Sponsors Link

16 Aplikasi Android yang Berguna untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sponsors Link

Gimana kuliah kamu? apakah semua lancar, berjalan dengan baik? Sesuai dengan target tidak ? Ya, kalimat seperti itu sering sekali terdengar oleh kaum pelajar/mahasiswa. Memang terkadang mengesalkan, tapi sudah sewajarnya karena mereka ingin mendengar kabar tersebut. Dewasa ini, banyak sekali gadget/perangkat yang dapat membantu para pelajar/mahasiswa dalam melakukan studynya, salah satunya gadget multifungsi yaitu smartphone. Dengan smartphone saja, dapat mendukung para pelajar untuk belajar. Berikut ini akan dibahas 16 aplikasi Android yang berguna untuk pelajar maupun mahasiswa:

ads

1. Google Translate

Tentunya, sudah tidak heran dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang canggih besutan Google ini ternyata marak di dunia. Tak heran menjadi aplikasi andalan dari tiap sudut penjuru dunia untuk dapat saling mengerti Bahasa-bahasa yang ada di dunia. Aplikasi ini dapat diunduh langsung, dan tentunya menggunakan fasilitas internet. Setelah mengunduh, anda dapat langsung memasangnya kedalam perangkat dan kerennya, aplikasi yang satu ini sudah dapat dijalankan tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Nah, bagi para pelajar, pasti sangat bermanfaat untuk aplikasi yang satu ini. Baca juga: Aplikasi yang Paling Banyak Digunakan di Dunia.

2. Google Classroom

Aplikasi ini juga merupakan besutan Google. Bermanfaat untuk membantu para pelajar dalam membantu kegiatan belajar mereka. Fungsinya supaya tiap pelajar dapat saling terhubung layaknya didalam kelas dan kegiatan belajar dapat dilangsungkan dengan aplikasi ini. Dilengkapi dengan fitur pengaturan kelas, sangat berguna untuk menghemat waktu para dosen/pengajar untuk memantau serta memeriksa kegiatan dalam belajar mengajar seperti memeriksa jawaban ujian, memeriksa PR. Sengaja dirancang untuk memudahkan para pelajar dan pengajar berkomunikasi dengan waktu yang efisien. Sayangnya, aplikasi ini tersedia hanya bagi sekolah yang telah setuju dan menyediakan fasilitas Google Classroom sebagai penunjang kegiatan edukasi. Baca juga: Aplikasi Chat Terbaik.

3. WPS Office + PDF

Bagi yang biasa menyimak pelajaran dengan baik, PDF merupakan suatu bentuk format dua dimensi yang berisikan tentang informasi dalam bentuk huruf, angka, gambar, grafik serta vektor yang sangat memudahkan dalam aktivitas belajar mengajar. Repotnya, format ini harus dibuka pada PC/Laptop/Notebook. Karena itulah, developer kemudian merancangnya dan mengaplikasikannya kedalam sebuah gadget maupun smartphone guna untuk mempermudah para pelajar dan pengajar membuka file dalam bentuk format PDF. Anda hanya perlu mengunduhnya dan memasangnya saja, setelah itu anda pun dapat menjalankannya tanpa perlu terhubung dengan koneksi internet. Praktis bukan? Baca juga: Aplikasi Android Termahal.

4. Google Drive

Kembali lagi ke Google, ya dengan aplikasi yang satu ini, sangat memudahkan para pelajar dan pengajar dalam mengunggah maupun mengunduh file yang telah disiapkan untuk membantu proses belajar mengajar. Aplikasi ini dirancang supaya dapat saling terhubung satu sama lain dengan Google Drive yang bersangkutan. Fungsi lain yang sangat berguna yaitu tempat untuk menyimpan file-file penting seperti skripsi, tugas, serta banyak kegunaan lainnya. Bagi yang laptop/pc-nya bermasalah, aplikasi ini sangat recommended. Baca juga: Fungsi USB OTG.

5. Media Converter

Bagi yang sedang belajar multimedia, aplikasi yang ini harus anda miliki karena fungsinya sangat membantu dalam aktivitas kegiatan multimedia. Termasuk aplikasi yang sangat detail karena dapat mengedit audio/video bit, setting frame rate, resolusi, dan lain-lain. Aplikasi ini juga dapat mengkonversi file yang berformat bermacam-macam, contohnya FLV, Mp3, Mp4, AVI, MPEG4, OGG, WAV, M4A, OGA, FLAC dan masih banyak lagi. Sangat efektif dan efisien membantu memudahkan para pelajar dalam mempelajari kegiatan belajar mereka. Baca juga: Tips Merekam Video dengan HP.

6. Money Wise

Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang teliti dan hemat maupun boros, karena dengan aplikasi ini anda dapat mengatur financial anda. Dengan fitur yang memudahkan para pelajar yang ingin mandiri dalam mengatur keuangannya, yaitu sesuai dengan slogan aplikasi itu sendiri “Keep track of your everyday expenses”. Intinya untuk menjaga keuangan anda terkontrol/menabung. Baca juga: Aplikasi Anti Lemot.

Sponsors Link

7. Table Periodik Kimia

Aplikasi yang satu ini sebetulnya sangat sederhana, karena dengan aplikasi ini pelajar dapat melihat daftar tabel periodik guna mempermudah dalam menghafal. Sangat simpel dan praktis tentunya, anda tidak perlu berkeliaran membawa secarik kertas/buku yang berisikan tentang table periodik kimia. Baca juga: Aplikasi Kamera iPhone Terbaik.

8. Evernote

Evernote merupakan aplikasi yang dirancang sedemikian rupa hingga berfungsi sebagai buku “diary” digital. Bagi anda yang suka menulis buku diary, anda tidak perlu repot-repot untuk membawa selalu buku diary anda dan menulisnya/menggambarnya. Apalagi yang malas menulis. Karena dalam aplikasi ini anda bisa menuliskan apapun yang anda inginkan, dan lebih kerennya anda bisa menyimpan dengan gambar serta rekaman suara. Aplikasi besutan Moleskin ini sekarang masih terus dikembangkan supaya dapat mudah dimiliki oleh para penggunanya yaitu dengan memproduksi Evernote Smart Notebook yang saat ini sudah dapat dipesan. Harganya cukup lumayan mahal untuk sebuah catatan yaitu sekitar Rp 325.000,-. Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhone.

9. Photomath

Aplikasi pintar yang satu ini benar-benar berguna bagi anda yang tidak punya waktu untuk mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan matematika. Saking mudahnya untuk digunakan, aplikasi ini malahan digunakan untuk mencontek. Aplikasi ini menggunakan kamera pada ponselnya dan memindai soal matematika tersebut dan memberikan hasil jawaban dari soal tersebut yaitu dengan sistem yang sama seperti scan barcode. Aplikasi ini mempunyai banyak penggemar di kalangan pelajar dan khususnya bagi mereka yang malas untuk menghitung, namun kelemahan dari aplikasi ini juga terlihat seperti sulitnya untuk memindai tulisan tangan dengan kamera. Baca juga: Hp Kamera Terbaik.

10. Simple Mind

Ya, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengatur jalan pikiran penggunanya, dengan cara menggambarkan mind mapping pada aplikasi tersebut dalam bentuk gambar dan chart. Bagi mereka yang sukar untuk mengatur kegiatan-kegiatan mereka, aplikasi ini adalah pilihan yang paling tepat bagi para pelajar yang biasanya sulit untuk berpikir multitasking. Baca juga: Prosesor Android Terbaik.

ads

11. Graphing Calculator

Suatu aplikasi yang sangat memudahkan para pelajar yang kesulitan di bidang matematik kalkulus. Dibesut oleh matlab berfungsi juga untuk menggambarkan grafik-grafik yang harus digambar dengan penghitungan matematika yang rumit. Pada aplikasi ini juga tersedia kalkulator scientific yang memang dirancang untuk membantu pelajar menyelesaikan perhitungan seperti logaritma, trigonometri, eksponensial, pecahan, aljabar, statistika, biner, kompleks matriks sampai probabilitas. Sangat lengkap dan praktis, tidak perlu membawa kalkulator yang besar. Untuk versi yang PRO, alias bayar, dilengkapi dengan grafik 3D. Baca juga: Aplikasi Internet Gratis Android.

12. Myhomework

Seringnya “penyakit” lupa yang melanda para pelajar dan pengajar membuat developer dari aplikasi ini membuat Myhomework. Sebuah aplikasi alternatif berfungsi untuk mencatat kegiatan belajar mengajar sampai kegiatan pekerjaan rumah. Serta mengatur jadwal kegiatan mereka, yang sudah harus dikerjakan duluan maupun nanti. Dengan tampilan yang menarik dan sederhana rupanya menjadi aplikasi yang digemari bagi penggunanya untuk mengerjakan kegiatan mereka dengan terkontrol dan tidak membuang-buang waktu. Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik.

13. Dropbox

Aplikasi ini mirip sekali dengan aplikasi besutan Google, yaitu Google Drive. Berfungsi untuk menyimpan data-data file dalam bentuk teks, gambar, audio, maupun video secara aman. Memungkinkan sesama penggunanya dapat men-share file yang diinginkan. Sangat mudah untuk dioperasikan, anda hanya tinggal drag and drop file yang ingin diunggah kedalam Dropbox. Lalu file tersebut aka nada dalam Dropbox tersebut. Pengguna lain yang menginginkan file tersebut tidak perlu repot-repot meminta file tersebut kepada orang yang bersangkutan, cukup hanya mengunduh file tersebut di dalam Dropbox dan meminta kepada owner dari Dropbox tersebut supaya statusnya dishare. Baca juga: Aplikasi Edit Video iPhone.

14. Dictionary.com

Aplikasi ini sengaja diciptakan bagi mereka yang membutuhkan bantuan dalam memahami kata-kata yang susah untuk dimengerti. Dan tentunya aplikasi ini sangat berguna karena para pelajar tidak perlu repot-repot membawa buku kamus besar berhalaman sampai ribuan lembar dan berat. Sangat disayangkan karena aplikasi Dictionary.com saat ini masih tersedia hanya dalam Bahasa inggris saja. Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang.

15. QR and Barcode Scanner

Jaman sudah semakin canggih, semakin banyak ditemukan suatu produk, biodata, alamat maupun buku dalam bentuk QR dan barcode. Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui informasi apa yang terkandung dalam QR Code tersebut. Pada umumnya digunakan kedalam sebuah produk guna untuk menyimpan informasi tentang produk tersebut. Untuk para pelajar, aplikasi ini juga dapat membaca QR code dengan informasi tentang seminar, event atau bahkan biodata seseorang. Baca juga: Aplikasi iPhone Penghasil Uang.

16. Duolinggo

Aplikasi ini sangat menarik, karena berguna untuk mempelajari bahasa asing. Pada aplikasi ini terdapat berbagai macam bahasa untuk dipelajari seperti Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol hingga bahasa asia seperti india, jepang dan korea. Memiliki fitur yang menyatukan audio dan visual untuk belajar dalam bahasa asing dengan cara menyenangkan menyebabkan aplikasi ini menjadi populer dikalangan pelajar. Baca juga: Aplikasi GPS Android Terbaik.

Demikian informasi mengenai aplikasi Android yang berguna untuk pelajar maupun mahasiswa agar memudahkan dan membantu tugas sekolah atau kuliah. Semoga bermanfaat dan gunakan dengan bijak ya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi