Sponsors Link

11 Kelebihan dan Kekurangan iOS 11 (No. 5 Mengejutkan)

Sponsors Link

iOS 11 adalah OS (Operating System) paling anyar untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Bagi penggemar produk Apple tentunya sangat penasaran ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone dengan iOS 11 yang rilis di bulan September 2017 ini.

ads

Kabar buruknya iOS 11 ini hanya bisa digunakan di iPhone 5s ke atas. Jadi jika anda memiliki iPhone 5C ke bawah anda tidak bisa menikmati kecanggihan iOS 11 ini di smartphone anda. Solusinya anda perlu upgrade perangkat anda ke Apple iPhone 5s, Apple iPhone 6, Apple iPhone 7, Apple iPhone 8.

Tentunya untuk upgrade ke device yang lebih tinggi, anda harus bijak dalam memilih, sesuaikan dengan budget dan keperluan anda. Namun anda perlu berhati-hati ya saat membeli iPhone baru, terlebih jika anda membelinya langsung dari distributor resminya Apple. Sebelum membeli iPhone, sebaiknya anda harus mengetahui tips membeli HP baru agar tidak tertipu, yaitu mulai dari perhatikan kemasannya, charger, body hp, kartu garansi dan segala kelengkapannya.

Kelebihan iOS 11

Berikut ini kelebihan iOS 11 yang bisa anda nikmati di iPhone maupun iPad anda:

1. Menajemen File dengan Lebih Mudah

Fungsi sangat bermanfaat untuk anda yang menggunakan iPad sebagai piranti kerja sehari-hari. Proses pemindahan file dan folder bisa dilakukan drop and drag, dengan split screen, yang tentunya memudahkan anda dalam mengatur dokumen. Fitur ini juga tersedia di iPhone meski dengan batasan tertentu.

2. Hapus Aplikasi yang Tak Penting

Fitur ini ada di iOS 10, anda bisa menghapus aplikasi bawaan yang memang tidak berguna untuk anda, proses penghapusannya secara manual. Namun pada iOS 11 penghapusan bisa dilakukan secara otomatis. Aplikasi yang tidak terpakai akan terhapus dan semua settingannya akan tersimpan. Sehingga anda bisa dengan mudah untuk mengembalikannya saat diperlukan.

3. Sentuh Keyboard Menggunakan Satu Tangan

Fitur one hand keyboard ini tentunya saat bermanfaat saat menggunakan perangkat anda bersamaan melakukan aktivitas lain. Atau anda memang lebih nyaman menggunakan 1 tangan saat mengoperasikan gadget anda. Masalahnya jika screen terlalu lebar, jari anda kesulitan menjangkau semua huruf. Dengan menggunakan fitur one hand keyboard ini, tampilan keyboard bisa diubah menjadi lebih kecil yang memungkinkan semua huruf terjangkau oleh jemari tangan anda.

4. Perekam Aktivitas Layar

Fitur screen recording ini sangat dibutuhkan untuk anda yang suka merekam aktivitas di layar iPhone atau iPad anda. Dengan fitur ini anda bisa merekam layar secara singkat, misalkan saat anda ingin memberitahukan penggunaan fitur yang ada di iPhone atau iPad kepada teman anda.

5. Password Autofill 

Pada iOS 11 anda tak perlu lagi mengetikkan password setiap kali akan membuka aplikasi. iOS 11 merancang ulang iCloud Keychain dengan tujuan agar bisa dipakai oleh pada pihak ketiga. Dengan fitur baru ini anda cukup mencari icon kunci ketika hendak log ini ke sebuah aplikasi. Anda tak perlu lagi mengingat password berbagai aplikasi yang bikin pusing.

Sponsors Link

6. Control Center 

Control center yang baru ini memungkinkan untuk meng-custom Aplikasi Home pada iPhone, iPad, dan iPod Touch. Aplikasi Home ini bekerja layaknya remote yang bisa mengendalikan perangkat rumah anda dari jarak jauh. Tentunya jika rumah anda menggunakan perangkat yang bisa beroprasi dengan Apple Home Kit. Anda bisa setting semuanya di control center perangkar anda. Seperti mengatur suhu ruangan, mematikan dan menghidupkan lampu di kamar, mengatur volume speaker di ruang keluarga dan dapur rumah anda.

7. Siri Tercanggih

Siri di iOS 11 lebih canggih dengan deteksi dan suara yang lebih natural, dan di iOS versi ini bisa menerjemahkan beberapa bahasa, diantaranya adalah bahasa Prancis, Jerman, Italia, Mandarin, dan Spanyol. Sayangnya bahasa Indonesia belum ada.

8. Anti Gangguan Saat Menyetir

Fitur ini akan mendeteksi saat anda menyetir dengan kombinasi kecepatan atau deteksi dengan Bluetooth. Maka layar iPhone anda akan tetap gelap sehingga anda tidak terganggu dengan notifikasi yang muncul.  Fitur ini juga akan memberitahukan anda kepada orang yang menghubungi anda, kalau anda sedang menyetir.

Sponsors Link

9. Tampilan Apps Store yang Fresh

Tampilan Apps Store yang baru membuat pembeda iOS 11 ini dari versi sebelumnya. Tampilan nampak lebih segar dan lebih menarik saat anda berselancar mencari Apps atau game yang anda butuhkan. Untuk anda yang suka berfotoria tentunya akan semakin mudah mencari aplikasi kamera iPhone terbaik dari yang gratis hingga berbayar untuk smartphone anda.

Kekurangan iOS 11

Sedangkan kekurangan dari iOS 11 yang menjadi banyak keluhan pengguna iPhone adalah:

  • Penggunaan baterai yang boros. Menurut data yang dirilis perusahaan keamanan mobile Wandera, bahwa iOS 11 menguras baterai 60 persen lebih boros dibanding saat awal rilis iOS 10. Meskipun ada beberapa cara memperbaiki baterai iPhone yang drop namun masalah tersebut cukup mengganggu ya terutama untuk anda yang beraktivitas diluar.
  • Selain itu adanya bug, yang muncul pada versi iOS 11 seperti fitur Bluetooth dan Wi-Fi yang tidak bisa dimatikan. Namun hal tersebut nampaknya sudah teratasi dengan update iOS 11.0.1

Demikian pembahasan kelebihan dan kekurangan iOS 11. Jika iphone atau iPad anda memenuhi kriteria untuk menggunakan iOS 11, dan anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan iOS 11, maka tak ada salahnya segera update untuk menikmati fitur tercanggih yang ada OS terbaru milik Apple Inc.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi