Sponsors Link

Cara agar HP Android Support OTG Tanpa Root

Sponsors Link

Tak bisa dipungkiri bahwa kemampuan hp android masa kini sangat lah mumpuni. Tercatat ada banyak fitur-fitur penting yang sudah disematkan ke dalam hp android untuk menunjang aktivitas sehari-hari kita. Contohnya adalah fitur untuk wireless charging alias mengisi ulang daya baterai hp tanpa perlu menggunakan adapter beserta kabelnya. Fitur yang sangat efisien ini bisa anda temui pada Samsung Galaxy S9 Plus sebagai contohnya.

ads

Selain kemampuan hp masa kini untuk wireless charging yang mana tentunya baru bisa ditemui pada lini hp flagship rilisan vendor besar seperti Samsung dan Apple, hp android yang sudah beredar ke pasaran saat ini kebanyakan sudah mendukung fitur untuk menggunakan USB OTG.

USB OTG sendiri merupakan sebuah fitur fungsional yang memudahkan penggunanya untuk menyambungkan hp mereka dengan berbagai macam media penyimpanan eksternal seperti flashdisk dan hard disk. Fitur ini disematkan pada hp android melalui hardware maupun software.

Melalui fitur ini, anda dapat terhubung dengan berbagai perangkat lain dan dapat dengan mudah mengaksesnya. Berikut adalah beberapa fungsi USB OTG, fitur fungsional hp android masa kini yang wajib untuk anda ketahui

  • Mampu melakukan ubah dan edit data yang ada di flashdisk maupun hard disk tanpa menggunakan laptop/PC yang mana tentu saja akan sangat efisien.
  • Mampu melakukan print dokumen secara real-time menggunakan hp android.
  • Mengontrol kamera DSLR. Jika anda pecinta fotografi, tentu USB OTG akan sangat berguna untuk anda.
  • Bagi pecinta game, adanya fitur USB OTG mampu menyambungkan perangkat android anda dengan joystick sehingga hp android anda yang sengaja dikhususkan untuk para gamer seperti Huawei Nova 3i bisa lebih berguna.
  • Mengganti fungsi touchscreen dengan mouse pc.
  • Mampu menyambungkan hp android dengan keyboard eksternal.

Namun sayangnya, tak semua lini hp android mempunyai kemampuan untuk menggunakan fitur USB OTG. Secara default, menggunakan fitur fungsional di hp android yang sudah support USB OTG sangat lah mudah. Yang anda hanya harus lakukan adalah mengunduh aplikasi file manager yang bisa dengan mudah anda temui di Play Store. Aplikasi file manager ini penting adanya untuk mengakses file-file yang tersimpan di flash disk maupun hardisk menggunakan hp android sehingga aktivitas edit atau transfer data dapat dengan mudah dilakukan.

Cara Mengecek Hp Android Yang Support USB OTG

Masih bingung apakah hp android anda sudah support USB OTG atau belum? Dibawah ini adalah langkah-langkah mudah untuk mengeceknya.

  • Pastikan hp android anda sudah terunduh Play Store di dalamnya. Biasanya Play Store sudah tersemat di dalam hp android sejak pertama kali hp diaktifkan.
  • Cari dan unduh aplikasi bernama “USB OTG Checker” di Play Store.
  • Setelah terunduh, jalankan aplikasi tersebut di hp android anda.
  • Pilih opsi “Check Device OS on USB OTG” kemudian klik “Check
  • Tunggu proses pengecekan apakah hp android anda sudah support USB OTG atau belum. Kemudian lihat bagaimana hasilnya.

Jika hasil menunjukkan bahwa hp android anda belum support USB OTG, tak usah sedih atau gusar karena tercatat ada cara untuk mengakses fitur USB OTG ini dengan root. Root sendiri adalah sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna hp android untuk merombak jeroan hp mereka. Meskipun punya kemampuan untuk mengubah keseluruhan isi hp android dan membuka sistemnya, penggunaan root sendiri sangat beresiko untuk membuat hp anda bootloop alias mati total. Sayang bukan, jika smartphone kesayangan anda misal Oppo atau pun Samsung harus mengalami hal ini?

Cara Membuat Hp Android Support USB OTG Tanpa Root

Jika secara hardware hp android anda sudah support USB OTG, maka langkah selanjutnya bagi anda untuk mengaktifkan fitur tersebut sangat lah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kabel USB OTG yang bisa anda beli di toko-toko aksesoris hp terpercaya. Ingat, selalu gunakan aksesoris original yang memang dikhusukan untuk hp android guna menghindarinya dari infeksi virus. Nah, berikut ini adalah cara agar Hp Android support OTG tanpa root.


  • Siapkan kabel USB OTG yang sebelumnya sudah anda beli
  • Pastikan hp android anda sudah terunduh Play Store di dalamnya. Jika belum, anda bisa men-download-nya melalui Google.
  • Jika Play Store sudah terinstall, cari kemudian download aplikasi file manager. Aplikasi file manager sendiri ada banyak jumlahnya. Pilih yang paling terpercaya dan penggunaannya terbilang mudah agar proses pengaktifkan fitur USB OTG dapat dengan mudah dilakukan.
  • Setelah berhasil terunduh, diamkan dulu aplikasi file manager tersebut karena cara membuat hp android support USB OTG tanpa root tidak berhenti sampai disini.
  • Langkah berikutnya, colokkan salah satu ujung kabel OTG dengan media penyimpanan eksternal yang sudah anda miliki sebelumnya. Bisa flashdisk maupun hard disk. Akan lebih baik jika media penyimpanan eksternal tersebut sudah terisi beberapa file.
  • Setelah itu, colokkan port-nya ke lubang port charger hp android anda. Perlu ditekankan bahwa gunakan lah kabel USB OTG yang original guna menghindari beberapa dampak buruk.
  • Jika layar menunjukkan notifikasi bahwa kabel USB OTG sudah terhubung dengan smartphone anda, buka aplikasi file manager yang sudah diunduh sebelumnya. Beberapa hp android terkemuka seperti Sony maupun Xiaomi biasanya akan dapat dengan mudah menampilkan notifikasi tersebut.
  • Jika anda menggunakan ES File Explorer, masuk ke Local kemudian pilih USB Drive A untuk memulai proses pengubahan isi flashdisk atau hardisk
  • Jika ternyata kabel USB OTG tidak dapat terdeteksi di hp android anda, maka diperlukan aplikasi tambahan yang dapat dengan mudah anda install dan gunakan.
  • Pergi ke Play Store kemudian unduh aplikasi bernama “StickMount“.
  • Buka StickMount kemudian pilih “Mount”.
  • Ikuti langkahnya hingga selesai.

Itu dia cara agar hp Android support OTG tanpa root yang dapat dengan mudah anda aplikasikan pada hp android anda. Cara di atas terhitung sangat amat dan bisa dicoba pada berbagai hp android seperti Samsung Galaxy Express Prime.

Demikian artikel berisikan langkah dan tips teknologi ini kami sampaikan. Silakan anda aplikasikan langkah-langkah di atas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi