Sponsors Link

12 Aplikasi GPS Android Terbaik dan Paling Akurat

Sponsors Link

Pergi ke luar kota ataupun ke lokasi yang belum pernah dikunjungi? Atau ada janji bertemu dengan teman di lokasi tertentu? Anda tidak perlu khawatir. Hanya dengan ponsel pintar, Anda bisa menemukan lokasi tersebut dengan mudah dan tidak akan tersesat. Hal ini dapat dilakukan berkat aplikasi map dan GPS yang bisa diinstall pada smartphone. GPS (Global Positioning System) merupakan teknologi navigasi yang memanfaatkan sinyal dari satelit.

ads

Melalui teknologi GPS, pencarian lokasi dan alamat akan menjadi lebih mudah. Aplikasi GPS untuk pengguna ponsel Android banyak tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh dengan mudah. Namun, aplikasi GPS mana saja yang merupakan aplikasi GPS terbaik untuk Anda download? Yuk, simak daftar 12 aplikasi GPS Android terbaik berdasarkan banyaknya pengguna yang download:

12. Real time GPS Tracker

Membutuhkan aplikasi GPS yang bisa menunjukan lokasi sesuai dengan waktu saat ini? Aplikasi GPS yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Real time GPS Tracker merupakan aplikasi GPS pada Android yang dapat digunakan untuk menunjukan lokasi kepada teman maupun keluarga Anda secara real time, sehingga teman maupun keluarga Anda bisa mengetahui lokasi keberadaan Anda dengan pasti.

Real time GPS Tracking juga menyediakan berbagai fitur pendukung seperti fitur informasi mengenai kecepatan, ketinggian, dan status baterai, fitur pesan, maupun fitur integrasi dengan Google Maps dan blog. Aplikasi yang dikembangkan oleh Greenal ini akurat dan mudah untuk digunakan. Hal inilah yang membuat Real time GPS Tracker cukup populer dan telah didownload oleh lebih dari satu juta pengguna di Google Play Store. Kekurangan aplikasi yang berukuran 2.02 MB ini adalah penggunaannya yang mengharuskan koneksi dengan jaringan atau online.

Baca juga:

11. Navitel Navigator GPS & Maps

Navitel mengembangkan sebuah aplikasi GPS yang diberi nama Navitel Navigator GPS & Maps. Navigasi offline yang dikembangkan ini dapat memberikan tampilan peta 3D hingga lebih dari 60 negara, tanpa perlu bergantung pada data seluler. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena peta dapat disimpan pada ponsel maupun SD card.

Sebelum mendownload peta, pastikan folder Navitel Content ada pada file manager pada smartphone. Peta wilayah yang diinginkan dapat didownload pada PC untuk mempercepat proses pen-download-an. File peta yang didownload harus memiliki format navitel (.nm2). Kemudian, file peta yang telah didownload dicopy ke folder Navitel Content pada smartphone agar dapat dibuka oleh aplikasi. Setelah pemindahan selesai, pengguna dapat mengakses Navitel dengan file data yang ada dan tidak perlu terkoneksi dengan internet.

Adapun beberapa fitur yang ditawarkan oleh Navitel adalah:

  • Traffic yang menampilkan informasi kemacetan secara real time.
  • Friends yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, melacak dan navigasi ke lokasi pengguna lain. Pengguna dapat melakukan log in dengan mudah melalui Facebook dan Twitter.
  • Menampilkan tiga rute yang bisa dipilih oleh pengguna, yang dilengkapi dengan informasi estimasi jarak dan waktu perjalanan.
  • Wheater dan Navitel. Events yang akan menampilkan informasi cuaca dan informasi kecelakaan maupun perbaikan jalan.
  • Informasi kecepatan kendaraan.
  • Navigasi suara yang akan menunjukan arah yang harus diambil sepanjang rute perjalanan.

Berbagai fitur Navitel Navigator GPS & Maps serta kemampuannya untuk offline menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya. Ditambah lagi dengan tampilan aplikasi yang bisa dikustom sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis seluruhnya, beberapa bagian aplikasi ini ditawarkan dengan rentang harga Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Pengguna yang ingin mencoba keunggulan Navitel, dapat mencoba versi trial selama 7 hari sebelum memutuskan untuk membayar.

Baca juga: Cara Flash Hp Android

10. Glympse

Adalah Glympse, aplikasi GPS Android yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi bernama Glympse. Aplikasi yang telah didownload oleh lebih dari lima juta pengguna ini, menyediakan fitur navigasi dan share lokasi. Ada juga fitur request location, peta, daftar favorit, serta riwayat pencarian. Aplikasi ini sangat berguna, terutama saat Anda sedang mencari lokasi pertemuan dengan teman, maupun saat mencari lokasi teman di tengah keramaian. Selain beberapa fiturnya, Glympse memiliki sejumlah kelebihan seperti:

Sponsors Link

  • Mudah digunakan dan diinstall. Untuk menggunakannya, Glympse tidak membutuhkan sign up terlebih dahulu.
  • Dapat melakukan navigasi dan share location secara real time atau saat itu juga dengan memanfaatkan koneksi data internet.
  • Memiliki ukuran file download yang tidak terlalu besar, yakni hanya sebesar 10.56 MB.
  • Tampilan Glymse cukup sederhana dan mudah untuk digunakan.
  • Dapat didownload secara gratis.

Kemudahan dan keakuratannya saat digunakan, membuat Glypse mendapat 4.5 dari 5 poin penilaian dari pengguna. Glympse juga pernah menyabet penghargaan Webby Award pada tahun 2014. Namun sayangnya, Glympse hanya dapat digunakan saat pengguna berada dalam kondisi terhubung dengan jaringan internet atau online.

Baca juga: Browser iPhone Terbaik

9. Offline Maps & Navigation

Offline Maps & Navigation merupakan aplikasi GPS yang dibuat oleh Maps, GPS Navigation. Seperti nama yang dimilikinya, aplikasi menawarkan navigasi perjalanan berdasarkan peta secara offline. Selain navigasi dan peta secara offline, pengguna juga dapat melakukan perbaruan peta dengan gratis. Offline Maps & Navigation memiliki fitur yang cukup melimpah seperti mode malam, database POI yang besar, tampilan 3D, informasi kemacetan real time, navigasi ke tujuan berdasarkan foto, travel book, notifikasi kecepatan, serta navigasi suara dari berbagai bahasa.

Namun sayangnya, fitur navigasi suara baru tersedia 30 hari setelah aktivasi atau setelah perjalanan 250 km. Selain itu, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Pengguna dapat mencoba versi trial selama 90 hari. Setelah pemakaian lebih dari 90 hari, pengguna hanya dapat menggunakan peta secara offline atau meng-upgrade-nya ke versi yang premium.

Baca juga: Aplikasi Chat Buatan Indonesia

8. MapFactor GPS Navigation Maps

Merupakan sebuah aplikasi GPS gratis yang dikembangkan oleh developer bernama MapFactor. Aplikasi yang dapat dijalankan secara offline ini, didukung oleh peta OpenStreetMaps. MapFactor GPS Navigation Maps memiliki sejumlah fitur canggih, seperti:

  • Navigasi suara dengan berbagai bahasa.
  • Navigasi GPS dari satelit yang ditampilkan dalam peta mode 2D atau 3D. Ada pula mode siang dan malam hari yang akan menyebabkan skema warna peta berganti.
  • Notifikasi kecepatan dengan peringatan suara.
  • Lokasi atau rute favorit dapat ditambahkan ke dalam aplikasi untuk mempermudah perjalanan.
  • Fitur informasi rute dengan beberapa pilihan transportasi seperti mobil, truk, maupun pejalan kaki.
  • Fitur peta lebih dari 50 negara Eropa, 50 negara bagian Amerika, 40 negara Asia, 12 negara bagian Australia, serta 50 negara Afrika. Peta yang ditawarkan akan diupdate setiap bulannya dan dapat disimpan pada ponsel maupun pada SD card untuk penggunaan offline.
  • Fitur pencarian lokasi dengan kode pos.

Selain fitur yang canggih dan dapat digunakan secara offline, MapFactor GPS Navigation Maps juga mudah digunakan dan memiliki instruksi yang jelas.

Baca juga:

7. GPS Essentials

Adalah GPS Essentials, aplikasi GPS Android yang digadang sebagai aplikasi GPS dengan tool atau fitur yang oke dan juga lengkap. Tool yang disediakan oleh aplikasi buatan mictale.com ini berupa:

  • Kompas yang akan menunjukan arah utara maupun selatan. Selain di daratan kompas ini juga dapat digunakan untuk menunjukan arah di laut.
  • Menyimpan dan mengatur rute perjalanan yang bisa dilihat melalui peta.
  • Kamera HUD (heads up display) yang akan menunjukan titik pada rute perjalanan.
  • Dashboard aplikasi yang akan memberikan informasi navigasi seperti akurasi, kecepatan, jarak, latitude, longitude, waktu, dan lain sebagainya.
Sponsors Link

GPS Essentials dapat diakses tanpa kuota internet. Untuk dapat digunakan secara offline, perlu dilakukan pengaturan cache terlebih dahulu melalui menu Pengaturan dan submenu “Map Cache”. Pengaturan dilakukan agar cache mencapai batas maksimum. Dengan menggunakan jaringan internet, pilihlah “Portable Maps” pada aplikasi GPS Essentials. Semua wilayah peta yang diakses melalui Portable Maps akan tersimpan pada memori ponsel secara otomatis. Saat tidak terhubung dengan jaringan internet, pengguna dapat mengakses kembali peta melalui Portable Maps. Meskipun memiliki fitur / tool yang cukup lengkap, GPS Essentials masih memerlukan perbaikan teknis, terutama pada penyimpanan jalur dan rute perjalanan.

Baca juga: Aplikasi iPhone Penghasil UangAplikasi Android Penghasil Uang

6. BackCountry Navigator TOPO GPS

Pengembang aplikasi CritterMap Software LLC membuat aplikasi GPS yang diberi nama BackCountry Navigator TOPO GPS. Aplikasi GPS ini ditujukan bagi para pengguna Android yang membutuhkan navigator offline. Apalagi dengan adanya peta topografi yang akan menunjukan daerah melalui warna dan konturnya. Peta ini sangat cocok bagi para petualang, pemburu, pendaki, dan pecinta kegiatan offroad. BackCountry Navigator TOPO GPS menyediakan fitur berupa beberapa sumber peta topografi serta fitur peta yang dapat dibuat sendiri.

Untuk dapat digunakan secara offline, pengguna dapat mendownload peta pada BackCountry Navigator TOPO GPS dengan memilih ikon Map layers, kemudian “Select Areas for Download”. Setelah memblok area peta yang ingin diunduh, klik ikon download pada bagian atas untuk menyimpan peta. Peta yang sudah disimpan dapat dibuka kembali dengan membuka kembali pengaturan Map layers.

Selain dapat digunakan secara offline, aplikasi ini memiliki kelebihan berupa dukungan petunjuk manual yang memudahkan pengguna dalam membaca dan memahami peta. Namun sayangnya, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna ini, merupakan aplikasi berbayar. Harga yang ditawarkan untuk memiliki aplikasi ini sebesar Rp 159.000.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis Android

5. Maps.Me

Maps.Me merupakan aplikasi GPS buatan My.com B.V. yang menyediakan akses ke berbagai peta serta navigasi pada 345 negara. Aplikasi ini menampilkan berbagai objek lokasi pada peta, mulai dari lokasi wisata populer hingga lokasi olimpiade penting. Seperti pada aplikasi GPS lainnya, Maps.Me juga dibekali dengan informasi tempat publik yang mendetail (pom bensin, rumah makan, stasiun, ATM, dll), serta informasi pilihan transportasi tercepat.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna ini, semakin lengkap dengan fiitur-fitur seperti fitur bookmark, fitur pencarian offline, share lokasi dengan keluarga atau teman, mode auto-follow dimana peta akan menyesuaikan dengan arah pengguna). Maps.Me dapat bekerja dengan baik dan mudah untuk digunakan. Sayangnya, aplikasi ini belum dapat menampilkan maupun menunjukan jalan ataupun gang kecil dengan terperinci.

Baca juga:

4. Here WeGo

Here WeGo merupakan sebuah aplikasi GPS untuk Android yang dikembangkan oleh Here Apps LLC. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menjelajahi suatu daerah dengan lebih mudah, salah satunya dengan akses offline. Untuk dapat diakses secara offline, pengguna hanya perlu mendownload peta melalui pilihan “Download maps” pada menu. Pengguna dapat memilih peta wilayah benua mana yang ingin disimpan untuk digunakan di kemudian hari saat ponsel tidak terhubung dengan internet. Selain dibekali dengan navigasi offline, Here WeGo juga didukung dengan berbagai informasi yang membantu seperti:

ads
  • Informasi fasilitas publik terdekat.
  • Informasi lokasi yang spesifik, misalnya tentang nomor atau warna rumah yang ada di sekitar lokasi.
  • Informasi pilihan transportasi yang dapat dipilih untuk mencapai tempat yang dituju, serta estimasi lama perjalanan. Hal ini memungkinkan pengguna memilih alternatif transportasi tercepat yang bisa digunakan. Pada pilihan transportasi publik, Here WeGo juga menampilkan keterangan biaya perjalanan, waktu keberangkatan serta informasi transit.
  • Informasi lalu lintas secara real time di lebih dari 40 negara. Informasi ini cukup penting bagi pengguna yang menggunakan transportasi pribadi, agar terhindar dari kemacetan.

Sebagai salah satu aplikasi GPS Android terbaik, Here WeGo memiliki sejumlah kelebihan. Mulai dari tampilan pengguna yang baik dan mudah untuk digunakan, bisa digunakan secara offline, informasi yang lengkap, hingga fitur yang dapat membuka link Google maps. Namun, Here WeGo masih memiliki kekurangan yakni konsumsi daya yang cukup besar.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Hp Black Market

3. GPS Navigation & Maps Sygic

GPS Navigation & Maps Sygic merupakan salah satu aplikasi GPS terbaik pada platform Android. Aplikasi yang dikembangkan oleh Sygic ini, telah didownload oleh lebih dari 50 juta pengguna Google Play Store dengan penilaian sebesar 4.4 dari 5 poin. GPS Navigation & Maps Sygic dibekali dengan fitur yang lengkap, mulai dari navigasi dengan suara, notifikasi kecepatan, display peta 3D, hingga fitur HUD (Head Up Display) yang memungkinkan pengguna lebih aman saat berkendara di malam hari.

Selain memiliki fitur – fitur yang cukup lengkap, GPS Navigation & Maps Sygic juga memiliki sejumlah kelebihan lainnya, seperti user interface yang cukup baik, mudah untuk digunakan, memiliki akses posisi yang akurat, tidak terlalu boros baterai serta bisa diakses secara offline. GPS Navigation & Maps Sygic ini memiliki ukuran download sebesar 29.44 MB.

Baca juga:

2. Maps – Navigation & Transit

Siapa yang tak mengenal aplikasi GPS yang satu ini? Maps yang dikembangkan oleh perusahaan Google Inc. ini merupakan aplikasi bawaan yang sudah tersedia pada ponsel Android. Google Maps menyediakan navigasi real time, informasi tempat publik yang populer, serta informasi rute tercepat ke tempat tujuan. Ditambah juga dengan informasi transportasi yang bisa dipilih untuk menyelesaikan rute perjalanan.

Berbekal dengan data peta pada lebih dari 220 negara, data jadwal transit lebih dari 15000 kota, hingga detail informasi bisnis lebih dari 100 juta tempat, menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi GPS terbaik. Selain fitur dan informasi yang lengkap, Google Maps mudah untuk digunakan serta tetap dapat dijalankan saat sinyal data seluler lemah dan tidak dapat terhubung ke jaringan internet. Penggunaan secara offline dapat dilakukan dengan mendownload peta terlebih dahulu.

Dengan jaringan internet, akses area atau lokasi terlebih dahulu. Kemudian, bagian pengaturan dapat dibuka dengan meng-klik ikon tiga titik pada bagian atas. Pilihan “Save offline Maps” dapat dipilih untuk menyimpan peta dan membukanya lagi saat tidak terhubung dengan koneksi internet. Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 26.17 MB ini, masih memiliki kekurangan seperti loading peta yang terkadang memakan waktu, serta adanya daerah tertentu maupun terlarang yang belum terpetakan.

Baca juga:

1. Waze – GPS, Maps, Traffic Alerts & Live Navigation

Waze merupakan salah satu aplikasi GPS Android real time yang cukup populer selain Google Maps. Hingga saat ini, Waze telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer bernama sama ini, memungkinkan pengguna sampai di tujuan lebih cepat. Pasalnya, Waze memberikan petunjuk jalan dengan rute tercepat yang juga menghindarkan pengguna dari macet, kecelakaan, maupun razia polisi.

Waze didukung dengan sejumlah fitur navigasi seperti tampilan 3D, notifikasi kecepatan, estimasi waktu perjalanan, informasi fasilitas publik (pom bensin, ATM, hotel, dan lain sebagainya), serta navigasi suara. Uniknya, navigasi suara yang disediakan oleh Waze dapat diatur. Apakah pengguna ingin menggunakan suaranya sendiri ataupun menggunakan suara selebriti.

Aplikasi yang memiliki fitur-fitur canggih dan mudah untuk digunakan ini, juga cenderung memakai daya baterai yang lebih sedikit dibandingkan dengan aplikasi lain. Meskipun telah mendapat penilaian sebanyak 4.6 dari 5 poin, Waze masih memiliki sejumlah kekurangan seperti konsumsi daya yang lebih besar serta memiliki ukuran file yang cukup besar (49.55 MB).

Demikian sekilas informasi daftar aplikasi GPS Android terbaik. Aplikasi GPS mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi