Sponsors Link

7 Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap (Nomer 4 Paling Penting)

Sponsors Link

Media sosial telah menjadi media komunikasi global yang biasa digunakan oleh kebanyakan manusia. Dengan menggunakan media sosial, komunikasi akan lebih mudah dilakukan. Komunikasi akan lebih fleksibel, tidak terhalang waktu dan tempat. Komunikasi bisa dilakukan dimanasaja dan dengan siapa saja di negara manapun. Dengan menggunakan media sosial sebagai salah satu penunjang komunikasi, bisa dikatakan komunikasi akan lebih efisien. Media sosial bisa diakses secara bebas oleh siapapun. Manfaat yang dihasilkan dengan media sosial juga banyak. Salah satunya bisa meningkatkan hubungan relasi dengan orang-orang baru dan orang-orang yang kita kenal. Dengan menggunakan media sosial, kita akan lebih dikenal banyak orang dalam dunia maya. Bahkan di Indonesia juga sebenarnya memiliki aplikasi sosial media yang didevelop sendiri.

ads

Jenis media sosial yang digunakan sangat beragam jenisnya. Bahkan seluruh dunia pun menggunakan sosial media untuk media komunikasi mereka. Komunikasi yang dilakukan bisa dalam cara apapun. Kebanyakan masyarakat indonesia memiliki akun media sosial lebih dari 2. Padahal antara media sosial satu dengan lainnya memiliki fungsi yang sama, namun dalam versi yang berbeda. Dengan menggunakan berbagai jenis media sosial, komunikasi yang bisa dilakukan bisa sangat beragam dengan berbagai cara. Media sosial yang digunakan lebih dari 2 akan menambah variasi penggunaan media sosial. Dengan melakukan hal tersebut, kita sebagai pengguna bisa merasakan bahwa dengan menggunakan media sosial sangatlah menarik.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan pengguna di Indonesia adalah whatsapp. Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh kalangan orangtua atau orang-orang penting. Kebanyakan, whatsapp digunakan karena ukurannya yang relatif kecil dibandingkan media sosial lainnya. Data yang digunakan dalam whatsapp juga lebih sedikit dibandingkan yang lainnya. Dengan pemakaian yang lebih efisien, whatsapp lebih diminati oleh kebanyakan pengguna. Whatsapp juga dilengkapi fitur-fitur yang semakin membuat penggunanya merasa nyaman dan senang dalam melakukan komunikasi. Fitur yang dihadirkan kurang lebih hampir sama dengan media sosial lainnya yang sejenis.

Penggunaan whatsapp membutuhkan penyimpanan yang relatif sedikit. Ketika hanya digunakan untuk chatting dan telfon. Dengan mengikuti perkembangan zaman, semakin banyak ditemui kejadian-kejadian kriminal yang tidak banyak diketahui orang lain. Whatsapp ternyata bisa disadap dengan menggunakan berbagai cara. Untuk kita sebagai pengguna whatsapp, kita perlu mengantisipasi terjadinya hal tersebut. Hal itu perlu diantisipasi untuk menghindari kebocoran data pribadi. Berikut adalah cara yang bisa anda gunakan untuk mengamankan whatsapp agar tidak bisa disadap:

  1. Periksa versi whatsapp

Pastikan anda memeriksa versi whatsapp yang anda gunakan. Dengan melakukan cek versi whatsapp, anda bisa mengetahui apakah ada update versi yang lebih baru atau whatsapp yang ada dalam perangkat anda sudah dalam versi yang paling baru. Ketika anda mengetahui versi whatsapp tersebut, anda bisa mengantisipasi terjadinya penyedapan. Ketika versi whatsapp anda adalah versi lama atau belum diupdate ke versi yang lebih baru, maka anda harus segera melakukan update pada aplikasi whatsapp tersebut. Hal itu digunakan untuk mengantisipasi akun whatsapp anda disadap.

Versi whatsapp juga bisa menjadi hal yang berpengaruh terhadap penyadapan akun whatsapp. Setiap versi yang dipublish oleh whatsapp, sudah mengalami pengujian keamanan. Namun, hal itu terus harus dilakukan evaluasi terhadap masing-masing versi. Evaluasi ini diperlukan supaya tahu apakah terdapat bug atau celah yang bisa dimanfaatkan orang lain untuk masuk ke akun yang bukan akun mereka. Oleh karena itu, ketika whatsapp melakukan publish versi terbaru, anda harus melakukan update terhadap versi whatsapp pada perangkat anda.

  1. Periksa layanan whatsapp web (jika menggunakan)

Whatsapp tidak hanya bisa diakses melalui smartphone saja, melainkan bisa diakses melalui website. Dengan menggunakan whatsapp web, tidak diperlukan anda menginstall aplikasi whatsapp pada smartphone anda. Dengan begitu, penyimpanan yang dibutuhkan dalam smartphone tidak diperlukan atau anda hanya membutuhkan koneksi internet dengan melalui website.

Menggunakan whatsapp web memiliki dampak positif dan negatif. Oleh karena itu anda harus berhati-hati ketika menggunakan whatsapp web, karena orang lain bisa saja login ke akun anda tanpa anda ketahui. Ketika anda merasa bahwa ada orang lain yang masuk ke akun anda, maka anda harus melakukan log-off dari semua komputer. Jika anda tidak melakukan hal tersebut, kemungkinan besar akan terjadi bahwa orang lain dengan komputer yang lain bisa masuk ke akun anda.

  1. Manfaatkan applock

Applock adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengunci atau memberikan keamanan terhadap aplikasi dalam perangkat atau smartphone anda. Dengan menggunakan aplikasi applock, anda bisa melindungi aplikasi-aplikasi yang anda inginkan dalam smartphone anda. Sehingga aplikasi-aplikasi tersebut akan membutuhkan password ketika dibuka. Hal ini akan berguna karena tidak sembarang orang bisa membuka aplikasi-aplikasi yang ada dalam smartphone anda.

  1. Two-step verification

Two-step verification adalah fitur yang dikembangkan oleh whatsapp untuk melindungi data percakapan dan akun whatsapp anda agar tidak mudah disadap orang lain. Dengan melakukan two-step verification ini, maka akan anda akan aman dari penyadapan. Anda bisa melakukan tutorial ini untuk bisa melakukan two-step verification.

  • Masuk ke setting
  • Pilih bagian akun
  • Pilih two-step verification dan aktifkan two-step verification
  • Memasukkan passcode (passcode ini seperti password)
  • Masukkan second email jika anda memang membutuhkannya
  1. Antivirus

Virus memang hal yang tidak bisa diketahui dengan hanya melihat saja, namun perlu adanya pengecekan terhadap smartphone. Untuk mengantisipasi adanya penyadapan, anda bisa menginstall anti virus untuk mengantisipasi adanya virus-virus yang bisa menyadap akun whatsapp anda.

  1. Pahami tanda tanda hp disadap

Ketika anda familiar dengan kata “sadap” maka anda harusnya lebih berhati-hati dalam menggunakan whatsapp. Anda harus memahami karakteristik mengenai smartphone yang disadap. Dengan begitu anda bisa mengantisipasi terjadinya penyadapan terhadap smartphone dan akun media sosial anda.

  1. Jangan meminjamkan smartphone ke sembarang orang

Anda harus lebih berhati-hati ketika ada orang yang tidak anda kenal meminjam smartphone anda. Bisa saja orang tersebut akan menyalahgunakan smartphone anda. Jangan pernah meminjamkan peralatan elektronik khususnya smartphone anda ke orang yang tidak anda kenal untuk menghindari adanya penyalahgunaan data. Bahkan dengan orang yang anda kenalpun, anda harus lebih berhati-hati agar data anda tidak disalahgunakan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengantisipasi agar whatsapp anda tidak disadap orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi