Sponsors Link

8 Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

Sponsors Link

Dengan berkembangnya zaman yang semakin maju, akan menghadirkan berbagai macam teknologi dengan jenis yang bervariasi. Dengan hadirnya smartphone, kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan segalanya bisa dibantu dengan menggunakan smartphone. Pengoptimalan smartphone bisa digunakan untuk membantu berbagai aktifitas pengguna. Dengan menggunakan smartphone, informasi yang akan didapatkan pengguna akan lebih banyak. Dalam smartphone telah dilengapi dengan berbagai fitur dengan berbagai manfaatnya. Berbagai aplikasi bisa diinstall dalam smartphone. Dengan banyaknya aplikasi yang bisa diinstall dalam smartphone menjadikan smartphone alat pintar yang paling disegani oleh penggunanya. Salah satu perangkat atau alat yang selalu dibawa kemanapun dan dimanapun oleh penggunanya.

ads

Smartphone telah dilengkapi sistem operasi yang mendukungnya. Sehingga dengan adanya sistem operasi tersebut, segala aplikasi akan bisa dijalankan dalam smartphone. Salah satu sistem informasi yang digunakan dalam smartphone adalah android. Dengan menyematkan android sebagai sistem informasi untuk smartphone, fitur smartphone bisa dijalankan secara optimal.

Permasalahan terkait play store bisa saja terjadi kapan saja. Ketika anda mengalami permasalahan dengan play store dalam smartphone anda. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi play store yang tidak bisa dibuka.

1. Play store tidak bisa dibuka karena pengaturan waktu yang salah

Sering sekali terjadi hal ini karena pengguna sering mengubah pengaturan waktu di smartphone. Itulah yang menyebabkan playstore tidak bisa melakukan sinkronisasi antara smartphone dan aplikasi-aplikasi yang sedang terhubung. Hanya karena masalah pengaturan waktu saja, ada kemungkinan bahwa anda tidak bisa mengakses play store. Namun hal tersebut tidak selalu terjadi ketika anda tidak melakukan pengaturan terhadap waktu pada smartphone. Anda bisa membenarkan pengaturan waktu pada smartphone anda dengan cara berikut:

  • Masuk ke bagian setting pada smartphone anda
  • Pilih pengaturan tanggal dan waktu
  • Aktifkan bagian otomatis tanggal dan waktu
  • Aktifkan bagian otomatis untuk time zone

2. Restart smartphone

Langkah pertama yang paling umum dilakukan oleh pengguna ketika smartphone mengalami keanehan adalah dengan melakukan pengulangan booting atau biasa disebut dengan restart. Restart ini akan memastikan bahwa sistem di dalam smartphone masih bisa digunakan ataukah sistem smartphone yang mengalami kerusakan menyebabkan Playstore tidak bisa dibuka.

Dengan melakukan restart, smartphone akan menghentikan segala aktifitas yang sedang berjalan. Dengan begitu, ketika smartphone dinyalakan kembali, aktifitas-aktifitas yang tadinya berjalan sudah dihentikan. Ketika anda selesai melakukan restart smartphone anda, anda bisa mencoba untuk mengakses play store anda kembali.

3. Log out akun google

Log out akun google Anda sebagai pengguna karena bisa saja akun Google ternyata yang sedang mengalami masalah sehingga aplikasi Play Store mengalami waktu yang lama untuk memroses akun google Anda. Waktu yang lama tersebut terkadang bisa menyebabkan lag dan tidak bisa dibuka. Ada baiknya jika anda keluar sebentar dari akun google anda. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan performa smartphone agar bisa diakses kembali bagian play storenya. Ketika anda telah keluar dari akun google yang terpasang dalam smartphone anda, anda bisa masuk kembali ke akun google yang telah anda log-out tadi. Dengan begitu, anda bisa mengakses play store anda kembali.

4. Tambahkan akun google lainnya ke play store

Cobalah untuk menambahkan akun google Anda yang lainnya untuk memastikan bahwa penyebab utama Play Store tidak bisa dibuka bukan karena akun google Anda yang awal. Hal ini bisa anda lakukan ketika anda memiliki akun google lainnya. Ketika anda hanya memiliki satu akun google, anda bisa membuat kembali akun google yang baru. Dengan begitu anda bisa mencoba apakah dengan menggunakan akun yang baru bisa masuk ke play store anda.

5. Mengubah ke mode pesawat

Ada juga beberapa alasan Play Store tidak bisa dibuka adalah karena jaringan atau koneksi yang ada pada smartphone mengalami masalah, sehingga smartphone tidak memberikan reaksi untuk membuka Play Store Anda. Anda sebagai pengguna dapat mengubah mode smartphone menjadi Plain Mode (Mode pesawat) terlebih dahulu. Dengan begitu, signal anda akan dimatikan sejenak. Hal ini untuk mengembalikan performa jaringan yang anda gunakan. Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mengakses play store anda kembali tanpa masalah.

6. Bersihkan cache yang ada di dalam smartphone Anda

Hal ini dilakukan karena ada kemungkinan aplikasi Play Store tersebut memang sedang mengalami masalah. Hal ini menyebabkan aplikasi tidak bisa membuka atau mengunduh aplikasi dengan benar. Ketika anda mengalami hal tersebut, ada baiknya jika anda menghapus data atau cache dalam aplikasi play store anda. Dengan begitu, aplikasi play store anda akan meningkatkan performanya karena cache telah anda hapus.

7. Copot pembaharuan yang ada (jika anda terlanjur melakukan update version)

Ada kemungkinan Play Store tersebut tidak bisa dibuka karena pembaharuan yang tidak kompatibel dengan keadaan smartphone. Cara yang tepat untuk mengembalikan Play Store yang tidak bisa dibuka adalah dengan mencopot pembaharan aplikasi Play Store yang sudah ada. Biarkan aplikasi Play Store Anda menjadi bentuk aplikasi seperti saat pertama kali Anda membeli smartphone.

8. Reset smartphone

Apabila segala hal yang sudah disebutkan di atas tidak memberikan hasil yang cukup memuaskan, langkah ini patut untuk dicoba. Reset smartphone tidak dilakukan dengan menggunakan pilihan menu yang biasa, melainkan dengan mode recovery. Ini akan memberi dampak pengaturan smartphone Anda akan kembali bersih saat pertama kali Anda membeli smartphone.

Dengan menggunakan beberapa cara tersebut, anda bisa mengatasi kegagalan anda dalam mengakses play store. Ketika anda telah melakukan hal-hal tersebut, anda bisa menikmati play store anda seperti sediakala. Anda harus rajin untuk mengecek atau membersihkan cookie atau cache yang ada dalam aplikasi play store anda. Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mengakses play store dengan menyenangkan. Anda bisa menikmati segala aktifitas yang disediakan dalam play store. Anda bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang anda inginkan kembali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi