Sponsors Link

17 Fungsi USB OTG pada Android Paling Lengkap (No. 6 Keren Abis)

Sponsors Link

USB OTG adalah kependekan dari USB On The Go yaitu perangkat eksternal untuk smartphone agar bisa tersambung dengan kabel USB atau memiliki port USB dengan bantuan konektor OTG yang dipasangkan pada smartphone. Penggunaan USB OTG pada smartphone tentunya dapat membantu beragam aktivitas yang dilakukan melalui smartphone. Kali ini kita akan mengulas apa saja fungsi USB OTG pada smartphone Android.

ads

Baca juga:

1. Menambah Memory HP

Tahukah kamu bahwa salah satu fungsi dari USB OTG dapat menambah memory penyimpanan HP. Hal ini dapat digunakan dengan cara menyambungkan flashdisk pada port USB OTG sehingga kamu bisa mendapatkan media penyimpanan lebih dari yang kamu miliki didalam HP kamu. Kamu bisa memindahkan file-file yang terdapat didalam HP kamu kedalam flashdisk dengan menggunakan USB OTG. Flashdisk yang kecil dan mudah dibawa kemanapun akan menjadi perangkat penyimpanan yang berguna untuk mendukung HP yang kamu miliki meski penyimpanan internalnya sedikit namun kamu bisa memiliki penyimpanan lebih besar melalui flashdisk.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPhone

2. Menggunakan Perangkat Berbasis Wireless

Banyak sekali perangkat pendukung teknologi yang telah berbasis wireless. Baik itu mouse, keyboard hingga speaker pun telah marak menggunakan teknologi ini. Jika kamu ingin menikmatinya menggunakan smartphone Androidmu, maka kamu bisa menggunakannya dengan bantuan USB OTG. Dengan menyambungkan card wireless dengan bantuan port USB ke smartphone kamu, maka kamu sudah bisa mengendalikan perangkat pendukung tersebut dengan berbasis wireless kedalam smartphone kamu. Jadi kamu bisa menggunakan mouse maupun keyboard bila kamu membutuhkannya untuk mendukung penggunaan smartphone yang kamu miliki.

Baca juga: Kelebihan Android Marshmallow

3. Menggunakan Kipas USB

Ada beragam perangkat unik yang diciptakan berbasis USB, salah satunya adalah kipas angin USB. Kamu dapat menyalakan mini fan USB dengan menggunakan Androidmu. Kamu hanya perlu menyambungkan USB port pada smartphone kamu, lalu memasangkan mini fan ke dalam konektor. Ini bisa membantu kamu yang sering berpergian dengan kendaraan umum atau memiliki pekerjaan lapangan. Kamu bisa mendapatkan kesejukan kipas angin hanya dengan genggaman smartphone dan mini fan USB.

Baca juga: Kelebihan Hp Cina

4. Menggunakan Lampu USB

Tak hanya kipas angin, lampu darurat pun bisa kamu gunakan pada Androidmu dengan menggunakan USB OTG. Untuk kamu yang memerlukan pencahayaan lebih saat sedang membaca ataupun untuk keperluan aktivitas lainnya. Kamu tak perlu repot membawa lampu belajar atau lampu darurat disaat sedang mati listrik. Cukup dengan Android yang terpasang port USB OTG dan sebuah lampu USB, maka kamu sudah bisa mendapatkan penerangan yang cukup bagi penglihatanmu. Lampu USB ini hanya sebesar pulpen dan tentunya sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.

Baca juga: Kelebihan Android Lollipop

5. Penyambung Card Reader

Bagi kamu yang memiliki banyak memory card baik untuk smartphone ataupun untuk kamera dan handycam maka kamu tidak perlu kesulitan lagi untuk memindahkan data satu sama lain ke Androidmu. Kamu bisa menggunakan USB OTG untuk menyambungkan Androidmu dengan card reader sehingga kamu bisa membuka file-file yang ada dari berbagai memory card ke dalam Android yang kamu gunakan. Praktis bukan?

Baca juga: Cara Jailbreak iPhone

Sponsors Link

6. Membuat Powerbank

Bukan menjadi rahasia lagi jika daya baterai menjadi kebutuhan utama masyarakat pada saat ini. Bahkan banyak dari mereka yang merasa panik bila mengetahui daya baterai HP atau kameranya sudah tinggal sedikit. Melalui USB OTG kamu dapat membuat Androidmu menjadi sebuah powerbank bagi perangkat lain yang kamu miliki. Bisa untuk antar smartphone, untuk charging perangkat eksternal seperti mini speaker hingga digunakan untuk charging sportcam bisa kamu lakukan dengan bantuan USB OTG.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1

7. Menyambung Hardisk Eksternal

Jika kamu memiliki Hardisk Eksternal yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai data pribadi. Kali ini kamu tak perlu repot untuk mengaksesnya kedalam PC atau Laptop. Bantuan USB OTG akan mempermudah kamu untuk mengakses hardisk eksternalmu menggunakan Android yang sudah terhubung dengan port USB OTG. Sehingga kamu bisa mengakses berbagai keperluanmu didalam hardisk kapanpun dan dimanapun. Selain itu kamu juga dapat membackup data pada Android langsung ke dalam hardisk dengan mudah tanpa harus menggunakan perantara PC atau Laptop.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root

8. Berbagi Media

Jika kamu memiliki banyak file, baik file dokumen maupun file media yang harus kamu bagi ke beberapa teman atau keluarga, kamu dapat mempermudahnya dengan menggunakan USB OTG. Bila cara klasik sebelumnya kamu bisa berbagi file dengan cara Bluetooth atau menggunakan perantara laptop maupun PC maka dengan menggunakan USB OTG kamu bisa saling berbagi file media langsung dari satu smartphone ke smartphone lainnya.

Hal ini akan lebih menguntungkan karena dengan pengcopyan file secara langsung tidak akan mengurangi kualitas dari file tersebut jika dibandingkan dengan mengirimnya menggunakan email atau perantara ketiga lainnya. Bahkan kamu tidak hanya bisa menggunakannya antar sesama smartphone, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk memindahkan file dari kamera DSLR maupun kamera sportcam. Sehingga kamu bisa cepat menggunakan file tersebut ataupun untuk sekedar cepat menguploadnya pada social media milikmu. Sangat cocok bagi kamu yang aktif di sosmed atau bahkan bagi kamu yang senang menjadi vlogger.

Sponsors Link

9. Menghubungkan Webcam

Meski memiliki smartphone yang memiliki kamera namun ada kalanya kita membutuhkan support kamera internal seperti webcam untuk digunakan di Android. Bila biasanya webcam digunakan dengan PC atau laptop, melalui bantuan USB OTG kamu bisa membuat Androidmu terhubung dengan webcam. Sehingga kamu dapat menggunakan webcam untuk menjangkau bidikan-bidikan gambar yang lebih detail ataupun sulit dijangkau dengan menggunakan kamera smartphone.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Video Animasi

10. Menghubungkan CD Player

Fungsi USB OTG selanjutnya adalah untuk menghubungkan CD player. Bagi kamu pengoleksi CD, baik film ataupun musik sekarang kamu bisa menontonnya menggunakan smartphone Android. Kabel pada CD player yang disambungkan pada port USB OTG akan mengkoneksikan smartphonemu dengan CD player. Maka sekarang smartphone kamu bisa digunakan sebagai pengganti layar TV.

Baca juga: Cara Menghubungkan Android ke Layar TV

11. Menghubungkan LAN

Bagi kamu yang senang memakai koneksi wifi tentunya akan lebih berbahagia dengan fasilitas berikut ini. Hanya dengan USB OTG kamu bisa mendapatkan akses internet yang jauh lebih cepat dari sekedar wifi. Terlebih bagi kamu yang bebas mendapat akses internet ditempat kerja. Dengan menyambungkan kabel LAN kepada smartphone kamu melalui USB OTG maka kamu sudah dapat memiliki akses internet secepat yang kamu dapatkan pada PC atau laptop yang tersambung dengan LAN. Tentunya menggunakan akses langsung kabel LAN akan mendapatkan speed internet yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan wifi.

Baca juga: Teknik Fotografi Hp Android

12. Menghubungkan Joystick

Untuk para gamers addict pasti sudah tak asing lagi dengan cara yang satu ini. Menggunakan joystick untuk bermain games di smartphone Android dapat kamu wujudkan dengan bantuan USB OTG. Tentu akan lebih mengasikkan bermain games menggunakan joystick yang lebih memberikanmu keakuratan dalam bermain bila dibandingkan hanya mengandalkan touchscreen semata. Terlebih bila kamu menggunakan joystick berkelas premium, tentu akan menghasilkan sensasi permainan yang lebih menarik lagi.

Baca juga: Tips Merekam Video dengan HP

ads

13. Menghubungkan Soundcard

Soundcard merupakan perangkat pendukung yang biasa digunakan PC untuk menyambungkan PC ke perangkat eksternal yang berhubungan dengan suara seperti headphone. Mungkin bagi kamu yang awam kurang memahami apa perbedaan earphone dengan headphone. Earphone merupakan perangkat pendengar suara yang biasa kita gunakan pada smartphone, pada earphone antara kabel saluran dengar dengan saluran mic bergabung menjadi satu.

Hal ini terbilang kurang berkualitas bagi mereka yang senang merekam suara dengan smartphonenya. Pasalnya dengan menggunakan headphone, saluran suara dan mic dipisahkan sehingga suara yang dihasilkan saat perekaman menjadi lebih berkualitas. Maka dengan bantuan USB OTG, akan memungkinkan kamu untuk menggunakan headphone pada smartphone Androidmu sehingga kamu bisa merekam suara dengan hasil yang lebih berkualitas.

Baca juga: Hp Tertipis di Dunia

14. Menghubungkan Printer

Di zaman teknologi yang serba canggih ini tentunya menuntut kita untuk melakukan  berbagai aktivitas dengan cepat dan efisien. Tak jarang kegiatan kampus atau kantor harus kamu laksanakan dalam waktu yang singkat, terutama dalam menyiapkan berkas atau kebutuhan hardcopy lainnya. Sekarang semua itu bisa kamu selesaikan dalam satu genggaman smartphone.

USB OTG akan menyambungkan smartphone milikmu langsung kepada printer sehingga kamu bisa sesegera mungkin mengeprint file yang kamu butuhkan tanpa harus mengopynya dahulu ke PC atau laptop. Hal ini juga bisa mencegah smartphone yang kamu miliki dari serangan virus akibat sembarangan menghubungkan smartphone dengan PC atau Laptop yang tak terjaga keamanannya dari virus. Namun untuk menikmati fasilitas ini kamu harus memiliki smartphone yang support untuk terkoneksi kepada printer. Kamu bisa melihatnya pada bagian setting smartphonemu.

15. Menghubungkan Scanner

Kamu memiliki banyak foto-foto lama yang ingin dipublish? Atau banyak sekali berkas-berkas maupun file tugas yang hanya berupa hardcopy. Maka kamu bisa segera menyulapnya menjadi berupa softcopy dengan menggunakan scanner. Lalu dengan bantuan USB OTG, kamu bisa langsung menyimpan file hasil scanner tersebut ke dalam smartphone Android yang kamu miliki. Ini dapat membantu kebutuhanmu menjadi lebih praktis dan efisien.

Baca juga: Hp Tahan Banting

16. Remote DSLR

Kamera DSLR merupakan kamera standart professional yang sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan media. Namun terkadang bentuknya yang tak sesimple smartphone membuat mereka yang tak biasa menggunakan kamera menjadi cenderung merasa sulit untuk melakukan berbagai pengaturan pada kamera. Tapi saat ini kamu bisa melakukan penyetingan kamera DSLR melalui smartphone Androidmu.

Dengan menyambungkan smartphone kamu dengan kamera DSLR melalui koneksi USB OTG maka kamu bisa mempermudah penyettingan seperti ISO, focus, speed, apetur bahkan hingga fitur Live View dapat kamu akses melalui Android yang terhubung dengan kamera. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi kamu para videomaker maupun para vlogger yang membutuhkan lebih beragam kemudahan dalam proses pembuatan video.

Baca juga: Hp Unik di Indonesia

17. Membuat HP Beroperasi seperti PC

Jika sebelumnya HP merupakan versi mini yang dikembangkan dari adanya PC maka kamu tentunya dapat menyulap HP yang kamu miliki untuk menjadi layaknya PC. Ya, hal itu tak mustahil dengan bantuan USB OTG untuk mewujudkannya. Dengan menggunakan USB OTG maka kamu bisa menyambungkan HP yang kamu miliki pada USB Hub yang telah siap dipasangkan dengan beragam perangkat eksternal PC seperti mouse, keyboard hingga hardisk. Menarik sekali bila kamu membutuhkan akses PC dadakan maka kamu bisa memanfaatkan teknik ini.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai fungsi USB OTG untuk hp Android kamu. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi