Sponsors Link

19 Kelebihan Android Lollipop 5.0 dan Kekurangannya

Sponsors Link

Sekarang semakin marak handphone menggunakan sistem operasi Android Lollipop. Ia adalah penerus dari Android KitKat dengan ikon permen kesukaan ketika masa kecil. Android Lollipop diluncurkan tahun 2014, sebelumnya si robot hijau ini memang terkenal dengan kegunaannya yang begitu membebaskan penggunanya dalam berekspresi.

ads

Jika kamu sedang bertanya-tanya dengan kelebihan Android Lollipop atau lebih dikenal dengan OS permen bulat ini, berarti Anda tak salah membaca artikel. Apa keistimewaan Android Lollipop dibanding KitKat? Fasilitas apa yang ada padanya? Apa pentingnya memakai smartphone berbasis sistem operasi Lollipop?

Baca juga: Tips Membeli Hp Android.

Dengan mengerti semua kelebihan software ini, Anda bisa mudah memilah smartphone yang tepat, mumpuni dan memenuhi sesuai kriteria yang Anda inginkan. Berikut kelebihan Android Lollipop:

1. Tampilan atau Interface

Semua jenis ponsel tentu memiliki user interface atau tampilan tatap muka, interface yang dimiliki OS Lollipop begitu memanjakan mata. Graphical User Interface (GUI) menawan memang menjadi andalan setiap vendor ponsel agar mendapatkan hasil penjualan terbaik dan memuaskan penggunanya.

Terinspirasi dari desain flat minimalis yang mampu membuat performa pada gadget semakin meningkat, namun OS ini tidak kehilangan daya imajinasinya melalui animasi baru yang mempesona pada setiap grafis. Semakin berkembangnya teknologi saya yakin kamu tak akan menjadi seorang yang ketinggalan zaman, terlebih masalah teknologi yang setiap detiknya bergerak layaknya jarum jam.

2. Android Runtime (ART)

Dalvik atau perangkat lunak pada OS Lollipop lebih maksimal ketimbang versi sebelumnya yaitu KitKat yang terbilang lambat dalam proses penginstalan aplikasi. Kali ini runtime pada sistem Android kinerjanya lebih meyakinkan. Penggantian dalvik terbilang cukup meyakinkan dikarenakan mampu menghemat baterai dan memori aplikasi yang berjalan pada ponsel. Ketika dicermati ada perubahan pada lockscreen atau banner bagian atas Android, itulah yang membuat kinerja semakin baik.

Baca juga: Hp Terlaris di IndonesiaHp Terlaris di Dunia.

3. Proyek Daya Tahan (Volta)

Kita akui bahwa ponsel pintar Android dapat memakan daya tahan baterai yang begitu besar sehingga membuat kita bergantung pada charger sehingga mengharuskan penggunanya membatasi tiap kegiatan, kini  kelebihan Android Lollipop yaitu memiliki proyeksi volta dan ini menjadikan konsumsi baterai pada ponsel terjaga. Tentu hal tersebut memanjakan Anda ketika berponsel ria dan tak harus membawa charger kemanapun.

4. Support 64 Bit

Fitur canggih yang dikenal dari Personal Computer, saat ini tak hanya mampu dijalankan pada PC saja. Dengan berkembangnya teknologi, apalagi permintaan konsumen ponsel canggih yang selalu menginginkan performa mumpuni, membuat Android merealisasikannya lalu menerapkan pada telepon genggam terbaru.

Tidak pernah terbayangkan pastinya jika ponsel bisa menampung RAM berkapasitas 4 GB. Padahal dengan RAM 3 GB performa sistem sangat menjanjikan. Dan kini Anda bisa menikmati Random Acces Memory 4 GB pada benda sebesar genggaman tangan.

5. Keamanan

Anda akan merasakan bermain gadget dengan keamanan layaknya memiliki seorang satpam yang menjaga setiap gerak pada setiap aplikasi berjalan. Sebab Android Lollipop menanam program berjudul SE linux untuk menjaga data enkripsi pada ponsel. Makin mantap dalam menyimpan file bukan?

Baca juga:

6. Bisa Dipasang di Berbagai Gadget

Setelah kami singgung bahwa fasilitas 64 bit dapat di peroleh di ponsel, kali ini gantian Lollipop yang bisa terinstalasi pada bermacam perangkat, dari mulai tv, laptop hingga beberapa perusahaan jam tangan memakai sistem operasi ini.

7. Peningkatan Default Browser (Chrome)

Chrome memang telah bisa dinikmati pada versi sebelumnya namun yang membedakan yaitu memudahkan kita dalam pembagian tab selancar dan ditambah bermacam opsi.

Baca juga:

Sponsors Link

8. Navigasi

Petunjuk arah pada Android menjadi buruan tersendiri untuk user adanya software penunjuk arah tata letak memudahkan hampir semua orang dalam pencarian alamat, kelebihan Android Lollipop adalah grafis maksimal, navigasi pada maps menjadi semakin menakjubkan.

9. Multitasking

Fitur 2 perangkat lunak berjalan seiringan telah diterapkan pada OS Lollipop ini, namun perbedaannya terlihat sangat jelas. Anda mampu memutar video sambil membuka aplikasi lain merupakan salah satu dari sekian multitasking yang dimiliki OS permen ini.

10. Bertambahnya Bahasa

Bahasa adalah fasilitas penting pada suatu gadget. Oleh sebab itu versi Android Lollipop 5.0 mendukung 15 bahasa berbeda dari berbagai negara, tak terkecuali bahasa Indonesia.

Baca juga:

11. Mode Ganda (Ada 2 Akun)

Ketika menggunakan laptop atau PC kita sering menggunakan 2 akun semisal administrator maupun guest, untuk memisahkan suatu program. Nah ternyata fitur ini juga bisa dilakukan oleh ponsel Android berbasis Lollipop. Tentunya ini akan memudahkan Anda dalam menyimpan file rahasia yang tak bisa dicapai oleh orang lain.

12. Pencarian Bisa Menentukan Lokasi

Peningkatan fitur kontekstual pada search engine Google memudahkan user menentukan lokasi pencarian secara tepat, mungkin ini salah satu kelebihan Android Lollipop yang semakin membebaskan penggunanya berekspresi.

Baca juga: Hp RAM Terbesar di Dunia.

13. Pengaturan

Setelan atau pengaturan merupakan hal penting saat kita menggunakan ponsel Android. Pada Android Lollipop ada beberapa tambahan pengaturan yang bisa didapatkan, seperti notifikasi atau pemberitahuan. Pada bar pemberitahuan, Android menambahkan panel memberi kebebasan saat menginginkan jalan pintas tambahan, semisal tethering penambatan hotspot dan Near Field Communication (NFC).

14. Peningkatan Statistik Baterai

Pernah mengenal aplikasi baterai booster yang memberikan beberapa janji termasuk statistik, penghematan, hingga prediksi kapan baterai akan penuh? Kini anda tak perlu lagi memasang aplikasi tersebut, sebab Android Lollipop telah memberikan fasilitas prediksi kapan daya baterai akan terisi penuh, pastinya ini bukan aplikasi penghemat baterai yang malah memakan baterai.

Baca juga: Hp Baterai AwetPenyebab Hp Bootloop.

OS Android versi 5.0 ini, memang sangatlah banyak kelebihannya. Hampir segala aspek diperbaiki lalu ditingkatkan hingga ke kinerja terbaiknya ,sampai beberapa hardware pun terkena imbas dari Android Lolipop ini. Bukan rahasia lagi, jika teknologi semakin maju dengan pesatnya, maka semakin memaksa kita untuk belajar mengenai produk elektronik, termasuk handphone.

15. Konektivitas

Koneksi internet lebih mumpuni dan koneksi Bluetooth lebih cepat, namun tetap hemat baterai. Sistem tidak memutus koneksi jika melakukan perpindahan semisal Wi-fi ke jaringan seluler maupun sebaliknya. Dan terdapat fitur batas data seluler, sehingga menghindari pemborosan data tanpa kita melakukan penginstalan aplikasi dari luar perangkat.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terbaik AndroidAplikasi Kamera Android TerbaikHp Kamera Terbaik.

Sponsors Link

Kekurangan Android Lollipop

Proses riset sangat diperlukan karena tak ada yang sempurna di muka bumi ini, begitu pula masalah IT. Jika sebelumnya sudah dibahas kelebihan Android 5.0, tak lengkap rasanya bila hanya membagikan kelebihannya. Ada beberapa kekurangan versi 5.0 yang akan saya singgung. Berikut beberapa ulasan mengenai kekurangan Android Lollipop:

  • Ahead of Time

Program Android Lollipop satu ini tertanam pada Android runtime yang berarti berjalan ketika kita menginstal aplikasi. Sayangnya ahead of time memakan banyak memori sistem saat kita melakukan penginstalan, walaupun terbilang berjalan dengan cepat namun kekurangan itu tetap tak terelakan.

  • Wifi yang Memakan Banyak Daya

Wifi adalah salah satu peranan penting konektivitas pada gadget Android Lollipop. Pengoptimalan kecepatan pada saat kita menggunakan wifi memang cukup terbukti, namun ada kelemahan pada sistem ini, yaitu penggunaan daya semakin bertambah ketika kita menggunakan wifi.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp SamsungCara Cek Keaslian iPhone.

  • Tak Terlalu Mengejutkan User

Berbeda dengan vendor sistem pesaing Android yaitu iOS, update terjaga kerahasiaannya sehingga membuat para usernya menantikan kehadiran baru sistem keluaran Amerika ini. Meskipun Development Android yaitu Google selalu menjaga dengan baik tentang update yang akan mereka lakukan, namun selalu saja ada pihak tak bertanggung jawab yang membocorkannya. Perlu Anda ketahui bahwa Android Police merupakan salah satu situs tidak resmi Android yang sering memberikan bocoran update yang merugikan pihak Google.

  • Terjadi Masalah saat Melakukan Update

Sudah menjadi rahasia umum jika hampir semua vendor handphone menggunakan sistem operasi Android yang mengesankan ini, sehingga ada beberapa kemungkinan malah merugikan. Hal tersebut menjadikan server Android sering mengalami masalah sehingga tak jarang beberapa device Android gagal ketika melakukan pembaharuan. Pengguna Android juga tak mendapatkan notifikasi otomatis update, berbeda dengan Windows Phone maupun iOS yang menjalankan update secara otomatis.

Selain itu saat kita memiliki budget yang minim untuk memperbaharui gadget dan masih ingin bertahan dengan gadget yang kita miliki tentu kita masih berharap fasilitas terbaru yang Android tawarkan. Namun sayangnya tak semua smartphone Android upgradeable ke versi 5.0, sehingga memaksa kita untuk membeli handphone baru.

Baca juga: Hp Tercanggih di Dunia.

Itulah kelemahan Android Lollipop. Tentu patut kita acungi jempol bahwa Android mempunyai sistem yang begitu memudahkan penggunanya namun di sisi lain tetap saja ada kekurangannya. Kita tidak bisa menyalahkan vendor Android dan langsung meninggalkan OS ini. Sistem operasi lainnya pun kemungkinan memiliki kelemahan tertentu yang belum diketahui.

Dengan berkembangnya teknologi mengharuskan kita selalu belajar dan menjadikan kreator sistem operasi terus melakukan perbaikan dan pembaharuan. Ikuti terus kabar mengenai gadget di situs ini yang akan selalu melakukan riset dan perkembangan teknologi di dunia. Sekian artikel tentang kelebihan Android Lollipop dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi