Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Hp Coolpad Mati Total Paling Teruji

Sponsors Link

Pasti kamu akan merasa stress atau bahkan galau ketika hp yang selalu kamu mainkan setiap harinya baik untuk chattingan, mainkan game rusak atau error. Tentunya hari itu dapat dikatakan sebagai bad day kamu ya kan? Mana tanggal tua atau pasti sangat berat bukan untuk datang ke counter hp untuk memperbaiki hp kamu itu.

ads

Jika hp kamu merupakan merk hp terbaik, seperti Coolpad, permasalahan yang umum terjadi adalah mati total. Dimana hp tidak bisa menampilkan layar utama seperti biasanya yang ada hanya layar hitam setelah hp dihidupkan dan muncul logo merek atau Android. Pasti kamu kebingungan bukan ketika hal ini menimpa kamu.

Jika kamu tidak memiliki dana untuk memperbaikinya kamu bisa mencoba cara berikut yakni cara untuk mengatasi hp coolpad mati total, apabila keadaan mati total yang menimpa hp coolpad kamu tidak parah kemungkinan besar kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan cara-cara dibawah ini, namun jika tidak bisa juga kemungkinan besar hp kamu sudah mengalami mati total yang parah sehingga satu-satunya jalan adalah dengan mengeluarkan uang dan memperbaikinya di tempat servis komputer.

Berikut bagaimana cara mengatasi hp coolpad mati total yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah dengan harapan mati total yang terjadi pada hp kamu tidak terlalu parah.

1. Untuk Mati Total Ringan

Coba saja dulu jika berhasil maka hp kamu hanya mengalami mati total ringan sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya. Cara untuk memperbaikinya yakni sebagai berikut:

  • Mematikan hp kamu sehingga mati sempurna.
  • Kemudian lepas batrai hp kamu sehingga hp kamu dalam keadaan tidak menggunakan baterai, lepas dan biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu kemudian.
  • Pasang kembali batrai tersebut ke hp kamu dengan benar pastikan baterai terpasang dengan pas sehingga tidak terjadi kesalahan pada baterai.
  • Nyalakan hp seperti biasanya dan tunggu seperti biasa kamu menyalakan hp dari nol
  • Apabila hp dapat menyala maka hp kamu hanya mengalami mati total ringan dan langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan factory reset untuk membuat pengaturan hp kamu kembali seperti semula dan menghapus berbagai aplikasi bahkan virus sehingga membuat hp kamu seperti baru beli. Namun sebelum kamu melakukan factory reset atau install ulang kamu harus membackup data penting yang ada di hp kamu itu karena hp kamu akan menghapus semua data yang bukan merupakan data pabrik.

2. Jika Mati total yang terjadi Sedang

Jika mati total yang terjadi masih dalam tahap sedang maka kamu harus lebih banyak berdoa pasalnya kemungkinan hp kamu tidak bisa kamu perbaiki cukup besar karena untuk memperbaiki hp yang mati total  yang berada di tahap sedang memerlukan sedikit keahlian, berikut adalah caranya:

  • Sama seperti cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan hp kamu dan kemudian melepas batrai lalu kemudian menunggunya selama beberapa menit.
  • Setelah itu siapkan kabel USB yang biasanya kamu gunakan untuk mencharger dan juga siapkan laptop atau komputer, jika kamu tidak punya perangkat desktop tentu ini akan menjadi kendala karena cara untuk mengatasi mati total sedang harus menggunakan bantuan laptop atau komputer.
  • Setelah siap pasang kembali baterai yang tadi kamu lepas dari hp kamu itu dan lanjut ke tahap selanjutnya yakni tahapan yang penting dan perlu kamu lakukan.
  • Tancapkan kabel charger pada hp dan ujung satunya pada laptop dimana hp kamu masih tidak menggunakan batrai, setelah itu hidupkan hp kamu dengan cara seperti memasuki menu factory reset yakni berbeda setiap tipe hp untuk hp Coolpad umumnya dengan menekan kombinasi tombol power, volume down dan juga home secara bersamaan, atau power volume down dan volume up pokoknya kombinasi tombol yang membuat kamu bisa masuk ke dalam menu sistem Android.
  • Jika terdengar bunyi bip pada laptop kamu atau ada tanda dimana sebuah perangkat tersambung langkah yang perlu kamu lakukan adalah memasang kembali baterai yang tadi dilepas.
  • Setelah itu nyalakan seperti biasa, dan apabila bisa menyala langkah yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu factory reset seperti tadi dan kemudian lakukan proses install ulang atau factory reset, namun tentunya apabila ada data penting di hp kamu cepat-cepatlah segera di backup agar tidak hilang ketika proses install ulang nanti.
Sponsors Link

3. Mati Total Berat

Jika mati total yang terjadi pada hp kamu sudah berada pada tahapan berat ada cara yang bisa kamu lakukan namun tidak menjadi jaminan bahwa hp kamu akan selamat dari mati total yang menimpa. Cara untuk mengatasi mati total yang sudah berat adalah sebagai berikut:

  • Cara satu-satunya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara flash hp Android kamu, jika kamu berani untuk mengambil resiko maka kamu bisa mencobanya, pasalnya jika kamu salah ketika melakukan flashing maka hp kamu tidak akan bisa diselamatkan lagi.
  • pilihan terbaik yang bisa kamu ambil jika kamu tidak berani untuk melakukannya sendiri adalah dengan membawanya ke tempat service hp dan mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya, namun hal ini juga memungkinkan hp kamu tetap tidak bisa selamat karena keadaannya yang sudah sangat parah.

Penyebab yang membuat hp Coolpad atau hp merek lainnya terjadi mati total sebenarnya beragam mulai dari kesalahan yang ada pada kamu atau bahkan kesalahan pabrik bisa menjadi penyebab terjadinya hal ini. Misalnya saja kamu yang suka mengganti-ganti sistem operasi atau melakukan root dan kegiatan sensitif ke sistem lainnya dapat menjadi penyebab hp bootloop karena kemungkinan ketika kamu sedang melakukan root atau ganti sistem operasi kamu bisa saja membuat kesalahan yang tentunya berpengaruh pada sistem.

Itulah langkah atau cara mengatasi hp Coolpad mati total yang bisa kamu lakukan sendiri. Cara mengatasi handphone mati total karena jatuh juga bisa menggunakan cara di atas. Jika kamu tidak berani untuk memperbaikinya sendiri maka pilihan yang harus kamu pilih adalah dengan datang ke tempat servis hp dan memperbaikinya kepada ahlinya agar tidak terjadi kesalahan yang malah hanya akan memperparah kerusakan.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi