Sponsors Link

4 Cara Mengubah Jaringan H+ Menjadi 4G

Sponsors Link

Internet di era kemajuan teknologi yang sangat pesat dan cepat ini memberikan kita banyak kemudahan. Hampir keseluruhan aktivitas sehari-hari kita mampu ditunjang oleh internet. Tentu, keberadaan internet menjadi suatu hal yang harus ada di tiap kehidupan manusia. Sulit membayangkan jika kita hidup tanpa koneksi internet.

Internet pun tak serta merta hadir begitu saja. Intenet mengalami proses yang panjang hingga dapat dengan mudah kita nikmati fungsinya saat ini. Era dimana internet dikenal masyarakat adalah saat teknologi bernama Edge atau 2G diperkenalkan. 2G adalah salah satu jaringan internet yang pertama kali dimunculkan ke dalam hp. Jika anda merupakan pengguna Nokia klasik yang sempat berjaya di masanya, tentu anda sudah pernah memanfaatkan fitur akses internet menggunakan jaringan 2G lewat hp anda meski fungsinya saat itu masih sangat terbatas dan kebanyakan dari kita masih sangat erat dengan melakukan panggilan atau mengirim pesan via SMS yang mana keduanya tidak memerlukan koneksi internet untuk dijalankan.

Tidak seperti saat dimana kegiatan mengirim dan menerima SMS sudah digantikan oleh Whatsapp yang merupakan salah satu aplikasi chatting terbaik. Menggunakan Whatsapp sendiri membutuhkan koneksi internet. Saat dimana hp pintar bersistem operasi android muncul kemudian membuka peluang yang sangat lebar bagi kita untuk menikmati internet secara optimal.

Jika sebelumnya jaringan H+ atau 3G yang merupakan versi pembaharu dari Edge dirilis pada hp flagship di masanya, kini anda dapat dengan mudah menikmati jaringan H+ di hp android sekelas low-end seperti Xiaomi Redmi 3s sekali pun, kini dapat menikmati jaringan 4G yang berkali-kali lipat lebih cepat di tiap hp android masa kini. Kehadiran 4G pun mampu menunjang aktivitas kita sebagai pengguna hp pintar dengan mobilitas yang tinggi.

Meskipun di tiap hp android sudah mendukung 4G, ada saat dimana 4G tidak dapat digunakan dan hal ini terkadang membuat kita merasa jengkel karena kecepatan internet yang mampu melakukan proses download dalam hitungan detik ini tidak dapat kita nikmati secara optimal dan hanya stuck di H+ saja yang notabele lebih lelet ketimbang 4G.

Masalah ini umum dialami oleh para pengguna hp android. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Bisa karena lokasi tempat anda berada yang minim sinyal sehingga 4G sulit ditangkap, masalah bug software pada tiap versi android, atau bahkan masalah hardware pada hp anda. Segala kemungkinan dapat terjadi sehingga diperlukan pengecekan lebih lanjut jika anda mengalami masalah ini berkepanjangan.

Namun anda tidak perlu cemas karena tercatat ada beberapa trik mudah yang bisa anda lakukan untuk mengubah jaringan H+ ke 4G. Mau tahu cara mengubah jaringan H+ menjadi 4G di hp android anda? Maka anda dapat coba menerapkan beberapa cara di bawah ini yang sudah kami rangkum khusus untuk anda yang sedang mengalami masalah dimana jaringan stuck di H+ saja. Berikut adalah cara-caranya.

1. Melakukan setting jaringan

Salah satu cara termudah untuk mengubah jaringan H+ ke 4G pada hp android anda adalah dengan mengubah setting jaringannya. Untuk melakukan cara ini, anda tidak memerlukan aplikasi tambahan sehingga aman. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Masuk ke menu pengaturan/setting pada hp android anda.
  • Pilih More atau Lainnya kemudian pilih Mobile Network.
  • Silakan pilih menu Preffered Network Type.
  • Pilih LTE Preffered / WCDMA / GSM.
  • Tunggu hingga indikator sinyal menunjukkan 4G.

2. Melakukan dial up

Jika cara di atas belum cukup berhasil untuk mengunci sinyal 4G di hp android anda semisal Samsung, anda bisa coba menerapkan cara kedua ini. Langkahnya pun mudah karena anda tidak memerlukan aplikasi tambahan. Ini dia caranya.

  • Melakukan dial up atau panggilan ke *#*#4636#*#*
  • Tunggu hingga proses dial up berhasil dan menampilan pop up dengan beragam opsi.
  • Pilih menu Phone Information, pilih Jenis Jaringan, kemudian pilih LTE Only.
  • Tekan tombol kembali untuk mengunci LTE atau 4G, indikator sinyal anda pun akan menunjukkan ikon bertuliskan 4G setelahnya.

3. Menggunakan 4G Switch (Non Root)

Cara mengubah jaringan H+ menjadi 4G lainnya yang bisa anda terapkan adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang dapat dengan mudah anda install lewat Playstore. Salah satu aplikasi untuk mengubah jaringan H+ ke 4G adalah 4G Switch yang bisa digunakan pada hp android yang belum pernah di-root. Berikut adalah langkah untuk menggunakan 4G Switch

  • Silakan unduh 4G Switch terlebih dahulu lewat Play Store.
  • Jika sudah terunduh, buka aplikasi 4G Switch kemudian pilih Set Preffered Network Type.
  • Klik ikon berbentuk segitiga, pilih LTE Only.
  • Tunggu hingga proses selesai.

4. Menggunakan Advanced Signal Status (Root Only)

Jika anda sudah pernah melakukan root pada hp android anda baik itu hp android keluaran Xiaomi atau Oppo, kami menyarankan anda untuk menggunakan Advanced Signal Status untuk mengubah jaringan H+ ke 4G di hp android anda. Langkahnya pun cukup mudah untuk dilakukan. Ini dia cara menggunakan Advanced Signal Status pada hp android yang pernah di-root sebelumnya.

  • Pastikan hp sudah di-root sebelumnya.
  • Unduh aplikasi Advanced Signal Status lewat Play Store.
  • Tunggu hingga proses download selesai, kemudian jalankan aplikasinya.
  • Buka Advanced Signal Status lalu pilih Additional Info.
  • Pilih Informasi Perangkat lalu pilih Set Preffered Network Type.
  • Pilih LTE Only
  • Tunggu hingga indikator sinyal di status bar menjadi 4G.
  • Selesai.

Demikian artikel mengenai cara mengubah jaringan H+ menjadi 4G di hp android ini kami sajikan untuk anda yang sedang mencari cara untuk mengatasi jaringan yang stuck di H+ saja. Silakan aplikasi 4 langkah di atas untuk mengubah jaringan H+ ke 4G dengan mudah dan pastinya aman. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu hp android anda sudah mendukung 4G karena jika tidak, langkah-langkah di atas tidak akan bekerja pada hp android anda. Sebagai alternatif, anda juga bisa membawa hp anda ke teknisi terpercaya jika cara-cara di atas tidak berhasil karena bisa jadi ada masalah pada software maupun hardware di hp android anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick