Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Segera Diganti

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal dengan smartphone yang satu ini? pastinya semua tahu kan? ya dewasa ini smartphone karya Steve Jobs merajalela dimana-mana, dengan teknologi canggihnya dapat membuat penggunanya menjadi lupa diri. Bagi yang memiliki iPhone, tentunya sudah cukup mengenal tentang seputar harga sparepartnya ya. Apalagi bila anda membeli iPhone baru, pasti harganya melambung tinggi, namun itu terlupakan karena kecanggihan fitur-fitur dari iPhone.

ads

Dari produk ini, sekarang kita akan bahas seputar ciri-ciri baterai iPhone rusak yang perlu anda ketahui. Apalagi baterai merupakan komponen dasar setiap smartphone. Maka dari itu sebuah baterai sangat perlu diperhatikan.

1. Indikasi Baterai Cepat Habis

Cukup mudah untuk mengamati ciri-ciri yang ini. Anda tinggal sering mengamati tingkat level baterai yang ada, apakah stabil ataupun mengalami penurunan daya baterai dengan cepat atau tiba-tiba. Dan apabila baterai iPhone anda cepat habis, kemungkinan adanya kebocoran pada baterai iPhone anda. Ciri-ciri seperti ini merupakan ciri-ciri baterai iPhone yang rusak, dimana daya baterai cepat terkuras habis tidak sesuai dengan penggunaannya.

Solusinya dengan cara mengurangi widget pada mode lockscreen  anda, dengan cara ini anda dapat mengurangi penggunaan baterai yang tidak perlu, biasanya dalam posisi lockscreen, widget akan tetap dalam mode siaga bila digunakan. Hal itulah yang menguras baterai anda. Jaman sekarang, banyak masyarakat luas menamainya “ngedrop”. Apabila baterai seperti ini masih digunakan dalam jangka waktu yang lama, memungkinkan iPhone anda mudah cepat rusak. Jadi kenalilah status isi baterai anda, bila tidak siap-siap saja anda mengganti iPhone anda dengan yang baru.

Baca juga :

2. Menggelembungnya Baterai iPhone

Seringkali terjadi pada kasus ini, sangat mudah untuk mengamati ciri-cirinya. Anda hanya perlu mengamati dari sisi samping dari iPhone anda. Apabila ada bagian sisi iPhone anda yang menonjol, maka itu disebabkan oleh baterai iPhone anda  yang menggelembung. Sebetulnya kerusakan baterai iPhone yang satu ini dikarenakan oleh kecerobohan si penggunanya sendiri yaitu mengisi ulang baterai secara terus menerus, padahal status baterai sudah terisi penuh.

Biasanya dilakukan pada saat malam hari, iPhone dicas lalu ditinggal tidur dan keesokannya baru dicopot chargernya. Pengisian dengan cara yang seperti inilah yang menjadi penyebab utama baterai iPhone anda rusak. Memang sangat praktis namun ternyata berdampak negatif untuk iPhone anda dan diri anda sendiri. Umumnya jika baterai iPhone sudah menggelembung, sudah pasti rusak dan bila digunakan terus dapat berbahaya untuk iPhone itu sendiri dan jiwa anda, karena baterai yang menggelembung bisa saja meledak.

Sebetulnya ada cara praktis untuk memperbaiki baterai yang menggelembung namun, ada beberapa langkah yang harus dilakukan anda. Pertama, untuk mengetahui baterai itu menggelembung atau tidak, coba anda lepas baterai iPhone anda dan letakan pada permukaan lantai yang rata. Lalu cobalah untuk memutar baterai anda, bila dapat berputar dengan lancar itu berarti baterai anda sudah mengelembung.

Setelah mengetahui bahwa baterai anda menggelembung, ambilah sebuah plastik yang memiliki klip (kalau kita mengenalnya dengan plastik obat) dan masukkan baterai anda kedalam plastik tersebut. Pastikan bahwa udara tidak dapat keluar masuk kedalam plastik. Selanjutnya, masukkan baterai yang telah berada didalam plastik kedalam frezer kulkas dan biarkan hingga 24 jam. Setelah 24 jam, keluarkan baterai dalam plastik dan keringkan baterai dari sisa-sisa air. Dan pastikan baterai sudah kering, lalu coba anda charge dengan charger portable (dikenal dengan nama charger kodok)jangan dimasukkan dahulu ke dalam smartphone anda sebelum baterai terisi penuh. Setelah terisi penuh coba pasang ke iPhone anda dan nyalakan. Cara ini cukup mudah dan jitu untuk mengatasi baterai yang menggelembung, dan banyak yang telah mencoba dan alhasil baterai tersebut dapat bertahan hingga 2 bulan kemudian. Apabila masih tetap tidak dapat digunakan, silahkan beli baterai baru untuk iPhone anda .

Baca juga :

Sponsors Link

3. Seringnya iPhone Mendadak Mati Sendiri

Ya, sangat mengesalkan sekali bukan apabila anda sedang asyik-asyiknya bermedia sosial, surfing disitus-situs ataupun bermain game tiba-tiba iPhone anda mendadak mati sendiri tanpa anda instruksikan untuk mati. Ciri-ciri baterai iPhone rusak seperti inilah yang sangat mudah dikenali. Baterai dengan ciri-ciri seperti ini termasuk baterai yang sudah bocor terlalu parah. Seringnya iPhone mati sendiri ini sangat berbahaya bagi iPhone, sebab bila tidak segera ditangani dengan cara mengganti baterai iPhone anda, kerusakan akan menjalar dan merusak komponen-komponen listrik lainnya dalam iPhone anda.

Eits, tapi tunggu dulu sebelum anda membeli baterai baru, masih ada solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara reset iOS pada iPhone anda. Caranya cukup mudah, dengan masuk ke setting – general – reset dan pilihah reset all content and settings. Maka iPhone anda akan reset kembali ke settingan awal anda membuka segel(settingan pabrik). Bila cara ini belum berhasil, coba install ulang iOS anda. Masih juga tidak berhasil, belilah baterai baru.

Baca juga :

4. Persentase yang Tidak Normal

Ciri-ciri yang satu ini cukup merepotkan, karena kita tidak tau baterai tersebut sudah tinggal berapa persen. Misalkan (saat digunakan) pada pagi hari jam 7 pagi 80% lalu di siang hari jam 12 siang persentasenya 70% dan tiba pada sore hari jam 4 sudah tinggal 5%, yang artinya anda perlu bergegas mencari charger iPhone anda sebelum iPhone tersebut mati.

Apabila anda seorang pengguna smartphone untuk kepentingan bekerja, baterai dengan kondisi seperti ini sangat menjengkelkan, menghambat pekerjaan anda dan bisa jadi berakhir dengan terbangnya iPhone anda alias dilempar karena emosi. Bila sudah seperti ini, disarankan untuk segera mengganti baterai iPhone anda. Namun untuk mengetahui lebih jelas, coba lakukan kalibrasi baterai.

Caranya cukup mudah yaitu gunakan iPhone anda sampai baterai habis yang saat anda menyalakan kembali hanya menampilkan gambar baterai kosong (merah), lalu isi ulang kembali baterai iPhone anda dalam keadaan listrik stabil dan tidak terputus sampai penuh 100% (dan tidak overcharge), lalu gunakan kembali iPhone anda sampai baterai iPhone anda habis kembali dan isi ulang kembali baterai iPhone anda. Dengan demikian persentase akan menampilkan lebih “jujur apa adanya” sesuai dengan settingan awal dari iPhone itu sendiri.

Cara ini cukup jitu untuk mengatasi ciri-ciri baterai iPhone rusak yang satu ini. Dan cara ini bukan untuk memperbaiki baterai iPhone anda namun hanya untuk meningkatkan system iPhone tersebut untuk lebih tepat dalam membaca persentase pada baterai iPhone anda.

Baca juga :

ads

5. Baterai tidak bisa dicharge

Ciri-ciri baterai iPhone rusak sudah sangat kelihatan sekali disini. Dengan mencharge baterai seharusnya ada indikator petir pada tampilan baterai anda. Penyebab terbesarnya adalah bocornya baterai iPhone anda dan sudah sangat parah. Namun terkadang ada juga penyebab lainnya berupa charger itu sendiri yang rusak, jadi si charger tidak dapat menyalurkan aliran listrik untuk ngecas baterai iPhone anda. Segeralah periksa baterai dan charger anda, bisa saja salah satu dari mereka yang rusak atau bahkan keduanya sebelum anda berencana untuk membelinya yang baru. Adapun cara lain berupa

Baca juga :

6. Baterai Cepat Habis

Cukup mudah untuk mengetahui ciri-ciri baterai iPhone rusak yang satu ini. Apabila anda suka game maupun bermedia sosial, anda pasti dapat merasakannya. Misalkan pada normalnya baterai turun 5% dalam 10 menit, namun jika secara tidak normal baterai turun 5% dalam waktu 2 s/d 3 menit saja. Ciri-ciri seperti inilah yang sudah dapat dipastikan baterai iPhone anda sudah bocor. Untuk keterangan lebih jelas, anda dapat mengunjungi halaman resmi dari situs apple, lihat bagian spesifikasi baterai yang tercantum di situs tersebut.

Baca juga :

7. Mudahnya Baterai Menjadi Panas

Ciri-ciri yang satu ini sangat jelas dirasakan pada tangan anda yang selalu menggenggam iPhone anda. Dapat dirasakan dengan jelas, yang pada awalnya dalam penggunaan aplikasi suhunya tidak meningkat  dengan cepat menjadi cepat panas, apalagi jika iPhone anda dalam kondisi bekerja keras membuka banyak aplikasi. Maka penggunaan baterai pada iPhone anda akan banyak dan akan menguras banyak isi baterai anda.

Solusi yang tepat hanyalah gunakan aplikasi pada iPhone anda tidak secara bersamaan (dibuka semua) supaya mencegah borosnya baterai karena apabila hal ini sering dilakukan berakibat baterai yang mudah drop yang berakhir dengan rusaknya baterai iPhone anda. Selain itu, apabila anda sedang berada dalam tempat yang sukar menangkap sinyal, lebih baik matikan saja aplikasi-aplikasi yang sangat menyedot baterai anda untuk mendapatkan sinyal dan biasanya adalah aplikasi media sosial. Hal ini berlaku juga untuk aplikasi-aplikasi yang meminta location service anda pada saat digunakan.

Baca juga :

8. Airplane Mode

Untuk smartphone jaman sekarang, airplane mode bukan lagi mode yang asing lagi. Airplane mode adalah mode yang ada pada smartphone khususnya iPhone yang apabila diaktifkan akan menonaktifkan sejumlah fitur pada smartphone meliputi, jaringan telepon, jaringan internet, wi-fi, Bluetooth, dan juga GPS. Pengguna iPhone dapat mencoba untuk mengecek baterai apakah bocor atau tidak, karena dalam penggunaan fitur-fitur seperti jaringan internet, wi-fi, jaringan telepon membutuhkan banyak tenaga baterai.

Dan apabila anda sudah mengaktifkan airplane mode tetapi baterai masih saja boros, itu merupakan ciri-ciri bahwa baterai anda bocor. Cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan, anda hanya tinggal mengaktifkan airplane mode dan amati saja penurunan baterai pada iPhone anda, apakah normal atau tidak normal. Apabila tidak normal, berarti baterai iPhone anda bocor/rusak.

Baca juga :

Barusan sudah kita bahas tentang 8 ciri-ciri baterai iPhone rusak. Bagi yang punya iPhone, yuk merapat dan awasi baterai iPhone anda apabila anda ingin iPhone anda tahan lama.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi