Sponsors Link

Apa Perbedaan NFC dan RFID pada Smartphone?

Sponsors Link

Saat ini sudah banyak ditemukan ponsel pintar terpasang NFC dan RFID, sebenarnya apa sih kedua  fitur itu, dan fungsinya untuk apa. Nah disini akan dijelaskan tentang perbedaan keduanya. Sebelum membahas perbedaan NFC dan RFID, tahukah kamu tentang kedua fitur ini, jika belum mari kita bahas.

Beberapa tahun belakang ini pada setiap titik kemasan ponsel pintar sudah banyak tercantum NFC dan RFID masuk kedalam lembar spesifikasi. Sebenarnya, fitur-fitur tersebut sudah hadir sejak lama namun belum menjadi standart untuk semua ponsel pintar seperti sekarang ini.

NFC sendiri merupakan kepanjangan dari Near Field Communication, NFC bisa diartikan sebagai perangkat standart yang memungkinkan ponsel pintar atau yang akrab disebut smartphone maupun perangkat lain yang terpasang NFC dapat melakukan komunikasi saat berada pada posisi berdekatan.

Sedangkan, RFID merupakan kepanjangan dari  Radio Frequendcy Identification yang bisa diartikan sebagai sebuah teknologi identifikasi data jarak jauh yang bisa ditanamkan pada  ponsel. RFID adalah perangkat elektronik kecil yang terdiri dari Chip dan Antena, chip ini umumnya dapat menyimpan kurang lebih 2.000 bye data.

Nah, itu merupakan sedikit gambaran tentang NFC dan RFID, untuk lebih jelasnya tentang perbedaan antara keduanya akan dijelaskan dibawah ini. Berikut merupakan perbedaan NCD dan RFID yang terdapat pada smartphone, antara lain:

  1. Pengertian NFC yang terdapat pada Hp

NFC merupakan kepanjangan dari Near Field Communication, NFC bisa diartikan sebagai perangkat standart yang memungkinkan ponsel pintar serta perangkat lain dapat melakukan komunikasi saat berada pada posisi berdekatan. NFC bekerja seperti RFID, namun memiliki jangkauan lebih pendek. Kemampuan NFC dalam berkomunikasi dengan perangkat lain kurang lebih hanya 4 inc.

Perangkat yang sudah dilengkapi dengan NFC dapat melakukan komunikasi dengan perangkat NFC lainnya yang biasanya disebut dengan NFC tags. NFC tag sendiri merupakan chip yang tak mempunyai listrik, namun dapat menarik listrik dari sebuah ponsel pintar alias smartphone terdekat ataupun dari perangkat NFC lainnya.

Untuk dapat terkoneksi dengan teknologi NFC yaitu dengan cara menempelkan dua perangkat NFC secara bersamaan. Contohnya, bila kamu mempunyai dua perangkat smartphone dengan fitur NFC kamu harus menempelkan keduanya secara back to back. Sedangkan untuk untuk NFC tag, cukup cukup hanya menempelkan belakang smartphone yang mempunyai NFC dengan perangkat lain yang mempunyai NFC tag.

NFC merupakan teknologi yang dapat dijadikan sebagai metode pembayaran, kunci keamanan, dan juga bording pass. Saat ini NFC juga sudah digunakan sebagai teknologi terbaru dari QR Code. Sekarang ini juga sudah banyak brand smarphone ternama yang mengusung fitur NFC untuk mempermudahkan proses komunikasi, diantaranya yaitu Blackberry, Nokia, dan Samsung.

Bagi kamu yang masih bingung kegunaan fitur NFC, kami akan memberikan gambaran yang lebih lengkap lagi, dan berikut merupakan fungsi NFC pada Hp, antara lain :

  • Pembayaran Mobile, di Amerika, pembayaran menggunakan mobile atau ponsel sudah menjadi hal biasa. NFC bisa bekerja seperti PayPass MasterCard dari MasterCard atau kartu kredit. Jadi bisa diartikan bahwa smartphone yang sudah dilegkapi dengan NFC bila didekatkan pada NFC-enebled payment terminal akan berfungsi sebagai sebuah alat pembayaran, so kamu tak perlu lagi mengeluarkan atau menggunakan kartu kredit lagi. Sedangkan di San Francisco, NFC di fungsikan sebagai alat pembayaran parkir.
  • Pengiriman data wireless, kegunaan NFC yang kedua yaitu dapat digunakan untuk mengirimkan file melalui wireless antara dua smartphone yang sudah memiliki teknologi NFC. Hal ini dicontohkan smartphone yang dilengkapi dengan Android Beam, sebuah fitur yang dapat mengirimkan dengan cepat web page, foto, video, dan kontak antar dua ponsel pintar.
  • Untuk mendapatkan informasi, tidak sedikit iklan maupun produk sebuah perusahaan menggunakan QR code yang berisikan informasi. Saat ini teknologi tersebut sudah di gantikan oleh NFC, karena penggunaan dengan ponsel pinter harus menggunakan kamera untuk memperoleh informasi dari QR code. Cara ini butuh waktu yang cukup lama dan tak sesingkat seperti NFC.

Ada beberapa aplikasi NFC untuk Android yang mendukung penggunaannya.

  1. Pengertian RFID yang terdapat pada Hp

RFID kepanjangan dari  Radio Frequendcy Identification merupakan sebuah teknologi identifikasi data jarak jauh yang bisa ditanamkan pada  ponsel. RFID adalah perangkat elektronik kecil yang terdiri dari Chip dan Antena, chip ini umumnya dapat menyimpan kurang lebih 2.000 bye data. RFID juga menjadi sebuah metode yang dapat digunakan sebagai penyimpanan ataupun pengiriman data jarak jauh degan menggunakan suatu perangkat bernama RFID tag atau bisa disebut dengan transponder.

RFID dalam Hp mempunyai fungsi dan bentuk yang hampir menyerupai kartu ATM yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, bedanya, RFID tidak perlu dilakukan contactless atau digosokan. Di Jepang, teknologi ini sudah digunakan pada suatu layanan bernama “Osaifu-Keitai” yang memfungsikan Hp untuk digunakan dalam mempermudah berbagai macam proses transakis.

Layanan bernama “Osaifu-Keitai” ini menyematkan teknologi RFID pada smartphone yang dapat digunakan sebagai kartu kredit, uang elektronik (sebuah transaksi yang dilakukan secara digital), kartu identitas (identity card), dan tiket langganan elektronik untuk bis, kereta api, dan bahkan pesawat terbang. Untuk sistem kerjanya, cukup mendekatkan Hp kamu ke mesin yang sudah disediakan (tak perlu ditempelkan) dan otomatis pembayaran akan dilakukan dengan langsung memotong saldo yang kamu miliki di bank.

Bagaimana keren bukan, dengan begitu kamu tak harus repot dan pekerjaan pun menjadi lebih mudah melalui layanan satu ini. Dengan menggunakan sistem seperti itu kamu cukup membawa Hp kamu untuk bisa berpergian kemanapun yang disuka tanpa harus membawa tiket, uang, dan menjadikan dompet kamu mungkin tak lagi digunakan kemana-mana.

Selain itu, masih di Jepang, teknologi RFID juga sudah masuk perkantoran untuk mempermudah para karyawan dalam mengisi daftar hadir. Bukan itu saja, dengan menggunakan ponsel yang sudah disematkan teknologi RFID para karyawan dapat mudah untuk melakukan pengisian daftar hadir, mengakses komputer, membuka pintu kantor, hingga membayar makanan yang berada di kantin tempat mereka bekerja.

Bagaimana sobat, bisa dibayangkan kemudahan yang akan didapat saat menggunakan sistem NFC ataupun RFID ini. Baca juga cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi