Sponsors Link

2 Cara Merotasi Video di iPhone dengan Aplikasi

Sponsors Link

Pernahkah Anda merasakan kebingungan mencari cara merotasi video di iPhone Anda? Hampir semua pengguna iPhone mengalami kebingungan ketika memutar video yang tidak sesuai dengan orientasi saat pertama kali merekam. Ketika Anda merekam video dengan orientasi horizontal, namun ketika Anda putar video tersebut, orientasinya berubah menjadi vertikal. Hal tersebut memang menjadi permasalahan utama bagi Anda yang gemar mengabadikan momen-momen penting untuk dibagikan ke sosial media.

ads

Namun, Anda tidak lagi perlu khawatir mengenai masalah tersebut. Ada beberapa cara yang bisa menjadi solusi untuk Anda gunakan agar dapat mengubah mode orientasi video yang Anda inginkan. Cara tersebut diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi iMovie atau aplikasi Rotate & Flip. Kedua aplikasi ini menawarkan solusi yang memudahkan Anda untuk mengatur mode orientasi video yang Anda inginkan. Berikut penjelasan bagaimana cara merotasi video di iPhone dengan menggunakan dua aplikasi tersebut.

1. Menggunakan Aplikasi iMovie

Cara pertama agar Anda dapat merotasi video di perangkat iPhone Anda adalah dengan menggunakan aplikasi iMovie. Aplikasi tersebut merupakan fitur bawaan iPhone yang dapat merotasi video yang memiliki orientasi vertical menjadi mode horizontal. Aplikasi tersebut dapat Anda download di App Store.

Perlu diketahui, dengan menggunakan aplikasi iMovie, Anda dapat mengubah mode orientasi pemutaran video dengan skala 90 derajat, 180 derajat dan 270 derajat. Bahkan dalam settingan default, Anda dapat melihat video dengan skala 360 derajat. Baca juga: Aplikasi Edit Video iPhone.

Setelah aplikasi iMovie terpasang di perangkat iPhone Anda, maka ada beberapa langkah agar Anda dapat mengubah mode orientasi pemutaran video, berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan perangkat iPhone Anda tidak terkunci dalam mode Landscape. Jika mode tersebut masih aktif, segera non-aktifkan.
  • Setelah itu, buka aplikasi iMovie untuk memulai pengubahan orientasi video.
  • Di dalam aplikasi iMovie, klik Video lalu kemudian pilih video yang ingin Anda ubah orientasi nya.
  • Setelah itu, Anda disarankan untuk memilih bagian video dan melakukan drag pada garis kuning yang terletak di pinggir bagian video.
  • Selanjutnya, klik tombol Share di bagian bawah kemudian pilih menu Create Movie. Jika Anda memiliki video yang sedang dalam proses pengubahan orientasi, klik Create New Movie.
  • Begitu Viewer Mode terbuka, letakkan dua jari Anda di layar dan lakukan gesture seperti merotasi searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.
  • Tanda panah putih akan muncul sebagai indikator arah rotasi yang Anda inginkan.
  • Setelah Anda mendapatkan orientasi video yang diinginkan, klik Done di sebelah kiri atas layar untuk menyelesaikan proses rotasi.
  • Kemudian klik Share di bagian bawah layar, lalu pilih menu Save Video.
  • Lalu setelah itu, pilih resolusi video Anda sebelum melakukan export video ke Library.
  • Setelah proses export selesai, iMovie akan memberikan notifikasi bahwa video Anda sudah tersimpan di Photo Library.
  • Untuk dapat melihat video, Anda tidak perlu masuk ke aplikasi Video di perangkat iPhone Anda karena video yang Anda inginkan sudah tersimpan di Photo Library.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Video Animasi, Tips Merekam Video dengan HP.

Sponsors Link

 2. Menggunakan Rotate dan Flip

Cara merotasi video di iPhone berikutnya dengan Rotate dan Flip. Jika Anda merasa kerepotan dengan menggunakan aplikasi iMovie untuk merotasi orientasi video yang diinginkan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi gratisan seperti Rotate & Flip. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, Anda harus terlebih dahulu mendownload di App Store. Berikut langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi Rotate & Flip untuk merotasi video di iPhone:

  • Masuk ke aplikasi Rotate & Flip,
  • Pilih video yang Anda inginkan, kemudian tekan menu Select di bagian pojok kanan atas pada layar iPhone Anda.
  • Setelah itu, Anda dapat memilih mode orientasi video yang Anda inginkan dengan menekan tombol menu di bagian bawah layar. Beberapa menu tersebut dapat mengubah orientasi video ke kiri, kanan atau secara vertikal sesuai keinginan Anda.
  • Setelah selesai melakukan pengubahan orientasi video, tekan menu Export di bagian pojok kanan atas pada layar iPhone Anda.
Sponsors Link

  • Setelah itu akan muncul kotak dialog yang akan memberikan dua pilihan Compatibility Mode yang Anda inginkan. Pilihan pertama adalah Compatible with all video players, yang artinya aplikasi Rotate & Flip akan merotasi setiap frame dalam video yang Anda inginkan. Pilihan kedua adalah Compatible with iOS and Quicktime yang berarti video yang Anda inginkan tidak dapat dilihat di perangkat pemutar video lain selain iOS dan Quicktime.
  • Lalu setelah Anda memilih Compatibility Mode yang diinginkan, notifikasi menu Share akan muncul. Pilih menu Save Video. Video yang telah diedit akan muncul di Photo Library.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terbaik AndroidCara Memindahkan Lagu dari iTunes ke iPhone.

Lalu aplikasi apa yang akan Anda gunakan untuk merotasi video di iPhone?

Semua kembali lagi kepada Anda untuk memilih aplikasi yang cocok untuk Anda. Baik iMovie mau pun Rotate & Flip sama-sama menawarkan kemudahan untuk Anda mendapatkan orientasi video yang Anda inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi