Sponsors Link

3 Fungsi NFC Pada Hp dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

Near Field Communication (NFC) adalah sebuah aplikasi yang didapatkan pada jenis hp tertentu yang mana sudah mampu untuk menjalankan aplikasi tersebut. NFC secara jelas tidak akan didapatkan pada hp keluaran lama. Meskipun sering ditampilkan dalam beberapa iklan handphone canggih seperti sekarang ini, namun NFC masih jarang diketahui beberapa orang terkait fungsi yang diberikan teknologi tersebut.

ads

Bila diperhatikan dengan seksama, NFC sebenarnya sudah digunakan di berbagai gadget dengan keluaran terbaru seperti sekarang ini, namun yang menjadi kendala pemanfaatan teknologi tersebut ialah kurangnya pengetahuan yang dimiliki pengguna. Maka dari itulah akan dijelaskan fungsi dari NFC dari sebuah smartphone, yang diharapkan bisa menambah pengetahuan bagi kita nantinya bahkan dari segi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

NFC adalah salah satu fitur yang tersedia di salah satu smartphone. Apabila NFC sudah diprogram maka pengguna bisa mengendalikan beberapa fungsi pada ponsel secara otomatis. Penggunaan secara otomatis disini dimaksudkan hanya dengan satu kali klik atau tap.

Salah satu fungsi NFC pada hp ialah untuk menyesuaikan alarm yang ada pada smartphone, bisa juga untuk masuk kedalam mode tertentu, bahkan mampu mengaktifkan Bluetooth dan wifi smartphone. Selain itu juga bisa digunakan sebagai penyesuaian volume sebuah ringtone, mengatur bright atau kecerahan smartphone. Semua itu bisa dilakukan ketika ponsel dalam keadaan mati atau tanpa menyentuh tampilan menu pada smartphone.

Dengan NFC ini juga pengguna akan diberikan kenyamanan yang mana bisa mengubah mode dering menjadi senyap hanya dengan langkah men-tap ponsel tersebut. NFC ini juga memungkinkan kemudahan ketika melakukan sharing jaringan wifi.

  • NFC dapat membuka aplikasi secara otomatis

Pada saat pertama kali diluncurkan, NFC yang paling umum kita kenal ialah check-in. NFC juga bisa mendeteksi letak sebuah wilayah dengan peta lokasi. Serta bisa check-in melalui LBS (Location Based Service) cukup dengan mengklik NFC yang sebelumnya telah disisipkan pada took yang dituju.

  • NFC bisa menjalankan beberapa tugas

Kecanggihan lain dari hadirnya NFC ialah untuk menjalankan beberapa pekerjaan yang rumit. Salah satu contohnya akan mempermudah dalam mengirimkan pesan kepada orang tertentu hanya dengan melakukan tag tanpa harus mengetik pesan yang akan dikirim nantinya.

  • NFC bisa digunakan untuk melakukan beberapa Payment

NFC bukan hanya sebatas memiliki kelebihan seperti hal diatas namun ada kelebihan lainnya yang dimiliki NFC yang mana bisa dilakukan sebagai payment atau dalam bahasa Indonesia ialah pembayaran. Hadirnya NFC semakin mempermudah beberapa orang untuk melakukan transaksi hanya dengan sebuah smartphone tanpa harus menggunakan uang tunai serta credit card.

Contoh penggunaan NFC dalam transaksi payment:

  • Salah satu contoh payment menggunakan NFC bisa kita lihat di negara Australia. Di negara Australia jika kalian ingin membeli beberapa makanan ringan maka bisa menggunakan NFC.
  • NFC dimanfaatkan oleh pihak Elecom dalam bentuk phone keypad. Keypad yang dimanfaatkan bisa memberikan kenyamanan ketika sedang melakukan pairing antara Bluetooth.
  • NCF bahkan bisa digunakan untuk membuka kunci. Ketika anda memberikan reaksi dengan handphone yang sudah dilengkapi NFC maka pintu secara otomatis bisa terbuka dengan sendirinya. Namun harus didukung juga dengan pintu yang memiliki tingkat teknologi tinggi.
  • Pada android jenis Beam sudah menggunakan aplikasi NFC yang mana bisa mengirim data antar ponsel. Namun hal tersebut hanya bisa digunakan pada android dengan OS 4.0 atau bahkan versi di atasnya.

Pada intinya peluncuran dari NFC ialah memberikan efek kemudahan bagi pengunanya. Kemudahan tersebut meliputi pertukaran data yang semakin gamang dan praktis. Sampai saat ini NFC sebenarnya masih belum digunakan sepenuhnya di Negara Indonesia. Namun dengan kelebihan yang dimiliki fungsi NFC pada hp tidak menutup kemungkinan nantinya akan diterapkan sepenuhnya di Negara Indonesia.

NFC pada umumnya jika kita mengetahui fungsi dengan baik maka hal tersebut sangat berdampak positif. Bahkan dengan kehadiran NFC beberapa Negara maju lainnya telah melakukan sejumlah perubahan dalam Negara mereka dengan penggunaan NFC, seperti yang sudah dijelaskan tadi ialah Negara Australia.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi