Sponsors Link

15 Cara Mempercepat Kinerja Hp Android agar Tidak Lemot

Sponsors Link

Handphone dengan sistem Android yang baru pertama kali dibeli, performanya pasti masih kencang dan juara. Tapi, semakin lama kok mulai kendor, banyak lag, force close atau crash, dan lemot minta ampun. Android bisa lemot karena ada penyebabnya. Nah, kita absen apa saja penyebab yang membuat Android lemot:

ads

1. Memori internal dan eksternal hampir penuh

Sudah jelas, bukan? Kalau memori internal dibiarkan penuh, kinerja Android juga akan berkurang, lalu apa hubungan nya dengan memori eksternal? Kadang, kita suka berpikir untuk menggunakan memori eksternal berkapasitas besar untuk memindahkan aplikasi dan file dari memori internal agar tidak lemot, padahal sama saja. Memori eksternal yang penuh bisa menyebabkan kinerja Android jadi lambat.

2. RAM yang kewalahan

Sistem Android sendiri membutuhkan sekitar 50-60% untuk menjalankan sistem, belum lagi dengan aplikasi dan game yang kamu pasang dihandphone. Kalau RAM 2 GB saja sering kewalahan dan jadi penyebab Android lemot, bagaimana dengan kapasitas yang dimiliki RAM di bawah itu? Kalau punya hp ram terbesar di dunia baru deh tidak akan merasa kewalahan.

3. Cache sudah menumpuk

Cache atau file sementara, akan tersimpan di memori internal Android sebagai riwayat untuk memudahkan kita saat  menggunakan aplikasi tertentu. Meski ada manfaat nya, cache sendiri bisa bawa bencana juga. Cache yang menumpuk secara berlebih bisa jadi penyebab utama Android menjadi lemot dan memenuhi ruang memori internal.

4. Widget yang berlebihan

Apa sih widget? Widget sendiri aplikasi yang ada di home screen handphone. Terlalu banyak memasang widget bisa jadi penyebab Android lemot dan kinerja nya jadi lambat. Kenapa? Karena widget sendiri banyak memakan kinerja RAM yang bisa membuat Android lemot. Kalau belum paham, baca nomor dua, ya.

5. Banyak aplikasi yang terpasang

Asyik memang, punya banyak aplikasi dihandphone, tapi ada akibat nya. Kinerja sistem Android akan lambat dan berat karena terlalu banyak aplikasi yang memberatkan dan memenuhi ruang di memori internal. Dipakai untuk game sekalipun akan terasa berat, kecuali kamu punya hp Android khusus game. Yang tidak terlalu penting, diuninstall saja, yuk!

6. Banyak aplikasi yang dijalankan

Coba cek dihandphone, apa saja aplikasi yang dijalankan? BBM, WhatsApp, Line, Instagram, Path, Youtube, kalau iya banyak sekali. Jika tidak sedang digunakan tutup aplikasi nya. Terkecuali RAM handphone di atas 1GB akan aman-aman saja.

7. Tidak update

Setiap handphone pasti akan meminta pembaruan ke sistem yang baru, tapi kadang suka terlalu malas untuk melakukan pembaruan. Padahal, memperbarui ke sistem teranyar bisa membantu mengurangi Android lemot.

Cara Mempercepat Kinerja Hp Android

Sudah tahu, kan, sekarang penyebab Android bisa lemot. Sekarang, tinggal kamu harus tahu cara mempercepat kinerja hp Android. Dan ini caranya :

1. Hapus junk

Junk atau file sampah sudah pasti akan menumpuk dan membuat kinerja Android jadi berat. File sampah terdiri dari temporary, basis data, history dll. Tapi bagaimana cara menghapusnya? Kita butuh bantuan aplikasi untuk yang satu ini.

Direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi CC leaner, Go Speed, 1 Tap Cleaner, Clean Master dan DU Booster. Kamu hanya perlu install aplikasi yang kamu butuhkan, dan cukup satu aplikasi saja, lalu jalankan dan biarkan menghapus file sampah yang menumpuk.

Sponsors Link

2. Pindahkan aplikasi

Memori internal sudah mau penuh tapi memori eksternal masih banyak ruang kosong, kalau begitu pindahkan saja. Tapi tidak selamanya aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal, jadi pilih saja. Jangan biarkan memori eksternal juga terlalu penuh, ya.

3. Pasang AntiVirus

Ingat, malware dan antivirus bisa menyerang sistem Android dan membuat nya jadi lemot. Cara ampuh untuk mengatasi nya adalah memasang AntiVirus. Direkomendasikan gunakan Avira, CM Security, AVG dan lainnya. Pastikan cari AntiVirus yang kamu butuhkan dan hanya install satu saja. Jika lebih dari satu AntiVirus malah membuat Android lemot.

4. Hapus aplikasi

Menginstall banyak aplikasi dan menjalankan nya secara bersamaan, selain membuat memori penuh juga membuat kinerja Android menjadi berat. Android juga bisa eror hingga bisa me-restart sendiri, meski ada cara mengatasi Android restart sendiri, tetap saja hapus aplikasi yang tidak berguna. Gunakan aplikasi chat terbaik versi kamu saja.

5. Gunakan autokill

Coba lihat recent apps, kalau kamu sering melakukan multitasking pasti akan ada banyak aplikasi aktif. Banyak aplikasi aktif direcent apps akan membuat RAM menjadi sesak dan akhirnya Android lemot. Autokill memiliki fitur untuk membuat aplikasi tidak bisa berjalan dibackground dan bisa mengurangi lemotnya Android.

Sponsors Link

6. Kurangi penggunaan widget

Sudah dibahas sebelumnya kalau widget memakan banyak RAM dan membuat Android jadi lemot. Cukup gunakan widget cuaca atau jam saja. Juga, jangan terlalu sering menggunakan animasi atau live wallpaper karena membebani RAM cukup banyak dan membuat kinerja Android jadi tidak optimal.

7. Matikan auto-sync

Auto-sync merupakan fitur otomatis yang di mana bisa menarik data aplikasi yang ada di Android kamu. Kalau kamu seringkali memasang banyak akun seperti email dan akun media sosial, fitur ini berguna sekali. Sayangnya, jika banyak aplikasi dan auto-sync bisa jadi penyebab Android jadi lemot. Jadi, solusi terbaik adalah mematikan auto-sync atau menon-aktifkan untuk beberapa aplikasi.

8. Reset

Sudah pasrah karena sangat lelet dan Android benar-benar lemot, jalan terbaiknya adalah me-reset atau flash handphone. Handphone akan kembali seperti awal dan software nya juga. ada beberapa cara flash hp Android, tergantung mana yang kamu pilih.

Susah memang cara ini karena bisa menghapus data, tapi cara terbaik dan singkat untuk membuat Android jadi oke ya cara yang satu ini. Jangan lupa untuk back-up data terlebih dahulu, ya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi