Sponsors Link

4 Cara Tes Sensitif pada Touchscreen Dan Cara Touchscreen Tetap Sensitiff

Sponsors Link

Pada zaman yang semakin berkembang ini telah banyak ditemukan teknologi jenis baru yang dibekali dengan fitur yang menarik. Salah satunya terdapat pada teknologi komunikasi. Saling berlomba-lomba untuk menghadirkan versi baru dengan segala fitur yang mengesankan.

ads

Persaingan dalam kondisi pasar sangat kompetitif untuk menarik minat konsumen agar tertarik dengan produk-produk yang dihadirkan. Dengan menghadirkan berbagai jenis produk smartphone terbaru yang menawarkan segala jenis fitur yang luar biasa dengan kategori harga yang bervariasi akan menjadikan banyak pilihan yang akan dipakai oleh konsumen

Smartphone adalah alat komunikasi yang bisa digunakan untuk berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Smartphone telah menjadi layaknya seorang teman untuk mayoritas orang. Mereka menganggap bahwa smartphone adalah hal terpenting yang selalu dibawa kemanapun mereka pergi.

Tidak semua smartphone dilindungi dengan pelindung yang ekstra dari bawaannya sehingga terkadang kita sebagai pemilik smartphone perlu menambahkan aksesoris tambahan untuk melindungi smartphone kita. Salah satu contohnya pemakaian case.

Case adalah alat pelindung bagian luar smartphone agar tidak pecah ketika jatuh. Kerusakan yag terjadi pada smartphone adalah hal yang seharusnya tidak terjadi, itulah keinginan semua orang yang memiliki smartphone. Salah satu kerusakannya adalah kesensitifan pada touchscreen smartphone. Ketika layar smartphone sudah tidak sensitif lagi, aktifitas kita yang akan dilakukan dengan smartphone pun menjadi terganggu

Ketidaksensitifan touchscreen smartphone merupakan hal yang harus segera tertangani dengan baik dan benar. Terdapat banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah layar smartphone anda masih sensitif atau tidak. Berikut adalah ulasan mengenai cara-cara yang dapat anda lakukan ketika anda menemui hal seperti touchscreen anda sudah tidak sensitif lagi, Berikut cara tes sensitif pada touchscreen:

  1. Dengan tanpa aplikasi
    1. Anda bisa melakukan sentuhan apapun ke layar touchscreen anda, ketika anda menemukan respon yang lama ketika anda mengakses smartphone, hal tersebut bisa menjadi salah satu ciri bahwa touchscreen anda tidak sepenuhnya sensitif.
    2. Menggunakan LCD Test

LCD Test adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kondisi dari touchscreen smartphone anda. LCD test merupakan test touchscreen yang menggunakan kode angka yang harus anda ketikkan untuk mengetahui hasil dari LCD Test tersebut.

Android terkadang memiliki kode rahasia yang dibisa gunakan untuk melakukan LCD Test yaitu

– Kode *#0*#

– Kode *#*#0*#*#*

– Kode *#*#0*#*#

Dengan menggunakan LCD Test, anda bisa menemukan berbagai hal yang bisa dilakukan testing pada touchscreen anda, sehingga anda benar-benar mengetahui kondisi touchscreen anda sebenarnya dalam kondisi yang seperti apa, baik-baik saja kah atau terdapat masalah pada touchscreennya.

  1. Dengan menggunakan aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan testing terhadap kesensitifan toucshscreen smartphone anda.

  • Pixel Fixer

Pixer Fixer adalah salah satu aplikasi yang open source yang bisa bebas anda dapatkan. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memastikan apakah terdapat kesalahan pada touchscreen smartphone anda.

Pixel Fixer dapat digunakan pada beberapa jenis android, yaitu android pada smartphone, android pada TV, dan androidpada tablet.

Sponsors Link

  • Kalibrasi Layar Sentuh

Kalibrasi Layar Sentuh adalah salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengecek kalibrasi pada smartphone anda.

Dengan menghadirkan berbagai fitur kalibrasi yang cepat bisa memudahkan anda untuk melakukan cek kalibrasi tanpa menunggu loading yang lama. Namun, aplikasi ini akan berjalan lebih baik pada smartphone yang telah dilakukan root. Root adalah suatu proses yang bisa memberikan izin secara bebas untuk smartphone menggunakan source dari luar, atau smartphone bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak didesign khusus untuk smartphone tersebut, sehingga proses root bisa saja malah menambah kerusakan pada smartphone anda.

  • SGS Touchscreen Booster

SGS Touchscreen Booster adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan respon touchscreen pada smartphone. SGS Touchscreen Booster bisa membantu permasalahan anda mengenai kesensitifan touchscreen pada smartphone, sehingga anda bisa melakukan cek terhadap touchscreen smartphone yang anda miliki. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah smartphone anda dalam kondisi yang baik atau terdapat kesalahan pada respon touchscreen smartphone. Anda bisa mengatur respon yang anda inginkan.

Cara mempertahankan agar touchscreen tetap sensitif:

  • Minim Animasi layar

Smartphone tanpa animasi memang tergolong kurang menawan yang dianggap oleh mayoritas orang yang menggunakan smartphone. Dengan adanya animasi pada smartphone bisa menambah nilai kepuasan tersendiri bagi pengguna, dan akan memberikan kesan yang menarik ketika smartphone sedang diakses. Oleh karena itu tidak jarang dijumpai, banyak orang yang menggunakan animasi pada layar smartphone mereka.

Dengan menggunakan animasi layar yang berlebihan juga tidak bagus untuk performa touchscreen smartphone anda. Karena dengan banyaknya atau tingginya animasi yang anda gunakan pada smartphone anda akan mempengaruhi respon yang diberikan oleh touchscreen. Sehingga seminimal mungkin anda harus menggunakan animasi yang sederhana atau bahkan tidak menggunakan animasi layar.

  • Memakai Charger Ori

Banyak dijumpai pada toko aksesoris smartphone terdapat berbagai macam charger yang tidak berasal dari smartphone yang anda beli. Ketika anda terlalu sering menggunakan charger yang tidak asli, daya yang diterima smartphone anda akan berbeda, sehingga akan mempengaruhi kemampuan charger smartphone. Dengan menggunakan charger non-original, terkadang proses pengisian baterai akan menjadi semakin lama dari kondisi normal. Hal tersebut disebabkan oleh berbedanya inputan yang diterima dengan menggunakan charger original dan non-original.

Sponsors Link

Sehingga sebisa mungkin anda tetap menggunakan charger bawaan dari smartphone yang anda beli untuk tetap menjaga performa smartphone anda. Dengan menggunakan charger original, kemampuan pengisian akan normal dan baterai cepat terisi.

  • Gunakan pelindung layar yang sewajarnya

Layar smartphone tanpa ditambah dengan pelindung layar eksternal rasanya ada yang masih kurang. Oleh karena itu sebagian pengguna smartphone memberikan perlindungan tambahan ke layar smartphone untuk menjaga agar smartphone tidak tergores atau meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, anda harus berhati-hati dalam menggunakan pelindung layar tambahan, karena dengan menggunakan pelindung seperti itu bisa menghambat kesensitifan touchscreen pada smartphone. Oleh karena itu, gunakanlah pelindung layar yang sewajarnya anda perlukan saja.

Itulah informasi mengenai bagaimana cara tes sensitif pada touchscreen. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan bisa membantu permasalahan anda.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi