Sponsors Link

6 Jenis Resolusi dan Macam-macam Ukuran Layar Handphone

Sponsors Link

Kalau kita membahas layar handphone maka kita tidak akan jauh membahas resolusi layar. Resolusi layar smartphone ini semakin jelas semakin maju dan mengikuti perkembangan layar digital. Mungkin kita sering mendengar istilah HD, Full HD, dan bahkan UHD. Namun hanya sekilas saja bahkan kita abaikan, apalagi tahu maksudnya. Taunya kalau jenis layar terbaru itulah yang terbaik.

ads

Berikut ini jenis resolusi layar yang digunakan dalam teknologi smartphone dari waktu ke waktu.

1. Resolusi qHD

Macam ukuran layar handphone yang pertama adalah qHD. Huruf “q” kecil pada rangkaian istilah ini berarti quarter yaitu seperempat bagian dari layar Full HD. Untuk ukuran dari resolusi layar quarter HD ini adalah 960 x 540 pixel dengan perbandingan layar atau rasionya 16:9 (ukuran memanjang). qHD ini merupakan ukuran resolusi terendah saat ini.

2. Resolusi HD

Ukuran resolusi berikutnya adalah resolusi HD (High Definition) atau biasa disebut dengan 720p. HD menggunakan ukuran 1280 x 720 pixel dengan perbandingan layar 16:9. Jenis resolusi ini yang paling banyak digunakan smartphone saat ini.

3. Resolusi WXGA

Resolusi berikutnya adalah resolusi layar WXGA. Sebetulnya resolusi jenis ini memiliki ukuran yang lebih tinggi sedikit diatas HD, namun masih dianggap sama dengan resolusi HD. Untuk ukuran resolusi WXGA adalah 1366 x 768 pixel. Jenis resolusi ini banyak digunakna di teknologi layar tablet. Untuk layar dengan ukuran resolusi 1280 x 800 juga disebut dengan WXGA.

4.Resolusi FHD (Full HD)

Dikenal dengan sebutan Full HD, adalah jenis resolusi yang disebut juga dengan 1080p. Untuk ukuran dari dimensi ini adalah 1920 x 1080 pixel. Resolusi ini sangat cocok digunakan pada jenis smartphone yang memiliki ukuran layar antara 5 sampai 5, 5 inch. Dengan ukuran tersebut gambar yang dihasilkan akan sangat jernih dan berkualitas.

5. Resolusi QHD

Resolusi ini sangat berbeda dengan resolusi qHD, bukan hanya berbeda dari besar kecilnya huruf “q” tapi memang secara maksud juga berbeda. Kalau “q” kecil berarti quarter, kalau Q pada jenis resolusi ini disebut dengan Quad. QHD berarti quad HD yang berarti 4 kali lipat dari layar HD. Dengan ukuran yang dimiliki dari resolusi ini adalah: 2560 x 1440 pixel dengan menggunakan rasio 16:9 untuk ukuran layarnya. Jenis resolusi layar ini biasa disebut dengan 2K atau juga Wide Quad HD (WQHD). Jenis layar ini banyak digunakan oleh smartphone flagship.

6. Resolusi UHD

Jenis resolusi ini merupakan jenis resolusi handphone tertajam saat ini. Teknologi layar UHD ini digunakan oleh Smartphone Xperia Z5 Premium.

UHD sendiri merupakan singkatan dari Ultra HD yang memiliki resolusi 3840 x 2160 pixel. Jumlah ini setara dengan 4X dari resolusi yang dimiliki oleh Full HD. Jenis resolusi ini pula yang biasa disebut dengan resolusi 4K. Kalau ada yang bertanya tentang kualitasnya, jawabannya sudah pasti sangat tajam dan jernih sekali.

Baca juga:

Macam-macam Ukuran Layar Handphone Berdasarkan Inchi.

Penjelasan diatas berbicara soal ukuran layar dengan menitik beratkan pada berapa rosolusinya dengan qualitas gambar yang dihasilkan. Namun kita juga perlu tahu berapa sebenarnya sih ukuran layar yang ideal untuk smartphone anda.

Pada sebuah polling yang dilakukan oleh lembaga survey di Amerika pada tahun 2014 menunjukkan bahwa layar yang ideal yang disukai oleh sebagian besar orang (55% responden) untuk dipakai saat itu adalah jenis layar hanphone dengan ukuran 4,6 hingga 5 inchi, selanjutnya 29% merasa ideal dengan ukuran layar 5,1 hingga 5,5 inchi, 7% memilih menggunakan layar 5,6 hingga 6 Inchi, dan hanya sedikit yang memilih menggunakan layar di atas 6 inchi.

Sponsors Link

Pada tahun berikutnya survey yang sama dilakukan dan hasilnya berbeda. Ukuran 4,6 hingga 5 inchi mengalami penurunan menjadi 48%, dan untuk ukuran 5,1 hingga 5,6 inchi menigkat menjadi 30%. Untuk ukuran layar 5,6 hingga 6 inchi meningkat drastis menjadi 17%.

Dari polling tersebut dapat simpulkan bahwa trend ukuran layar handphone yang disukai oleh masyarakat adalah ukuran layar handphone yang besar, seiring dengan kebutuhan dan pergeseran fungsi smartphone itu sendiri.

Baca juga:

Nah Bagaimana dengan Anda?

Jawabannya bisa ditentukan oleh tujuan anda menggunakan smartphone itu sendiri dan bagaimana selera anda. Bagi anda yang mungkin menggunakan smartphone untuk nonton youtube atau bermain game, rasanya tidak nyaman kalau menggunakan handphone dengan ukuran layar yang kecil. Mungkin anda akan memilih menggunakan handphone dengan layar diatas 5,5 inchi. Untuk anda yang menggunakan smartphone untuk aktivitas kerja mungkin membutuhkan ukuran layar handphone yang lebih besar lagi, 6 inchi atau bahkan 7 inchi.

Baca juga: Hp Termahal di Indonesia

Namun jika anda yang tak mau ribet, dan berfikir handphone yang simple adalah handphone yang bisa masuk kantong baju atau kantong celana anda, maka anda bisa memilih ukuran layar yang lebih kecil.

Demikian ulasan mengenai macam-macam ukuran layar handphone, semoga bisa menjadi guiden untuk anda yang sedang berencana untuk membeli handphone baru untuk menujang aktivitas anda.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi