Sponsors Link

20 Cara Melacak Hp yang Hilang dengan GPS dan Fitur Lainnya

Sponsors Link

Apakah Anda pernah kehilangan smartphone? Mungkin karena terselip, lupa meletakkannya dimana, terjatuh atau bahkan karena dicuri? Ketika mengalami kehilangan, tentunya kita akan merasa panik dan khawatir. Tapi ternyata smartphone atau Hp yang hilang bisa dilacak keberadaannya, loh!

ads

Baca juga: Tips Membeli Hp Android.

Cara melacak Hp atau smartphone beragam, mulai dari cara yang umum hingga cara yang khusus hanya untuk jenis Hp tertentu. Cara melacak Hp secara umum dapat diterapkan untuk mencari semua jenis Hp, baik Hp yang memiliki sistem operasi Android maupun Hp yang memiliki sistem operasi iOS. Berikut cara umum yang dapat pengguna terapkan ketika iPhone atau Hp Android-nya hilang:

  • Menelusuri kembali kegiatan Anda beberapa waktu sebelum Hp Anda hilang. Apakah Anda mengeluarkan Hp beberapa saat lalu? Kapan Anda terakhir kali menggunakannya? Di mana Anda menggunakan Hp? Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui perkiraan waktu dan lokasi hilangnya Hp.
  • Melakukan panggilan telepon ke Hp Anda melalui Hp lain ataupun telepon rumah, untuk mencari keberadaan Hp yang mungkin sebenarnya ada disekitar Anda. Hal ini merupakan cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan, ketika Hp terselip ataupun terjatuh di sekitar Anda.
  • Menanyakan orang yang ada di sekitar, baik itu keluarga maupun teman Anda yang mungkin menemukan Hp Anda yang hilang.
  • Memeriksa pos lost and found. Jika setelah menelusuri kembali ingatan Anda, dan ternyata Hp Anda tertinggal atau terjatuh pada lokasi-lokasi seperti kampus, area sekolah, ataupun bandara. Cobalah untuk memeriksa atau menghubungi telepon pada pos lost and found, barangkali Hp Anda yang hilang terdapat pada pos lost and found.

Baca juga: Cara agar Hp Tidak LemotCara agar Hp Tidak Panas.

Bagaimana jika cara-cara di atas tetap tidak membantu? Lacaklah Hp dengan menggunakan cara khusus berdasarkan jenis sistem operasi pada Hp yang digunakan. Hp dengan sistem operasi Android maupun iOS dapat dicari dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia didalamnya. Perusahaan pembuat Hp menyertakan teknologi ini, sebagai salah satu bantuan bagi para pengguna yang mengalami kehilangan gadgetnya. Bagaimana cara melacak Hp Android maupun iPhone dengan menggunakan teknologi yang disediakan oleh masing-masing produsennya? Yuk, simak cara melacak hp yang hilang pada hp Android dan iPhone berikut ini.

Cara Melacak Hp Android yang Hilang

1. Menggunakan Android Device Manager

Android Device Manager merupakan sebuah aplikasi bawaan yang disediakan di dalam menu setting pada Hp Android dengan versi di atas versi 2.2. Sebagai fitur buatan Google, Android Device Manager memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi smartphone, menguncinya, maupun menghapus data di dalamnya dengan mudah.

Untuk dapat digunakan melacak Hp Android, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu Android Device Manager. Hal yang harus diperhatikan sebelum mengaktifkan Android Device Manager adalah akun yang harus diingat dan diakses kembali adalah akun Google pada Hp yang hilang dan perangkat harus memiliki jaringan internet yang baik.

Baca juga: Cara Menghemat Baterai Android.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Android Device Manager? Pertama, buka menu Setting atau pengaturan Hp. Lalu, pilih sub-menu Security pada menu Setting. Setelah itu, pilih bagian Device Administator dan beri centang pada Android Device Manager. Setelah diberi centang, Android Device Manager menjadi aktif.

Aktifkan fitur mengakses Hp pada jarak jauh yang diatur pada menu Setting / Pengaturan dan pada sub-menu Google. Kemudian, pilih Security, hingga layar menampilkan bagian Android Device Manager. Izinkan mengunci atau menghapus data pada Hp dengan mengaktifkan pilihan “Allow remote lock and erase”. Masih pada sub-menu Google, aktifkan pula fitur Location. Jika Android device manager sudah diaktifkan pada Hp Android yang hilang, maka pengguna dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk pelacakan:

  • Mengakses Situs Android Device Manager pada Google

Dengan menggunakan komputer, laptop ataupun Hp Android lain, akseslah halaman Android Device Manager melalui situs www.google.com/android/devicemanager. Halaman Android Device Manager dapat juga diakses dengan membuka situs pencarian google dan mengetikkan “temukan ponsel saya” pada kolom pencarian.

Baca juga: Hp Baterai Awet.

  • Sign in atau Masuk ke Akun Google

Anda harus sign in dengan akun Google yang terkoneksi dengan Hp Android yang hilang. Ketika sign in telah berhasil, klik icon GPS yang ada pada halaman ini untuk memulai pencarian Hp Android. Jika Hp Android dalam keadaan online, keberadaannya akan mudah terdeteksi dan ditampilkan dalam peta pencarian perangkat. Setelah itu, tampilan pada halaman Google ini akan memberikan informasi mengenai lokasi terakhir Hp Android yang terlacak, waktu serta tanggal terakhir Hp digunakan.

Baca juga: Penyebab Hp Bootloop

Sponsors Link

  • Melakukan Pilihan Menu atau Tindakan yang Sesuai

Pengelola perangkat Android ini menyediakan tiga menu atau fungsi yang dapat diaktifkan dari jarak jauh oleh pemilik ketika Hp Android hilang. Ketiga macam fungsi ini adalah sebagai berikut:

Ring:  Menu ini merupakan pilihan yang akan membuat perangkat Android yang hilang berbunyi dengan volume maksimal selama satu menit, meskipun awalnya Hp diatur dalam kondisi diam. Menu atau fungsi ini sangat sesuai digunakan, jika Hp Android hilang karena terselip. Dengan volume dering yang maksimal, pengguna akan mudah menemukan letak atau posisi Hp yang terselip.

Enable lock: Menu kedua merupakan pilihan enable lock yang akan mengunci perangkat sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya. Menu ini memungkinkan segala data maupun informasi pribadi yang terdapat di dalam Hp tetap aman dan terlindungi.

Erase: Tombol hapus merupakan menu terakhir yang digunakan untuk menghapus segala data dan informasi pada Hp sebagai perlindungan dan pengamanan data. Pilihan ini biasanya dipilih ketika besar kemungkinan bahwa Hp yang hilang tidak akan dapat ditemukan kembali.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root.

2. Menggunakan Fitur Google Maps

Cara melacak Hp Android yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur Google maps. Google maps pada Hp Android memiliki sebuah fitur yang dikenali sebagai fitur location history atau google timeline. Fitur ini merupakan fitur yang sudah lama ada yang digunakan untuk memantau gerak dengan menggunakan GPS. Location history akan memberikan informasi yang mendetil dari setiap lokasi yang pernah dikunjungi atau dilewati oleh Hp. Informasi yang diberikan berupa lokasi, tanggal, serta waktu saat Hp Android digunakan dan terkoneksi terakhir kali pada google maps. Akses untuk mengecek location history pada Hp yang hilang dapat dilakukan melalui situs https://maps.google.co.id/locationhistory.

Baca juga: Hp Kamera TerbaikHp Termahal di Indonesia.

3. Menggunakan Aplikasi Pencarian Android

Beberapa aplikasi pencarian Android ini seperti Temukan Ponselku, Wheres My Droid, dan lain sebagainya. Temukan Ponselku merupakan aplikasi yang dapat melacak serta mengetahui posisi Hp Android dengan GPS. Sedangkan, Wheres My Droid juga merupakan pelacak Hp Android yang hilang. Hanya saja, pada Wheres My Droid, terdapat pula fitur alarm serta fitur yang dapat menemukan Hp hilang meskipun kondisi Hp hampir mati. Berbagai aplikasi ini juga menyediakan fitur berbayar yang lebih canggih misalnya yang berfungsi mencegah aplikasi dihapus, mengambil foto dengan kamera dari jarak jauh, ataupun menghapus data dari jarak jauh.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

4. Menggunakan Fitur Bawaan Sesuai dengan Produsen Hp

Cara yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur pelacak yang disediakan oleh masing-masing produsen Hp. Salah satu contoh diantaranya adalah fitur “Find My Mobile” milik Samsung dan menu “Cari Perangkat” milik Xiaomi. Pada dasarnya kedua fitur ini memiliki fungsi bawaan yang sama.

  • Menggunakan Fitur  “Find My Mobile” pada Samsung

Cara ini merupakan cara melacak Hp Android khusus produksi Samsung. Pada produk Hp-nya, Samsung menyediakan fitur pengendali jarak jauh berupa “Find My Mobile”. Layaknya pada Android Device Manager, fitur ini juga berfungsi melacak, mengunci, menderingkan, serta menghapus data atau informasi pada Hp Android Samsung yang hilang. Namun, fitur “Find My Mobile” ini, juga dapat mengirimkan SMS ke kontak baru pengguna ketika Android Samsung yang hilang diganti kartu SIM-nya.

Sponsors Link

  • Menggunakan Aplikasi Mi Cloud pada Xiaomi

Layaknya “Find My Mobile” milik Samsung, Xiaomi juga memiliki Mi Cloud untuk membantu pengguna melacak Hp Xiaomi yang hilang. Untuk dapat melakukan pelacakan, pengguna harus akses terlebih dahulu ke laman Mi Cloud yaitu https://i.mi.com/, serta sign in dengan akun Mi yang terkoneksi dengan Xiaomi yang hilang. Laman ini juga menyediakan bahasa Indonesia agar mudah menggunakannya. Setelah berhasil masuk ke akun yang dimiliki, pilih dan klik menu Cari Perangkat serta menu Online. Aplikasi ini akan melacak keberadaan Hp Xiaomi yang hilang.

Baca juga: Aplikasi Android Berbayar Tercanggih.

5. Menggunakan Nomor IMEI

IMEI atau International Mobile Station Equipment Identity merupakan informasi 15 digit angka yang berhubungan dengan identifikasi suatu ponsel, baik berkaitan dengan pabrik maupun model Hp. Database IMEI ini hanya dapat dilacak oleh operator saat Hp yang hilang tersambung ke kartu SIM. Namun, di Indonesia tidak semua pihak diperbolehkan meminta mengenai data ini. Hanya pihak berwajib yang memiliki hak maupun wewenang untuk dapat meminta operator mengakses dan melacak Hp berdasarkan nomor IMEI. Sehingga, ketika Anda mengalami kehilangan Hp Android karena dicuri, Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu nomor IMEI Hp yang hilang kemudian melaporkan kejadian kehilangan ini ke kantor polisi yang terdekat. Laporan polisi ini dapat digunakan untuk meminta operator memblokir serta melacak iPhone yang hilang.

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android TerbaikAplikasi Android Penghasil Uang.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

1. Mengakses Fitur “Find My iPhone”

Merupakan fitur yang disediakan oleh Apple untuk membantu pengguna melacak lokasi iPhone yang hilang. “Find My iPhone” dapat diakses dengan mengunduh aplikasinya pada perangkat Apple lain. Atau bisa pula diakses melalui www.icloud.com dari komputer. “Find My iPhone” terdapat pada menu utamanya. Lakukan sign in dengan ID Apple yang terkoneksi dengan iPhone yang hilang.

  • Pilih Menu Devices atau My Devices pada Bagian Atas Jendela.

Menu ini akan menampilkan pilihan perangkat apple yang terkoneksi dengan ID apple Anda. Pilih perangkat iPhone yang hilang pada menu tersebut. Jika iPhone tidak dapat terdeteksi, akan muncul pilihan “notify me when found”. Pilih dan centanglah pilihan ini, sehingga ketika sudah dapat terdeteksi, sebuah notifikasi akan dikirim ke email pengguna. Tidak terdeteksinya keberadaan iPhone disebabkan oleh sinyal jaringan yang hilang atau iPhone yang mati. Apabila keberadaan iPhone dapat terdeteksi, layanan ini akan memberitahukan keberadaan terakhir iPhone melalui peta. Melalui peta ini, Anda dapat melacak kemungkinan lokasi iPhone yang hilang.

Baca juga: Aplikasi Kamera iPhone Terbaik.

  • Memilih tindakan yang sesuai

Layanan “Find My iPhone” menyediakan tiga tindakan yang dapat dipilih untuk membantu menemukan ataupun memastikan keamanan data pada iPhone Anda. Hal ini akan membuat perangkat iPhone yang hilang menjalankan serangkaian perintah berdasarkan tindakan yang dipilih. Ketiga tindakan ini juga dapat dipilih saat iPhone dalam keadaan offline. iPhone akan menjalankan/memberlakukan perintah tindakan tersebut ketika kembali online.

Play Sound: Dengan memilih pilihan ini, iPhone akan memainkan serangkaian suara dengan volume maksimal. Pilihan tindakan ini sesuai jika, ternyata iPhone hilang ataupun terselip disekitar Anda (dengan rentang jarak yang dekat), sehingga akan membantu Anda menemukannya. Ketika iPhone telah ketemu, pengguna dapat mengetuk pilihan OK sehingga suara akan berhenti.

Lost Mode: Pilihan tindakan yang kedua adalah Lost Mode atau Mode Hilang. Mode ini memungkinkan iPhone terkunci dengan kode yang Anda berikan, sehingga tidak dapat diakses oleh orang lain, selagi keberadaannya dilacak. Mode ini juga dapat membuat layar menampilkan pesan dan kontak yang dapat dihubungi, apabila ada yang menemukan. Selain itu, dengan mengaktifkan mode ini, penggunaan kredit maupun debit untuk Apple Pay akan ditangguhkan. Bagaimana menonaktifkan mode hilang jika iPhone sudah ditemukan? Hal ini dapat dilakukan melalui iCloud.com, aplikasi “Find My iPhone” atau dengan memasukan kode pada perangkat iPhone.

Erase Phone: Pilihan Erase Phone merupakan pilihan terakhir yang dapat pengguna lakukan ketika iPhone mungkin sudah tidak dapat ditemukan kembali. Pilihan ini akan membuat seluruh data pribadi dihapus sehingga tidak dapat diakses oleh orang lain, termasuk data untuk Apple Pay. Dengan terhapusnya seluruh informasi pada iPhone, perangkat iPhone ini otomatis dihapus dari akun Anda dan tidak dapat lagi dilacak keberadaannya. Tetapi, bagaimana jika setelah seluruh data terhapus, Anda justru dapat menemukan iPhone Anda? Tak perlu khawatir, karena data ini dapat diperoleh kembali dengan salinan terakhirnya.

Baca juga: Cara Cek Keaslian iPhone.

ads

2. Menggunakan Hp Android untuk Melacak iPhone

Sebagai salah satu sistem operasi yang berkembang dengan sangat cepat, Android memiliki pengembangan aplikasi yang sangat banyak jumlahnya, termasuk aplikasi untuk melacak Hp lain. Baik dengan OS Android maupun dengan iOS, aplikasi ini dapat melakukan pelacakan dengan akurat. Beberapa aplikasi Android yang dapat melacak iPhone adalah Prey Anti Theft, Cerebrus Anti Theft, dan lain sebagainya. Selain mendeteksi posisi iPhone yang tepat, aplikasi ini juga memiliki kemampuan seperti fitur “Find My iPhone” yang dapat menghapus data serta mengunci perangkat dari jarak jauh.

3. Menggunakan Google Location History atau Google Timeline

Seperti layanan Google maps yang ada pada Hp Android, melacak iPhone juga dapat menggunakan layanan yang sama. Dengan mengaktifkan layanan ini, data lokasi penggunaan iPhone yang terakhir akan dapat ditelusuri. Hal ini karena Google Location History menyimpan dan memetakan data posisi dari iPhone. Selain posisi, pengguna juga dapat melihat kapan dan di mana lokasi saat iPhone terakhir mengirim data ke google. Untuk dapat melihatnya, pengguna yang kehilangan iPhone dapat mengakses situs google.com/maps/timeline, dan melihat titik-titik atau posisi terakhir yang telah dilalui oleh iPhone.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPhone.

4. Menggunakan Nomor IMEI yang Diketahui

Sama seperti ketika Hp Android hilang, iPhone juga dapat memanfaatkan nomor IMEI untuk melacak keberadaan iPhone tersebut. Mula-mula cari terlebih dahulu nomor IMEI iPhone yang hilang dengan mengecek buku panduan. Kemudian dengan nomor IMEI ini, kehilangan iPhone dapat dilaporkan ke pihak yang berwajib. Dengan adanya laporan polisi, hubungi operator atau provider iPhone untuk meminta bantuan untuk memblokir dan melacak keberadaan iPhone dengan nomor IMEI.

Baca juga: Aplikasi Edit Video iPhone, Aplikasi Edit Foto Terbaik iPhone.

5. Menggunakan Aplikasi Pelacak yang Di-install pada iPhone

Terdapat beberapa aplikasi pelacak berbayar yang serupa dengan “Find My iPhone” pada iPhone. Salah satu aplikasi tersebut adalah iHound. Ketika iPhone yang dimiliki hilang, maka akan dikirimkan informasi posisi iPhone ketika pemilik iPhone sign in ke situs iHound. Aplikasi ini juga akan mengirim informasi ketika ada seseorang lain yang mencoba menghubungkan iPhone ke komputer ataupun memodifikasinya. Selain iHound, terdapat pula aplikasi Mobile Spying pada iPhone. Aplikasi ini pada dasarnya merupakan aplikasi yang dipakai oleh orang tua untuk melacak dan memata-matai Hp yang digunakan oleh anak-anak. Pemilik iPhone dapat menggunakan aplikasi ini untuk memata-matai iPhone yang dipakai, lewat iPhone orang tua.

Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhone.

Mencegah agar Hp Tidak Hilang

Sebaik-baiknya obat, tentu saja lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Meskipun telah mengetahui cara untuk melacak Hp Android ataupun iPhone yang hilang, ada baiknya menerapkan cara-cara berikut untuk mencegah terjadinya kehilangan Hp:

  • Jangan meletakan Hp di luar jangkauan mata untuk mencegah Hp tertinggal. Dan, jangan pula meletakan Hp ditempat yang memungkinkan terjatuh, misalnya kantung celana belakang.
  • Waspada saat berada di tempat yang banyak orang untuk menghindari Hp hilang karena dicuri. Jangan meletakan Hp di tempat yang memancing pencuri untuk beraksi.
  • Menggunakan aplikasi anti theft seperti Anti Theft Alarm, Avast Anti Theft, Prey Anti Theft, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi ini dapat melindungi Hp dari kemungkinan dicuri apalagi saat dibiarkan tanpa pengawasan. Selain dibekali alarm yang akan aktif saat Hp dipindahkan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuan melacak posisi Hp yang sudah hilang.
  • Untuk Hp Android, gunakan aplikasi “Find My Phone”, jika memiliki Android Wear. Selain dapat melacak Hp Android yang hilang, jam tangan ini juga akan memberitahukan saat jarak antara Hp dan jam tangan ini diluar batas. Hal ini dapat mencegah Hp Android tertinggal dan hilang.
  • Untuk iPhone, gunakan aplikasi seperti iLocalis. iLocalis merupakan sebuah aplikasi yang dapat melacak iPhone yang hilang. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetahui nomor telepon SIM card yang baru, jika SIM card pada iPhone tersebut telah diganti.
  • Selain iLocalis juga bisa menggunakan iLost-finder, merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan bunyi alarm ketika iPhone dicuri, dimatikan maupun dimasukkan kode yang tidak tepat. iLost-finder juga memiliki kemampuan mengambil foto orang yang mungkin mencuri iPhone tersebut dan mengirimkan foto ini pada pengguna. iLocalis dan iLost-finder dapat digunakan pada iPhone yang sudah mengalami jailbreak.
  • Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, selalu aktifkan Android Device Manager ataupun Find My iPhone agar mudah dilacak jika terjadi kehilangan.

Baca juga: Cara Jailbreak iPhone.

Nah, demikian beberapa cara melacak hp yang hilang, baik Android maupun iPhone. Memang penting untuk mengetahui cara yang dapat digunakan untuk melacak Hp. Namun, yang paling penting adalah tetap waspada dan tidak teledor sehingga Hp tidak akan tertinggal, terjatuh atau dicuri. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi