Sponsors Link

7 Urutan Jenis Layar Hp Terbaik untuk Android dan iPhone

Sponsors Link

Layar adalah komponen utama yang paling penting pada sebuah hp. Terlebih jika hp yang kita gunakan adalah hp android ataupun iOS yang mana menggunakan layar bertipe layar sentuh. Layar sentuh sendiri punya resiko tinggi akan kerusakan. Hal ini disebabkan karena hampir keseluruhan aktivitas kita dalam menggunakan hp dilakukan di layar. Jadi, anda perlu menjaga layar hp anda secara maksimal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

ads

Selain punya peluang besar untuk mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik, Layar hp juga punya sisi menarik untuk dikupas. Seiring perkembangan teknologi yang kian hari kian maju, layar hp sudah menjadi salah satu faktor utama untuk para pengguna hp sebelum memutuskan untuk membeli suatu seri hp atau tidak. Saat ini, tercatat ada banyak sekali jenis layar hp dengan kualitas yang berbeda antar satu dan yang lainnya. Para pembeli pun dibuat bingung akan jenis layar pada hp manakah yang layak untuk mereka beli.

Jika anda masih bingung mengenai jenis-jenis layar hp yang saat ini sudah tersedia di pasaran, anda tidak perlu cemas karena kami akan memberikan anda urutan jenis layar hp terbaik yang anda bisa jadikan referensi sebelum memutuskan untuk meminang hp android keluaran vendor terkemuka seperti Samsung. Tanpa perlu berlama-lama, berikut kami sajikan urutan jenis layar hp terbaik untuk anda. Silakan disimak.

1. LCD (Liquid Crystal Display)

LCD yang merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display ini terdiri dari elemen lapisan kristal cair yang mana elemen ini akan menghasilkan berbagai macam warna dengan dibantu dengan cahaya backlight. LCD sendiri adalah jenis layar hp yang paling populer digunakan vendor-vendor hp besar seperti Nokia beberapa tahun ke belakang. Jenis layar seperti ini memungkinkan anda untuk tetap dapat melihat layar secara jelas meski anda sedang berada di bawah sinar matahari. Meski begitu, LCD belum memiliki kemampuan saturasi warna yang baik sehingga seiring berjalannya waktu, LCD mulai ditinggalkan.

2. TFT (Thin Film Transistor) LCD

TFT (Thin FIlm Transistor) LCD merupakan versi penyempurna dari sang pendahulu, LCD yang mana kali ini ia mampu menghasilkan kualitas warna lebih baik dengan resolusi tinggi sehingga warna yang diciptakan akan terasa lebih hidup berkat dukungan jutaan warna pada setiap pixelnya. TFT sering digunakan pada hp-hp kelas low-entry alias hp kalangan menengah ke bawah karena jenis layar seperti ini tidak memerlukan biaya produksi yang tinggi.

3. IPS (In Plane Switching) LCD

Boros daya tahan baterai adalah kelemahan utama yang dimiliki kedua jenis layar hp sebelumnya dan kini IPS (In Plane Switching) dihadirkan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain membuat hp menjadi irit baterai berkat kemampuan yang ia miliki, IPS juga mampu menyajikan kualitas warna yang setingkat lebih baik dibanding TFT. IPS memungkinkan anda untuk melihat berbagai macam warna pada layar hp dari sudut mana pun. Umumnya, IPS digunakan pada hp-hp kelas menengah ke atas seperti jajaran hp android milik Oppo dan Vivo.

4. OLED

Seiring perkembangan jaman, permintaan akan kualitas jenis layar hp yang lebih bagus pun semakin tinggi. Untuk menjawab permintaan para konsumen hp-hp masa kini, salah satu jenis layar hp terbaik bernama OLED pun diciptakan, OLED sendiri merupakan singkatan dari “Organic Light Emitting Diode” yang mana sesuai namanya, OLED menggunakan lapisan berbahan organik sebagai komposisi utamanya. Jenis layar hp ini mampu menghasilkan kualitas warna yang sangat pekat dengan tingkat kecerahan yang sangat tinggi pula. Selain itu, OLED punya bobot yang ringan sehingga terasa sangat efisien ketika digunakan. Tak heran jika Samsung kerap menyematkan layar berjenis OLED ke dalam jajaran hp mereka.

5. AMOLED

Tak puas dengan layar OLED, anda bisa coba memilih hp android dengan dukungan layar berjenis AMOLED di dalamnya. AMOLED sendiri adalah penerus dari sang kakak, OLED yang tak banyak menghadirkan perubahan selain perbaikan di sisi pengaturan warna dan kualitas gambar yang dihasilkan ketika hp digunakan di bawah sinar matahari. AMOLED dengan segala kecanggihannya tentu saja punya harga produksi yang sangat mahal sehingga hanya segelintir hp android saja (biasanya seri flaghip) yang menggunakan jenis layar seperti ini. Contohnya adalah seri flagship milik Samsung.


6. Retina Display (IPS LCD)

Jika anda merupakan Apple fanboy, tentu anda sudah tak asing dengan Retina Display. Retina Display adalah suatu istilah yang secara khusus digunakan Apple untuk menamai jenis layar pada jajaran hp maupun tablet milik mereka. Retina Display sendiri sebenarnya merupakan layar berjenis IPS LCD seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Tentu Apple tak pernah main-main dalam menghadirkan kualitas pada produknya, Retine Display pun diciptakan dengan keunggulan kerapatan piksel diatas 300 yang nyaris tidak dapat ditembus oleh mata manusia. Pengalaman merasakan Retina Display milik Apple ini bisa anda gunakan pada iPhone XR.

7. Super AMOLED

Jika Apple menjagokan Retina Display, maka Samsung pun tak mau kalah. Super AMOLED yang merupakan singkatan dari “Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode” ini punya kemampuan super canggih dimana sensor touchscreen-nya berada pada layar utamanya sehingga ia tidak membutuhkan layer tambahan. Selain itu, jenis layar hp ini punya kualitas warna dan kerapatan pixel yang begitu cermelang tanpa membuat daya tahan baterai menjadi boros. Sebagai contoh, Super AMOLED hanya mampu menampilkan sub pixel yang dibutuhkan saja tanpa perlu menampilkan warna lainnya sehingga baterai tidak akan dikuras untuk menampilkan berbagai macam warna. Lebih singkat, Super AMOLED hanya menghadirkan satu warna yang dibutuhkan saja. Anda bisa lihat betapa kerennya Samsung Galaxy S10e dengan jenis layar seperti ini.

Demikian artikel mengenai urutan jenis layar hp terbaik ini kami buat dan hadirkan untuk anda yang sedang bingung memilih jenis layar hp mana kah yang sebaiknya anda pilih sehingga mampu memberikan anda kepuasan yang maksimal. Anda bisa memilih berbagai jenis layar hp sesuai kebutuhan dan budget yang anda miliki.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi