Sponsors Link

16 Fungsi Mode Pengembang pada Android (Developer Options)

Sponsors Link

Bagi Anda pecinta dunia gadget , HP Android dan juga HP pintar, tentu sudah tidak asing dengan istilah Developer Options atau disebut juga Mode Pengembang. Adapun penjelasan mode pengembang yaitu salah satu rangkaian fitur tambahan yang terdapat pada HP Android Anda yang berfungsi mengatur sistem fungsional Android baik versi rendah sampai versi paling atas. Salah satu fungsinya adalah membuat akses untuk menampilkan fitur-fitur tertentu dalam HP Android. Cara kerjanya sama halnya seperti PC atau laptop Anda.

ads

Dalam mengaktifkan opsi pengembang ini selain untuk membuat fitur tertentu juga bisa mengaktifkan USB debug dan pengembangan aplikasi lainnya baik yang masih disembunyikan secara default. Dan sebagian pengguna Android jarang sekali ada yang menggunakannya dikarenakan fungsi yang disediakan oleh opsi pengembang ini masih bersembunyi di pengaturan sistem Android pada HP atau gadget Anda.

Mode pengembang sendiri terletak pada bagian phone atau ponsel Anda yang mana mode pengembang ini bekerja layaknya seperti GPU atau CPU pada gadget Anda. Adapun fungsi mode pengembang ini sendiri untuk memudahkan Anda dalam mencari informasi tambahan mengenai kinerja ponsel dan juga mengaktifkan mode debugging yang mana mode ini akan aktif ketika HP Anda terhubungkan dengan PC atau Laptop, pilihannya bisa melalui koneksi File Transfer atau Memory Internal HP Anda.

Adapun fungsi mode pengembang yang sudah diaktifkan di ponsel HP Anda, maka akan menampilkan beberapa opsi seperti :

  1. Buka Laporan BUG / Take Bug Report: Fungsi menu ini bertugas untuk mengizinkan aplikasi yang dipilih untuk mengumpulkan informasi terkait status perangkat HP Anda melalui email atau sebagai jembatan antara perangkat Android ke PC atau laptop Anda.
  2. Kata Sandi Cadangan Dekstop / Desktop Backup Password: Menu ini berfungsi untuk memilih password apa yang akan dimasukkan kedalam Android Anda guna memulihkan atau restore data serta aplikasi yang sebelumnya disimpan baik data ke dan dari PC Anda. Jika Password tidak dibuat maka Anda tidak dapat mengaplikasikan fitur ini ke perangkat gadget Anda.
  3. Stay Awake / Tetap Terjaga: Menu ini berfungsi untuk menyalakan layar telepon Anda secara lama, atau membuat HP Anda terjaga kapan saja. Bahkan pada saat mengisi batu baterai HP atau port USB PC Anda. Jadi lebih baik menu ini tidak dipergunakan apabila dirasa tidak perlu, selain lebih menghemat listrik dan baterai Anda. Baca juga mengenai cara menyambungkan hp Android ke DVD.
  4. HCI Snoop Log Bluetooth: Mengaktifkan menu ini dapat memposisikannya di file penyimpanan perangkat dalam pengambilan ( log. ) dan fungsinya untuk mengetahui aktifitas dan hubungan Bluetooth dalam perangkat Andoid atau PC Anda.
  5. OEM (Original Equipment Manufacturing) Unlock: Dengan mengaktifkan menu ini mencegah perangkat dari kegagalan system software Android Anda juga dapat menyelamatkan dari mati total pada HP Android Anda. Keuntungan lain yaitu jika perangkat Anda hilang atau dicuri maka sudah pasti tidak akan bisa mengakses data Anda seenaknya saja.
  6. Running Service / Menjalankan Pelayanan: Menu ini berfungsi untuk melihat tampilan layanan yang sedang aktif di HP Anda, dan sewaktu-waktu Anda ingin menghentikan tampilan tersebut dapat dilakukan walaupun kondisi aplikasi HP Anda sedang aktif atau sedang berjalan.
  7. USB Debug: Menu ini berfungsi sebagai jembatan komunikasi melalui port USB di PC Anda melalui ADB (Android Debug Bridge). Cukup akftikan menu ini untuk bisa menggunakan ADB atau DDMS. baca juga mengenai cara memilih kabel USB yang bagus.
  8. Revoke USB Debugging Authorizations / Cabut Otorisasi Debug pada USB: Fitur ini berperan untuk menghapus atau menghilangkan autorisasi sebelumnya sehingga dengan demikian Anda dapat melakukan autorisasi baru yang dibutuhkan.
  9. Laporan Bug di Menu / Power Menu Bug Reports: Menu ini berperan untuk mempermudah Anda menguji satu aplikasi untuk mengumpulkan dan mengirim laporan bug.
  10. Select Debug App /Pemilihan aplikasi Debug: Menu ini berperan untuk membuat aplikasi dalam melakukan debug dan berguna untuk mengetahui aplikasi sudah berjalan sesuai dengan ketentuan atau tidak.
  11. Wait for Debugger / Menunggu Debugger: Menu ini befungsi pada saat proses debug berjalan maka fitur ini akan membuat aplikasi menunggu sampai proses debug selesai. Baca juga mengenai penyebab touchscreen error.
  12. Verify Apps Over USB / Verifikasi Aplikasi Melalui USBMenu ini bertugas untuk memferifikasi google dalam aplikasi yang terpasang di perangkat HP Anda melaui PC atau computer.
  13. Show Touches / Tampilan Sentuh: Berfungsi menampilkan tanda pada setiap lokasi dimana Anda menyentuh layar. Baca juga mengenai cara memperbaiki touchscreen Android yang error.
  14. Pointer Location / Lokasi Petunjuk: Berfungsi untuk menampilkan informasi titik kordinat pada layar HP Anda, apakah layar HP merespon dengan baik atau tidak.
  15. Show Surface Updates / Tampilan Pembaharuan Permukaan: Salah satu fungsi menu ini adalah membuat tampilan gambar ditepi saat sedang memperbaharui gambar flash di HP pintar Anda.
  16. Show Layout Bonds / Tampilan Batas Tata Letak: Menu ini dapat menampilkan sisi-sisi setiap menu yang terlihat di layar HP Anda. Baca juga mengenai cara Menggunakan Stylus Pen.

Dan masih banyak lagi fungsi menu lainnya pada fitur mode pengembang ini. Selamat mencoba.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi