Sponsors Link

4 Cara Merekam Video dengan Suara Jernih di Android

Sponsors Link

Sebuah moment yang indah akan sangat disayangkan jika anda melewatkan begitu saja. Dokumentasi seperti video atau foto perlu anda lakukan karena hal ini nantinya akan berguna sebagai kenang-kenangan ketika anda sudah tidak bisa memiliki kesempatan untuk melakukannya lagi. Untuk itulah anda membutuhkan sebuah smartphone android yang mampu mewujudkan impian anda.

ads

Berbicara mengenai video, beberapa pengguna smartphone android mengalami masalah karena kualitas video yang mereka rekam menghasilkan suara yang kurang baik, padahal spesifikasi dari smartphone yang mereka punya tidak bisa dikatakan rendah dan bahkan beberapa diantaranya sudah tertulis bahwa smartphone tersebut bisa merekam video dengan kualitas HD.

Hal ini tentu saja akan membuat jengkel karena video yang ia rekam menjadi kurang menarik akibat suaranya yang kurang jernih. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara merekam video dengan suara jernih di android yang bisa anda coba. Namun sebelum itu, kami ingin memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu cara rotate video boomerang di Android dan iPhone dan juga cara mengatasi iPhone tidak bisa memutar video.

1. Aktifkan stabilizer

Cara merekam video dengan suara jernih di android bisa anda lakukan dengan cara mengaktifkan stabilizer. Terkadang meskipun video yang dihasilkan sudah jernih, namun karena anda terlalu goyang kesana kemari maka akan menyebabkan kualitas suara yang dihasilkan akan kurang baik.

Tentu saja masalah ini akan membuat video yang anda rekam kurang menarik meskipun sebenarnya moment atau kejadian yang anda rekam tersebut merupakan hal-hal yang sangat indah. Oleh sebab itu, anda bisa mengatasinya dengan cara mengaktifkan stabilizer yang sudah tersedia di menu pengaturan smartphone android anda.

Stabilizer akan bekerja dengan cara meredam setiap getaran atau guncangan yang bisa mempengaruhi kualitas video atau suara yang dihasilkan sehingga akan membuat video yang anda rekam menghasilkan suara yang lebih baik dan kualitas video anda jadi lebih stabil.

2. Melakukan pengaturan white balance

Cara merekam video dengan suara jernih di android juga bisa anda lakukan dengan cara melakukan pengaturan pada white balance. Banyak orang ketika merekam video akan langsung merekam begitu saja tanpa peduli dengan warna yang nantinya akan dihasilkan dari rekamannya tersebut.

Dan pada akhirnya video yang dihasilkan tidak seperti realnya seperti terlalu kuning atau malah kebiruan. Maka dari itu, cara yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengaturan pada bagian white balance dengan cara mengarahkan kamera smartphone anda terhadap benda-benda apapun yang memiliki warna putih polos.

Hal ini akan membuat kamera smartphone anda akan menyesuaikan terhadap hasil bidikan sehingga akan membuat kualitas video yang anda hasilnya menjadi lebih real atau nyata. Bagi anda pengguna iPhone, maka kami sarankan agar supaya anda mengetahui informasi tentang aplikasi edit video iPhone dan cara merotasi video di iPhone.

3. Gunakan headsat atau mic eksternal

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk bisa menghasilkan kualitas suara yang jernih di android anda adalah dengan menggunakan headset atau mic eksternal. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwasanya salah satu kelemahan ketika merekam video menggunakan smarphone adalah suara bising karena akan bercampur dengan suara lain yang ada di sekitar anda.

Jika sudah seperti ini, maka tentu saja hasil video yang anda hasilkan menjadi kurang menarik. Namun anda jangan khawatir karena anda masih bisa mengatasinya dengan cara menggunakan headset atau mic eksternal. Dengan menggunakan bantuan salah satu alat tersebut, maka suara yang dihasilkan oleh smartphone anda akan lebih berfokus terhadap video yang sedang anda rekam atau ambil.

Akhirnya, hasil rekaman video yang dihasilkan oleh smartphone anda akan lebih baik karena akan meminimalisir kebocoran suara yang dapat mempengaruhi kualitas video yang dihasilkan.

Sponsors Link

4. Menggunakan tripod

Tripod juga bisa menjadi salah satu alternatif lain juga bisa anda lakukan untuk menghasilkan suara dengan kualitas yang baik ketika anda melakukan perekaman video, terutama bagi anda yang pada saat ini sedang melakukan perekaman video dengan berpindah-pindah.

Karena kamera yang anda gunakan adalah kamera android dan bukan menggunakan kamera profesional tentu saja ketika anda melakukan pengambilan video dengan berpindah-pindah akan membuat kualitas video anda menjadi kurang baik.

Namun anda masih bisa melakukan sebuah trik agar supaya kualitas suara yang dihasilkan tidak terganggu yakni dengan cara memasang tripod. Dengan begitu maka anda bisa membuat sebuah karya video yang mengagumkan dan akan membuat orang lain tertarik untuk melihat video anda.

Demikian informasi dari kami tentang bagaimana cara merekam video dengan suara jernih di android. Kami menyarankan agar anda membaca informasi lain seperti kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi Max 2 atau juga mengenai aplikasi edit video terbaik Android.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi