Sponsors Link

Kenapa Jaringan Edge Terus? Ini 7 Penyebabnya

Sponsors Link

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang nilainya sangat penting di kehidupan kita. Internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia atau untuk mendapatkan informasi yang dapat dengan mudah kita temukan lewat mesin pencari seperti Google. Tak heran jika sampai hari ini, keberadaan internet sangat dibutuhkan oleh kita semua. Yang terbaru, dalam beberapa waktu ke depan, kita akan menikmati kecepatan jaringan internet 5G. Anda tidak sabar bukan?

Internet sebagaimana fungsinya, mampu memudahkan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Internet bisa diaplikasikan di mana saja baik pada komputer ataupun hp. Hp sendiri merupakan salah satu kebutuhan yang sama pentingnya dengan internet karena keduanya tidak dapat dipisahkan. Internet mampu membuat kinerja hp menjadi lebih optimal apalagi jika hp yang digunakan adalah hp pintar yang bersistem operasi android seperti Google Pixel atau bersistem operasi iOS seperti iPhone yang merupakan salah satu seri hp pintar milik Apple. Jika koneksi internet tidak terdapat di hp pintar masa kini, tentu saja hp akan terasa seperti mati suri.

Meskipun merupakan kebutuhan yang sangat penting, internet tak melulu menunjukkan kinerja terbaiknya. Sering kali kita menemukan berbagai masalah yang berkaitan dengan internet yang ada di hp kita. Yang umumnya terjadi adalah jaringan internet yang selalu Edge terus padahal hp kita sudah mendukung kecepatan akses internet hingga 4G. Tentu internet yang selalu Edge akan memperlambat akses internet di hp kita yang berimbas kepada fungsi hp itu sendiri. Sungguh disayangkan bukan?

Mungkin banyak dari anda yang bertanya-tanya kenapa jaringan edge terus? Jaringan internet di hp yang selaly edge disebabkan oleh beberapa penyebab yang harus anda telisik terlebih dahulu. Penyebab-penyebab itu lah yang membuat hp anda tidak bisa mengakses kecepatan internet 4G bahkan HSDPA atau 3G sekalipun. Maka dari itu, kami akan menjabarkan apa saja penyebab jaringan edge terus yang harus anda ketahui sehingga anda tanpa mencari tahu solusi atas masalah pada internet yang anda alami ini. Berikut adalah penyebabnya.

1. Jangkauan sinyal yang buruk

Sinyal Edge terus menerus yang dialami hp anda tak melulu berkaitan dengan software maupun hardware yang disematkan ke dalam hp anda. Bisa jadi, jangkauan sinyal yang buruk menyebabkan hp hanya bisa menangkap sinyal sekuat Edge saja. Coba perhatikan dimana tempat anda berada. Apakah di pegunungan, hutan, atau kawasan pantai? Jika anda kebetulan sedang berada di tiga tempat tersebut, bisa dipastikan penyebab jaringan edge terus adalah karena jangkauan sinyal yang buruk pada lokasi anda.

2. Sinyal di dalam rumah yang buruk

Selain tiga tempat tadi, penyebab kenapa jaringan edge terus adalah karena lokasi tempat tinggal anda yang belum tercover sinyal dengan baik sehingga anda sulit untuk mendapatkan jaringan yang kencang. Hal ini lantas menyebabkan sinyal hp anda hanya stuck di jaringan Edge saja. Jika anda mengalami kejadian yang serupa, segera lah berpindah provider yang mempunyai sinyal yang lebih baik karena tidak semua provider mampu meng-cover berbagai lokasi di Indonesia.

3. Listrik yang padam

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana bisa jaringan yang Edge terus menerus disebabkan oleh listrik yang padam? Tentu saja bisa karena listrik yang padam juga ikut memadamkan jaringan internet yang terputus oleh arus listrik sehingga tak heran jika hp anda mau seberapa canggih pun seperti Huawei P30 Pro akan mengalami apa yang dinamakan jaringan lemot. Bukan tidak mungkin hp anda akan stuck di jaringan Edge saja. Tidak ada yang bisa anda lakukan saat jaringan Edge di kondisi listrik yang padam. Namun, jaringan akan kembali normal saat listrik sudah hidup kembali.

4. Penangkap sinyal yang lemah

Penyebab ke-empat kenapa jaringan di hp anda terus menerus Edge bisa jadi disebabkan oleh penangkap sinyal yang lemah. Hal ini berkaitan dengan hardware yang disematkan di dalam hp android anda. Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut bagian hardware mana kah yang menyebabkan terhambatnya sinyal di hp anda. Maka dari itu, anda bisa membawa hp anda ke teknisi hp yang terpercaya. Jika anda pengguna Samsung, anda bisa mengunjungi Samsung Service Center.

5. Setting yang salah

Sudah menjadi satu kelebihan android dimana anda dapat melakukan berbagai setting pada hp android anda. Android memungkinkan anda untuk mengubah tingkat kecepatan jaringan internet yang bisa dengan mudah anda setting di menunya. Penyebab jaringan Edge di hp anda bisa jadi disebabkan oleh setting kecepatan internet yang salah dimana anda secara tak sengaja mengatur jaringan hp ke “Edge atau 2G only” sehingga sinyal akan mentok di Edge saja walaupun dari segi lokasi maupun spesifikasi hp sudah mendukung 4G. Silakan lakukan pengecekan terhadap setting di hp android anda seperti Oppo.

6. Bug pada sistem

Sistem operasi seperti android atau iOS tidak akan pernah luput dari bug. Hal ini lah yang lantas menyebabkan beberapa masalah minor maupun major pada hp anda. Salah satu masalah umum yang sering dikeluhkan para pengguna hp adalah tidak mampunya hp untuk menangkap sinyal dengan baik sehingga hp terus-terusan stuck di jaringan Edge. Untuk mengatasinya, anda bisa menunggu update software selanjutnya atau melakukan install ulang dengan catatan lakukan back up data terlebih dahulu.

7. Salah menempatkan SIM card

Hp android yang kebanyakan dirilis di pasaran sudah mendukung dual sim yang mana kedua simcard tersebut dapat melakukan koneksi internet secara bersamaan. Yang perlu dicatat, kedua slot sim tersebut tidak selalu hadir dengan fitur dual 4G. Biasanya, di slot sim 2 jaringan yang bisa digunakan hanya sebatas 2G atau Edge saja. Hal ini lah yang kerap dilupakan para penggunanya. Kesalahan dalam menempatkan simcard di slot simcard kedua menyebakan sinyal hp Edge terus menerus. Silakan pindahkan simcard anda ke slot simcard pertama.

Demikian artikel mengenai kenapa jaringan edge terus ini kami sampaikan kepada anda yang masih bingung kenapa sinyal di hp anda Edge terus menerus. Anda bisa mencari solusinya jika anda sudah memahami apa saja penyebab-penyebabnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi