Sponsors Link

11 Cara Meningkatkan GPU Android Tanpa Root Paling Jitu

Sponsors Link

Pasti masih banyak buat kalian yang mengalami nge lag ataupun nge hang pada hp Android kalian entah saat main game ataupun saat di buat main biasa. Jangan langsung panik ya, karena belum tentu Android anda rusak karena banyak faktor yang bisa menyebabkan hp Android anda bisa lag atau pun nge hang. Contohnya bisa karena kebanyakan aplikasi, tidak pernah update OS Android, jarang men scan Android anda, dll.

ads

Nah di sini kita akan membahas cara meningkatkan GPU Android tanpa root, karena GPU merupakan salah satu faktor yang membuat hp Android anda itu performanya lancar atau lag dan hang. Jenis-jenis GPU Android:

  • Mediatek
  • Qualcom Snapdragon
  • Intel
  • Nvidia Tegra
  • Exynos

Baca juga mengenai prosesor Android terbaik.

Disini kita akan mengajarkan cara meningkatkan GPU dan performa Android tanpa root. Langkah-langkah cara meningkatkan GPU Android tanpa root:

1. Spesifikasi dan kemampuan smartphone

Ini merupakan yang paling dasar,Beberapa aplikasi cenderung meminta sumber daya besar dalam rendering gambar, video ataupun memori, biasanya aplikasi game. ini akan membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan ponsel. Jika smartphone anda berkekuatan kecil  maka jangan menjalankan aplikasi dengan beban yang seharusnya ditanggung oleh kekuatan yang sangat besar. Untuk mengetahui spek Android, Anda bisa memasang aplikasi CPU-Z yang sudah bisa kalian download di Play Store.

2. Matikan aplikasi yang tidak terpakai

Karna aplikasi yang berjalan di latar blakang jika terlalu banyak akan menggangu kinerja RAM dan mengakibatkan android anda menjadi lelet ataupunyang lainya. Baca juga mengenai aplikasi penghemat memori.

3. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Hapus aplikasi yang sudah tidak terpakai, caranya dengan masuk pengaturan, pilih apps, lalu cari aplikasi yang tidak terpakai dan hapus. Baca juga mengenai cara menghemat baterai Android.

4. Fitur Sync (Synchronization)

Loh apa hubungannya sync dengan menurunnya performa Android anda ? jadi, sinkronisasi memang bagus untuk menyesuaikan data-data anda dengan server google. Tapi secara bersamaan dengan itu proses ini menuntut refresh data pada ponsel dan server pada setiap interval atau waktu tertentu.

5. Update versi Android anda

Bagaimana caranya? cukup mudah jika tipe hp anda selalu menyediakan update, bisa di cek di pengaturan, pilih tentang ponsel, lalu pilih periksa pembaharuan. Baca juga mengenai Jenis-jenis smartphone.

6. Matikan Animasi Android

Caranya cukup mudah, buka pengaturan, developer options, window animation, animation scale 1x dan lalu pilih Animations is off.

Sponsors Link

7. Hindari pemakaian Live wallpaper

Live wallpaper akan memakan beberapa ruang di RAM anda, jadi live wallpaper juga akan menghambat kinerja Android anda.

8. Hindari pemakaian Tema

Sama seperti Live wallpaper tema juga memakan ruang di RAM Android anda, dan juga akan menghambat kinerja Android anda. Baca juga mengenai benda yang dapat memperkuat sinyal hp.

9. Gunakan memory external yang baik

Memory external juga mempengaruhi kinerja pada Android, setiap memory external memiliki kelas sendiri-sendiri dari kelas 1 hingga 10 dan mempunyai banyak merk. Jika memory external anda bagus, begitu pula kinerja Android anda dalam membaca data dan mengelola data juga akan baik performa nya. Jadi pilih yang  bagus ya kalau hendak beli memory external, jangan sampai tertipu hanya dengan harga yang murah.

Sponsors Link

10. Mengurangi penggunaan widget

Hal yang satu ini jarang di perhatikan oleh kebanyakan orang, apa itu widget? kalian pasti sering melihat di Android Android seseorang ada jam dengan alah pengukur suhu, nah itu yang di namakan widget ada banyak jenis widget. Widget akan memakan RAM anda karena widget akan berjalan terus di latar belakang anda, jadi mengurangi penggunaan widget akan menambah performa Android anda menjadi lebih kuat.

11. Menscan Android anda dengan antivirus

Lakukan scanning secara berkala pada perangkat Android anda agar terhindar dari virus, atau file file yang bersifat merusak lainya karna itu akan menurun kan performa Android anda. Caranya cukup mudah cukup download aplikasi antivirus Android terbaik yang ada di Play Store dan melakukan scaning secara rutin agar terhindar dari virus. ada banyak macam anti virus Android di Play Store seperti dr.web, Avast, Avira,dan masih banyak lagi lainnya.

Demikian beberapa cara meningkatkan GPU Android tanpa root yang bisa Anda coba.Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi