Sponsors Link

Apakah Bisa Menambah NFC di HP Non NFC?

Sponsors Link

Perkembangan teknologi handphone memang semakin ke sini semakin pesat. Baik dari segi perangkat keras maupun dari sisi perangkat lunak yang tersedia. Jika dilihat dari sisi perangkat keras, sangat jelas jika handphone sudah banyak berubah. Dari segi ukuran misalnya, kini handphone sudah menjadi sangat mudah untuk dibawa ke mana – mana. Apalagi jika kita melihat dari sisi perangkat lunak. Kini dengan berbagai software yang tersedia maka fungsi dari handphone bukan lagi hanya sekadar untuk menelpon saja.

Lebih dari itu, jika kita melihat fitur dan spesifikasi yang ada pada handphone saat ini pun maka perkembangannya sangatlah terasa. Salah satu fitur yang terdapat pada handphone keluaran terbaru yang sangat memiliki fungsi penting adalah salah satunya adalah NFC. Perlu diketahui ada perbedaan NFC dan RFID.

NFC atau Near field communication adalah salah satu bentuk komunikasi nirkabel yang ada pada handphone. Memang penggunaan NFC ini belum lah terlalu populer jika dibandingkan dengan Wifi ataupun Bluetooth. Tapi meskipun demikian NFC sebenarnya bukanlah barang baru. Beberapa handphone terbaru keluaran xiaomi, samsung, Asus, dan lainnya sudah memiliki fitur NFC ini di dalamnya

Dengan adanya fitur NFC ini perangkat handphone bisa terkoneksi dengan perangkat lain yang juga memiliki NFC. Permasalahan yang muncul adalah belum semua handphone bisa digunakan untuk NFC ini. Fakta bahwa masih banyak perangkat yang belum memiliki fitur NFC memang menjadi masalah tersendiri. Lalu pertanyaannya apakah bisa menambah NFC di hp Non NFC?

Menggunakan NFC di hp non NFC merupakan hal yang jelas tidak mungkin. Namun menambahkan NFC pada hp non NFC merupakan masalah lain. Jika muncul pertanyaan apakah bisa menambahkan NFC pada hp Non NFC? Maka jawabannya adalah bisa ya ataupun tidak. Jawaban YA, bisa saja dilakukan pada handphone – handphone tertentu. Memang ada banyak series handphone yang tidak dilengkapi dengan perangkat NFC pada awalnya. Namun ada beberapa dari series handphone itu yang bisa ditambahkan dengan fitur NFC nantinya.

Jika anda memiliki handphone non NFC dan ingin menambah fitur NFC maka hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah mencari informasi apakah handphone yang anda miliki bisa ditambah dengan fitur NFC atau tidak. Penambahan fitur NFC pada handphone ada dua jenis yaitu dengan pemasangan perangkat keras ataupun bisa dengan menambah sebuah program tertentu pada handphone anda. Untuk pemasangan NFC pada handphone non NFC pun sebaiknya dilakukan oleh tenaga terlatih yang memang memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut.

Hal ini tidak berlaku untuk semua handphone Non NFC. Meskipun ada handphone non NFC yang bisa ditambah dengan NFC namun ada juga handphone non NFC yang benar – benar tidak bisa ditambah dengan NFC. Penambahan NFC yang berupa penambahan perangkat keras ataupun menambahkan software mungkin tidak bisa dilakukan pada semua handphone. Alasan nya jelas karena tidak semua handphone bisa support dengan fitur NFC itu sendiri.

Penggunaan NFC yang belum begitu popular jika dibandingkan dengan Wifi ataupun Bluetooth membuat belum banyak produsen handphone yang terlalu memikirkan untuk menambah kan fitur ini pada produk mereka. NFC dinilai masih memiliki banyak kekurangan. Selain banyak nya perangkat yang belum mendukung fitur NFC ini, beberapa kekurangan lainnya dari NFC adalah :

  • Penggunaan dan fungsi dari NFC itu sendiri belum banyak diketahui oleh orang.
  • Jikapun ingin menambah NFC, maka harga perangkat yang mendukung tidak lah murah.
  • Meskipun mendukung komunikasi antar perangkat secara nirkabel, penggunaan NFC masih harus membutuhkan jarak yang sangat dekat antar perangkat untuk bekerja secara optimal
  • Jika dibandingkan dengan komunikasi nirkabel lainnya seperti wifi ataupun Bluetooth, kecepatan transfer data menggunakan NFC masih dinilai sangat rendah dan lambat.

Meskipun demikian, NFC dinilai akan menjadi salah satu fitur komunikasi nirkabel yang akan populer di kemudian hari. Dengan berbagai kekurangan yang masih bisa diperbaiki. Ke depannya penggunaan NFC diyakini akan menjadi lebih massif. Saat ini beberapa keunggulan dan fungsi NFC pada hp yang sudah bisa kita nikmati antara lain adalah:

  1. Mudah digunakan

Penggunaan NFC ini dinilai sangat mudah digunakan. Tidak memerlukan terlalu banyak settingan dan juga hanya memmerlukan satu sentuhan saja maka NFC ini sudah bisa digunakan.

  1. Sangat multifungsi

Penggunaan NFC ini juga dinilai sangat multifungsi. Pada handphone, NFC bisa melakukan banyak hal secara otomatis. Penggunaan NFC ini dinilai mempermudah dan membuat praktis dalam banyak hal. NFC bisa digunakan untuk mengetahui lokasi dari suatu tempat melalui Location Based Service. Lebih jauh penggunaan NFC juga akan sangat membantu anda ketika anda sedang terburu – buru. NFC akan sangat membantu meringankan berbagai pekerjaan anda. Untuk mendukung hal ini tentunya diperlukan beberapa aplikasi NFC untuk android.

  1. Transaksi pembayaran menjadi lebih mudah.

Jika dulu anda tidak perlu membawa uang cash namun hanya membawa kartu debit ataupun kartu kredit saja untuk melakukan pembayaran. Maka saat ini yang anda butuhkan hanya perangkat handphone yang memiliki NFC. Dengan menggunakan NFC maka transaksi jual beli akan menjadi lebih cepat. Cukup dengan menempelkan handphone anda yang sudah bisa melakukan fitur NFC ke alat pembayaran yang tersedia maka transaksi pun bisa dilakukan.

  1. NFC dinilai memiliki system keamanan yang sangat baik.

Di beberapa tempat aplikasi NFC ini sudah digunakan sebagai kunci rumah. Cukup dengan menempelkan perangkat kita dengan pintu rumah yang terintegrasi NFC maka anda sudah bisa mengunci ataupun membuka rumah anda dengan otomatis. Ini salah satu bukti jika NFC memiliki system keamanan yang sangat baik.

Sistem keamanan NFC ini bahkan dinilai jauh lebih dari Bluetooth, Wifi, maupun aplikasi transfer data lainnya yang sudah ada. Hal ini juga memberikan anda rasa aman jika anda ingin mengirim atau menerima data tanpa takut diretas. Hal lain yang juga menjadi bukti bahwa keamanan NFC ini bisa dipercaya adalah sudah banyak nya tempat yang menggunakan NFC untuk mendukung transaksi jual beli mereka. Hal ini tidak mungkin terjadi jika keamanan dari NFC ini dianggap masih rentan.

Itulah beberapa hal tentang NFC serta kelebihan dan kekurangan NFC yang bisa menjadi perhatian anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi