Sponsors Link

12 Penyebab Hp Bootloop dan Cara Mengatasinya yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Jika Anda pernah mengalami dimana ponsel tidak bisa melakukan start up dan hanya memunculkan logo Android atau merek lain dari ponsel Anda maka bisa dikatakan ponsel tersebut sedang mengalami bootloop. Jika ponsel kita sudah mengalami hal seperti ini rasa bingung secara tidak sadar menyerang kita. Jangan terburu-buru untuk bingung sampai akhirnya ponsel kita dijadikan korban karena si ponsel tidak kunjung sembuh dari sakitnya. Berikut Penulis akan memberikan beberapa info mengapa bootloop pada ponsel berbasis Android, apa faktor penyebabnya dan cara mengatasinya.

ads

Pengertian Bootloop

Bootloop berasal dari 2 kata yaitu “boot” dan “loop”, jika diartikan dalam bahasa pemrograman “boot” adalah suatu keadaan dimana ponsel bersiap untuk menyala secara sempurna. Sedangkan “loop” mempunyai arti berulang. Jika diartikan dalam bahasa sistem operasi bootloop adalah suatu keadaan dimana ponsel tidak dapat melakukan start up sehingga ponsel tidak bisa masuk pada sistem, selain gagal melakukan botting ponsel juga berulang – ulang untuk masuk pada sistem namun selalu gagal.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

Berdasarkan tingkat kerusakannya bootloop  dibagi menjadi 3 macam yaitu :

  • Bootloop Ringan

Bootloop ini ditandai dengan dimana ketika kita sedang menyalakan ponsel,  dia dapat masuk pada menu utama namun selang beberapa detik ponsel mengalami hang dan kemudian ponsel me-restart kembali.

  • Bootloop Biasa

Berbeda dengan bootloop ringan pada bootloop biasa ini ketika kita sedang menyalakan ponsel, dia mampu menyala dan memunculkan logo boot animasi, kemudian masuk pada menu utama saja.

  • Bootloop Parah

Jika diistilahkan dalam bahasa kesehatan bootloop parah sama halnya dengan penyakit kanker stadium 4, mengapa demikian dikarenakan ketika kita mencoba untuk menyalakan ponsel, dia hanya mampu memunculkan logo animasi saja bakan ponsel tidak mampu untuk masuk pada menu utama.

Sekali lagi jika Anda mengalami hal ini pada ponsel, Penulis sarankan untuk tidak perlu panik dan bingung secara berlebihan. Jangan gegabah untuk membawa ponsel Anda ke counter terdekat atau tukang reparasi ponsel , namun cari tau apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya, pastinya Anda tidak mau jika ketika Anda memperbaiki ponsel Anda pada reparasi ponsel yang salah.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root.

Faktor Penyebab Bootloop

Berikut ini beberapa penyebab hp bootloop yang sering terjadi:

1. Memodifikasi Sistem

Memodifikasi sistem sama artinya kita melakukan root pada sistem Android, perlu kalian ketahui bahwa ketika kita membeli ponsel berbasis Android maka kita hanya menjadi user (pengguna) saja bukan menjadi super user. Super user ini mempunyai akses untuk melakukan root pada sistem Android, dia mampu menambah dan mengurangi sistem Android sehingga jika root yang telah dilakukan tidak sepenuhnya berhasil bisa mengakibatkan ketidak setabilan sistem pada Android, akibatnya ponsel kita mengalami bootloop, jadi penulis sarankan untuk berhati – hati dalam melakukan root pada sistem Android, lakukan jika dirasa itu penting dan mendesak , selain itu kita juga harus tau sesifikasi ponsel kita apakah mampu atau tidak jika dilakukan root sistem.

2. Kesalahan Flashing Custom ROM

Flashing custom ROM bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya bootloop pada ponsel Anda. Sebenarnya flashing custom ROM adalah penginstalan pada ROM (Read Only Memory) dengan tujuan melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Tujuan dari flashing custom ROM adalah ROM dapat mengoptimalkan dan memepercepat dari sistem kerja OS.

Sponsors Link

Hal ini dapat fatal jika dalam melakukan flashing custom ROM mengalami kegagalan dimana terjadi dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus namun sudah digunakan oleh sistem baru. Karena keadaan ini akhirnya mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda. Sehingga Penulis sarankan untuk berhati – hati dalam melakukan Flashing ROM.

3. Salah Mengatur Permission

Permission adalah hak akses yang dimiliki pada suatu aplikasi dimana agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari ponsel yang kita miliki. Perlu kalian ketahui bahwa pada Android  terdapat banyak informasi personal semisal lokasi, kontak, dan koleksi foto kita pada galeri. Sehingga OS pada Android itu sangat berpengaruh pada permission, jika kita melakukan kesalahan dalam mengatur permission pada sebuah file maka dapat mengakibatkan bootloop. Jadi penulis sarankan berhati-hatilah dan teliti dalam memberikan permission pada suatu file di ponsel Anda.

4. Overclock pada Android

Pada dasarnya ponsel yang berbasis Android sistem kerjanya sama dengan laptop dan PC. Karena dengan kemajuan teknologi sehingga pabrikan-pabrikan sekelas Apple, Samsung, Sony, dan masih banyak lainnya menciptakan ponsel berbasis Android dan iOS dengan spesifikasi yang hampir setara dengan laptop maupun PC. Dengan tujuan memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada user (penggunanya).

Kita sebagai user tidak perlu repot-repot untuk membawa berat laptop atau PC kemanapun kita berada, cukup dalam genggaman semua pekerjaan dan komunikasi dapat kita selesaikan saat itu juga.

Baca juga:

Cepat atau lambatnya suatu sistem operasi pada ponsel berbasisi Android dipengaruhi dari prosesornya. Jika ponsel Anda hanya memiliki prosesor dengan kemampuan 1 GHz namun Anda menginginkan lebih sehingga Anda menaikkan prosesornya menjadi 2 GHz dengan alasan agar sistem operasinya menjadi lebih cepat, maka overclock adalah langkah yang sering dilakukan.

Overclock bisa saja dilakukan namun jangan terlalu memaksakan semisal jika Anda ingin meng-overclock dari 1 GHz menjadi 2 GHz. Lakukan setengahnya saja atau seperempatnya saja menjadi 1,2 GHz. Sehingga tidak terlalu memaksakan ponsel Anda. Namun penulis sarankan jangan melakukan overclock biarkan spesifikasi prosesor pada ponsel Anda sama yang dikeluarkan dari pabrikan. Karena hal ini bisa mencegah terjadinya bootloop pada ponsel Anda.

5. Mengubah Isi Script pada Folder Sistem

Mungkin hal ini dianggap sepele dan tidak berdampak pada sistem Android. Bagi Anda pecinta game pasti sudah tidak asing dengan cara semacam ini. Mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dan bertujuan bisa segera menikmati game yang Anda inginkan. Ingat bahwa langkah ini juga bisa mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda. Jadi jangan sembarangan mengganti isi script jika ponsel Anda tidak ingin terjadi bootloop.

6. Sering Melepas Baterai

Sama halnya dengan penyebab poin nomer 6 bahwa sering mencopot baterai bisa berdampak pada sistem operasi pada ponsel Anda. Apalagi jika melakukan pencopotan baterai disaat ponsel Anda dalam keadaan menyala. Selain mengakibatkan bootloop hal ini juga sangat berbahaya, diantaranya ponsel Anda mengalami kerusakan pada hardware, mengacaukan kalibrasi pada ponsel, menyebabkan kerusakan data dalam memori eksternal dan internal, dan parahnya adalah ponsel Anda akan mati total. Sehingga hindari langkah mencopot ponsel Anda apalagi dalam keadaan menyala.

Cara Mengatasi Bootloop

Diatas merupakan beberapa penyebab terjadinya bootloop pada ponsel Anda, mengingat tingkat bootloop berbeda – beda maka cara untuk mengatasi bootloop pun disesuakan dengan tingkatan pada bootloop itu sendiri. Adapun langkah – langkah yang harus kita lakukan supaya ponsel Anda tidak menglami bootloop kembali adalah dengan beberapa langkah sebagai berikut :

Baca juga: Hp Terlaris di IndonesiaHp Terlaris di Dunia.

  • Bootloop Ringan

Untuk bootloop ringan Anda bisa mengatasinya dengan cara melepas baterai pada ponsel Anda kemudian memasangnya kembali. Kemudian nyalakan kembali biasanya ponsel Anda sudah bisa botting secara normal dan bisa masuk pada sistem operasi.

  • Bootloop Sedang

Pada bootloop sedang hal yang harus kita persiapkan adalah laptop atau PC, fungsinya adalah untuk membackup data recovery image dan file recovery CWM. Seperti pada penjelasan diawal jika kita sudah pernah melakukan backup data ROM secara berhasil maka langkah untuk membackup ulang dirasa akan berhasil. Namun lain halnya jika kita belum pernah membackup ROM pada ponsel kita, langkah selanjutnya adalah mencari data recovery yang sesuai dengan vendor ponsel Anda di mesin pencarian seperti Google. Ingat jika data tidak sama tentu saja ponsel Anda tidak dapat direstore seperti semula.

3. Bootloop parah

Dikarenakan kerusakan cukup memprihatinkan maka kita perlu membutuhkan laptop atau PC, selain itu laptop atau PC yang kita gunakan harus sudah diinstal dengan aplikasi khusus yang digunakan untuk menginstal atau melakukan Flasing ROM pada ponsel Android Anda. Namun perlu Anda ketahui melakukan penginstalan ulang pada setiap ponsel berbeda-beda tergantung dari pabrikannya. Berikut penulis akan membahas cara penginstalan pada beberapa vendor ponsel berbasis Android dan iOS :

  • Samsung

Jika ponsel Anda bermerek Samsung maka langkah awal untuk dapat masuk pada recovery mode adalah dengan cara menekan tombol Home + Volume Up + Power, ingat ketiga tombol itu ditekan dalam waktu bersamaan. Jika pada ponsel Anda sudah memunculkan logo Samsung Galaxy, maka pada tombol power Anda lepaskan sehingga tinggal dua tombol yang Anda tekan yaitu tombol home dan volume up. Kedua tombol ini tetap tekan sampai ponsel Anda mati secara sendirinya dan botting kembali, maka secara langsung akan masuk pada mode recovery.

Baca juga: Tips Membeli Hp Android, Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1.

  • Advan

Berbeda dengan Samsung, pada Advan langkah yang harus kita lakukan untuk bisa masuk pada mode recovery adalah dengan cara menyambungkan kabel USB ke Advan, kemudian tekan tombol VolumeUp + Power tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan Factory Mode. Selanjutnya akan secara otomatis masuk pada recovery mode, jika dipastikan sudah masuk pada mode recovery lepas pada dua tombol tersebut.

  • Lenovo

Pada Lenovo langkah yang harus Anda lakukan adalah menekan ketiga tombol yaitu tombol Volume UP + Volume Down + Power ingat ketiga tombol ini tekan secara bersamaan. Jika sudah muncul no command lalu tekan satu kali pada tombol power. Jika sudah muncul pilihan recovery mode gunakan tombol volume down untuk mengarahkan pilihan Anda dan tombol volume up digunakan untuk memilih.

Baca juga: Perbedaan Vivo V5 dan Oppo F1s.

  • Sony

Untuk Sony memiliki langkah berbeda dimana kita harus menekan tombol Volume Up secara berulang-ulang hingga ponsel Anda akan masuk pada recovery mode.

  • Asus

Bagi Anda yang memiliki ponsel berbasis Android keluaran dari Asus, jangan kawatir karena Asus juga menyediakan recovery mode pada produknya yang baru. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut, tekan tombol Power + Volume Up, jika ponsel Anda bergetar maka lepaskan tombol power, maka pada layar ponsel Anda akan muncul recovery mode. Disana ada dua pilihan yaitu Normal Boot atau Recovery Boot, dengan menggunakan tombol volume up dan volume down, Anda dapat memilih recovery mode. Jika Anda sudah memilih recovery mode maka pada layar akan muncul logo Android akan tertidur kemudian tekan tombol Power + Volume Up, maka secara langsung recovery mode akan muncul.

  • Apple

Pada Apple yang mana dia mempunyai sistem operasi sendiri yaitu iOS bukan Android maka ada beberapa cara dalam mengatasi bootloop.

Baca juga: Cara Cek Keaslian iPhone.

Untuk langkah pertama jika iPhone Anda hanya bisa memperlihatkan logo Apple saja maka langkah ini bisa Anda gunakan, yaitu menekan secara bersamaan tombol Sleep (Power) + tombol Home, tunggu beberapa saat sampai iPhone bisa melakukan botting.

Jika langkah pertama belum berhasil maka langkah kedua bisa Anda lakukan dengan cara melakukan pengisian baterai, seperti yang kita ketahui bahwa iPhone akan menyala jika kita lakukan pengisian baterai.

Bila langkah kedua masih belum berhasil maka bisa dikatakan iPhone Anda dalam keadaan bootloop yang parah, tidak perlu kawatir penulis akan memberikan sedikit pemecahannya yaitu dengan cara masuk pada recovery mode kemudian kita menghubungkan dengan iMac atau PC yang sudah diinstal iTunesnya, kita menunggu beberapa detik sampai iTunes mendeteksi iPhone, jika sudah terdeteksi lakukan restore untuk memulihkan iPhone Anda.

Sponsors Link

Jika kita sudah masuk pada recovery mode maka langkah selanjutnya adalah melakukan tripel wipe pada ponsel Anda, adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Gunakan tombol volume up dan volume down untuk memilih option jika Anda ingin masuk pada option pilihan Anda maka gunakan tombol power.
  • Lakukan wipe pertama yaitu wipe cache kemudian tekan yes, tunggu proses sampai berjalan.
  • Jika sudah lakukan wipe kedua yaitu wipe kedua pilih yes, tunggu proses berjalan sampai selesai.
  • Kemudian lakukan wipe ketiga yaitu wipe cache partition pilih yes dan tunggu proses sampai selesai.
  • Dan terakhir adalah lakukan restart pada ponsel Anda waktu yang digunakan untuk botting cukup lama berkisar 15 menit jika ponsel Anda sudah bisa masuk ke menu utama dan tidak ada kendala selang beberapa menit maka proses recovery Anda dinyatakan berhasil. Namun jika gagal jangan khawatir dulu Anda bisa mencari firmware atau custom ROM yang disediakan di mesin pencarian semisal Google.

Tips agar Tidak Terjadi Bootloop

Jika kita sudah tahu bagaimana penyebab bootloop dan seberapa besar dampaknya pada ponsel kita maka penulis sarankan untuk berhati-hati dalam melakukan download dan instal pada suatu aplikasi. Berikut penulis akan memberikan beberapa tips mudah agar ponsel Anda tidak mengalami bootloop, adapun tipsnya sebagai berikut :

  • Disiplin dalam Pengisian Baterai

Mungkin terdengar hal yang sepele namun pengisian baterai ini sangat mempengaruhi dari kinerja ponsel Anda, ada aturannya dalam melakukan pengisian baterai akan lebih baik jika Anda melakukan pengisian baterai ketika sudah 15%. Jangan biarkan baterai tersebut habis secara total, usahakan untuk menunggu baterai sampai 100% jangan biasakan menyelesaikan pengisian baterai sebelum terisi penuh atau 100%. Dan yang paling sering kita lakukan adalah jangan melakukan pengisian baterai pada ponsel Anda semalaman suntuk.

Ingat baterai juga mempunyai kapasitas tertentu jika Anda sering melakukan kesalahan-kesalahan seperti di atas dampak yang ditimbulkan adalah baterai akan cepat ngedrop serta terparahnya sistem kerja baterai dapat mempengaruhi sistem operasi pada ponsel Anda dan bootloop adalah salah satu penyebab yang ditimbulkannya. Jadi ingat selalu untuk disiplin dalam melakukan pengisian baterai pada ponsel Anda.

  • Sering Melepas Baterai

Hampir sama seperti tips yang pertama tips kedua ini yaitu sering melepas baterai bisa menyebabkan bootloop, apalagi jika ponsel Android atau iOS Anda dalam keadaan menyala (on). Melepas baterai dalam keadaan ponsel Amenyala sama artinya memaksakan sistem operasi pada ponsel Anda untuk diputus secara tiba-tiba. Hal semacam ini bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi pada ponsel Anda bahkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Sehingga penulis sarankan untuk jangan melepas baterai pada ponsel Anda apalagi dalam keadaan menyala (on). Namun jika kondisi ponsel Anda memang sedang hang dan tidak merespon, melepaskan baterai dari ponsel Anda bisa dimaafkan.

Baca juga: Hp Termahal di Indonesia.

  • Waspada dalam Download dan Instal Aplikasi

Pada Play Store dan App Store tersedia berjuta aplikasi sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan, mulai dari game, musik,e-book, bahkan aplikasi penunjang pekerjaan semisal aplikasi yang bisa membuka file doc, excel, power point, pdf, dan lainnya. Namun semua aplikasi yang tersedia disana tidak menjamin 100% aplikasi itu aman, bahkan ada ratusan aplikasi yang bisa membawa virus dan berdampak pada sistem operasi di ponsel Anda. Jika Anda ingin melakukan pengunduhan suatu aplikasi, lihat terlebih dahulu bintang pada aplikasi tersebut. Selain itu baca juga komentar dari para pengguna aplikasi tersebut. Jika dinilai memuaskan dan mendapatkan respon yang baik, maka Anda bisa memilih aplikasi tersebut untuk selanjutnya diinstal pada ponsel Anda. Jadi Anda harus selektif dalam download dan instal sebuah aplikasi.

  • Sering Melakukan Pembersihan Aplikasi

Ingat ponsel yang berbasis Android dan iOS sistem kerjanya sama seperti laptop dan PC. Jika laptop atau PC Anda dalam kurun waktu tertentu dilakukan pembersihan virus atau sampah yang bisa memperlambat kerja dari laptop atau PC, dengan menggunakan antivirus atau cc cleaning maka hal ini juga wajib kita terapkan pada ponsel Anda. Sudah banyak tersedia aplikasi antivirus yang ada pada Play Store atau App Store, bahkan perusahaan antivirus ternama semisal AVG, Avira, Avast, dan Kaspersky juga menyediakan aplikasi antivirus secara gratis bagi para pengguna Android dan iOS. Sehingga tidak ada alasan bagi Anda, jika ponsel Anda terkena virus dan sampai terjadi bootloop. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Menginstal aplikasi anti virus tidak ada ruginya bagi Anda para pengguna Android dan iOS, sebisanya sering lakukan pembersihan file-file atau program yang ada pada ponsel Anda dengan antivirus yang sudah Anda pasang.

Penjelasan di atas merupakan sedikit pengetahuan tentang penyebab hp bootloop, cara mengatasi bootloop, serta tips apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah ponsel kesayangan Anda terkena bootloop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang kondisi bootloop pada ponsel. Ingat jangan mudah terbawa emosi jika ponsel Anda dalam keadaan bootloop, lakukan langkah-langkah di atas dan pastinya rubah kebiasaan buruk jika Anda masih ingin menikmati ponsel Anda.

, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi