Sponsors Link

3 Cara Mengatasi iPhone Stuck di Logo iTunes Termudah

Sponsors Link

Anda pasti pernah mengalami permasalahan ketika merasa kondisi perangkat iPhone yang Anda miliki baik-baik saja sampai akhirnya iPhone Anda berada dalam posisi reboot dan stuck di logo iTunes atau Apple. Mungkin Anda langsung berpikir bahwa hal tersebut merupakan hal yang biasa, atau berpikir “Oh mungkin restartnya memakan waktu lama.” Setelah sekian lama, Anda frustasi dan melakukan berbagai cara sampai akhirnya baru sadar dengan permasalahan yang terjadi pada iPhone Anda.

ads

Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan perangkat iPhone Anda mengalami stuck di logo iTunes/Apple. beberapa permasalahan tersebut diantaranya:

  • Ada permasalahan ketika Anda melakukan upgrade versi iOS yang baru.
  • Anda melakukan jailbreak pada iPhone Anda.
  • iOS pada iPhone Anda masih dalam versi Beta yang kadaluarsa.
  • Masalah hardware pada iPhone Anda.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bahwa iPhone Anda sama dengan perangkat smartphone lainnya. Setiap fungsi operasi yang dijalankan oleh iPhone Anda tergantung dari bagaimana Anda sebagai pengguna menggunakannya. Baca juga mengenai cara menyambungkan Hp Android ke DVD.

Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut Kami jelaskan cara mengatasi iPhone stuck di logo iTunes:

1. Lakukan Hard Reset pada iPhone Anda

Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan iPhone stuck di logo iTunes adalah dengan melakukan Hard Reset pada iPhone Anda. Meskipun langkah ini tidak memberikan jaminan sebesar 100%, namun setidaknya langkah ini telah menyelesaikan banyak permasalahan yang terjadi pada para pengguna iPhone. Berikut cara melakukan Hard Reset pada iPhone Anda: Tekan tombol Volume Down dan tombol On/Off secara bersamaan selama 10 detik. Baca juga mengenai cara mengatasi No Service pada iPhone.

Jika langkah ini tidak memberikan hasil yang baik bagi kendala iPhone Anda, maka coba langkah selanjutnya.

2. Recovery Mode

Langkah ini perlu Anda lakukan jika langkah Hard Reset tidak berhasil menyelesaikan permasalahan iPhone yang stuck di logo iTunes. Langkah ini juga menjadi solusi yang efektif jika Anda mengalami kendala lain pada perangkat iPhone Anda. Dalam langkah ini, Anda hanya perlu memasukan iPhone Anda ke Recovery Mode.

Berikut caranya:

  • Matikan iPhone Anda dengan menekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai muncul slider di bagian atas layar iPhone Anda, lalu geser slider tersebut ke kanan.
  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer, jika Anda tidak memiliki komputer, sangat disarankan untuk berkunjung ke Apple Store/iBox di dekat Anda dan menggunakan komputer di sana.
  • Kemudian setelah itu, lakukan Hard Reset pada iPhone Anda sampai muncul notifikasi Connect to iTunes (gambar kabel dan iTunes). Jika Anda sudah sampai ke tahap tersebut, maka iPhone Anda sudah berada dalam posisi Recovery Mode.
  • Hubungkan perangkat iPhone Anda ke iTunes.
  • Kemudian akan muncul notifikasi Update or Restore. Pilih Update. Dengan cara ini, iTunes akan melakukan troubleshoot permasalahan iPhone Anda tanpa menghapus data-data yang tersimpan di memory internal iPhone Anda.
  • Jika Update gagal, lakukan lagi langkah c-d, kemudian ketika muncul pilihan Update or Restore, kali ini Anda pilih Restore.

Baca juga mengenai cara memindahkan lagu dari iTunes ke iPhone dan cara merotasi video di iPhone.

Sponsors Link

3. DFU Mode

Jika cara nomor 2 ternyata masih memberikan hasil yang nihil terhadap permasalahan iPhone Anda, maka ada kemungkinan iPhone Anda mengalami masalah booting dan iPhone Anda perlu masuk ke dalam posisi DFU Mode. DFU Mode berfungsi untuk menghentikan semua proses booting yang terjadi pada iPhone Anda sehingga perangkat iPhone dapat terhubung ke iTunes dan melakukan restore. Baca juga mengenai cara mengetahui megapixel kamera Hp.

Untuk melakukan cara ini, Anda membutuhkan kesabaran dan perhatian ekstra karena jika Anda melewatkan satu langkah saja, Anda gagal untuk masuk ke DFU Mode. Berikut langkah-langkah untuk masuk ke DFU Mode:

  • Masuk ke iTunes pada komputer Anda,
  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer dengan menggunakan kabel USB,
  • Matikan iPhone Anda,
  • Setelah iPhone Anda dalam posisi mati, tekan tombol On/Off selama 3 detik,
  • Setelah 3 detik, tanpa melepas tombol On/Off, tekan tombol Home (jika Anda menggunakan iPhone 7, tekan tombol Volume Down),
  • Tahan kedua tombol (On/Off dan Home/Volume Down) selama 10 detik,
  • Lepas tombol On/Off tanpa melepas tombol Home selama 5 detik.
  • Jika Anda mendapatkan tampilan seperti logo iTunes atau Apple setelah langkah g, maka Anda gagal masuk ke DFU Mode. Ulangi lagi langkah a-g.
  • DFU Mode hanya akan terjadi jika setelah Anda melakukan langkah a-g, iPhone Anda tidak memunculkan gambar atau icon apa pun, atau layar dalam kondisi hitam seperti mati.
  • Setelah Anda masuk DFU Mode, notifikasi akan muncul di layar iTunes Anda yang meminta Anda untuk melakukan Restore.

Setelah membaca beberapa cara mengatasi iPhone stuck di logo iTunes, Anda tidak akan lagi merasa khawatir dengan permasalahan iPhone Anda mengalami stuck di logo iTunes. Solusi yang sudah Kami tulis di atas merupakan hasil dari pengalaman yang pernah Kami atau beberapa pengguna iPhone alami. Jika Anda memiliki solusi lain untuk mengatasi permasalahan yang sama, silakan tulis di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pengguna iPhone.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi