Sponsors Link

5 Penyebab NFC Tidak Bisa Aktif Pada Smartphone

Sponsors Link

Setelah sebelumnya telah kami jelaskan mengenai perbedaan antara NFC dan RFID pada smartphone, maka sekarang kami akan memberikan penjelasan tentang apa saja yang menjadi penyebab NFC tidak aktif. Kita tahu bahwa teknologi NFC sudah mulai banyak digunakan. NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication merupakan fitur yang didapatkan pada smartphone keluaran terbaru yang memang sudah mampu menjalankan alias support NFC.

Apakah NFC bisa kita dapatkan dari smartphone keluaran lama? Tentu saja tidak karena teknologi ini masih terbilang baru sehingga hanya smartphone keluaran terbaru yang support dengannya. Memang penggunaan NFC seringkali kita saksikan di iklan, baik itu elektronik maupun media online. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang masih belum mengggunakan teknologi NFC atau bahkan mungkin ada yang belum mengetahui fungsi NFC pada hp.

Meskipun sudah dijadikan sebagai teknologi pada smartphone terbaru, nyatanya ada beberapa smartphone yang malah NFC-nya tidak bisa aktif. Kondisi ini akan membuat fitur yang tersedia tersebut akan sia-sia karena tidak bisa digunakan. Padahal banyak kelebihan NFC yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah dapat menyesuaikan alarm hp maupun bisa digunakan untuk masuk ke dalam mode tertentu.

Lalu apa sebenarnya penyebab NFC tidak aktif tersebut? Bagi anda yang ingin mengetahuinya, maka silahkan anda simak penjelasan kami di bawah ini. Dengan memahami informasi ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi smartphone anda yang NFC tidak berfungsi meskipun smartphone anda tersebut tergolong keluaran terbaru.

1. Smartphone memang tidak support NFC

Penyebab NFC tidak aktif pada smartphone anda adalah karena pada dasarnya smartphone andalah yang tidak support fitur ini. Seperti yang kami jelaskan bahwa hadirnya fitur NFC kebanyakan memang hanya bisa digunakan oleh smartphone keluaran terbaru. Sementara untuk smartphone keluaran lama kebanyakan tidak support fitur Near Field Communication tersebut. Lalu apakah bisa menambah NFC di hp non NFC?

Sebenarnya menambahkan fitur NFC  pada hp yang non NFC  bisa. Akan tetapi, sebelumnya anda harus mendapatkan berbagai informasi penting. Misalnya mencari tahu apakah smartphone anda memang termasuk yang bisa ditambahkan fitur ini atau tidak. Penambahan fitur NFC  bisa dilakukan dengan dua cara.  Ada yang bisa dengan menambahkan perangkat maupun program tertentu. Ada juga yang hanya perlu menggunakan aplikasi NFC untuk android. Dengan begitu, anda bisa mengetahui dan menyesuaikan sendiri kira-kira smartphone anda nanti akan ditambahkan perangkat atau program baru agar supaya support dengan NFC  atau tidak.

2. Smartphone anda tidak aktif dan layar terkunci

Penyeba NFC tidak aktif yang kedua yaitu karena smartphone anda dalam kondisi tidak aktif. Semua orang sudah tahu bahwa ketika ingin menggunakan NFC, maka pastikan smartphone anda aktif alias menyala. Jika dalam kondis mati maka anda tidak akan pernah bisa menggunakan salah satu fitur tercanggih smartphone saat ini. Selain itu, ketika hendak menggunakan NFC maka kondisi layar harus tidak dalam mode terkunci.

Seringkali orang lupa dimana mereka tetap mengunci smartphone mereka meskipun layar dalam kondisi menyala. Padahal, hal ini bisa menjadi salah satu yang menyebabkan fitur NFC tidak berfungsi di smartphone anda sekalipun anda sudah memiliki smartphone keluaran terbaru. Lalu bagaimana dan seperti apa cara yang harus anda lakukan?

Jawabannya sangat sederhana. Anda hanya perlu mengaktifkan smartphone anda kemudian pastikan smartphone tidak dalam kondisi layar terkunci. Setelah itu, barulah anda bisa menjalankan fitur NFC untuk memudahkan anda dalam melakukan transfer atau pengiriman data.

3. NFC terlalu jauh menjangkau perangkat yang hendak dihubungkan

Permasalahan ketiga yang juga bisa menjadi kendala NFC anda tidak aktif adalah karena jarak untuk menghubungkan antara perangkat yang dituju dengan smartphone anda cukup jauh alias di luar jangkauan. Sama halnya seperti penggunaan bluetooth yang memiliki batas jangkauan. NFC juga memiliki batas jangkauan yang sama.

Anda sudah pasti tidak akan bisa menggunakan NFC ketika jaraknya terlalu jauh sehingga smartphone anda tidak bisa menjangkaunya. Maka dari itu, pastikan jarak antara kedua perangkat berdekatan atau sesuai dengan jarak yang memang sudah direkomendasikan. Kemudian anda coba hubungkan kedua perangkat tersebut. Jika ternyata anda merasakan smartphone anda bergetar, hal ini menunjukkan proses pengiriman file sudah siap anda lakukan.

4. Penggunaan aplikasi yang tidak support dengan NFC

Penyebab lain yang juga bisa menjadi kendala NFC tidak aktif adalah karena anda menggunakan aplikasi yang memang sebenarnya tidak support dengan NFC. Tidak sedikit aplikasi yang malah tidak mendukung fitur yang satu ini. Salah satu penyebabnya karena mungkin anda belum mengupdate atau memperbarui aplikasi tersebut. Untuk itu, anda harus memperbarui terlebih dahulu dan barulah anda coba menghubungkannya dengan NFC.

Biasanya aplikasi album atau aplikasi musik tidak semuanya support dengan NFC. Kondisi seperti ini akan menjadi kendala manakala anda hendak mengirimkan foto, video, maupun juga musik dengan menggunakan fitur ini. Lalu bagaimana jika ternyata masih tidak memberikan hasil? Maka cara yang harus anda lakukan adalah dengan mencoba menggunakan aplikasi lain yang sudah support dengan fitur yang satu ini. Dengan begitu, anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan transfer data dengan menggunakan NFC.

5. Memori penuh

Pernah terbayang di benak anda bahwa penyebab NFC tidak aktif karena memori penuh? Ketika smartphone mengalami masalah ini, maka beberapa fungsi yang dijalankannya tidak bisa dilakukan secara maksimal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Ada banyak faktor mengapa memori smartphone anda penuh padahal smartphone anda termasuk salah satu yang memiliki memori besar.

Salah satunya permasalahan yang umum terjadi adalah karena banyaknya cache atau bugs pada aplikasi anda. Selain itu, anda tidak pernah memindahkan file ke memori eksternal atau menghapus file yang tidak penting atau duplikat. Maka dari itu, cara agar hp tidak cepat penuh memorinya adalah dengan menghapus semua file yang tidak penting. Anda juga harus menghapus cache dan bugs yang membuat smartphone anda lemot. Setelah itu anda restart smartphone anda dan cobalah gunakan NFC. Cara ini biasanya berhasil untuk smartphone yang memang mengalami masalah menggunakan NFC karena memorinya penuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi