Sponsors Link

Aperture Kamera Hp Android dan iPhone : Cara Kerja dan Fungsinya

Sponsors Link

Pernah dengar aperture? apa sih aperture itu, kok asing banget ya? Aperture merupakan kata dari bahasa Indonesia yang mungkin jarang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun bagi para fotografer dan pecinta foto, hal ini bukan lagi hal asing melainkan sesuatu yang biasa mereka gunakan setiap saat.

ads

Aperture adalah bukaan diafragma pada lensa yang biasanya mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk kedalam kamera. Pada umumnya digunakan untuk menangkap hasil foto yang diinginkan, maka dari itu banyak orang belajar mengenai aperture kamera. Pengertian dan fungsi aperture kamera hp akan kita bahas dibawah ini. Pemakaian aplikasi yang aperture termasuk dalam aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia.

Cara Kerja Aperture

Aperture bekerja seperti layaknya pintu, ia dapat terbuka lebar atau dapat juga hanya terbuka sedikit. Oke, sekarang kita bahas untuk lebih dalam, aperture mempunyai satuan yaitu f-stop, misalnya f/2.8, f/5, f/8, f/22 dan lainnya. Misalkan anda setel kamera anda dengan setelah f/5 maka pada saat anda memfoto sebuah obyek, bukaan diafragma pada lensa kamera akan besar, yang berarti akan menerima cahaya lebih banyak dan menghasilkan gambar yang lebih kontras. Untuk mendapatkan aperture kamera yang bagus, anda perlu mengetahui hp kamera terbaik.

Semakin besar angka diafragma (f – sekian) berarti semakin kecil bukaan lubang lensa yang terbuka untuk menerima cahaya, selain itu diafragma juga berpengaruh terhadap ketajaman obyek yang difoto, biasa dikenal sebagai DOF (Depth Of Field). Depth Of Field (DOF) yang kecil atau bukaan diafragma yang kecil biasa biasanya digunakan untuk memfokuskan gambar obyek yang sedang difoto, sisanya yang diluar gambar yang difoto akan tidak focus atau blur. Sebaliknya apabila DOF yang besar, berarti bukaan diafragma yang besar untuk mengambil keseluruhan obyek yang difoto bersama obyek-obyek lainnya yang difoto seperti background, jadi tidak fokus pada satu obyek, tapi lebih merata.

Jadi dapat dipastikan pengaruh aperture terhadap Depth Of Field sangat besar. Apabila anda sedang mengubah aperture pada kamera anda, misalnya f/2.8, f/5 maka hasil DOF-nya pun akan berbeda-beda juga. Tingkat ketajaman obyek yang difoto pun akan berbeda-beda juga. Untuk setelan dengan fokus yang paling bagus adalah setelan pada f/22, dimana semakin besar angka yang ditunjukan (22) bukaan diafragma akan kecil, namun mempunyai tingkat fokus yang sangat bagus (greatest DOF).

Bagi anda yang ingin menghasilkan gambar yang sangat fokus (biasanya foto produk) penggunaan f/22 akan lebih bagus karena, akan menghasilkan foto yang fokus pada obyek tersebut, sedangkan obyek lainnya blur. Setelah mengetahui banyak hal, anda juga perlu mengetahui teknik fotografi hp android.

Fungsi Aperture

Berbicara mengenai Depth of Field, setelah aperture yang membuat depth of field semakin sempit/kecil memang menghasilkan gambar yang blur diluar area obyek yang difoto, dan setelan aperture seperti ini sangat bermanfaat dalam jenis fotografi apapun, fotografi makro, dan juga portrait (berdiri/vertikal) maupun landscape (horisontal).

Sponsors Link

  • Fotografi Landscape (Horisontal)

Untuk fotografi jenis landscape (horiosontal) pada umumnya yang dipakai bukan aperture yang sempit/kecil melainkan besar, karena dalam mengambil gambar landscape dibutuhkan area fokus yang luas, lensa wide, kecuali memang anda ingin mengambil gambar yang ada efek blur di background/foregroundnya.

  • Fotografi Portrait (Vertikal)

Bagaimana dengan fotografi portrait, menggunakan aperture yang bukaannya kecil/sempit, dikarenakan dengan menggunakan aperture ini akan menghasilkan gambar yang tajam dan fokusnya pun detail. Bertujuan supaya obyek atau subyek yang difoto lebih terlihat/mendominasi dan tidak teralihkan oleh tampilan yang ada dibelakangnya, jadi terkesan benar-benar close up.

  • Fotografi Makro

Lalu Bagaimana dengan fotografi jenis makro? Hampir serupa dengan fotografi jenis landscape dimana menggunakan aperture yang kecil misalnya f-2.8 untuk dapat menangkap obyek yang lebih besar. Ini pun termasuk dalam pengertian dan fungsi aperture kamera hp.

Sponsors Link

Aperture untuk setiap jenis fotografi berbeda-beda, semua itu tergantung pada pemakainya dan kebutuhan. Semua itu dapat diatur supaya dapat menghasilkan gambar yang berkualitas dan baik. Apalagi pada jaman sekarang dimana fotografi menjadi suatu umum dan dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun selama ia mempunyai hp dengan kamera maupun dengan kamera asli pada umumnya. Namun untuk maksimal dalam pengambilan gambar, sebaiknya disarankan menggunakan kamera asli, mungkin dengan kamera DSLR / SLR akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Namun tidak ada salahnya menggunakan kamera hp, karena dinilai praktis dan tidak berat.

Aperture pada hp juga tidak jauh berbeda dengan aperture kamera, dimana sama mempunyai ciri-ciri dan masing-masing nilai positif dan negatifnya, dan kebanyakan karena kecanggihan hp masa kini, aperture yang disajikan dalam hp lebih dikemas lebih sederhana dan mudah untuk disetel. Anda tinggal pasang ke setelan kamera dalam hp tersebut kedalam mode otomatis atau AV (Aperture Value). Dengan mode ini, aperture akan disetel secara otomatis oleh sistem pada hp anda.

Adapaun kecanggihan lain dari kamera hp saat ini yaitu, untuk shutter speed dan ISO dapat disetel juga. Mode otomatis ini sangat berguna bagi pengguna hp tersebut, selain menghemat waktu, menyetel setelan ini juga praktis dan anda hanya perlu mencoba-coba setelan tersebut. Tapi ingat, jika anda suka memfoto dengan kamera hp, pastikan baterai anda selalu terisi penuh agar hp tidak panas. Gunakan juga aplikasi edit foto Android dan aplikasi edit foto terbaik iPhone untuk menambah filter pada hasil foto anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi