Sponsors Link

8 Cara Melacak Hp Hilang Lewat IMEI dengan Cepat

Sponsors Link

Smartphone merupakan benda yang penting dalam kehidupan manusia saat ini. Smartphone bisa digunakan dalam kegiatan apapun. Dengan menggunakan smartphone, aktifitas kita akan semakin terbantu. Dengan  smartphone akan lebih mudah melakukan komunikasi dengan siapapun. Komunikasi tanpa jarak dan waktu adalah visi utama dalam komunikasi dengan menggunakan smartphone.

ads

Dengan memanfaatkan smartphone kita akan mempermudah silaturahmi dengan siapapun dan bahkan di negara manapun. Kecanggihan tersebut akan semakin ditingkatkan oleh para produsen smartphone. Mereka akan terus mengembangkan segala inovasi-inovasi terbaru mengenai smartphone. Tanpa kehabisan ide untuk mengembangkan produk, para produsen smartphone akan meningkatkan usahanya dan menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Jenis-jenis smartphone yang tidak bisa dihitung lagi jumlahnya akan membuat konsumen bingung ketika memilih smartphone yang cocok untuk kebutuhan mereka. Berbagai macam fitur dan spesifikasi menarik yang membuat konsumen tergiur akan hal tersebut. Terkadang kebanyakan dari konsumen adalah melihat dari sisi harga yang ditawarkan. Semakin murah akan semakin mengundang niat konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan begitu trik marketing dalam penjualan smartphone akan diterapkan. Setelah kita melakukan pembelian smartphone, kita akan merasa bangga karena memiliki barang tersebut.

Terdapat beberapa hal yang bisa membuat konsumen kecewa dengan produk smartphone. Salah satunya adalah ketika mereka kehilangan smartphonenya. Saat seperti itu kita akan merasa kesal, dan menyesal karena tidak membawanya dengan hati-hati. Tidak jarang kita menyalahkan orang lain karena kejadian hal tersebut. Kehilangan smartphone memang menjadi masalah yang berdampak besar untuk pemiliknya. Kemungkinan adalah data yang terdapat dalam smartphone adalah data-data penting yang seharusnya rahasia dan tidak boleh jatuh ke tangan orang lain.

Pada saat ini, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Cara melacak hp yang hilang pun ada banyak. Salah satu caranya adalah melakukan pelacakan smartphone dengan menggunakan kode International Mobile Equipment Identity (IMEI). Setiap smartphone akan memiliki kode IMEI yang berbeda, sehingga tidak mungkin ada kesamaan terhadap kode IMEI antara satu smartphone dengan smartphone lainnya. Berikut adalah cara melacak hp hilang lewat IMEI:

1. Akses Google Chrome

Anda bisa melakukan pengaksesan Google Chrome terlebih dahulu dengan menggunakan smartphone lainnya. Dengan begitu akan mempermudah pencarian smartphone anda yang hilang. Mengapa? Karena pada smartphone anda telah terhubung dengan berbagai macam produk dari Google. Dengan anda melakukan pengaksesan menggunakan Google Chrome akan mempermudah anda dalam melakukan pencarian smartphone.

2. Download Find My Device

Ketika anda telah mengakses Google Chrome, anda bisa melakukan pencarian terhadap aplikasi Find My Device pada website Google Play Store. Aplikasi Find My Device adalah aplikasi open source yang bisa anda dapatkan dengan bebas tanpa harus membayar sebelum mendownloadnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan semakin mudah dalam menemukan smartphone anda yang hilang. Penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, sehingga bisa digunakan pengguna manapun. Dengan menggunakan bantuan aplikasi ini, anda akan lebih mudah dalam melakukan pencarian lokasi smartphone anda.

Fitur yang dimiliki oleh Find My Device mudah anda akses dan anda gunakan. Dengan menggunakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Find My Device akan semakin mudah anda membaca lokasi smartphone anda saat itu. Dengan begitu anda bisa mengontrol smartphone anda dalam jarak jauh, tanpa membuat pencuri smartphone anda merasa curiga.

3. Atur pengaturannya

Ketika anda telah berhasil untuk mendownload aplikasi Find My Device. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengubahan beberapa hal dalam pengaturan yang telah disediakan oleh Find My Device. Anda bisa menemukan pelacakan lokasi dengan menggunakan kode IMEI pada aplikasi Find My Device. Ketika anda telah menemukan lokasi pengaturan dengan menggunakan kode IMEI. Anda harus memasukkan kode IMEI smartphone anda yang hilang. Pastikan bahwa anda ingat dengan kode IMEI smartphone anda yang hilang. Dengan begitu akan mempermudah pelacakan smartphone anda, tanpa mengalami kendala-kendala yang berat.

Sponsors Link

4. Menderingkan smartphone dengan kode IMEI 

Ketika anda telah terhubung dengan kode IMEI smartphone anda yang hilang. Deringkan smartphone anda dengan menekan fitur dering pada Find My Device. fitur ini bisa diakses dalam kondisi apapun smartphone anda. Bahkan saat smartphone anda dalam kondisi dimatikan, smartphone anda masih bisa berdering dengan dilacak melalui aplikasi ini. Ketika smartphone anda berdering, maka akan terlacak lokasi dari smartphone tersebut. Dengan begitu anda akan lebih mudah mengetahui dimana keberadaan smartphone anda.

5. Cari lokasi yang muncul

Setelah lokasi smartphone anda berhasil terdeteksi, anda bisa melakukan pencarian lokasi tersebut. Untuk melakukan hal ini, anda bisa terus memantau lokasi smartphone anda agar tidak kehilangan jejak terhadap smartphone anda.

Hal-hal Penting dalam Menggunakan Smartphone

Selain menggunakan hal tersebut, terdapat hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan smartphone. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pastikan anda mencatat kode IMEI smartphone anda dalam catatan kecil

Mungkin terdengar sepele, namun hal ini sangat penting untuk anda lakukan. Dengan melakukan pencatatan atau bahkan anda mengingat kode IMEI smartphone anda. Ketika anda mengalami kejadian yang tidak diinginkan, akan semakin mudah untuk anda melakukan pelacakan smartphone anda. Dengan begitu anda bisa meminimalisir resiko yang kemungkinan akan terjadi pada smartphone anda.

Sponsors Link

Perlu anda ketahui bahwa kode IMEI merupakan kode penting yang seharusnya anda catat, dan kode tersebut bisa anda gunakan untuk melacak lokasi smartphone anda. Dengan membiasakan hal-hal tersebut anda akan lebih mudah dalam menemukan smartphone anda, ketika terjadi kehilangan. Kode IMEI juga bisa digunakan untuk cara cek keaslian iPhone dan cara mengecek keaslian Hp Samsung.

2. Nyalakan/Matikan GPS sesuai dengan kebutuhan

GPS merupakan hal yang sangat penting pada smartphone. GPS bisa dikatakan menyangkut privasi keberadaan anda. Dengan menyalakan GPS, lokasi smartphone anda akan lebih mudah terdeteksi dimanapun itu. Dengan menyalakan GPS akan membantu anda dalam menemukan smartphone anda yang hilang. GPS juga bisa digunakan untuk cara mengetahui posisi seseorang melalui Google Map.

Dengan menggunakan bantuan GPS, akan lebih mudah untuk menemukan jalan atau lokasi. Namun, tidak selamanya GPS memiliki dampak positif saja. GPS juga memiliki dampak negatif yaitu keberadaan anda akan dikenal oleh publik dan tidak ada ruang untuk privasi anda. Oleh karena itu, sebaiknya anda mempergunakan GPS sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Pastikan tidak lowbat ketika smartphone dibawa keluar rumah

Ketika anda bepergian, pastikan bahwa anda mengecek kondisi baterai smartphone anda. Dan bawalah powerbank untuk mengantisipasi terjadinya lowbat pada smartphone anda. Pelajari juga mengenai cara merawat baterai hp baru agar awet.

Itulah beberapa informasi mengenai cara melacak hp hilang lewat IMEI. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi