Sponsors Link

9 Cara Agar Game Android Tidak Lag Tanpa Root Paling Jitu

Sponsors Link

Hal yang mengganggu saat main game bukan cuma baterai yang lowbat saja, tapi juga lag. Apa sih lag itu? Tidak ada arti spesifiknya, tapi semacam tertinggal atau tersendat saat menjalankan program di suatu perangkat. Dan ketertinggalan atau tersendat itu ada penyebabnya.

ads

Penyebab lag sendiri yang paling jelas adalah spesifikasi handphone Android yang sudah ketinggalan jaman. Bayangkan, RAM 1 GB dipakai game 3D jelas sekali akan terasa berat dan mengalami lag secara terus menerus. Kalau begitu, apa handphone harus diroot?

Kebanyakan akan beranggapan bahwa melakukan root pada handphone adalah yang terbaik, padahal root bukan satu-satu nya jalan untuk mengurangi lag. Memang, ada kelebihan hp Android setelah diroot yaitu bisa mempercepat kinerja handphone, baterai jadi tidak boros dan main game jadi lancar, tapi root juga ada kekurangan.

Selain bisa menghilangkan garansi resmi handphone, kekurangan dari root handphone sendiri adalah handphone jadi tidak aman dan mudah diserang virus dan malware, belum lagi terancam bootlop atau mati total. Maka dari itu, kalian harus tahu bahwa ada cara agar game Android tidak lag tanpa root, jadi tidak usah khawatir dan akan merasa ribet karena handphone harus diroot. Berikut penjelasan cara agar game Android tidak lag tanpa root:

1. Kurangi grafis pada game

Grafis sendiri itu semacam visual atau tampilan berupa tulisan atau gambar. Untuk game, grafis mencakup banyak hal salah satu contohnya resolusi. Ketika men-install sebuah game, pengaturan akan sesuai bawaan game tersebut termasuk grafisnya. Untuk mengurangi lag, kamu bisa ke pengaturan dan mengubah grafis game tersebut. Contohnya, seperti mengurangi resolusi game agar tidak terlalu tinggi. Kalau pakai hp android khusus game mungkin tidak perlu repot untuk mengurangi sistem grafis nya.

2. Update

Coba cek, game yang sedang dimainkan masih versi percobaan atau beta? Biasanya, game dengan versi beta masih rentan terkena malware dan bug. Mengakibatkan game jadi berat dan banyak lag saat dimainkan.

3. Aplikasi booster

Untuk mengoptimalkan kinerja Android saat bermain game dan cara agar hp tidak lemot bisa gunakan aplikasi booster. Kamu bisa mencarinya di PlayStore dan langsung mendownloadnya. Tapi jika perlu rekomendasi, ada beberapa aplikasi booster terbaik; Razer Cortex: Game Booster, SpeeditUp Free, WiseGame Booster dan Mz Game Accelerator.

4. Hapus Cache

Cache adalah tempat menyimpan data sementara. Di saat membuka game atau aplikasi, cache bakal membantu untuk mempermudah menjalankan program. Menghapus juga bisa mengurangi lag dan salah satu cara mempercepat kinerja hp android, karena cache sendiri memenuhi internal memori handphone dan membuat game jadi lag. Cara menghapus cache :

  • Masuk kemenu pengaturan
  • Klik menu aplikasi
  • Pilih aplikasi yang mau dihapus
  • Klik hapus cache
  • Tunggu proses selesai

5. Gunakan aplikasi launcher

Ada dua kegunaan aplikasi launcher :

  • Launcher untuk mempercantik dekstop handphone.
  • Launcher untuk meningkatkan performa dan menghilangkan lag.

Aplikasi launcher yang harus dipilih tentunya untuk mengurangi lag, bukan? Kamu bisa coba Nova launcher, Apus launcher, Hola launcher dan Zero launcher. Cara membedakan aplikasi launcher untuk tampilan dan meningkatkan performa bisa dilihat dari ukuran file saat akan didownload. Jika aplikasi untuk meningkat performa dan mengurangi lagi di bawah ukuran 5 MB. Jika di atas ukuran itu untuk mempercantik tampilan handphone.

Sponsors Link

6. Hapus game dan aplikasi

Nah lho, mau main game kok malah disuruh buat dihapus? Diantara semua game pasti ada yang jarang dimainkan, bukan? Kalau semuanya dimainkan, hapus aplikasi saja. Terlalu banyak aplikasi atau game bisa memakan ruang RAM hingga terbebani dan akhirnya jadi sesak dan entah main game atau menjalankan aplikasi akan terasa berat.

Sortir atau pilih aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan, karena bisa mengurangi ruang memori, ruang RAM dan lag. Kecuali kamu menggunakan hp ram terbesar di dunia. Gunakan aplikasi versi mini. Kenapa? Aplikasi versi mini akan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan tidak memberatkan Android karena harus me-load banyak nya fitur yang ada. Seperti, aplikasi Facebook diganti dengan Facebook Lite.

7. Aplikasi Greenify

Merupakan aplikasi untuk menghemat penggunaan baterai, tapi bisa juga untuk mengurangi lag pada handphone. Kegunaan Greenify adalah menghibernasi total. Yang di mana, mampu menon-aktifkan aplikasi untuk sementara waktu, jadi ketika selesai menggunakan aplikasi, tanpa menutupnya sudah akan berhenti berjalan dengan memakai aplikasi ini.

Sponsors Link

8. Update firmware

Melakukan update firmware tidak sulit karena memang sudah disediakan oleh produsen smartphone. Biasanya, update akan tersedia karena ada sistem terbaru dan menjadi cara mengatasi lag pada hp Android. Caranya :

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Klik menu tentang perangkat
  • Pilih opsi pembaharuan sistem

Meski memakan banyak ruang internal, tapi sistem baru tersebut sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya. Jika tidak tersedia, berarti belum ada pembaharuan sistem dari produsen.

9. Kurangi live wallpaper dan widget

Tampilan handphone memang penting, tapi lebih penting lagi jika performa nya terjaga. Dengan mengurangi penggunaan live wallpaper bisa mengurangi kinerja Android, jadi gunakan wallpaper biasa. Lalu apa itu widget? Widget juga merupakan aplikasi bawaan dari handphone yang bisa digunakan atau dipasang di tampilan dekstop handphone. Pemakaian yang terlalu banyak bisa memperberat RAM dan membuat Android jadi lag. menggunakan widget cuaca dan jam digital juga sudah cukup.

Dari sekian banyak cara agar game android tidak lag tanpa root, mana yang berhasil kamu coba? Cara di atas juga bisa menghemat penggunaan baterai juga.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi