Sponsors Link

4 Cara Membersihkan Fingerprint HP Termudah

Sponsors Link

Hampir semua smartphone yang dirilis pada tahun 2018 dilengkapi dengan fitur sidik jari atau fingerprint sebagai opsi tambahan untuk mengunci dan membuka kunci layar, dengan tingkat keamanan dan efisiensi yang tinggi.

ads

Penggunaan fingerprint memang memberikan keamanan ekstra pada smartphone, di sisi lain pengunaan fitur figerprint ini dianggap jauh lebih efisien karena pengguna smartphone tidak perlu lagi menekan tombol power untuk membuka kunci layar dengan menggunakan password atau dengan kunci pola yang dianggap bertele-tele untuk sebagian orang.

Dengan semakin banyaknya smartphone dengan fitur fingerprint yang beredar dan laris manis di pasaran, tentu juga melahirkan keluhan-keluhan tentang terjadinya error atau bahkan kerusakan fitur sidik jari pada smartphone. Hal ini tentu sangat tidak diinginkan oleh para pengguna smartphone yang memiliki fitur fingerprint, dan akan membuat panel scan sidik jari pada smartphone menjadi percuma dam terkesan menghabiskan tempat akibat terjadinya kerusakan baik pada sistem maupun panel scan sidik jari.

Oleh karena itu, untuk menikmati fitur fingerprint yang prima pada smartpthone kita harus megetahui penyebab kerusakannya agar lebih mudah dalam membersihkan serta merawat fitur fingerprint ini.

Berikut adalah cara membersihkan fingerprint hp dan merawatnya:

  • Membersihkan Panel Scan Sidik Jari

Salah satu komponen yang memiliki peran paling vital dari fitur fingerprint adalah panel scan sidik jari. Panel scan sidik jari bisa disebut sebagai frontliner pada fitur fingerprint, karena fungsinya yang berhubungan langsung dengan sidik jari pengguna smartphone. Sensor yang terletak pada panel scan sidik jari tentu akan terganggu apabila terdapat partikel yang menghalanginya untuk membaca sidik jari yang ditempelkan. Selain adanya pertikel yang menghalangi proses autentifikasi, banyaknya goresan pada panel scan sidik jari ini juga akan mengurangi sesitivitas sensor fingerprint. Oleh karena itu, panel scan sidik jari ini harus sangat diperhatikan kebersihannya, jauhkan dari benda-benda yang dapat mengakibatkan goresan pada panel scan sidik jari.

  • Kain Serat Mikro

Gunakanlah kain serat mikro untuk membersihkan panel scan sidik jari, kain serat mikro ini terbuat dari serat yang sangat halus sehingga kemungkinan untuk dapat menggores panel scan scan sidik jari sangatlah kecil. Jangan menggunakan kertas atau benda-benda berbahan dasar kertas, serat kasar yang terdapat pada kertas atau benda yang terbuat dari kertas berpotansi mengakibatkan goresan pada scan sidik jari yang akan membuat sentivitas panel scan menurun.

Bersihkan seluruh bagian panel scan sidik jari secara perlahan, jangan terlalu menekan panel scan karena juga dapat mengakibatkan kerusakan. Bersihkan mulai dari bagian tengah panel hingga sela-sela panel sidik jari yang biasa menjadi tempat menumpuknya debu. yang bisa dibersihkan dengan cara meniup dan diikuti dengan usapan halus menggunakan kain serat mikro.

  •  Gunakan Kain Kering

Kain serat mikro yang digunakan sebaiknya tidak dalam keadaan basah. Karena seperti kita ketahui, penggunaan fingerprint dalam keadaan basah juga dapat menyebabkan error. Apabila tidak sengaja atau sudah terlanjur menggunakan kain serat mikro yang basah, sebaiknya segera keringkan panel scan sidik jari dan lanjutkan dengan kain serat mikro yang kering. Guna mencegah terjadinya error atau berkurangnya sensitivitas pada panel scan sidik jari.

Pada beberapa smartphone memang sudah ada yang dilengkapi dengan teknologi waterproof yang bisa tetap hidup walaupun berada di dalam genangan air. Tapi percayalah, handphone tidak diciptakan untuk digunakan di dalam air, walaupun memiliki ketahanan terhadap air mungkin hanya bisa bertahan beberapa jam saja. Begitu pula dengan fitur fingerprint, yang sebaiknya jangan digunakan dalam keadaan basah.

Sponsors Link

  • Kalibrasi

Kalibrasi adalah pengaturan akurasi dan autentifikasi terhadap sidik jari yang di scan. Lakukan kalibrasi bila fingerprint dirasa error atau lambat merespon sidik jari yang discan, jika setelah proses kalibrasi sensor sidik jari masih dirasa lelet, lakukan proses konfigurasi ulang fingerprint untuk merekam ulang sidik jari yang baru dan menghapus sidik jari yang sebelumnya sudah disimpan.

Selain dua cara di atas, lakukan juga penghapusan shortcut yang juga difungsikan pada scan sidik jari seperti fungsi mengangkat telepon dan lain sebagainya. shortcut yang difungsikan pada fingerprint juga dapat menyebabkan error karena banyaknya perintah yang harus dijalankan sensor sidik jari. Oleh karena itu, cukup fungsikan scan sidik jari untuk membuka kunci layar smartphone demi menjaga performa sensor sidik jari tetap prima dan tidak terjadi error atau bahkan kerusakan.

Diatas adalah beberapa cara membersihkan fingerprint hp, karena setiap teknologi tentu akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dan digunakan sebagaimana mestinya. Hindarilah hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada fingerprint dan rawatlah panel scan sidik jari dengan cara yang tepat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi