Sponsors Link

14 Penyebab dan Cara Mengatasi Android Hang Saat Main Game

Sponsors Link

Tidak bisa dipungkiri kalau sekarang game Android mampu menyaingi game-game yang berada di PC. Sekarang perusahaan perusahaan pendiri game pun tidak cuma bersaing di game berbasis PC, karena penggemar game Android, Windows Phone, iOS dan smartphone lainnya semakin melunjak naik, selain karena bisa dimainkan dimana saja karena juga tidak memakan waktu terlalu banyak untuk memainkannya.

ads

Tapi tidak mau dong kalian saat bermain game smartphone anda mengalami hang. Nah makanya disini kita akan membahas cara mengatasi Android hang saat main game. Berikut ini beberapa penyebab Android hang saat bermain game:

  1. Anda terlalu banyak menginstall aplikasi. Karena beberapa aplikasi Android diam-diam memakan RAM di latar belakang tanpa sepengetahuan kita. Nah kan game juga memakan RAM lumayan banyak di tambah beberapa aplikasi yang memakan RAM secara tersembunyi. Jadi segera cek aplikasi anda ya, agar lancar lagi saat bermain game dan tidak mengalami hang.
  2. Terlalu banyak aplikasi berjalan, apa itu aplikasi berjalan? Aplikasi berjalan adalah aplikasi yang selalu aktif semisal adalah Facebook, Instagram, Line, dll. Karena ada sistem pemberitahuan atau notifikasi dalam aplikasi itu jadi aplikasi tetap akan berjalan walaupun aplikasi itu sudah di tutup dari layar smartphone anda
  3. Perhatikan kapasitas RAM Android anda, karena setiap smartphone Android mempunyai kapasitas RAM yang berbeda beda jadi instal aplikasi seperlunya jika ingin bermain game dan perhatikan, kebutuhan sistem yang harus di penuhi saat akan bermain game agar tidak terjadi hang saat bermain game pada Android.
  4. Cache terlalu banyak, apa itu cache? Cache bisa di bilang adalah file-file suatu aplikasi yang tidak digunakan atau sampah anda bisa liat ukuran cache setiap aplikasi dengan memasuki pengaturan dan info aplikasi.
  5. Root, apakah anda sudah melakuan rooting pada smartphone anda? Tapi masih sering mengalami hang pada Android anda? mungkin terjadi karena kurang sempurnanya saat anda sedang menge root Android anda, jadi bisa coba diulangi langkah-langkah rootnya dengan benar.
  6. Virus, virus tidak cuma ada di PC, karena Android pun juga bisa terkena virus, sudah banyak aplikasi antivirus Android terbaik yang ada di Play Store untuk mengecek apakah Android anda terjangkit virus atau tidak. Lakukan scaning virus secara berkala agar Android anda tidak mengalami hang lagi.
  7. Penggunaan tema atau wallpaper gerak, karena penggunaan tema ataupun wallpaper gerak juga akan memakan RAM Android anda cukup banyak, jadi ini juga salah satu yang membuat Android anda hang saat sedang bermain game.
  8. Game tidak support dengan versi Android anda, karena setiap game mempunyai kebutuhan khusus yang harus di penuhi perangkat Android anda.

Nah sekarang kita akan membahas cara mengatasi hang pada Android, karena kalau cuma tau masalahnya saja tanpa mengetahui cara mengatasinya kan sama aja, yuk langsung dibaca:

  1. Hapus aplikasi atau game yang tidak di perlukan agar memori internal dan external kamu tidak penuh dan tidak banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang Android anda. Cara nya pun cukup mudah cukup masuk ke pengaturan, aplikasi, lalu pilih aplikasi yang di rasa tidak di pakai.
  2. Membersihkan cache pada Android anda karena penumpukan cache bisa membuat memory anda penuh. Cara nya sama dengan menghapus aplikasi tapi pilih opsi yang hapus cache aplikasi.
  3. Bersih kan virus di Android anda dengan menggunakan aplikasi anti-virus yang bisa di download di Play Store, lakukan scanning secara berkala agar Android anda terhindar dari virus yang berbahaya.
  4. Hindari penggunaan wallpaper gerak ataupun tema pada Android anda, karena itu akan memakan RAM yang cukup banyak pada Android anda.
  5. Melakukan update versi OS Android anda jika ada update segera di update karena setiap update akan menyelesaikan bug atau masalah yang ada pada versi sebelumnya.
  6. Jika semua sudah dicoba tapi masih tetap mengalami hang, lakukan atur ulang pengaturan pabrik atau Reset data pabrik, dengan ini Android anda akan segar kembali. anda bisa melakukan dengan memasuki pengaturan dan pilih opsi atur pengaturan pabrik, setiap Android memiliki letak yang berbeda-beda tapi fitur nya sudah pasti ada di setiap Android.

Demikian cara mengatasi Android hang saat main game. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi