Sponsors Link

Tips Memilih Power Bank yang Bagus dan Awet

Sponsors Link

Seberapapun pintar smartphone anda, tak ada gunanya jika baterainya kosong. Peran baterai sebagai sumber catu daya sangat penting dan keberadaanya tidak bisa digantikan oleh yang lain. Smartphone menjadi bawaan wajib  kemana saja kita pergi. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana hiburan, seperti nonton film, mendengarkan musik dan bermain game. Selagi belum tidur, seakan kita tak bisa lepas dari handphone.

ads

Permasalahnanya isi baterai Hp yang terbatas, membuat kita tak bisa terus menerus menggunakan handphone saat dalam perjalanan atau saat jauh dengan sumber listrik. Padahal kebutuhanan untuk menggunakan handphone baik dalam perjalanan atau kegitan di luar rumah tidak bisa dihindari.

Baca juga: Hp Baterai Awet

Untuk mengatasinya dibutuhkan semacam tabungan daya portable yang bisa dibawa kemana-mana, yang dikenal dengan sebutan power bank. Aksesoris handphone yang paling banyak dibutuhkan. Kini di pasaran beredar banyak type dan merek power bank yang dijual dengan harga bervariasi.

Namun tidak semua orang tahu bagaimana memilih power bank yang cocok dan sesuai untuk kebutuhan handphonnya. Untuk mengatasinya, berikut ini tips memilih power bank yang bagus dan awet untuk bisa anda jadikan panduan.

1. Berapa Ukuran Baterainya

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah memperhatikan ukuran baterainya. Untuk memilihat ukuran baterai handphone anda terletak pada komponen baterai anda. Untuk ukuran kapasitas arus power bank biasanya tertulis pada body power bank. Berapa daya simpan arus baterai anda, 100 mAh, 1500 mAh atau lebih besar lagi. Pastikan ukuran mAh baterai power bank kapasitasnya minimal sama dengan kebutuhan handphone anda. Dalam hal ini memastikan agar baterai anda bisa terisi penuh dalam sekali pengisian menggunakan power bank.

2. Perhatikan Tegangannya

Output tegangan dalam power bank sangatlah penting. Tegangan output yang keluar dari power bank harus sama dengan tegangan yang dibutuhkan smartphone anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan perangkat smarphone anda. Satuan ukuran tengangan disebut dengan Volt DC atau ditulis Vdc.

3. Pilih Port Lebih dari Satu

Port lebih dari satu ini bisa ada anda gunakan untuk mengisi lebih dari satu perangkat secara bersaaman. Sangat cocok untuk anda yang memiliki dua handphone atau untuk anda yang ingin berbagi daya dengan yang lain saat di perjalanan.

4. Keamanan pada Power Bank

Fitur kemamanan power bank penting demi keamanan dan keawetan smartphone anda. Dengan menggunakan power bank yang memiliki proteksi keamanan akan membuat anda tenang menggunakan power bank. Tidak khawatir handphone akan rusak saat di isi daya dari power bank.

Fitur kemananan power bank:

  • Over Charging Protection: fitur ini sangat berguna untuk yang punya kebiasaan buruk seperti membiarkan charger tetap tercolok ke listrik meski pengisian handphone telah penuh. Hal ini bisa menjadi penyebab baterai Hp cepet kembung, dan hape bisa meledak saat di cas. Dengan adanya fitur over charging protection maka arus listrik otomoatis terputus saat pengisian ke baterai handphone anda telah penuh. Sehingga baterai anda terhindar dari pengisian yang berlebihan.
  • Short Circuit Protection: fitur ini mencegah korsleting pada handphone yang anda miliki. Dengan fitur ini power bank akan otomotis mati jika terjadi arus pendek pada komponennya. Jadi korsleting pada bagian power bank tidak akan berdampak pada smartphone anda.

Dengan memiliki 2 fitur keamanan tersebut, anda akan merasa nyaman dan aman saat harus mencolokkan smarphone anda di port power bank.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Pilih Jenis Baterai Power Bank yang Bagus

Pastikan anda mengetahui jenis baterai smartphone apa yang digunakan di dalam power bank. Jenis baterai ini akan berpengaruh pada kekuatan dan keawetan power bank, dan jelasnya jika anda mengetahui jenis baterai di dalam power bank anda akan mudah cara menanganinya juga. Misalkan kapan power bank harus dicas. Sebab beberapa jenis baterai handphone memang memiliki penanganan yang berbeda, terutama terkait daengan waktu chargingnya.

6. Merk Terpercaya
Memang merek bukanlah segalanya, dan belum tentu merek terkenal kualitasnya selalu lebih unggul bila dibanding dengan merek yang kurang terkenal. Namun umumnya power bank yang bermerk memiliki Garansi dan Klaim garansi yang jelas.

6. Power Bank yang Bisa Bongkar Pasang

Power bank yang bisa dibuka box nya, akan memudahkan reparasi jika sewaktu-waktu power bank bermasalah. Kalaupun anda tidak bisa membongkar dan mengganti baterai power bank sendiri setidaknya power bank anda bisa di service di tempat service handphone.

Namun jika box power bank tersebut tidak bisa dibuka, itu artinya power bank tersebut tidak bisa diperbaiki. Jika power bank tersebut bermasalah, atau baterainya ngedrop solusinya hanya satu, “dilembiru” (dilempar ganti yang baru)

Baca juga:  Cara Memperbaiki Power Bank yang Cepat Habis

Demikian tips memilih power bank yang bagus dan awet, semoga bisa menjadi panduan anda dalam memilih aksesoris power bank untuk smartphone anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi