Sponsors Link

23 Kelebihan Android Nougat 7.1 dan Kekurangannya Terlengkap

Sponsors Link

Android Nougat merupakan Sistem Operasi tercanggih yang dimiliki oleh Android saat ini. Meski peluncurannya memiliki jarang yang tak terlalu jauh dengan Android Marshmallow namun ternyata OS Nougat mampu memberikan banyak fitur baru yang tidak dimiliki oleh OS pendahulunya. Selain itu banyak pula perbaikan-perbaikan fitur lama yang dilakukan Android pada OS Nougat ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan berbagai info tentang kelebihan Android Nougat untuk kalian.

ads

Baca juga:

Fitur Terbaru Android Nougat

1. Project Svelte

Fitur yang paling diungguli dari Android Nougat adalah Project Svelter. Fitur ini diklaim dapat membuat smartphone kamu mengakses RAM dengan efisien dan lebih sedikit. Sehingga kinerja smartphone kamu menjadi lebih cepat dan terasa ringan dibandingkan dengan OS lainnya. Fitur ini juga meminimalisir terjadinya hang atau lag pada smartphone kamu. Selain itu bonus tambahan dari efisiensi akses RAM ini adalah membuat smartphone kamu menjadi lebih hemat baterai hingga tiga kali lipat dari biasanya loh.

Baca juga: Kelebihan HP Berbahan Metal

2.Virtual Reality

Virtual Reality merupakan teknologi canggih yang sedang berkembang saat ini. Dengan menggunakannya kita dapat merasakan visual yang terdapat dalam smartphone kita menjadi lebih nyata dan berkesan real seperti kita ikut berada didalamnya. Melihat perkembangan teknologi virtual reality yang berkembang begitu pesat, membuat Android menyematkan fitur VR dengan platform bernama Google Daydream. Melalui fitur ini kita akan menikmati virtual reality melalui film ataupun bermain games.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPhone

3. Multitasking View

Bagi kalian yang memiliki banyak keperluan dengan menggunakan smartphone dan terkadang memerlukan berbagai aplikasi dalam waktu yang sama, maka kamu akan bersenang hati dengan fitur OS Nougat terbaru ini. Fitur Multitasking View telah disematkan pada OS Nougat sehingga mampu memberikan fasilitas untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam waktu yang sama. Layar pada Android akan terbagi menjadi dua bagian untuk menampilkan kedua aplikasi tersebut dalam waktu bersamaan. Contohnya bagi kamu yang senang belajar melalui video tutorial melalui youtube, kamu bisa menonton video sekaligus membuka notepad untuk merangkum informasi yang kamu dapatkan. Menarik bukan?

Baca juga: Kelebihan Android Marshmallow

4. Night Mode

Seringkali pemakaian smartphone mendapat kecaman karena semakin meningkatkan angka kerusakan mata. Hal ini terus digaungkan sehingga membuat para pengembang teknologi berlomba-lomba membuat fitur smartphone yang ramah pemakaian terutama untuk mata. Night Mode diluncurkan oleh Android Nougat untuk meminimalisir kerusakan pada mata akibat sinar yang terpancar saat bermain smartphone. Night mode akan mengatur intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh smartphone kamu sehingga tidak terlalu over ataupun terlalu minim. Fitur ini diharapkan dapat mengurangi keluhan masyarakat dunia terhadap efek samping penggunaan smartphone.

5. Bundled Notifikasi

Kita ketahui pada OS Android terdahulu bahwa setiap notifikasi yang masuk pada smartphone akan saling terpisah antar aplikasi. Hal ini tentunya sering menjadi ketidaknyaman tersendiri bagi kalian yang memakai banyak social media atau aplikasi yang sering memunculkan notifikasi bersamaan. Status Bar kamu akan terlihat menumpuk dengan deretan notifikasi yang belum terbuka. Maka dengan adanya OS Nougat ini kamu tidak akan mengalami hal tersebut, karena seluruh notifikasi akan dijadikan satu kesatuan yang dapat kamu lihat dengan menswitch tiap-tiap notif tersebut. Bahkan kamu bisa mensetting notifikasi dari aplikasi apa yang harus berada pada urutan teratas. Sehingga kamu bisa mengatur daftar prioritasmu sendiri.

6. Direct Reply on Notification

Kamu pasti sudah pernah melihat sistem direct replay on notification yang telah tersedia pada beberapa aplikasi social media seperti whatsapp atau Line. Kamu dapat membalas chat tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Maka dengan OS Nougat kamu bisa membalas semua notifikasi hanya dengan melalui kolom notifikasi tersebut tanpa harus masuk ke dalam aplikasi. Fitur ini berlaku untuk semua aplikasi dan bukanlah bergantung pada fitur bawaan aplikasi. Sehingga kamu dapat membalas berbagai notifikasi dengan mudah meski sedang menjalankan aplikasi lain pada smartphone kamu.

Baca juga: Kelebihan Google Pixel

Sponsors Link

7. Partial Screenshot

Fitur keren lainnya yang disajikan oleh OS Nougat adalah fitur Partial Screenshot. Fitur ini memungkinkan kita untuk melalukan cropping langsung pada hasil screenshot yang kita bidik sebelum proses penyimpanan. Sehingga kamu tidak harus mengedit hasilnya dahulu pasca screenshot dilakukan. Bahkan setelah cropping dilakukan, kamu bisa langsung membagikannya hanya dengan mengklik icon share ke aplikasi yang kamu inginkan seperti email atau aplikasi social media.

Baca juga: Kelebihan Hp Cina

8. Mode Screen Zoom

Bila sebelumnya kamu menemukan fitur zoom saat sedang melihat foto pada gallery. Maka pada Android Nougat kamu tidak akan terbatas pada zooming foto saja. Karena Android Nougat akan memberikan kamu fitur zoom disetiap tampilan yang sedang kamu gunakan. Kamu bisa melakukan zooming kapanpun dan dalam tampilan atau aplikasi apapun. Hal ini ditujukan bagi meraka yang memiliki keterbatasan melihat seperti mata minus ataupun untuk pengguna smartphone yang berusia lanjut. Sehingga mereka dapat menikmati penggunaan smartphone tanpa perlu menggunakan alat bantu lihat sekalipun.

Baca juga: Kelebihan Android Lollipop

9. Google Assistant

Setelah sebelumnya pada Android Marshmallow telah diluncurkan fitur Google Now maka pada Android Nougat diluncurkan fitur yang lebih mutakhir bernama Google Assistant. Google Assistant diharap mampu untuk mempermudah segala aktifitas kamu dalam menggunakan smartphone, salah satunya adalah dalam mengakses informasi tertentu. Pada google assistant kamu akan disediakan ruang chat khusus untuk wadah dalam meminta informasi tentang hal tertentu yang kamu inginkan dan google assistant akan mencarinya dan memberikan penjelesan sedetail mungkin dari hal yang kamu tanyakan. Bisa dibilang fitur ini mirip seperti fitur siri pada Iphone.

10. Quick Switch

Quick Switch merupakan fitur yang memberikan efisiensi bagi kalian yang senang membuka tutup aplikasi pada waktu yang relatif singkat. Menggunakan fitur ini kamu bisa mengganti aplikasi yang ditampilkan tanpa harus perlu kembali ke menu utama atau tab. Kamu hanya perlu melakukan double tap pada tombol overview maka kamu bisa langsung pindah ke aplikasi lainnya tanpa harus menutup aplikasi yang kamu gunakan terlebih dahulu dan kamu juga dapat kembali berpindah ke aplikasi sebelumnya dengan menggunakan cara yang sama dalam waktu yang singkat.

Baca juga:

Sponsors Link

Fitur Lama yang dibuat Lebih Mutakhir

1. Doze Mode

Sistem Doze Mode merupakan fitur yang masih terbilang baru yang disematkan sejak peluncuran Android Marshmallow, namun pada Android Nougat fitur itu semakin dikembangkan. Sistem Doze Mode yang mampu menghemat daya baterai dengan sistem nonaktif aplikasi saat smartphone sedang tidak digunakan kembali dikembangkan yaitu dengan cara nonaktif data seluler secara otomatis ketika smartphone terdeteksi tidak sedang digunakan sehingga semakin menghemat daya baterai kamu. Namun meski begitu kamu juga bisa melakukan setting untuk aplikasi apa saja yang bisa tetap standby menerima notifikasi tanpa terpengaruh dari fitur nonaktif data seluler ini.

2. Quick Setting

Fitur quick setting merupakan pengembangan dari fitur setting Android pada OS sebelumnya. Kehebatannya adalah kita dapat melakukan setting antar satu mode ke mode lain tanpa harus kembali ke menu utama. Misalnya kamu ingin mensetting Koneksi WiFi ketika sedang menonaktifkan settingan data, maka kamu hanya perlu mengklik sebuah icon yang akan mengarahkan langsung pada penyetinggan WiFi. Pada Android Nougat kamu juga bisa melakukan setting pada tampilan layar kamu. Kamu dapat menyetting besar kecilnya icon dan berapa banyak icon yang ditampilkan pada layar smartphone kamu.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root

3. Emoji dan Unicode 9 Terbaru

Pada Android Nougat tentunya kamu akan disuguhkan dengan beberapa emoji dan simbol baru yang tidak akan kamu temukan pada OS Android sebelumnya. Hal ini membuat smartphone kamu memiliki lebih banyak variasi emoji yang menarik guna mengekspresikan diri. Serta simbol-simbol yang dapat berguna untuk keperluan komunikasi ataupun keperluan pekerjaan yang kamu lakukan melalui smartphone.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Video Animasi

4. Fitur Clear All Tab

Jika kamu merupakan pemakai smartphone yang sangat senang membuka dan bergonta-ganti akses beragam aplikasi namun terbilang malas untuk menutupnya maka fitur clear all tab mungkin akan membantu kamu untuk melakukannya dengan lebih efisien. Hanya dengan sekali tap saja maka kamu sudah dapat membersihkan seluruh tab aplikasi yang tidak kamu tutup setelah selesai memakai. Hal ini akan membuat akses RAM smartphone kamu menjadi lebih terjaga kecepatannya.

Baca juga: Tips Membeli HP Online

5. Instan Apps

Instan Apps merupakan fitur yang akan memberikan kamu pelayanan yang efisien ketika hendak menginstall suatu aplikasi tertentu. Bila dahulu ketika kamu mengetik nama suatu aplikasi tertentu lalu muncullah beragam aplikasi serupa yang terkadang membuat aplikasi yang kamu ingin install tidak berada pada urutan teratas, maka Instan Apps akan mengendalikannya. Fitur ini akan mengarahkan kamu hanya tepat pada aplikasi yang kamu cari untuk diinstall tanpa menyertakan tawaran berbagai aplikasi serupa seperti yang kamu cari. Sehingga kamu dapat mencari dan menginstall aplikasi lebih efisien dari sebelumnya.

6. Update Seamless

Tak sedikit pengguna smartphone yang mengeluh dengan proses penginstallan atau pemasangan dari aplikasi yang tengah di upgrade sehingga aplikasi tersebut tak dapat digunakan ketika proses upgrade tersebut sedang berlangsung. Maka pada OS Nougat kamu tidak perlu lagi menunggu proses upgrade yang sedang berlangsung dan tidak akan menghentikan aktifitas kamu pada aplikasi yang sedang di upgrade tersebut. Karena OS Nougat telah memisahkan kinerja aplikasi yang tengah ditampilkan pada layar dan proses upgrade akan berlangsung dibalik layar tanpa menghentikan aplikasi tersebut.

ads

7. Data Saver

Untuk kamu yang hemat kuota dan hanya memiliki kuota terbatas. Maka kamu akan bersenang hati denga fitur yang dikembangkan oleh OS Nougat ini. Fitur data saver akan menghemat pemakaian dan akses data selular yang kamu miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menonaktifkan bahkan memblok aplikasi yang berjalan dibelakang layar alias aplikasi yang tak tertutup atau standby. Fitur ini juga dapat mengurangi akses data yang diperlukan ketika streaming video atau melihat foto pada web dengan cara mengurangi kualitas gambar menjadi lebih standart. Namun meski begitu kamu juga tetap bisa melakukan setting untuk menentukan aplikasi apa saja yang tidak akan terpengaruh dengan fitur ini sehingga tetap standby on data saat tidak sedang digunakan dan tidak dikurangi kualitas tampilannya.

8. Organisir File Manager

OS Nougat akan membawa kamu kedalam tampilan smartphone yang lebih tertata rapi. Bukan hanya dari segi tampilan layar namun juga dalam tampilan penyimpanan file. Kabarnya OS Nougat akan membantu kamu untuk memanage file dengan lebih baik dan aman menggunakan fasilitas file manager yang disediakan.

Baca juga: Teknik Fotografi Hp Android

9.Fitur Enkripsi Terbarukan

Enksripsi telah menjadi trend terbaru pada era teknologi saat ini. Berbagai platform berlomba-lomba untuk memberikan sistem keamanan terbaik untuk aplikasi-aplikasi yang diluncurkan dengan menggunakan enksripsi data. Pada OS Nougat kamu tidak hanya bisa mengenkripsi isi dari suatu aplikasi, namun kamu juga dapat mengenkripsi file-file penting yang terdapat pada android kamu namun secara terpisah, tidak harus dalam satu folder menyeluruh seperti yang telah ada pada OS Android sebelumnya.

Baca juga: Tips Merekam Video dengan HP

10. Peningkatan Keamanan

OS Nougat juga memberikan tingkat keamanan yang lebih mutakhir yaitu dengan sistem keamanan pada tampilan layar. Pada tampilan layar di OS Nougat, apabila kamu telah melakukan penyettingan password untuk akses smartphone kamu. Maka apabila seseorang mengakses smartphone kamu tanpa menginput password, ia tidak akan bisa mengakses ragam aplikasi yang ada pada smartphone kamu. Hanya akan tampil fitur standar seperti sms atau telepon sedangkan aplikasi lainnya yang terinstall akan disembunyikan. Kamu bisa kembali mengaksesnya ketika telah memasukkan ulang password.

Baca juga:

Kekurangan Android Nougat

1. Harganya Mahal

Kekurangan dari OS Nougat yang terbesar adalah tentunya harga yang dibandrol sangat mahal. Untuk menikmati OS ini kamu harus membeli smartphone yang telah menyematkan OS Nougat, namun sayangnya saat ini smartphone yang telah support OS Nougat memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari harga pasaran smartphone lainnya. Diperkirakan pula jika harga tersebut akan bertahan dan lama untuk menurun, melihat dari sisi kecanggihan fitur OS Nougat yang memang terbilang lebih banyak yang baru dan canggih dibanding OS sebelumnya. Sehingga membuat OS Nougat terbilang OS yang sempurna saat ini.

2. Saat Upgrade OS Tidak Semua Fitur Bisa Dinikmati

Bila kamu bermaksud untuk mengupgrade sistem operasi di smartphone kamu saat ini, ada baiknya kamu juga harus mengetahui kekurangan dari upgrade tersebut. Pasalnya meski kamu telah mengupgrade OS menjadi Android Nougat namun tak semua fitur bisa kamu nikmati bila smartphone kamu memang tidak mendukung penggunaan fitur tersebut. Seperti fitur multitasking yang membagi dua layar, jika smartphone kamu tak support dan aplikasi yang digunakan tak memiliki aksesuntuk melakukan multitasking maka meski telah di upgrade pun kamu tetap tidak bisa menikmati fitur ini. Kamu juga harus pertimbangkan apabila layar smartphone yang kamu miliki terlalu kecil maka akan mempersulit kamu dalam menggunakan multitasking. Fitur multitasking juga tentunya akan menguras pengaksesan layar menjadi dua kali lipat karena diakses oleh dua aplikasi sekaligus. Maka kemungkinan akan membutuhkan daya dan RAM yang memadai. Apakah smartphone kamu benar-benar sudah standart untuk menjalankan Nougat?

3.Baterai yang Habis secara Tiba-tiba

Ada beberapa keluhan yang menyatakan bahwa smartphonenya kerap mengalami kehabisan daya baterai secara tiba-tiba setelah upgrade ke OS Nougat. Bukan tanpa sebab karena seperti point sebelumnya, fitur-fitur yang digunakan pada OS Nougat terbilang sangat baru dan lebih mutakhir. Maka bila smartphone kamu tidak memiliki spesifikasi yang memang cocok untuk menggunakan OS Nougat pastinya akan berdampak pada beragam hal yang mungkin terjadi pada smartphone kamu, salah satunya kasus baterai habis tiba-tiba ini.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai kelebihan Android Nougat serta kekurangannya. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi