Sponsors Link

19 Aplikasi Anti Lemot Terbaik Di dunia dan Cara Mencegah Lemot

Sponsors Link

Menggunakan smartphone merupakan suatu kebutuhan yang ada pada aktivitas sehari-hari. Berbagai macam aktifitas dapat kita lakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Namun tak jarang aktivitas yang kita harapkan dapat selesai dengan cepat nyatanya menjadi terhambat karena performa smartphone yang lambat alias lemot. Tentu hal ini sangat mengganggu apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi kita bisa segera mengatasinya dengan menggunakan aplikasi anti lemot yang kamu bisa install pada smartphone kesayanganmu. Berikut aplikasi anti lemot yang ampuh untuk kamu gunakan.

ads

Baca juga:

1. Clean Master

Aplikasi pertama yang akan membuat smartphone kamu memiliki performa yang cepat dan menghilangkan kelemotan yang terjadi adalah Clean Master. Clean Master akan membantu kamu untuk menghapus cache ataupun sampah-sampah file yang tertinggal dari proses uninstall maupun deleting. Clean Master merupakan aplikasi task killer yang berada pada deretan teratas dikalangan pengguna smartphone. Fiturnya yang lengkap membuat aplikasi ini menarik lebih banyak peminat untuk menggunakannya. Bukan hanya sekedar sebagai pembersih dan pelega kapasitas RAM namun Clean Master juga menyediakan fitur lainnya seperti anti virus, screen lock aplikasi, aplikasi manager, duplicate photo remover dan lainnya.

Clean Master juga memungkinkan kamu untuk melakukan pendinginan pada CPU smartphone dengan cara menganalisa aplikasi yang membuat panas smartphone kamu dan seketika akan menghentikan aktifitasnya hingga CPU smartphone kamu kembali normal. Tentunya aplikasi Clean Master telah dilengkapi dengan fasilitas booster baik untuk aplikasi maupun untuk games jadi bagi kamu yang ingin menikmati kecepatan menggunakan aplikasi atau games secara dua kali lipat dari biasanya, kamu bisa menggunakan Clean Master pada smartphone kamu. Selain itu, Clean Master juga bias menghemat baterai smartphone kamu loh dengan fitur Battery Savernya.

Baca juga: Cara Membuat Android Support USB OTG

2. DU Speed Booster

Aplikasi selanjutnya yang bisa mempercepat performa smartphone kamu adalah DU Speed Booster. Tak kalah dengan Clean Master, aplikasi ini merupakan pesaing utamanya. Meski tak selengkap dengan fitur yang dimiliki Clean Master namun DU Speed Booster memiliki pengguna yang tidak sedikit. Para penggunanya memilih DU Speed Booster karena memakan memory yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Clean Master. Kegunaannya pun sama, yaitu membantu kamu untuk menghapus data cache dan file-file sisa yang tersembunyi pada smartphone kamu. Fitur ini akan membuat memori smartphone kamu menjadi lebih lega dan performa RAM kamu menjadi lebih meningkat.

Aplikasi ini juga akan memberikan kamu sebuah tombol akselelator pada layar kamu yang bisa kamu aktifkan kapan saja. Gunanya adalah untuk membantu kamu meminimalisir aplikasi yang tetap aktif dibelakang layar maupun mematikan aplikasi yang tidak terpakai, sehingga membuat smartphone kamu bekerja menjadi lebih ringan.

Hebatnya lagi, aplikasi DU Speed Booster mampu memfokuskan perform RAM smartphone kamu saat kamu sedang bermain games, fitur games booster ini membuat kamu dapat bermain games secara mulus pada smartphone kamu. Aplikasi anti lemot satu ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store favorite kamu.

Baca juga: Tips Merekam Video dengan HP

3. CCleaner

CCleaner sudah sangat terkenal sebagai aplikasi pembersih pada PC ataupun laptop. Namun seiring waktu, CCleaner pun telah merambah pangsa smartphone. Maka kamu sudah bisa mendownload CCleaner secara gratis di smartphone kesayangan kalian. Aplikasi ini terbilang ramah dan menjadi favorite para penggunanya karena hanya memerlukan kapasitas 2 MB yang terbilang sangat kecil dibandingkan kegunaannya yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi, meskipun kalian mendapatkan aplikasi ini secara gratis namun kalian akan dijamin bebas dari iklan apapun selama menjalankan aplikasi ini. Hal ini yang menjadi keunggulan CCleaner dibandingkan dengan aplikasi cleaner gratis lainnya, keringanan aplikasinya menjadi modal utama.

Dalam segi kualitas dan performa, aplikasi ini tak kalah canggih dengan aplikasi cleaner lainnya. Tentunya fungsi utamanya untuk menghapus data cache dan file-file tertinggal lainnya. Fungsi lainnya adalah sebagai anti virus, karena CCleaner telah memiliki fitur anti virus didalamnya. Mode penghemat daya pun bisa kamu dapatkan pada aplikasi ini. Bahkan kamu bisa memonitor kondisi dan kinerja smartphone kamu melalui aplikasi ini, baik performa baterai, RAM, CPU, Internal Storage hingga temperatur perangkat.

Baca juga: Daftar Hp Tertipis di Dunia

4. AVG Cleaner & Battery Saver

AVG sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sejak dulu telah banyak berkecimbung dengan teknologi dan gadget. AVG dikenal dengan produk anti virusnya yang mendunia. Maka kali ini AVG juga meluncurkan aplikasi cleaner sekaligus sebagai battery saver. Pada aplikasinya ini AVG memberikan fitur clean data cache serta file-file tertinggal dan tersembunyi pada memory smartphone kalian. Hal ini akan membuat performa RAM smartphone kalian menjadi meningkat serta baterai menjadi lebih hemat karena fitur lainnya dari AVG adalah memberi peringatan dan mematikan aplikasi yang memakan terlalu banyak data.

Lebih bagusnya lagi AVG memiliki fitur tersendiri dalam menghapus riwayat yang tersimpan pada smartphone. Sehingga kamu bisa lebih melegakan kapasitas memory smartphone kamu. Kamu juga bisa meningkatkan speed dari performa suatu aplikasi yang bisa kamu tentukan sendiri sesuai daftar aplikasi favorite kamu. Untuk baterai saver, kamu juga bisa mengaturnya sesuai kebutuhan dengan beberapa macam profile seperti profile saat di kantor, dirumah ataupun saat sedang berada dijalan. Sehingga AVG akan mengatur kinerja baterai sesuai aktifitas yang sedang kamu lakukan. Lebih hebatnya, kamu bisa mengatur waktu pembersihan otomatis sesuai yang kamu inginkan, baik secara harian, mingguan atau bulanan untuk mempermudah kamu untuk tidak melakukan pembersihan secara manual.

Sponsors Link

Baca juga: Hp Tahan Banting

5. Booster

Bila kamu membutuhkan aplikasi anti lemot yang khusus untuk meningkatkan performa speed dalam bermain games, maka kamu bisa memilih Dr.Booster sebagai aplikasi pilihan kamu. Aplikasi ini memang lebih diutamakan untuk mempercepat performa smartphone dalam menjalankan games-games yang kamu mainkan. Aplikasi ini sudah disetting sedemikian rupa sehingga sangat mengutamakan performa smartphone kamu saat bermain games. Aplikasi ini akan membantu kamu menghapus cache dan melegakan RAM sehingga mengoptimalkan speed saat bermain games.

Bahkan aplikasi Dr.Booster ini memiliki fitur untuk mengkategorikan games-games yang terinstall pada smartphone kamu sehingga smartphone kamu pun dapat lebih menyesuaikan performanya sesuai dengan seberapa besar kapasitas games yang kamu mainkan. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan anti virus yang akan membantu kamu memberantas malware pada smartphone yang mungkin saja terbawa dari aplikasi games yang kamu gunakan.

Baca juga: Hp Unik di Indonesia

6. Power Clean

Tak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, Power Clean juga dapat mengatasi kelemotan pada smartphone kalian. Fitur utamanya yang mampu menghapus data cache dan file tersembunyi pun akan meningkatkan ruang memory dan performa smartphone kalian. Lebih uniknya lagi, aplikasi Power Clean memiliki tombol otomatis yang bisa kalian gunakan hanya dengan melalui status bar. Sehingga kalian tidak perlu repot untuk membuka aplikasi terlebih dahulu, kalian bisa langsung melakukan scaning data untuk pembersihan hanya dengan sentuhan satu tombol. Aplikasi ini dapat kalian download secara gratis di Play Store favorite kamu.

Baca juga: Hp Android Khusus Game

7. CM Speed Booster

CM Speed Booster dapat kamu gunakan di smartphone kamu dengan hanya bermodal kapasitas 2 MB. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang ringan dan minim dari iklan meskipun kamu bisa mendownloadnya secara gratis. Kinerja aplikasi ini dalam menghapus cache dan file-file tertinggal pun cukup ampuh. Kamu juga dapat memaksimalkan kinerja RAM smartphone kamu menggunakan CM Speed Booster sehingga performa smartphone kamu akan jauh dari kata lemot. Aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan dan cukup lengkap dengan fasilitas pamantau CPU serta cooler perangkat.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPhone

8. SD Maid

Aplikasi yang sudah dirilis cukup lama ini memiliki beragam kemampuan. SD Maid memiliki beberapa fitur andalannya yang terdiri dari App Control, yaitu fitur yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai aplikasi yang sedang berjalan dan memberikan menjabarkan data yang terpakai dan kamu bisa menutup aplikasi-aplikasi yang terdeteksi ini jika tidak diperlukan. Fitur Corpse Finder yang secara otomatis akan menemukan file-file tertinggal pada smartphone kamu. Serta System Cleaner yang akan menghapus data yang tak diperlukan dengan aman tanpa menghasilkan gangguan performa.

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik

9. Anti Lemot !

Aplikasi satu ini merupakan produk buatan Indonesia loh. Aplikasinya cukup simple dan tidak memakan banyak ruang di smartphone kamu. Kamu juga dapat mengunduhnya secara gratis. Meski hanya memiliki fitur booster sederhana, namun aplikasi ini mampu meningkatkan performa smartphone kamu dengan cara melegakan kapasitas RAM yang sedang berjalan dan menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan. Kamu juga dapat memantau aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan pada smartphone kamu dan menganalisa seberapa besar data yang digunakan oleh aplikasi tersebut selama proses pengaktifan. Jadi bisa dilihat jika aplikasi buatan Indonesia pun bisa bersaing dalam segi performanya loh…

Baca juga: Tips Membeli HP Android Bekas

10. CPU Tuner

Aplikasi selanjutnya sangat berbeda dari aplikasi-aplikasi yang sudah dijelaskan tersebut. CPU Tuner merupakan aplikasi yang digunakan khusus oleh smartphone yang telah di root. Namun penggunaannya akan berkesan lebih ampuh dibandingkan aplikasi-aplikasi lainnya. Pada aplikasi ini kamu akan melakukan overclock yaitu meningkatkan performa CPU bawaan smartphone kamu hingga dua kali lipat dari aslinya. Hal ini sangat ampuh dan akan sangat terasa kecepatannya. Karena CPU merupakan otak yang menjadi sumber kecepatan dalam segala aktivitas yang berjalan pada smartphone.

Sponsors Link

Melalui aplikasi ini kamu bisa memodifikasi kecepatan CPU kamu sesuai yang kamu butuhkan. Sehingga kamu tidak akan mendapatkan masalah kelemotan pada smartphone kamu lagi. Akan tetapi melakukan modifikasi kecepatan CPU secara terus-menerus juga memiliki resiko seperti baterai yang cepat habis, smartphone yang cepat panas hingga resiko terjadinya bootloop hingga kerusakan pada smartphone. Maka kamu sebaiknya tidak menggunakan fitur ini secara berlebihan ya…

Baca juga: Kelebihan Hp Cina

11. SD Speed Increase

Bila pada aplikasi sebelumnya kita melakukan modifikasi pada kecepatan akses CPU, maka pada aplikasi SD Speed Increase kita akan melakukan modifikasi terhadap performa dari SDcard yang kamu gunakan. Tentunya untuk menjalankan aplikasi ini kamu harus sudah meroot smartphone yang kamu miliki. Melalui aplikasi ini kamu akan meningkatkan kecepatan read and write pada memory eksternal yang kamu miliki. Jika kamu memiliki SDcard yang memiliki kecepatan yang tinggi maka otomatis performa smartphone kamu akan meningkat menjadi cepat pula karena beragam data yang dipakai telah tersedia secara cepat. Melalui metode inilah SD Speed Increase membuat smartphone kamu menjadi lebih cepat. Terlebih jika kamu memakai SDcard dengan jenis class yang tinggi maka kecepatan yang bisa kamu dapatkan juga akan lebih maksimal lagi.

Baca juga: Aplikasi Android Berbayar Tercanggih

12. Xbooster

Aplikasi ini dulunya diluncurkan khusus untuk para pengguna Sony Experia. Namun seiring waktu, aplikasi ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna smartphone. Aplikasi Xbooster sangatlah ringan karena hanya memerlukan kapasitas kurang dari 1 MB. Akan tetapi kamu harus sudah meroot smartphone kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Xbooster akan melegakan RAM smartphone kamu sehingga performanya menjadi lebih cepat dan tidak terasa berat lagi. Ada 2 jenis booster yang diberikan oleh Xbooster yaitu untuk games dan untuk menjalankan multitasking aplikasi. Keduanya sudah terkenal berjalan dengan sangat mulus dan akan membuat kamu menjadi lebih nyaman dalam menggunakan smartphone.

Baca juga: Aplikasi Edit Video iPhone

13. RAM Manager

Satu lagi aplikasi keren yang kamu bisa dapatkan dengan akses root yaitu RAM Manager. Aplikasi ini sudah pasti ampuh untuk mempercepat performa smartphone kamu, pasalnya dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur maupun memodifikasi kapasitas RAM yang kamu miliki. Kamu bisa mengatur RAM kamu sesuai kebutuhan dan aktivitas yang kamu lakukan pada smartphone kamu. Bisa untuk penyesuaian multitasking, gaming hingga balance yang akan menyeimbangkan RAM yang sedang terpakai dengan RAM free kalian.

Selain itu kalian juga bisa memodifikasi kapasitas RAM menjadi lebih besar dengan menggunakan fitur Swap File sehingga kamu akan mengkombinasikan RAM smartphone kamu dengan memory eksternal yang kamu gunakan. Ini cukup menarik dan sangat menguntungkan untuk kamu terapkan.

Baca juga: Aplikasi Kamera Android Terbaik

14. Android Assistant

Aplikasi canggih yang bisa kamu jalankan secara offline untuk menghilangkan lemot pada smartphone adalah Android Assistant. Aplikasi anti lemot satu ini merupakan aplikasi yang sangat ringan namun lengkap dalam segi performa. Meski hanya berkapasitas 1MB saja, namun fiturnya sangat banyak dan akan memanjakan kamu. Mulai dari clean cache, clean system, battery saver hingga fitur untuk pengelolaan SD card.

Bisa dibilang hanya dengan menggunakan satu aplikasi ini maka kamu bisa mengatur dan mengontrol performa smartphone kamu secara menyeluruh. Bahkan aplikasi ini memiliki fitur Batch Installer yaitu fitur yang akan membantu kamu jika ingin menginstall suatu aplikasi berformat apk.

Saking lengkapnya, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan volume, file manager hingga waktu dan aplikasi yang muncul saat start up hanya dengan sekali klik melalui aplikasi ini. Seperti namanya, Android Assistant memang menggambarkan bahwa semua keperluan smartphone kamu bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Terutama dalam meningkatkan performa kecepatan smartphone kamu.

Baca juga: Aplikasi iPhone Penghasil Uang

ads

15. Clean My Android

Aplikasi Clean My Android merupakan aplikasi yang sangat nyaman bagi kamu pengguna aplikasi yang menyukai tampilan yang sederhana. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang ringan dengan kapasitas dibawah 4 MB. Namun fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap dan setara dengan aplikasi lainnya. Meskipun tampilannya sangat sederhana dan mudah untuk digunakan tanpa harus melakukan banyak pengaturan dan melewati beberapa penawaran, nyatanya aplikasi ini menyediakan empat fitur utamanya yaitu Junk Clean, Phone Booster, CPU Cooler hingga App Manager. Semua dikemas dengan tampilan one click perform karena inilah yang menjadi keistimewaan aplikasi Clean My Android atau yang sering disebut sebagai CMA.

Cara Mencegah Hp Lemot

Meskipun ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat smartphone kamu tidak lemot lagi, namun ada baiknya jika kamu mencegahnya sebelum terjadi. Sebagian besar faktor dari terjadinya kelemotan pada smartphone adalah dari cara pemakaian dan kebiasaan yang kita lakukan pada smartphone. Maka bila kamu rutin melakukan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya kelemotan pada smartphone, kamu tidak perlu harus menginstall berbagai aplikasi untuk menangkal lemot. Berikut cara-cara mencegah kelemotan pada smartphone kamu.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis Android

  • Hapus History

Tentu saja ada banyak sekali aktivitas yang kamu lakukan di smartphone. Tetapi kamu juga harus ingat, semakin banyak aktifitas yang kamu lakukan maka berbagai history maupun sampah yang tersimpan semakin banyak. Hal ini akan memenuhi memory kalian secara perlahan. Untuk mencegahnya agar tidak menimbulkan kelemotan maka kamu harus membiasakan diri untuk menghapus history smartphone kamu secara berkala, misalnya harian atau mingguan.

History tersebut dapat berupa history saat browsing ataupun juga history chat. Setiap kita membuka suatu web, maka browser akan menyimpan info tentang web-web yang pernah kita buka. Jika kita tidak menghapusnya maka data tersebut akan menumpuk dan memakan memory HP kamu. Maka buatlah jadwal yang teratur untuk menghapus history ini.

Lalu chat history juga bisa memenuhi ruang memory kamu. Terlebih lagi bila kamu memiliki banyak grup chat di akun-akun sosial media, pastinya data yang tersimpan akan lebih banyak lagi. Maka lakukanlah penghapusan chat secara berkala untuk melegakan ruang memory smartphone.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Video Animasi

  • Update Software

Salah satu hal yang penting namun sering dikesampingkan oleh para pemilik smartphone adalah update software. Padahal update software merupakan langkah untuk mengurangi terjadinya kelemotan pada HP. Bila kamu terlalu lama membiarkan suatu aplikasi tanpa melakukan update maka kamu akan semakin menumpuk bug-bug yang terjadi pada aplikasi tersebut. Pada akhirnya aplikasi yang kamu gunakan akan semakin melambat kinerjanya dan akan berdampak pada kinerja HP kamu secara menyeluruh. Apalagi jika aplikasi yang tidak di update itu adalah aplikasi yang sering kamu gunakan. Pastinya akan berpengaruh lebih besar lagi. Maka lakukanlah update software secara berkala agar aplikasi yang kamu gunakan mendapatkan pembaruan dan pembetulan terhadap bug-bug yang telah lama dari developer software tersebut.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android

  • Matikan Aplikasi Belakang Layar

Kamu pasti memiliki beragam aplikasi yang terinstall di dalam smartphone kamu. Seringkali kita menggunakan aplikasi secara berpindah satu aplikasi ke aplikasi lain dan lupa untuk menutupnya sebelum berpindah aplikasi bahkan aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang jarang kalian buka. Namun tanpa sadar sebenarnya kamu meninggalkan aplikasi tersebut dalam keadaan terbuka. Meski kamu sedang tidak menggunakannya namun aplikasi itu tetap berjalan alias standby dibelakang layar. Meski hanya dibelakang layar tetapi keaktifannya akan tetap memakan RAM smartphone kamu sehingga HP kamu akan terasa lebih lemot dan semakin lemot apabila semakin banyak aplikasi yang tidak ditutup setelah digunakan.

Jadi ada baiknya kamu selalu memeriksa aplikasi-aplikasi yang kamu telah gunakan. Apakah sudah tertutup atau masih standby dibelakang layar. Caranya dengan mengecek pada bagian task yang berada di status bar. Kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada layar, jika kamu sudah tidak menggunakannya kamu bisa mematikannya dengan cara auto kill.

Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang

  • Bersihkan Cache

Cache merupakan sampah dari segala aktifitas yang telah kita lakukan diberbagai aplikasi pada smartphone. Cache yang semakin menumpuk akan memenuhi ruang memory kamu dan membuat HP menjadi lemot. Maka kamu harus melakukan pengapusan cache secara berkala. Terlebih lagi bila kamu menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis media foto maupun video seperti Youtube dan Instagram. Aplikasi-aplikasi seperti itu akan menyimpan cache yang lebih besar dibandingkan aplikasi lainnya. Maka kamu harus lebih waspada untuk mengecek seberapa besar cache yang telah tersimpan dengan cara melihatnya pada pengaturan storage memory smartphone kalian.

Baca juga:

Nah, itulah tadi ragam aplikasi anti lemot dan tips mencegah smartphone agar tidak lemot. Ingat lebih baik untuk waspada dan membiasakan diri untuk menggunakan smartphone dengan baik serta terkontrol dari pada harus sibuk memperbaiki setelah terjadi kelemotan. Selamat mencoba.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi