Sponsors Link

2 Penyebab Fingerprint iPhone Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Fingerprint scanner merupakan teknologi yang menjadi keunggulan iPhone dibanding dengan smartphone lain, walaupun beberapa smartphone berbasis Android seperti VIVO menjadi pelopor fingerprint pada layar ponsel. Namun iPhone merupakan trendsetter teknologi pemindai sidik jari pada alat komunikasi.

ads

Fungsi fingerprint scanner iPhone bertugas untuk memindai touch ID pemiliknya. Touch ID ini berfungsi untuk membuka iPhone tanpa harus memasukan password. Cukup menempelkan jari pada fingerprint scanner, pemilik iPhone sudah bisa mengakses smartphonenya. Selain itu touch ID ini berfungsi untuk verifikasi pembelian aplikasi di Apps Store.

Fingerprint scanner memudahkan pengguna Apple iPhone 5s ke atas dalam berinteraksi dengan telepon pintarnya, serta memberikan keamanan perangkat smartphone dari kemungkinan dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kecanggihan teknologi tetaplah memiliki celah error, kelebihan dan kekurangan fingerprint pada HP ini perlu diketahui oleh pengguna seperti tidak berfungsinya fingerprint scanner ini. Faktor penyebab fingerprint scanner tidak berfungsi ini dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Fingerprint yang tidak bisa mengenali touch ID pemiliknya

Penyebab fingerprint iPhone tidak berfungsi atau error, salah satunya karena kondisi jari anda, maka solusinya adalah anda memastikan kalau jari anda dalam keadaan bersih dan tidak lembab saat menggunakan touch ID. Jika jari anda terluka juga akan mempengaruhi saat anda menggunakan fingerprint scanner.

Cuaca dingin yang mempengaruhi anatomi jari anda (jari berkerut dan lembab) juga akan berdampak pada penggunaan touch ID, sehingga fingerprint scanner pada iPhone tidak berfungsi. Pastikan anda tidak hanya merekam 1 jari saja saat setting touch ID. Langkah perbaikannya sebagai berikut:

  • Coba tempelkan beberapa kali jari anda di sensor touch id.
  • Matikan touch ID terlebih dahulu kemudian hidupkan kembali.
  • Bersihkan fingerprint scanner iPhone anda.
  • Pastikan apakah sensor fingerprint scanner dalam keadaan baik.
  • Pastikan jari anda kering saat menyentuh fingerprint scanner.

Jika fingerprint masih tidak berfungsi, langkah selanjutnya adalah dengan mengatur ulang settingan Touch ID anda, dengan cara:

  • Buka menu Pengaturan, pilih Touch ID & Kode Sandi, lalu Masukkan Kode Sandi Anda.
  • Pada layar berikutnya gesek dari kanan ke kiri pada setiap sidik jari untuk menghapus sidik jari anda.
  • Jika sudah selesai lanjutkan dengan menekan Add a Fingerprint. Daftarkan kembali jari anda.

Cara memperbaiki fingerprint scanner yang tidak berfungsi untuk masuk ke App Store adalah sebagai berikut:

  • Buka Menu Pengaturan
  • Pilih Touch ID & Kode Sandi
  • Masukkan Kode Sandi Anda
  • Lalu matikan iTunes & App Store
  • Reboot iPhone Anda
  • Kembali ke Touch ID & Passcode di Settings dan balikkan iTunes & App Store kembali.
Sponsors Link

2. Faktor Internal

Penyebab fingerprint iPhone tidak berfungsi, bisa juga karena masalah bug pada iOS. Kejadian ini dialami beberapa pengguna iPhone saat update ke iOS versi terbaru. Jika ini masalahnya anda bisa melakukan downgrade agar fingerprint scanner kembali berfungsi, atau paling tidak anda harus menunggu rilisan versi update. Untuk anda yang ingin upgrade iOS 10 anda ke iOS 11 sebaiknya anda tahu kelebihan dan kekurangan iOS 11 dan usahakan untuk langsung update versi update terbarunya, sehingga anda tidak menemui error pada fingerprint scanner.

Perlu diketahui untuk pengguna iPhone atau anda yang berniat untuk membeli iPhone, Fingerprint Scanner ini tidak berfungsi jika anda tidak membuka kode akses selama 6 hari dan tidak membuka kunci telepon selama delapan jam. Sehingga anda wajib memasukkan kode sandi untuk membuka iPhone anda. Sistem ini sengaja dibuat untuk keamanan perangkat iPhone anda.

Demikian cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi pada iPhone, semoga bisa menjadi solusi untuk anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi