Sponsors Link

6 Cara Jailbreak iPhone dan Kelebihan serta Kekurangannya

Sponsors Link

Bagi anda pengguna iPhone, iPad, iPod dan perangkat lainnya yang diproduksi oleh Apple, maka tidak asing dengan istilah Jailbreak.  Sebenarnya apa arti dari Jailbreak  dan apa manfaatnya serta adakah dampak pada iPhone yang kita gunakan. Pasti setiap ada suatu proses pembaharuan selalu diikuti dengan perubahan apakah itu baik ataupun buruk. Untuk itu berikut penulis akan membahasnya lebih lanjut  tentang arti dari Jailbreak itu sendiri.

ads

Arti Jailbreak

Sebenarnya Jailbreak hampir sama dengan root pada Android, jika diartikan jailbreak adalah “merusak penjara”. Pihak Apple memang sengaja mengunci beberapa aplikasi yang ada dengan tujuan untuk memberikan keamanan kepada user atau penggunanya.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root.

Namun karakteristik dari masing-masing user tidak bisa disamaratakan, mereka ada yang suka mendownload berbagai macam aplikasi karena untuk kepentingan pekerjaan maupun hobi, namun ada pula yang mengikuti saja aturan Apple, asalkan iPhone yang dia miliki masih bisa digunakan untuk berkomunikasi, browsing dan bersosial media.

Karena karakteristik dari user yang berbeda-beda ini mengakibatkan timbulnya keinginan untuk mengoptimalkan penggunaan iPhone mereka agar si pengguna dapat mendownload aplikasi yang dia inginkan tanpa membayar. Jailbreak adalah solusi yang bisa digunakan untuk membebaskan Apple dari aturan yang dibuat iPhone perusahaannya. Sehingga jika diartikan secara mudah jailbreak adalah suatu metode atau cara dimana iPhone anda bisa mendapat akses secara bebas dan lebih sehingga anda mendapatkan hak secara penuh dari Apple. Jika kita sudah melakukan jailbreak pada iPhone kita maka anda bisa mengakses berbagai macam aplikasi yang anda butuhkan dan inginkan.

Baca juga: Cara Cek Keaslian iPhone.

Perlu anda ketahui bahwa jailbreak ini sendiri tidak perlu biaya atau disebut gratis, asalkan jika anda mampu dan bisa melakukannya sendiri. Namun lain halnya jika anda menyerahkan sepenuhnya pada pihak service ponsel maka anda pasti akan membayar biaya sebagai pengganti jasa tukang service ponsel tersebut.

Jailbreak jika dilihat dari segi hukum masih menjadi perdebatan dikarenakan pihak yang melakukan jailbreak akan mendapatkan akses seluasnya, sedangkan pihak Apple melakukan penguncian pada beberapa aplikasi yang diindikasi dapat menjadi celah para peretas di dunia maya. Karena dua sisi ini akhirnya pihak Digital Millennium Copyright Act menyatakan jailbreak dilegalkan, namun khusus di Amerika Serikat saja. Sedangkan pihak Apple mengambil keputusan bahwa jika iPhone atau produk dari Apple lainnya jika sudah dilakukan proses jailbreak maka akan dicabut garansi pada produk Apple tersebut.

Jenis Jailbreak

Ternyata jailbreak ini sendiri dibagi menjadi dua yaitu jailbreak tethered dan jailbreak untethered. Adapun penjelasan dari kedua jailbreak ini adalah sebagai berikut:

  • Jailbreak Tethered

Cara jailbreak iPhone tethered adalah suatu proses jailbreak yang mana membutuhkan Mac atau PC yang didalamnya sudah dipasang aplikasi redsnow, namun bagi sebagian orang proses jailbreak tethered cukup merepotkan.

Baca juga: Hp Baterai AwetHp Tahan Air Terbaik.

  • Jailbreak Untethered

Adalah suatu proses jailbreak yang mana tidak membutuhkan Mac atau PC untuk menghidupkan iOS, sehingga jailbreak ini banyak diminati oleh para user dari Apple. Sehingga pada intinya kita bisa melakukan jailbreak melalui iPhone kita sendiri.

Jika kita sudah mengetahui arti dari jailbreak itu sendiri, langkah selanjutnya adalah memastikan pada diri anda apakah iPhone anda perlu dilakukan jailbreak apa tidak. Jika memang anda ingin dan perlu melakukan jailbreak maka anda wajib membaca beberapa cara dan ketentuan melakukan jailbreak, adapun pembahasannya adalah sebagai berikut.

Cara Melakukan Jailbreak

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas bahwa jailbreak itu sendiri dibagi menjadi dua, dimana ada yang membutuhkan Mac atau PC dalam melakukan proses jailbreak, adapula yang bisa menggunakan iPhone secara langsung. Sama seperti Android dimana dia memiliki tingkatan-tingkatan sistem operasinya, iOS juga memiliki tingkatan sistem operasi semisal iOS 1 sampai iOS 10. Untuk keluaran terbaru dari iPhone 7 sudah menggunakan sistem operasi berupa iOS 9. Namun di pertengahan tahun 2016 beberapa situs pemberitaan telah memberikan informasi bahwa iOS 10 sudah keluar dan sudah tersedia jailbreaknya.

Berikut penulis akan memberikan langkah-langkah untuk melakukan jailbreak pada 4 macam iOS, baik menggunakan PC atau Mac maupun tanpa menggunakan PC atau Mac. Keempat iOS tersebut adalah iOS seri 7, iOS seri 8, dan iOS seri 9.

Baca juga: Hp Terlaris di IndonesiaHp Terlaris di Dunia.

Sponsors Link

1. Jailbreak iOS seri 7.1.2

Menggunakan Mac atau PC

Cara Jailbreak iPhone pada iOS seri 7.1.2 menggunakan Mac atau PC langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Anda harus mendownload terlebih dahulu Pangu for Mac di situs resmi Pangu. Perlu anda ketahui bahwa ukuran pada versi Mac lebih kecil yaitu hanya sebesar 30 MB bila dibandingkan untuk versi Windows yaitu sebesar 80 MB.
  • Setelah anda berhasil mendownload Pangu untuk iOS seri 7.1.2, anda harus ingat bahwa jailbreak ini hanya berlaku untuk produk Apple tertentu, berikut adalah produk Apple yang bisa dijailbreak oleh Pangu pada seri ini: iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPhone 4s, iPhone 4, iPad Air, iPad 4, iPad 3, iPad 2, iPad Mini, Retina iPad mini, dan iPod touch 5G.
  • Jika anda sudah melakukan identifikasi dari jenis produk Apple yang bisa dilakukan jailbrek, apakah iPhone anda termasuk didalamnya maka langkah selanjutnya adalah mematikan passlock yang anda pasang pada iPhone. Cara menghilangkan passlock adalah sebagai berikut : Settings (Pengaturan) – General (umum) – Passlock (mohon untuk di non aktifkan atau off).
  • Jika anda sudah mematikan Passlock langkah selanjutnya adalah lakukan backup data iPhone anda, mengapa perlu melakukan backup data hal ini dilakukan guna mengamankan data pada iPhone anda jika proses jailbreak tidak berhasil.
  • Untuk langkah selanjutnya silahkan anda untuk kilk dua kali pad icon Pangu yang telah terpasang, maka akan muncul kotak dialog dari Pangu.
  • Setelah kotak dialog muncul klik dua kali pada gambar Pangu.
  • Jika Pangu sudah berjalan anda cukup mengikuti saja aplikasi dari Pangu, sampai akhirnya kita diminta untuk mengganti tanggal pada iPhone kita menjadi tanggal 2 Juni 2014 (tanggal ini harus anda masukkan jika proses jailbreak anda ingin berhasil, tanggal tersebut adalah sebagai kode)
  • Proses jailbreak ajan berjalan terus, sampai muncul Pangu di iOS jika sudah muncul maka anda tekan untuk melanjutkan proses jailbreak.
  • Kemudian akan muncul pesan yang berbunyi “Are you sure you want to open the aplication from the Developer”, silahkan untuk menjawab dan menlanjutkan proses jailbreak.
  • Proses jailbreak ini akan mengalami reboot beberapa kali sampai proses jailbreak selesai.
  • Jika proses jailbreak selesai maka akan muncul aplikasi Cydia pada home screen di iPhone anda, itu artinya proses jailbreak anda telah berhasil dan selesai.

Baca juga: Hp Tercanggih di Dunia.

Menggunakan iPhone (tanpa Mac atau PC)

Jika di atas sudah membahas tentang cara melakukan proses jailbreak melalui PC atau Mac, berikut penulis akan memberi alternatif yang lain dimana anda bisa melakukan jailbreak melalui iPhone anda sendiri. Namun perlu anda ketahui karena seri iOS yang ada pada iPhone anda masih iOS 7.1.2, maka anda perlu mengupgread ke seri iOS 9. Karena dengan iOS 9 anda baru bisa melakukan jailbreak melalui iPhone tanpa menggunakan PC atau Mac. Berikut adalah tiga cara melakukan upgread iOS 7 ke iOS 9 :

  • Cara Pertama

Anda hanya perlu masuk ke OTA Update dimana caranya adalah anda masuk ke Setting – General – Software update. Jika sudah maka akan muncul seri iOS 9 silahkan untuk menginstal dan melakukan pembaharuan iOS pada iPhone anda, semua proses tersebut harus terkoneksi dengan internet yang kuat penulis sarankan untuk menggunakan wifi yang cepat. Ingat OTA Update disarankan untuk iPhone yang belum pernah melakukan jailbreak karena ukurannya cukup besar.

  • Cara Kedua

Bisa dilakukan dengan cara menggunakan iTunes pada Mac atau PC. Langkah ini memang sedikit susah namun kegagalan sangat kecil dimana cara untuk melakukan upgread adalah sebagi berikut : pastikan PC atau Mac anda sudah terinstal iTunes dengan seri terbaru kemudian sambungkan iPhone anda pada Mac atau PC , kemudian tekan ikon iPhone di kiri atas dan masuk ke tab summary, selanjutnya tekan tombol check for updates pada jendela tampilan lalu pilih download and update. Perlu diingat bahwa proses ini akan dialami oleh Mac atau PC anda baru ketika selesai masuk pada iPhone anda, penulis sarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Sponsors Link

  • Cara Ketiga

Anda harus melakukan restore pada Mac atau PC, dan berikut adalah langkah-langkahnya: hubungkan iPhone pada Mac yang sudah terinstal iTunes terbaru kemudian tekan tombol ikon Phone pada kiri atas di jendela tampilan dan masuk pada summary, selanjutnya tekan tombol restore iPhone, anda akan diminta untuk melakukan pengunduhan iOS seri 9 melalui internet. Setelah itu restore akan berjalan dan menghapus semua data yang ada pada iPhone, sehingga anda harus melakukan backup data terlebih dahulu. Setelah proses selesai maka iOS anda sudah terupdate menjadi iOS9.

Jika iPhone Anda sudah terupdate menjadi iOS 9 maka anda baru bisa melakukan jailbreak melalui iPhone anda sendiri dan berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama anda harus masuk pada browser safari anda, kemudian ketik pada kolom url dengan alamat “9.3.5jailbreak.weebly.com” kemudian klik go, untuk masuk pada alamat tersebut.
  • Kemudian anda akan masuk pada website weebly.com pilih point nomer enam yaitu (enjoy Cydia) klik untuk mendownloadnya. Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai.
  • Setelah download selesai maka akan muncul berbagai macam pilihan aplikasi, namun aplikasi yang harus anda download adalah solitire, jika sudah anda download kemudian akan menginstal secara sendirinya.
  • Jika aplikasi solitire sudah terinstal pada iPhone anda maka langkah selanjutnya adalah memainkan aplikasi tersebut selama 30 detik, dan langkah ini wajib dilakukan jika jailbreak anda ingin sukses.
  • Jika anda sudah memainkan aplikasi tersebut selama 30 detik langkah selanjutnya adalah tekan tombol home dan restart iPhone anda dengan menekan tombol power.
  • Tunggu sampai 3 menit jika dirasa sudah, maka iPhone anda hidupkan kembali, jangan kaget jika iPhone anda lama dalam booting dikarenakan aplikasi Cydia sedang melakukan peretasan pada iPhone anda.
  • Jika iPhone anda sudah menyala seperti biasanya lakukan pengecekan secara menyeluruh, jika dirasa tidak ada kendala dan lancar saja maka proses jailbreak yang anda lakukan telah berhasil dan sukses.

Baca juga: Hp Kamera Terbaik.

2. Jailbreak iOS seri 8.3

Menggunakan Mac atau PC

Jika pada iOS seri 7.2.1 melakukan jailbreak dengan menggunakan aplikasi Pangu, lain halnya untuk iOS seri 8.3. aplikasi yang harus kita gunakan adalah Taig. Untuk lebih jelasnya penulis akan membahas langkah-langkah melakukan jailbreak dengan Taig.

  • Langkah pertama anda harus mendownload Taig pada situs resminya. Jika sudah mendownload maka tunggu sampai selesai dan lakukan penginstalan pada PC atau Mac anda. Perlu anda ketahui bahwa Taig memberikan dua pilihan yaitu Windows atau Mac.
  • Setelah Taig terinstal pada Mac atau PC anda, langkah selanjutnya adalah menghubungkan iPhone anda dengan Mac atau PC yang sudah terinstal Taig.
  • Jika sudah buka Taig kemudian jalankan program tersebut dengan cara “Run as Administration” dengan cara klik kanan di tools Taig kemudian muncul administration kemudian tekan yes.
  • Jika sudah maka Taig akan terbuka tunggu beberapa saat karena Taig mendeteksi perangkat iOS pada iPhone anda. Perlu anda ketahui bahwa pada program Taig bisa diakses untuk produk Apple seperti iPhone 6, iPhone 6 plus, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPhone 4s, iPad Air 2, iPad mini 3, iPad Air, iPad 4, iPad 3, iPad 2, iPad Mini 1, iPad mini 2, iPad mini 3, iPod touch 5th generation.
  • Jika iPhone anda masuk dalam salah satu kategori produk Apple diatas maka akan secara otomatis dapat terdeteksi. Jika sudah terdeteksi maka, Taig akan memberikan informasi frimware pada tipe perangkat yang anda saat ini gunakan. Kemudian lakukan unchecklist 3K Assistant 2.3.0 (Taig App Store) yang terdapat pada sebelah bawah Cydia 1.1.2
  • Akan muncul tombol hijau maka anda klik pada tombol hijau tersebut maka proses jailbreak akan berjalan dengan sendirinya, tunggu beberapa saat sekitar 30 menit.
  • Jika proses jailbreak anda sukses maka iPhone anda akan mengalami reboot secara otomatis, jika jailbreak anda dikatakan sukses jika Cydia muncul pada home screen pada iPhone anda.

Baca juga: Hp Termahal di Indonesia.

ads

Menggunakan iPhone (tanpa PC atau Mac)

Untuk iOS seri 8.3 hampir sama dengan iOS seri 7.2.1, kita hanya perlu melakukan update iOS 8 ke iOS 9, jika sudah langkah yang ada diatas anda terapkan sama persisi pada iOS seri 8.3, selamat mencoba.

3. Jailbreak pada seri iOS 9.0.2

Menggunakan Mac atau PC

Sama seperti pada jailbreak seri iOS 7 untuk melakukan jailbreak pada seri iOS 9 anda membutuhkan Pangu sebai media untuk memudahkan anda melakukan jailbreak, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Anda harus mendownload terlebih dahulu Pangu di halaman website resminya, tunggu beberapa saat untuk melakukan penginstalan.
  • Jika Pangu sudah terinstal langkah selanjutnya adalah mengatur iPhone anda dengan cara : Settins – Passcode – Enter your Passcode – Turn your Passcode off lalu enter passcode ke disable this feature.
  • Bila anda sudah mematikan passcodenya maka langkah selanjutnya adalah: Setting – iCloud – find my iPhone lalu pastikan dalam posisi off kemudian atur airplane mode melalui control center.
  • Ingat jika iPhone anda sudah tersetting seperti itu, barulah sambungkan iPhone dengan Mac atau PC anda yang sudah terinstal program Pangu. Tunggu beberapa saat sampai iPhone anda terdeteksi.
  • Setelah iPhone anda terdeteksi ingat hanya produk Apple yang mempunyai sistem operasi iOS seri 9, maka klik start kemudian already backup fungsinya untuk membackup data anda pada iPhone.
  • Maka dengan sendirinya proses jailbreak akan berjalan dengan secara sendirinya, efek jika jailbreak selesai melakukan prosesnya dengan mengalami reboot secara berulang-ulang.
  • Enable airplane mode saat ditanya pada proses jailbreak, maka ketika anda menjawab jailbreak akan berjalan kembali.
  • Kemudian akan ada pertanyaan Pangu ingin mengakses iPhone anda, kemudian iPhone akan reboot sekali lagi.
  • Disable airplane mode dan enable passcode pada iPhone anda.
  • Maka Cydia akan menginstal sendirinya pada iPhone anda, jika Cydia sudah terinstal sempurna pada iPhone anda maka proses jailbreak anda dinyatakan berhasil.

Baca juga: Jenis Jenis Smartphone.

Menggunakan iPhone (tanpa PC atau Mac)

Untuk melakukan proses jailbreak pada iOS seri 9 anda langsung bisa melakukannya melalui iPhone, tanpa harus melakukan update terlebih dahulu pada iOS anda, adapun caranya seperti pada langkah melakukan jailbreak pada iOS 7 dan pada iOS 8, selamt mencoba semoga berhasil.

Kelebihan dari Jailbreak

  • Cydia

Aplikasi Cydia ini pasti akan muncul pada iPhone anda jika sudah melakukan jailbreak, Cydia adalah akses utama untuk masuk pada tweak semisal SBSetting, Zephyr, Auxo, Winterboard, dan lain sebagainya sesuai dengan aplikasi yan anda inginkan.

  • Aplikasi

Dengan adanya jailbreak maka memperbolehkan kita untuk mendownload semua aplikasi yang semula berbayar menjadi gratis.

  • Ringtone

Pasti hal ini sangat diminati banyak pengguna iPhone dimana anda dapat mendownload musik atau lagu secara gratis tanpa membeli melalui iTunes, benar-benar menakjubkan bukan.

  • Tema

Bagi anda yang senang menggonta ganti tema dengan adanya jailbreak ini anda bisa menggonta ganti tema pada iPhone anda sesuai dengan keinginan yang anda harapkan.

Kekurangan dari Jailbreak

  • Garansi

Jika anda telah melakukan jailbreak maka iDevices anda akan terhapus, artinya garansi pada iPhone anda akan hilang, namun jika anda melakukan restore peranti maka akan kembali seperti semula.

  • Lambat

Dikarenakan iPhone anda menggunakan banyak aplikasi yang dilakukan oleh tweak maka iPhone anda akan mengalami kelambatan, ipHone bekerja diluar dari kemampuannya.

  • Baterai

Baterai anda akan menjadi lebih cepat habis dikarenakan penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, sehingga mempenaruhi dari sistem ketahanan pada baterai.

Baca juga: Penyebab Hp Bootloop.

  • iOS

Bagi anda yang telah melakukan jailbreak maka anda tidak dapat mengupdate iOS anda, jika ingin mengupdate maka jailbreak anda akan hangus dan tidak bisa terpakai kembali, sehingga memang butuh dipikirkan terlebih dahulu apakah anda benar-benar membutuhkan jailbreak atau tidak, jika anda merasa sudah nyaman dengan fasilitas yang diberikan oleh Apple maka saya sarankan untuk tidak perlu melakukan jailbreak.

Itulah beberapa pengetahuan tentang cara jailbreak iPhone, mulai dari apa itu jailbreak, cara melakukan jailbreak, dan membahas tentang kelebihan serta kekurangan dari jailbreak itu sendiri. Saran penulis adalah pikirkan matang-matang jika anda ingin melakukan jailbreak, jika dirasa anda butuh barulah lakukan jailbreak, semua tergantung pada kebutuhan anda masing-masing. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi