Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Touchscreen Iphone Tidak Berfungsi (No 3 Paling Gampang)

Sponsors Link

Perkembangan teknologi sudah mencapai tingkat tinggi dengan menghadirkan berbagai inovasi dalam berbagai platform. Dengan perkembangan yang semakin meningkat mengakibatkan para produsen teknologi dalam bidang elektronik semakin berkembang pesat. Mulai dari berbagai inovasi diciptakan dan menghasilkan produk yang luar biasa dalam setiap peluncuran yang dilakukan. Bertambah banyaknya produk yang diluncurkan terkadang membuat kita sebagai user mengalami kebingungan dalam memilih produk yang cocok dengan kebutuhan kita. Dengan menawarkan berbagai pilihan yang memiliki berbagai fungsi dan fitur dengan spesifikasi tinggi membuat kita berfikir keras untuk memilih produk mana yang akan kita gunakan.

ads

Salah satu produsen elektronik ternama dunia dalah Apple Inc. Apple telah didirikan pada tahun 1976. Dengan mengembangkan berbagai produk andalannya, mulai dari smartphone, notebook, dan alat elektronik lainnya. Dalam masing-masing produk yang diproduksi Apple Inc telah diluncurkan beberapa versi yang semakin lama semakin meningkat. Meningkatnya popularitas Iphone seiring dengan meningkatnya daya konsumsi masyarakat terhadap keinginan mereka untuk memiliki teknologi yang terbaru. Jumlah pengguna iphone sebagian besar adalah kalangan masyarakat menengah keatas dengan usia yang produktif menjadikan pemasaran Iphone sangat digemari oleh masyarakat masa kini.

Semua produk teknologi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal itu menjadi titik penentu bahwa produk yang memiliki banyak kelebihan tentunya akan diminati oleh masyarakat. Begitu juga denga Iphone yang sedang hits saat ini. Dalam menggunakan berbagai produk teknologi tentunya akan mengalami kendala-kendala yang mungkin saja terjadi. Salah satu contohnya adalah touchscreen pada iphone. Touchscreen iphone adalah bagian yang sangat penting karena semua fungsi yang dapat digunakan pada iphone dimulai dari layar iphone. Ketika kondisi touchscreen iphone tidak berfungsi dengan baik, maka anda juga akan merasa terganggu karena hal tersebut. Touchscreen iphone menjadi tidak berfungsi bisa dikarenakan beberapa hal, kapasitas penyimpanan terlalu penuh, iphone terjatuh, terkena air, atau hal yang lainnya. Hal-hal tersebut dapat menimbulkan kemacetan touchscreen ketika digunakan, sehingga performa touchscreen tidak berfungsi dengan optimal.

Terdapat beberapa cara mengatasi touchscreen iphone tidak berfungsi, antara lain adalah:

  • Lakukan Restart

Ketika anda mengalami layar iphone yang tidak berfungsi cobalah melakukan restart iphone anda. Mungkin anda tidak sadar bahwa iphone anda terlalu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan anda sehingga iphone anda mengalami hang. Hal ini bisa saja terjadi karena anda terlalu banyak menjalankan berbagai aplikasi dan melakukan multifungsi, sehingga kondisi loading per masing-masing aplikasi menjadi tidak stabil karena digunakan untuk banyak aplikasi yang sedang anda jalankan. Ketika hal tersebut terjadi, cobalah melakukan restart pada iphone anda. Dengan begitu bisa mengurangi atau menghentikan aplikasi yang sedang anda jalankan.

  • Matikan Iphone sejenak

Sama halnya dengan manusia, terkadang segala peralatan elektronik perlu berisitirahat, karena terlalu banyak memproses berbagai aplikasi yang anda inginkan. Luangkan waktu sejenak untuk menginstirahatkan iphone dalam kondisi mati selama 5-10 menit. Touchscreen iphone yang tidak berfungsi pasti ada saja penyebabnya, cobalah anda berfikir apakah anda pernah melakukan hal yang salah terhadap iphone anda.

Misalnya: anda sering mengakses iphone anda tidak dengan kondisi tangan kering, atau iphone anda pernah terjatuh, dan lain sebagainya.

  • Bersihkan touchscreen iphone (layar)

Sempatkan waktu minimal 1 menit untuk membersihkan layar iphone anda. Iphone yang setiap hari dipakai harusnya setiap hari pula layar dibersihkan untuk menjaga agar layar iphone anda tidak rusak, dan mengalami gangguan. Ketika membersihkan layar iphone, gunakanlah kain yang halus atau menggunaan tissue yang lembut supaya tidak merusak layar iphone anda. Ketika anda mencoba untuk membersihkan dengan cairan pembersih, maka sebaiknya jangan dilakukan karena kita tidak tahu apakah iphone anda bisa dibersihkan dengan cairan pembersih khusus atau tidak.

Sponsors Link

  • Melakukan restore iphone

Ketika touchscreen anda memnag tidak bisa diatasi dengan hal-hal diatas, maka anda sebaiknya melakukan restore iphone dan pastikan bahwa sebelum anda melakukan restore, semua data yang anda miliki telah dibackup, sehingga ketika setelah dilakukan restore, anda masih mengakses data anda sebelumnya yang telah dibackup.

Mengapa backup data itu penting? Karena segala data yang anda miliki adalah data yang penting dan sewaktu-waktu anda butuhkan. Ketika anda lupa membackup data, ada kemungkinan bahwa data anda akan hilang ketika proses restore berjalan.

  • Menghubungi Call Center Apple

Jika memang semua hal telah anda lakukan dan belum berhasil, maka anda harus datang ke Service center atau menghubungi call center Apple untuk meminta solusi mengenai touchscreen anda yang tidak berfungsi. Selain dapat meminta solusi, pihak Apple bisa mengecek langsung keadaan iphone anda ketika anda datang langsung ke Service Center Apple. Dengan begitu anda bisa mempercayakan iphone anda kepada pihak Service Center. Pastikan bahwa anda menceritakan detil keluhan anda sehingga iphone anda bisa ditangani dengan baik sesuai permasalahan yang anda ajukan.

Just for information bahwa tidak semua alat elektronik bisa bertahan lama ketika anda dalam pengunaan sehari-hari tidak memperdulikan peralatan elektronik tersebut. Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mencegah terjadinya touchscreen yang tidak berfungsi antara lain:

Sponsors Link

  1. Periksalah penyimpanan anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua smartphone, iphone, dan lain sebagainya pasti membutuhkan penyimpanan untuk menyimpan semua data yang anda perlukan dan anda butuhkan setiap saat. Hal itu sangat mempengaruhi penyimpanan yang anda miliki dalam iphone. Pastikan bahwa anda selalu mengecek penyimpanan anda, ketika penyimpanan sudah hampir penuh, hal ini akan berakibat pada loading yag diperlukan pada saat anda mengakses segala hal di iphone anda akan menjadi sangat lama (waktu yang dibutuhkan lama) atau bisa dikenal dengan lemot.

  1. Periksalah aplikasi anda

Aplikasi yang anda miliki pada iphone harus dicek secara berkala. Ketika aplikasi tersebut membutuhkan update, maka anda harus menupdate aplikasi tersebut untuk meningkatkan performa aplikasi tersebut, dan ketika anda melakukan update aplikasi hal ini akan berakibat ke penyimpanan internal yang anda miliki. Sehingga kembali lagi ke penyimpanan, baik internal maupun eksternal, anda harus melakukan cek penyimpanan secara berkala untuk mengetahui sisa kapasitas penyimpanan anda.

Itulah beberapa hal informasi mengenai cara mengatasi touchscreen iphone tidak berfungsi, semoga bermanfaat untuk anda.:)

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi