ikatkan tali tersebut ke smartphone kamu. Jika untuk selfie kamu bisa menggunakan timer sebelum menerbangkan smartphone kamu. Namun ingat, pastikan tali tersebut kuat dan tidak mudah putus serta kamu leluasa untuk memegangnya. Jangan sampai smartphone kamu melayang bersama dengan balon gas ya..

13. Teropong Pengganti Lensa Tele

Pada kamera profesional kita sering melihat para fotographer menggunakan lensa tele yaitu lensa yang digunakan untuk mengambil gambar pada object yang sangat jauh. Contohnya seperti bulan atau sesuatu yang ada di puncak bukit. Pada fotografi menggunakan kamera Hp Android, kamu bisa menggantinya dengan sebuah teropong. Kamu dapat membidik gambar jauh lewat lensa teropong, dengan menaruh lensa kamera kamu tepat dibelakang lubang pengintip pada teropong. Maka kamu sudah bisa menghasilkan foto yang tak kalah profesionalnya dengan kamera fotografi pada umumnya.

14. Headset Pengganti Shutter

Tidak semua orang menyukai pemakaian timer dalam pengambilan foto. Seringkali timer menjadi masalah bagi mereka yang ingin mengabadikan suatu momen, entah karena terlalu cepat atau sebaliknya karena timer yang terlalu lambat. Maka kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan tombol yang terdapat pada headset. Tombol ini dapat menggantikan fungsi dari shutter kamera, sehingga kamu dapat mengambil foto dengan jarak yang jauh dari kamera tanpa menggunakan timer. Praktis bukan.

Baca juga:

15. Backlight untuk Hasil Silhouette

Kamu ingin mengambil foto dengan tampilan silhouette alias object berwarna full hitam yang mencolok dari backgroundnya. Tidak harus dengan kamera pro untuk menghasilkan foto seperti itu. Kamu hanya perlu menerapkan backlight pada saat membidik foto. Backlight disini mengartikan bahwa kamu menempatkan object tepat membelakangi sumber cahaya. Sehingga object yang kamu akan foto menghasilkan warna yang hitam pekat. Contohnya apabila kamu mengambil foto saat sunset maka tempatkan matahari berada dibelakang object kalau perlu object tersebut menutupi matahari sehingga kamu akan menghasilkan object yang hitam pekat.

16. Gunakan Tripod

Sudah tak asing lagi bahwa dunia fotografi sangatlah dekat dengan tripod. Demi menghasilkan gambar yang stabil dan komposisi serta angel yang tidak berubah maka disitulah peran dari tripod. Terlebih bagi kalian yang memiliki tangan bertremor yaitu tangan yang bergetar saat memegang objek alias tidak bisa stabil maka sangat disarankan untuk menggunakan tripod agar foto yang kalian hasilkan tidaklah goyang. Ada beragam jenis tripod, pada umumnya memang memakai tripod dengan tiga kaki, namun ada juga jenis monopod, steady pod hingga gorilla pod yang sedang trend saat ini.

17. Kombinasikan Object Utama dengan Sekunder

Akan sangat hampa rasanya jika kamu hanya memotret satu object yang berdiri sendiri tanpa object lain sebagai pembanding maupun pendamping. Mulai sekarang lakukanlah eksperimen pada viewfindermu, masukkanlah object terdekat yang berada dari object utama yang ingin kamu foto.  Misalnya, kamu ingin mengambil foto anak kecil yang sedang bermain ditaman bunga, maka kamu dapat memposisikan kamera smartphone kamu didekat bunga sehingga masuk sedikit pada viewfinder selagi memfoto anak kecil yang menjadi object. Akan lebih baik lagi bila bunga tersebut blur dan focus foto terdapat pada anak kecil yang sedang bermain tersebut.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai teknik fotografi hp Android yang dapat kamu praktekan agar mendapatkan foto bagus, jernih dan detail layaknya seorang fotografer handal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi