Sponsors Link

Ini Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G Terlengkap

Sponsors Link

Semakin hari, kebutuhan akan kecepatan internet makin penting saja. Kini sudah banyak hal yang dikerjakan bergantung pada kecepatan transfer data antar jaringan tersebut. Semakin cepat kecepatan internet yang dimiliki maka semakin banyak pula hal yang bisa dikerjakan. Bahkan demi mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik ada cara memperkuat sinyal hp dengan silet yang banyak dilakukan.

ads

Kini hampir semua orang sudah merasakan bagaimana lebih cepatnya jaringan 4G ketimbang jaringan 3G. Jaringan 4G saat ini memang sudah bisa dinikmati oleh hampir semua orang. Meskipun penyebaran nya belum merata, tapi inilah jaringan dengan kecepatan terbaik yang bisa kita nikmati sekarang. Kecepatan pada jaringan internet memang salah satu masalah utama. Banyak orang yang mencari cara mempercepat koneksi internet android tanpa root supaya smartphone mereka internet yang lebih cepat.

Seolah tidak puas dengan kecepatan pada jaringan 4G maka para ilmuan pun kini sudah menemukan penerus dari jaringan 4G. Mereka sudah berhasil menemukan jaringan yang nantinya akan disebut dengan jaringan 5G. Tentunya akan ada kelebihan dan kekurangan jaringan 5G ini. Namun demikian semua hampir yakin jika jaringan 5G ini akan lebih baik dari para pendahulunya seperti jaringan 4G dan 3G. Sehingga pengguna smartphone sekarang tidak perlu lagi mencart aplikasi mempercepat koneksi internet android jika sudah menggunakan jaringan 5G nantinya.

Kelebihan Jaringan 5G

Jika dibandingkan dengan jaringan 4G yang ada sekarang, maka salah satu peningkatan yang ada pada jaringan 5G adalah masalah frekuensi yang digunakan. Jaringan 5G ini mampu mendukung bahkan sampai frekuensi 100 GHz. Dengan semakin tingginya frekuensi maka memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih baik. Beberapa keunggulan dan kelebihan yang ada pada jarigan 5G yang bisa kita manfaatkan diantaranya adalah :

  1. Memberikan kecepatan transfer data yang lebih baik

Jelas keunggulan utama dari jaringan generasi terbaru ini adalah dengan meningkatnya kecepatan transfer data yang diberikan. Jaringan 5G bahkan bisa memberikan kecepatan transfer data 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G pendahulunya. Hal ini tentu saja menjadi berita baik bagi mereka yang sangat tergantung dengan kecepatan transfer data untuk berbagai pekerjaan mereka.

Jika sekarang kecepatan internet menjadi salah satu penyebab hp lemot saat membuka aplikasi, maka pada jaringan 5G hal ini tidak akan terjadi. Beberapa smartphone sudah ada yang bisa mengaplikasikan dari jaringan generasi terbaru. Dengan kecepatan yang sampai 10 kali lebih cepat dari kecepatan yang ada sekarang tentu saja jaringan 5G ini menjadi sebuah penemuan yang baik. Jaringan 5G juga didukung dengan bandwidth yang lebih luas. Hal ini tentunya akan membuat kita menjadi lebih cepat jika ingin mencari aplikasi android yang berguna untuk sehari-hari.

  1. Bandwidth lebih luas, kapasitas lebih banyak

Pada jaringan 4G yang ada sekarang, salah satu masalah yang sering muncul adalah kecepatan menjadi melambat ketika berada di tempat ramai. Hal itu karena semakin banyaknya perangkat yang terkoneksi dengan transmitter yang sama maka akan membuat kecepatan menjadi menurun. Hal ini biasa terjadi ketika kita menggunakan smartphone kita di tengah keramaian.

Masalah seperti ini tidak akan terjadi pada teknologi jaringan 5G yang baru. Jaringan 5G menawarkan bandwidth yang lebih lebar yang artinya juga kecepatan tidak akan menurun walaupun berada di tengah keramaian. Sebagai gambaran, bandwidth  bisa digambarkan sebagai ruangan yang ada yang bisa digunakan untuk melakukan transfer data seperti mendownload, mengirim pesan, membuka laman interner, menonton video streaming, dan lainnya. Semakin sempit bandwidth yang ada maka kecepatan akan menurun dengan semakin banyaknya pengguna. Hal ini juga berarti dengan semakin lebar nya bandwidth yang ada pada jaringan 5G maka semakin banyak juga perangkat yang bisa terkoneksi.


  1. Latency yang rendah

Latency merupakan keterlambatan sampainya data dari pengirim ke penerima. Latency juga bisa dibilang sebagai delay. Latency ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebab utama dari latency ini seperti jarak antara pengirim data ke penerima data, gangguan pada perangkat komunikasi, ataupun konfigurasi pada jaringan komunikasi itu sendiri.

Dengan jaringan terbaru ini maka latency bisa ditekan lebih rendah. Dengan kecepatan yang lebih cepat dan juga bandwidth yang lebih lebar maka latency yang sering muncul pada jaringan 4G maka akan hilang pada jaringan 5G terbaru. Dengan semakin rendahnya latency maka tenty saja akan semakin banyak keuntungan, salah satu nya adalah transfer data yan bisa menjadi lebih real – time.

  1. Semakin banyak perangkat yang bisa terhubung

Pada jaringan 5G nantinya tidak hanya smartphone saja yang bisa terhubung. Banyak perangkat lain yang juga bisa terhubung dengan jaringan 5G ini. Hal ini nantinya akan memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Misalnya kita bisa mengunci semua pintu dan juga menyalakan semua alat elektronik yang ada di rumah hanya dengan satu perangkat saja.

Kekurangan Jaringan 5G

Selain keuntungan dan kelebihan yang tawarkan, saat ini nyatanya jaringan 5G masih memiliki beberapa kelemahan dan juga kekurangan. Beberapa kekurangan dan kelemahan yang ada pada jaringan 5G diantaranya adalah:


  1. Masih dalam proses penelitian dan pengembangan

Mungkin saat ini baru Korea Selatan saja yang sudah melakukan uji coba jaringan 5G untuk public. Jaringan komunikasi 5G ini memang baru sebatas uji coba teknis untuk beberapa negara. Beberapa hal yang menjadi masalah pada jaringan komunikasi ini salah satunya adalah masalah keamanan. Belum ada jaminan tentang privasi pada penggunaan jaringan 5G ini.

Masalah lain yang ada pada jaringan 5G ini juga terkait dengan frekuensi yang akan digunakan. Jaringan 5G yang bekerja pada frekuensi tinggi di atas 6 GHz menciptakan masalah tersendiri. Beberapa negara sudah menggunakan jalur frekuensi di atas 6 GHz untuk hal lain, Amerika misalnya yang menggunakan jalur frekuensi ini untuk komunikasi satelit mereka.

  1. Jangkauan yang lebih rendah

Masalah lain yang juga akan muncul pada penggunaan jaringan 5G nantinya adalah masalah jangkauan. Dengan semakin tingginya frekuensi yang digunakan dan juga semakin lebar nya bandwidth yang ada maka akan membuat jangkauan jaringan 5G ini menjadi lebih dekat bila dibandingkan dengan jaringan 4G. Hal ini akan membuat masalah jika digunakan pada wilayah yang memiliki daerah sangat luas seperti Indonesia. Semakin luas wilayahnya maka semakin banyak juga dibutuhkan penguat sinyak dari satu titik ke titik lain. Hal ini tentu akan berpengaruh ke biaya operasional yang akan dikeluarkan nantinya.

  1. Belum banyak perangkat yang bisa digunakan pada jaringan 5G

Sama seperti ketika jaringan 4G baru pertama muncul, maka hal pertama yan harus dilakukan untuk menikmati jaringan tersebut adalah dengan membeli perangkat yang mendukung jaringan 4G tersebut. Kini dengan munculnya jaringan 5G maka hal pertama yang harus diperhatikan pun adalah masalah perangkat. Belum banyak perangkat yang mendukung jaringan 5G ini. Dengan berubahnya jaringan 4G ke jaringan 5G maka bisa dipastikan semua perangkat pendukung pun akan berubah. Ini tentu saja akan terlaksana dengan biaya yang tidak murah.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jaringan 5G yang ada kini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi