Sponsors Link

7 Cara Memperbaiki Touchscreen Android yang Error dan Bergerak Sendiri

Sponsors Link

Sebelum memperbaiki layar sentuh yang rusak, kamu harus mengetahui penyebab touchscreen error terlebih dahulu. Rusak karena terjatuh, terinjak, tersiram air atau tertindih hingga retak, karena cara memperbaikinya akan berbeda. Layar sentuh yang mengalami kerusakan atau error tidak jauh dari layar yang bergerak sendiri, bergaris-garis atau tidak dapat disentuh. Untuk memperbaikinya, kamu harus tahu jika layar handphone itu terdapat dua bagian, yaitu luar dan dalam.

ads

Untuk lapisan luar, memiliki fungsi sebagai pelindung dan lapisan dalam berfungsi sebagai layar utama atau LCD yang memiliki koneksi atau terhubung dengan power dan flexible. Sekarang, coba diagnosis sendiri layar handphone milik kamu itu rusak karena apa dan layar bagian mana yang mengalami kerusakan? Jika sudah memiliki jawaban, temukan cara memperbaiki touchscreen Android yang error, sudah dirangkum secara singkat di bawah ini:

1. Bersihkan layar

Bisa saja layar tidak berfungsi dengan baik karena adanya noda atau kotoran yang menghalangi sentuhan pada layar yang berakibat tidak ada respon dari layar. Meski kamu punya hp termahal di indonesia atau hp terlaris di dunia sekalipun harus tetap dibersihkan. Caranya, kamu hanya perlu membersihkan layar dengan kain microfiber khusus untuk handphone.

2. Cek RAM

Ada yang aneh dengan layar, seperti sudah disentuh tapi tidak bergerak alias tidak responsif. Jangan gegabah me-vonis ada kerusakan dilayar, tapi Cek RAM yang ada diperangkat. Handphone yang berbasis sistem Android termasuk sistem yang banyak memakan ruang di RAM. Jika banyak aplikasi yang memenuhi RAM, dan layar juga tidak responsif, bisa dikarenakan kinerja RAM kalau begitu. Hapus aplikasi yang jarang digunakan dan sering cek kinerja RAM ya. Terkecuali, kamu punya hp RAM terbesar di dunia.

3. Multitouch tester

Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi android yang berguna untuk pelajar. Jika merasa layar sentuh mulai error, lamban dan banyak lag, kalau yang gampang panik dan banyak uang langsung bawa ke tempat service, kan? Anak yang masih minta uang dari orangtua mana bisa. Jadi jangan beranggapan mulai error, lamban dan banyak lag di layar sudah pasti rusak. Coba dulu dengan cara sederhana yaitu men-download aplikasi Multitouch Tester.

  • Download aplikasi Multitouch tester
  • Install aplikasi dan tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Jalankan aplikasi, yang di mana akan diminta untuk menempelkan jari ke layar
  • Jika sudah menempelkan jari ke layar sesuai yang diminta oleh aplikasi, tapi ada yang tidak terhitung. Bisa dipastikan ada yang rusak atau salah di layar handphone

4. Force GPU reading

Salah satu alasan layar memiliki gangguan adalah karena sektor transisi yang buruk. Jadi, gunakan Force GPU reading untuk meringankan elemen yang ada pada layar. Untuk mengaktifkan fitur ini ada dua cara:

  • Pertama, Settings -> Developer Options -> Force GPU reading.
  • Kedua, jika tidak ada menu developer options, kamu hanya perlu ke Settings -> About phone -> Developer Options.

5. Kalibrasi layar

Layar tidak mengalami kerusakan seperti retak atau pecah tapi lambat merespon, maka cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengkalibrasinya. Caranya yaitu:

  • Pilih menu pengaturan
  • Klik display
  • Lalu, klik kalibrasi dan secara otomatis layar akan blank putih
  • Jangan panik kenapa layar menjadi putih, itu tandanya layar sedang kalibrasi
  • Klik layar putih tersebut dan ikuti perintah yang ada pada layar hingga proses kalibrasi selesai
  • Layar akan kembali menjadi normal. Merespon saat disentuh dan tidak lamban lagi.
Sponsors Link

6. Reset

Layar sudah tidak merespon dan tidak bergerak sama sekali, pasti langsung panik. Masih ada cara untuk membetulkan nya. Salah satunya dengan me-reset atau me-flash handphone. Ada banyak cara flash hp android sebenarnya, namun jika layar tidak bergerak sama sekali kan mana bisa. Jadi, ini cara alternatif nya:

  • Tekan tombol power dan tombol mengurangi volume secara bersamaan
  • Jangan dulu dilepas, terkecuali muncul menu dilayar
  • Pilih menu factory resert atau kembali ke pengaturan pabrik
  • Gunakan tombol volume untuk menaik-turunkan agar bisa memilih menu, dan tombol power sebagai pilihan
  • Pilih menu factory reset dan tunggu sampai proses selesai
  • Layar akan kembali menjadi normal dan bisa digunakan lagi.

7. Ganti komponen

Cara memperbaiki touchscreen Android yang error terakhir adalah dengan mengganti komponen. Ada kalanya tanpa berpikir panjang layar handphone kita rusak karena memang terjatuh hingga pecah atau retak parah dibagian layar. Jika sudah begini cara terbaik adalah membeli layar baru apalagi jika sudah merusak LCD atau bagian dalam. Namun, jika yang rusak hanya bagian kaca luar tanpa LCD kalian masih bisa menarik napas lega, setidaknya tidak harus mengeluarkan uang begitu banyak untuk menggantinya dengan yang baru.

Bagaimana, sudah betulkah layar sentuh anda? Pastikan untuk cek ulang layar, karena rusak nya layar sentuh bisa karena penyebab hal sepele sampai yang fatal seperti jatuh. Pintarlah merawat perangkat beserta bagian-bagiannya termasuk layar sentuh, karena layar jadi bagian penting untuk handphone. Jika rusak, tamat sudah deh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi