Sponsors Link

7 Cara Memperbaiki Baterai iPhone yang Drop dan Boros

Sponsors Link

Sekarang, alat sarana telekomunikasi sudah sangat canggih dan saat ini hampir semuanya beralih dari telepon rumah ke gadget/smartphone. Sebuah alat canggih telekomunikasi yang canggih dan multifungsi ini menjadi momok penduduk dunia. Salah satunya adalah iPhone, sebuah gadget yang sangat canggih besutan dari Apple dan diciptakan oleh seorang yang sangat jenius Steve Jobs.

ads

Berbeda dengan telepon rumah, yang memiliki kelemahan yaitu hanya bisa digunakan di satu tempat saja namun tentunya memiliki keunggulan yang cukup yaitu telepon rumah tidak perlu menggunakan baterai. Dan untuk iPhone, gadget canggih satu ini selain memiliki segudang fungsi pun ternyata memiliki kelemahan yang dapat dikatakan cukup merepotkan, yaitu dalam sisi energi/daya listrik untuk memenuhi kebutuhan dalam pengoperasian perangkat telekomunikasi ini, salah satunya terletak pada baterai.

Baca juga :

Bagi yang memiliki iPhone, tentunya sedikit banyak sudah mengetahui bukan tentang baterai iPhone yang doyan ngedrop? Sebentar lagi akan kita bahas ciri-ciri umum yang terjadi bila baterai ngedrop serta cara-cara memperbaiki baterai iPhone yang drop. Berikut ulasannya:

1. Reset Setting iPhone

Setelah anda tau bahwa baterai iPhone anda ngedrop, biasanya memiliki ciri-ciri yang cukup merepotkan seperti ketidaksesuaian baterai yang ada pada tampilan iPhone anda dengan kapasitas baterai tersebut. Misalkan, pada layar monitor iPhone anda tertera bahwa baterai 30% padahal mungkin iPhone anda masih memiliki baterai dengan kapasitas 60%. Wah cukup merepotkan bukan ? apalagi bagi anda yang menggunakan iPhone sebagai alat yang penting untuk menunjang kehidupan sosial, ekonomi dan bisnis anda. Baca juga :

Ya, dengan cara me-reset iPhone anda maka iPhone anda akan disetting kembali ke settingan awal pabrik. Reset iPhone ini juga memiliki 2 tipe, yaitu soft reset dan hard reset. Kedua cara ini cukup ampuh dan mudah karena anda hanya membutuhkan waktu yang tidak lama dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca juga :

2. Soft Reset

Sebetulnya soft reset ini adalah tidak lain dari restart. Dengan cara me-restart iPhone anda maka data-data cache dan memori yang telah habis terpakai akan didaur ulang menjadi free memory kembali dalam iPhone anda. Misalkan seperti pada saat anda sedang menggunakan iPhone dan tiba-tiba iPhone itu ngeHang atau freeze, maka cara ini sangat tepat karena efek sampingnya tidak berdampak begitu buruk pada sistem iPhone tersebut. Sistem dari iPhone akan mereboot ulang dan semua kembali berjalan seperti semula. Namun apabila sering dilakukan soft reset/restart pada saat freeze ataupun hang dapat menciderai baterai iPhone anda. Jadi apabila kondisi iPhone anda memang sedang berat menjalankan aplikasi dan tidak dalam keadaan mepet, tunggu saja sampai dapat berjalan kembali.

Caranya untuk soft reset cukup mudah yaitu anda hanya perlu untuk menekan tombol ‘home’ dan tombol ‘sleep’ secara bersamaan selama 10 detik, setelah itu maka layar anda akan gelap (mati) dan kemudian layar akan menyala kembali dan muncul logo iPhone yang merupakan proses awal booting iPhone anda atau restart. Dengan begitu maka iPhone anda akan merefresh sistem iPhone anda yang sebelumnya berat menjadi kembali seperti semula ketika iPhone dinyalakan. Cukup mudah bukan ?

Baca Juga :

3. Hard Reset

Cara ini merupakan cara yang cukup keras, sesuai nama-nya ‘hard’. Dengan cara hard reset maka anda akan mereset seluruh data-data yang ada dalam iPhone anda. Jadi semua document, gambar, lagu, video dan settingan akan direset ulang menjadi sediakala seperti pada saat anda membelinya pertama kali. Cara ini umumnya dilakukan untuk orang yang akan menjual iPhone mereka kepada orang lain.

Sponsors Link

Dengan cara ini maka data-data yang lama semuanya akan dihapus. Kecuali anda sudah membackup data anda kedalam data cadangan lewat aplikasi iTunes atau iCloud. Berikut adalah langkah-langkah untuk hard reset iPhone anda :

  • Buka iPhone anda dan masuk ke settings
  • Pilihlah general lalu klik reset
  • Lalu pilihlah Erase All Content and Setting
  • Setelah itu, terdapat notifikasi muncul dari layar iPhone anda berupa pemberitahuan bahwa seluruh data-data yang ada pada iPhone tersebut akan dihapus dan setelan akan direset ke setelan awal.
  • Tunggulah beberapa saat karena iPhone anda dalam proses menghapus dan reboot semua setelan ke setelan awal.

Cara ini cukup jitu karena merupakan salah satu cara memperbaiki baterai iPhone yang drop. Namun, anda perlu berpikir dua kali untuk hard reset, karena data-data yang ada dalam iPhone tersebut akan hilang tanpa bekas apalagi jika anda belum melakukan back up data terlebih dahulu. Karena dengan cara melakukan backup maka data-data yang akan dihapus akan disimpan dahulu dalam perangkat lain dan setelah sudah selesai di hard reset, anda hanya perlu restore kembali data-data yang sudah dibackup tadi.

Baca juga :

4. Kalibrasi Baterai

Baterai iPhone anda sering ngedrop ? mungkin ada yang salah dengan baterai iPhone anda. Dengan cara kalibrasi baterai, maka akan membuat sistem pada iPhone anda akan berkata ‘lebih jujur’ dalam menampilkan kondisi baterai yang ada saat itu. Kondisi sama seperti yang telah disebutkan diatas dimana pada layar iPhone anda tertera bahwa baterai 30% padahal mungkin iPhone anda masih memiliki kapasitas baterai lebih hingga mencapai 60%. Sangat menjengkelkan karena kita perlu membawa kemana-mana charger atau power bank.

Baca juga :

Sponsors Link

Dengan melakukan kalibrasi baterai, maka baterai iPhone akan di booting ulang dan direfresh supaya kinerjanya menjadi lebih baik. Bagaimana caranya kalibrasi baterai ? yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini dan cara ini berhasil untuk mengatasi baterai iPhone ngedrop.

  • Pertama-tama, kosongkan terlebih dahulu baterai iPhone anda sampai benar-benar kosong dan habis sampai tidak bisa menyala apabila anda berusaha untuk menyalakannya.
  • Letakan iPhone anda dan biarkan selama beberapa jam, bila anda mencoba untuk menyalakannya akan muncul gambar baterai bewarna merah dan tetap mati.
  • Lalu gunakanlah charger portable untuk mengisi baterai iPhone anda yang kosong tersebut, jangan gunakan bersama iPhone anda untuk mengisi baterai tersebut.
  • Sebagai langkah awal untuk charging, hal yang harus diperhatikan adalah colokan adapter tersebut ke stopkontak terlebih dahulu baru kemudian baterai ke charger portable. Hal ini menjadi hal yang wajib, karena apabila terbalik akan menghasilkan tegangan listrik dalam charge baterai iPhone anda yang berakibat dapat merusak baterai iPhone anda.
  • Hal wajib lainnya yaitu berupa tetap jaga kondisi listrik anda stabil tanpa adanya lonjakan daya listrik atau penurunan daya listrik, misalkan pada saat menyalakan atau mematikan Air Conditioner. Bila hal tersebut dirasa menyusahkan anda, untuk lebih amannya sebaiknya anda mencolokan charger portable anda pada power supply supaya listrik dapat mengalir secara stabil dan lancar tanpa terjadi lonjakan.
  • Selanjutnya anda hanya perlu menunggu sampai baterai iPhone anda terisi dengan penuh, dan benar-benar penuh. Jangan sampai pada saat mengisi baterai iPhone anda terdapat gangguan terputusnya pada saat pengisian, karena hal tersebut menjadikan percuma.
  • Setelah terisi dengan penuh, hal pertama yang harus dilakukan adalah copot baterai iPhone anda terlebih dahulu pada charger portable anda baru anda copot adaptor charger tersebut.
  • Lalu gunakan kembali iPhone anda sampai baterai kembali kosong sampai tidak bisa menyala seperti yang dilakukan diatas.

Ulangi cara yang telah disebutkan di atas, supaya baterai iPhone anda dapat terisi penuh tanpa adanya gangguan lonjakan listrik, dan ingat, sampai penuh. Nyalakan iPhone anda dan lihat indikasi baterai anda, niscaya cara mengatasi baterai ngedrop yang satu ini membuahkan hasil yang baik dan memperlihatkan kondisi persentase baterai lebih ‘jujur’. Baca juga : Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu.

ads

Ada juga hal-hal yang perlu anda ketahui setelah melakukan kalibrasi baterai iPhone anda yaitu tips ini tidak dianjurkan sendiri oleh para peneliti, namun merupakan tips umum yang biasa digunakan oleh masyarakat luas dalam memperbaiki fungsi sistem membaca baterai iPhone anda. Apabila anda sering melakukan kalibrasi baterai, maka akan membawa dampak yang buruk bagi baterai iPhone anda dan bahkan sistem iPhone anda. Meskipun cara ini cukup ampuh untuk mengatasi baterai iPhone yang ngedrop tapi tidak dianjurkan sendiri oleh pabrik Apple.

5. Matikan iPhone Anda Semalaman

Cara yang satu ini sangatlah mudah dilakukan, namun bagi anda yang ‘gatel’ dengan media sosial, gaming ataupun menggunakan aplikasi-aplikasi membuat anda berpikir dua sampai tiga kali untuk melakukan hal ini. Padahal cara ini cara yang paling simple untuk mengatasi baterai iPhone ngedrop.

Baca juga :

6. Menyetel Fungsi-fungsi iPhone saat Tidak Diperlukan

Dengan menyetel fungsi-fungsi yang tidak perlu dapat mengurangi pemakaian baterai iPhone anda untuk tetap awet dan tidak mudah ngedrop. Cara ini cukup sederhana yaitu cukup dengan menyetel beberapa fitur-fitur yang ada pada iPhone seperti :

  • Fitur getar
  • Efek animasi pada layar normal anda maupun dalam mode lockscreen, apabila tidak dibutuhkan matikan saja
  • Menurunkan tingkat kecerahan layar iPhone anda. Karena dengan menurunkan tingkat kecerahan layar anda berarti juga menghemat baterai iPhone anda.
  • Matikan auto download untuk update aplikasi-aplikasi yang ada pada iPhone anda, karena apabila tidak, hal ini dapat menjadi penyebab utama borosnya baterai anda. Apalagi bila anda berada dalam daerah yang sukar untuk mendapatkan sinyal, maka mencari sinyal untuk auto update benar-benar menguras baterai iPhone anda dan apabila sering terjadi akan menimbulkan ngedropnya baterai iPhone. Bila perlu anda setel pengaturan auto download.
  • Matikan Location Service, fitur ini memungkinkan anda untuk selalu terhubung dengan satelit untuk mengetahui dimana lokasi anda berada. Tidak perlu dinyalakan apabila tidak dibutuhkan.
  • Menyetel mode sleep apabila iPhone anda tidak dalam mode siaga/digunakan. Hal ini sangat penting karena apabila anda meletakan iPhone anda dan anda tidak menyetel mode sleep tersebut maka iPhone anda akan tetap menyala dan dalam mode siaga yang berakhir dengan borosnya baterai. Baca juga :

Baca juga: Aplikasi GPS Android TerbaikAplikasi Chat Terbaik.

7. Menggunakan Perangkat Tambahan Lain/Charger dengan Voltase yang Sesuai

Cara yang terakhir ini adalah cara yang cukup mudah, karena anda hanya perlu mempersiapkan perangkat/charger yang memiliki voltase yang sama dengan iPhone anda, maka akan membantu menjaga penggunaan baterai anda supaya tidak boros dan ngedrop. Penggunaan perangkat tambahan yang tidak sesuai dengan standart iPhone akan mempermudah proses rusaknya baterai pada iPhone anda. Begitu pula dengan charger, dengan menggunakan charger yang tidak sesuai berarti sama saja mengurangi umur baterai iPhone anda. Memang untuk mempersiapkan hal yang satu ini cukup lumayan sukar, karena anda perlu membeli produk-produk iPhone yang asli dari Apple yang merogoh kocek cukup mahal dibandingkan produk ‘KW’.

Baca juga :

Nah, sudah kita bahas tentang cara memperbaiki baterai iPhone yang drop. Cara-cara diatas cukup ampuh dan jitu untuk dicoba. Selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi