Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Kaca Kamera HP Retak Parah Secara Mudah

Sponsors Link

Pernah tidak Anda mengalami masalah kerusakan pada handphone Anda? tentu saja pernah bukan. Banyak kecelakaan terjadi pada ponsel yang sering kita pakai, mulai dari jatuh, terkena air bahkan kaca handphone retak sampai kaca kamera hp retak atau rusak. Ditambah handphone tersebut merupakan milik kesayangan satu-satunya atau handphone paling mahal dan bermerk yang Anda miliki.

ads

Bagi Anda yang suka sekali berfoto selfie atau fotografi tentu ini bisa menghambat aktivitas pemotretan Anda, bahkan hobi Anda ikut terancam. Untuk itu perlulah tips untuk mengatasi masalah tersebut, untuk sebagian orang yang tidak menghiraukan hal tersebut bukanlah masalah besar. Namun bagi orang yang memiliki ketergantungan akan kamera handphone tentu berpengaruh. Ditambah lagi membeli handphone dengan kamera resolusi tinggi memerlukan dana yang tidak sedikit.

Sebelum membuang atau mengganti handphone Anda yang rusak, ada baiknya perbaiki terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk diganti dengan handphone yang baru. Untuk mengetahui cara mengatasi kaca kamera hp retak, kita simak beberapa cara sebagai berikut :

1. Gunakan Casing Pelindung

Pada saat membeli handphone baik baru atau bekas alangkah baiknya Anda meminta penjual handphone memasang casing pelindung biasanya berbahan silicon atau plastik. Hal ini dapat menghindari layar kaca kamera Anda tergores atau retak. Sesuaikan jenis dan ragam casing berdasarkan tipe handphone Anda dan beragam pilihan gambar, desain dan warna bisa Anda pilih. Baca juga mengenai cara mengetahui megapixel kamera Hp.

2. Memperbaiki Kaca Kamera untuk HP secara Umum

Sebelum melakukan perbaikan, boleh coba dengan cara yang satu ini. Medianya sangat mudah cukup sediakan : cutter, isolasi bening, dan tissue berbahan halus (jangan tisu toilet), selanjutnya simak pemaparan berikut :

  • Siapkan handphone yang retak.
  • Buka casing belakang handphone.
  • Sebaiknya posisi handphone Anda dalam keadaan mati.
  • Mulailah menyayat bagian luar antara bingkai pelindung kaca kamera dengan tempat dudukan secara perlahan.
  • Gunakan ujung cutter yang runcing, lakukan sayatan tanpa menekan terlalu kuat.
  • Ulangi menyayat pada bagian sisi lainnya, sampai dirasa cukup dan bingkai kaca bisa digeser / digerakkan.
  • Congkel dan angkat bingkai kaca perlahan dengan cutter, setelah itu lepaskan kaca kamera.
  • Lalu ganti kaca kamera yang retak dengan menggunakan isolasi bening, tempelkan pada posisi seperti kaca kamera sebelumnya.
  • Setelah dirasa pas dan terpasang tutup kembali casing handphone Anda
  • Jangan lupa rajinlah membersihkan dari debu yang menempel.

Baca juga mengenai cara memotret yang baik dengan kamera handphone.

3. Memperbaiki Kaca Kamera untuk HP Tertentu

Bagi Anda yang memiliki handphone merk Samsung, iPhone dan sejenisnya, sedikit ada perbedaan dalam memperbaiki kaca kamera yang retak. Dikarenakan mode dan tipe yang berbeda diperlukan perawatan sendiri untuk merk tersebut. Untuk media yang diperlukan disini bisa berupa kaca kamera, hairdryer dan perkakas khusus.

Sponsors Link

  • Siapkan handphone yang retak
  • Buka casing belakang handphone.
  • Sebaiknya posisi handphone Anda dalam keadaan mati.
  • Panaskan hairdryer selama 1 menit.
  • Kemudian dorong keluar kaca dari bingkai handphone dengan alat pendorong.
  • Lalu ganti kaca kamera yang retak dengan menggunakan kaca yang baru, tempelkan pada posisi seperti kaca kamera sebelumnya.
  • Setelah dirasa pas dan terpasang tutup kembali casing handphone Anda.
  • Jangan lupa rajinlah membersihkan dari debu yang menempel.

Baca juga mengenai aperture kamera Hp dan aplikasi kamera Android terbaik.

4. Memperbaiki Langsung Ke Teknisi Handphone

Jika Anda segan untuk memperbaiki masalah ini sendiri, langkah yang dilakukan tentu saja pergi ke counter handphone atau jasa servis ponsel. Anda bisa meminta tenaga ahli untuk memperbaiki ponsel Anda dengan mudah, cepat dan praktis. Hanya saja Anda harus menyiapkan dana untuk melakukan reparasi tersebut. Ada keuntungan dan ada kelebihan jika Anda memilih memperbaikinya melalui teknisi ini. Baca juga mengenai hp kamera terbaik.

Sponsors Link

Demikian contoh beberapa cara mengatasi kaca kamera hp retak. Memang dibutuhkan ilmu dan keberanian mencobanya, tapi sekali Anda berhasil tidak perlu keluar biaya besar hanya untuk sekedar menggantinya. Disarankan untuk menjaga kebersihan kaca kamera Anda dan perhatikan bagaimana Anda menyimpan dan menaruh handphone agar tidak mudah rusak. Gunakan casing yang sesuai dengan fungsi handphone, tidak salah juga kalau casing yang dipakai mengikuti trend pasar selagi bahan yang dipilih baik dan tahan lama.

Dengan cara yang sederhana saja sudah cukup menggantikan permasalahan yang terjadi pada ponsel Anda. Tentu keuntungan yang didapat jauh lebih banyak, Anda jadi pintar dan tahu bagaimana cara memperbaiki kerusakan pada ponsel Anda sendiri. Siapa tahu juga Anda bisa membuka bisnis sebagai jasa reparasi handphone dirumah Anda. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi