Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Lecet Di Layar Hp Paling Ampuh

Sponsors Link

Jika Anda mengalami hal ini, tiba-tiba handphone yang pakai rusak lecet di layar kacanya, tentu bingung bagaimana cara menghilangkan goresan atau lecet tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Terlalu seringnya keluar masukan handphone ke bahan yang kasar, terjatuh atau tergores benda tajam hal dapat menimbulkan kerusakan layar ponsel kesayangan Anda.

ads

Cukup mengganggu memang jika handphone yang kita pakai terlihat lecet atau tergores, walaupun lesetnya tidak terlalu besar. Namun terlihat kurang bagus dan kotor, maka dari itu banyak perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga agar layar ponsel tetap bagus dan tahan lama.

Oleh sebab perhatikan bagaimana Anda menaruh dan menyimpan handphone, alangkah baiknya jika selesai dipakai letakkan pada posisi aman, dan kalau bisa berikan pelindung seperti sarung handphone 2 sisi depan dan belakang. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada layar ponsel Anda. Berikut tips dan cara menghilangkan lecet di layar hp:

1. Gunakan Minyak Sayur

Ternyata selain digunakan untuk memasak, minyak sayur ini berfungsi sebagai anti gores pada layar kaca handphone Anda. Jika menemukan adanya lecet atau goresan kecil atau goresan tersembunyi, gunakan minyak sayur guna menghilangkan masalah tersebut. Caranya ambil sedikit minyak sayur lalu oleskan pada kapas atau cotton bud setelah itu gosok secara perlahan pada layar kaca yang lecet atau tergores, untuk menghilangkan sisa minyak agar tidak licin di layar, Anda cukup gunakan tisu untuk membersihkannya.

2. Gunakan Plastik Anti Gores

Sebelum Anda membeli handphone di toko atau outlet ada baiknya minta penjual untuk memasang anti gores pada ponsel Anda. Ini salah satu cara agar layar kaca tidak mudah lecet atau terkena goresan. Hal ini pun sudah sangat biasa setiap Anda membeli ponsel baik baru ataupun bekas. Baca juga mengenai kelebihan dan kekurangan layar TFT Capacitive dan kelebihan dan kekurangan layar super AMOLED.

3. Gunakan Putih Telur dan Potasium Sulfate

Selain berguna untuk masker wajah, ternyata putih telur dan tawas ini bisa dipakai untuk menghilangkan lecet pada layar kaca ponsel. Caranya campurkan putih telur dan tawas kemudian panaskan bahan tersebut menggunakan kain fiber lalu masukkan kedalam oven berskala 180 derajat sampai kain benar-benar kering. Keluarkan kain dari oven dan bilas dengan air dingin selama 1 menit. Ulangi langkah di atas tiga kali, dan biarkan kain kering selama 2 hari. Setelah itu, gunakan kain untuk menghapus goresan dengan cara digosokan secara perlahan.

5. Gunakan Brasso dan Silvo

Bahan tersebut merupakan bahan yang biasa dipakai untuk memoles besi dan kaca. Namun dengan bahan ini bisa pula dipakai untuk memoles layar kaca ponsel Anda. Caranya sangat mudah cukup ambil secukupnya bahan tadi lalu oleskan pada kain, kemudian gosok perlahan sampai lecet pada kaca ponsel tertutupi.

6. Gunakan Minyak Kayu Putih / Minyak Telon

Cara selanjutnya yaitu gunakan minyak kayu putih atau minyak telon, ambil beberapa tetes minyak tersebut oleskan pada kapas atau kain. Gosok secara pelan dan jika layar kaca sudah tidak tampak lecetnya bersihkan dengan kapas untuk menghilangkan noda minyaknya. Baca juga mengenai penyebab layar HP tidak mau mati otomatis.

Sponsors Link

7. Gunakan Krim Pembersih Motor atau Mobil

Untuk menghilangkan lecet,  bahan yang bisa digunakan yaitu kit krim poles kendaraan Anda. Cukup mudah caranya ambil krim secukupnya, lalu oleskan pada kapas atau kain setelah itu gosokan pada tempat yang terdapat lecet. Bersihkan dengan kain bersih setelah itu. Baca juga mengenai fungsi ISO pada kamera Hp.

8. Gunakan Amplas

Amplas juga dapat dijadikan bahan sebagai penghilang lecet, ambil amplas yang halus lalu gosokan perlahan pada layar ponsel Anda. Sebaiknya amplas digunakan untuk handphone berbahan logam dan sejenisnya. Baca juga mengenai benda yang dapat memperkuat sinyal hp.

9. Gunakan Baking Soda

Baking soda tidak hanya bisa dipakai untuk membuat kue favorit Anda, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan lecet atau goresan pada layar ponsel. Caranya, ambil bubuk baking powder secukupnya campur dengan air. Setelah itu oleskan bahan tersebut dibagian yang lecet, diamkan beberapa menit. Kemudian bersihkan menggunakan kain basah perlahan. Lihat hasilnya.

Sponsors Link

10. Gunakan Pelembab Wajah

Ternyata pelembab wajah bisa dipakai untuk menghilangkan lecet juga, caranya ambil krim secukupnya lalu oleskan pada kapas atau lain bersih. Setelah itu gosok perlahan sampai kondisi krim kering. Bersihkan bahan tersebut sampai  terlihat hasilnya.

Demikian cara menghilangkan lecet di layar hp yang dapat dijadikan bahan percobaan Anda dirumah, sekiranya handphone Anda masih dalam tahap ringan kerusakannya. Jika kerusakan sudah sampai pada layar LCDnya yang rusak, ada baiknya Anda segera perbaiki ke toko ponsel atau tenaga servis langsung.

Jika Anda memang sangat memperhatikan ponsel kesayangan Anda, alangkah baiknya sebelum terjadi kerusakan baik yang ringan sampai terparah. Rawat dan jaga dengan teliti dan baik, karena jika kerusakan terjadi sampai tingkat terparah, akan butuh dana yang lumayan untuk memperbaikinya, atau bahkan Anda perlu membeli handphone yang baru. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi