Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Android Restart Sendiri Terus Menerus

Sponsors Link

Pernah mengalami smartphone Android yang restart sendiri secara tiba-tiba? Ketika sedang browsing, membalas chat, bermain game, membuka file ataupun saat akan membuka aplikasi, smartphone Android yang Anda gunakan justru mengalami restart sendiri secara tiba-tiba. Hal ini tentunya cukup mengganggu aktivitas penggunaan smartphone dan membuat panik. Apalagi jika Anda sedang membutuhkan smartphone untuk keadaan genting.

ads

Kenapa smartphone Android yang sedang digunakan, bisa mengalami restart sendiri secara tiba-tiba? Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Yuk, simak sekilas informasi berikut mengenai penyebab dan cara mengatasi Android restart sendiri.

Baca juga: Cara agar Smartphone Awet

Penyebab Smartphone Android Restart Sendiri

Smartphone Android yang mengalami restart sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan kemungkinan yang kompleks. Bisa saja smartphone me-restart sendiri karena dari satu faktor penyebab, dari sistem Androidnya sendiri atau bisa pula karena beberapa faktor yang terjadi secara bersamaan. Faktor-faktor yang sering menyebabkan smartphone Android restart sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Error ataupun kerusakan pada software atau perangkat lunak. Error pada perangkat lunak akan menyebabkan sistem pada smartphone tidak dapat berjalan dengan baik. Mulai dari tidak merespon, tidak berfungsi, hingga melakukan restart sendiri secara tiba-tiba.
  2. Kerusakan pada hardware atau perangkat keras. Bagian dari perangkat keras yang mengalami kerusakan akan menyebabkan smartphone tidak berjalan dengan baik, salah satunya adalah masalah smartphone yang me-restart sendiri secara tiba-tiba. Kerusakan pada perangkat keras ini bisa saja terjadi pada komponen internal smartphone, atau bisa juga terjadi pada kartu SIM dan kartu memori eksternal.
  3. Ada aplikasi yang crash. Apabila terdapat aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem Android pada smartphone, aplikasi bisa mengalami gangguan, keluar secara tiba-tiba (force close), crash hingga berdampak pada smartphone yang membuat smartphone ter-restart sendiri.
  4. Terlalu banyak aplikasi yang diinstall. Aplikasi yang terlalu banyak akan menyebabkan kinerja CPU, RAM dan GPU menjadi berat (overload). Smartphone yang tidak kuat untuk melakukan kerja berat dan melanjutkan proses operasi ini, akan melakukan restart secara otomatis.
  5. Panas berlebihan (overheat).
  6. Pengaturan sistem yang keliru atau tidak sesuai.
  7. Terlalu banyak sampah cache pada smartphone. Cache yang menumpuk akan menyebabkan memori menjadi penuh, serta kinerja smartphone menjadi lebih berat, sehingga smartphone mengalami restart dengan sendirinya.
  8. Ada virus pada smartphone. Saat mentransfer file maupun mendownload aplikasi dari internet yang tidak jelas sumbernya, terkadang akan menyebabkan virus jahat masuk tanpa diketahui. Virus ini dapat menyerang sistem pada smartphone. Sistem menjadi terganggu dan mengalami kerusakan dan me-restart dengan sendirinya.
  9. Sistem Android pada smartphone telah mengalami root. Root pada sistem Android memang akan memudahkan pengguna untuk merombak sistem di dalam smartphone layaknya para developer. Mulai dari menonaktifkan aplikasi bawaan, custom ROM, penambahan RAM hingga memungkinkan semua aplikasi menjadi kompatibel. Namun sayangnya, jika smartphone Android diroot, smartphone akan melemah, dapat mengalami restart sendiri hingga mengalami bootloop atau mati total.
  10. Usia smartphone yang sudah cukup tua. Smartphone yang sudah lama digunakan biasanya akan mengalami penurunan kinerja, sehingga smartphone bisa mengalami restart atau mati sendiri sewaktu-waktu.

Baca juga :

Cara Mengatasi Smartphone yang Ter-restart Sendiri

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, bagaimana cara mengatasi Android restart sendiri? Apakah langsung membawa smartphone ke service center? Sebenarnya, sebelum membawanya ke tempat service smartphone, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk memperbaikinya. Berikut adalah 12 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan memperbaiki smartphone yang mengalami restart sendiri:

1. Matikan atau Reboot Smartphone

Saat smartphone mengalami restart sendiri, matikan smartphone terlebih dahulu. Kemudian cabut baterai, SIM card serta micro SD yang sedang digunakan. Diamkan smartphone tanpa energi dari baterai untuk beberapa saat. Kemudian pasang kembali komponen tersebut dan aktifkan smartphone untuk melihat apakah masalah restart sudah teratasi. Jika masih belum teratasi, cobalah beberapa cara lainnya.

Baca juga: Aplikasi GPS Android Terbaik

Sponsors Link

2. Periksa Pengaturan Smartphone

Pengaturan pada smartphone Android memang diperlukan untuk menyesuaikan smartphone dengan pengguna agar lebih nyaman dan mudah saat digunakan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat melakukan perubahan pengaturan pada smartphone. Pengaturan smartphone Android yang tidak sesuai ataupun keliru dapat membuat sistem Android berperilaku aneh dan ter-restart sendiri secara terus menerus.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengingat kembali apakah pernah melakukan perubahan pengaturan pada smartphone. Apabila terdapat pengaturan yang sempat diubah, sebaiknya ubah kembali pengaturan tersebut ke pengaturan yang semula untuk membuat smartphone kembali berjalan normal.

Baca juga: Aplikasi Chat Buatan Indonesia

3. Unroot Smartphone

Jika smartphone Anda telah di root dan mengalami restart sendiri secara tiba-tiba, unroot dapat menjadi cara yang mutakhir untuk memperbaikinya. Melalui proses unroot, kondisi sistem Android dapat dikembalikan seperti saat sebelum diroot. Untuk menghapus proses root pada smartphone Android, Anda dapat menggunakan aplikasi unroot seperti super user (SuperSU) dan root explorer. Proses unroot tidak terlalu sulit. Misalnya, jika aplikasi yang digunakan adalah SuperSU, pertama buka aplikasi terlebih dahulu. Kemudian, pada tab setting / pengaturan, pilih “Full unroot”. Setelah melalui proses unroot, sistem Android pada smartphone akan kembali normal, dan semua hasil root akan hilang.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root

4. Install Antivirus

Smartphone yang terkena virus dapat mengalami kerusakan dan mengalami restart terus menerus. Untuk mengatasi smartphone yang ter-restart, cobalah untuk menginstall aplikasi antivirus untuk smartphone Android Anda. Ada banyak aplikasi antivirus terbaik untuk platform Android, seperti AVG, Avast mobile, Clean Master, 360 Security, dan lain sebagainya. Aplikasi ini tentunya dapat didownload dan diinstall dengan mudah melalui Google Play Store. Setelah melalui proses penginstallan, Anda dapat melakukan scanning sistem dan file pada smartphone Android Anda. Sebaiknya scanning seluruh file, baik yang terdapat dapat penyimpanan internal maupun file yang terdapat pada penyimpanan eksternal.

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik

5. Periksa Aplikasi pada Smartphone

Anda baru saja menginstall aplikasi dan kemudian smartphone mengalami restart dengan sendirinya? Periksa aplikasi yang baru saja Anda install pada smartphone. Ada kemungkinan aplikasi yang baru saja diinstall, tidak kompatibel untuk sistem Android Anda. Hal ini umumnya sering terjadi jika aplikasi tersebut tidak didownload dan diinstall melalui Google Play Store. Aplikasi yang tidak kompatibel akan membuat smartphone tidak berjalan lancar, bahkan mengalami restart sendiri secara tiba-tiba.

Sponsors Link

Selain itu, penting juga untuk melakukan pemeriksaan pada aplikasi yang memang sudah terinstall di smartphone Anda, terutama aplikasi yang bekerja di background atau di balik layar. Aplikasi ini menyebabkan beban kinerja RAM bertambah, dan dapat menyebabkan smartphone ter-restart sendiri.

Baca juga: Hp RAM Terbesar di Dunia

6. Hapus Aplikasi Tertentu

Hapus aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem Android pada smartphone Anda. Bagaimana cara untuk mengetahui aplikasi mana yang tidak kompatibel? Aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone Anda akan sering mengalami error dan force close ketika dijalankan. Ketika sudah mengetahuinya, akan lebih baik jika Anda menghapus aplikasi tersebut agar masalah smartphone yang ter-restart bisa segera teratasi.

Anda juga sebaiknya menghapus aplikasi yang jarang digunakan, dan aplikasi yang berjalan pada background. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi beban kerja memori RAM dan mengatasi masalah smartphone yang restart. Selain itu, sebenarnya dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, beban konsumsi daya akan menurun sehingga baterai smartphone juga akan lebih tahan lama. Untuk menghapus aplikasi yang tidak kompatibel, bekerja pada background, maupun jarang digunakan, Anda dapat melakukan uninstall melalui menu pengaturan dan sub menu aplikasi.

Baca juga: Cara Flash Hp Android

7. Hapus Aplikasi Game

Suka bermain game pada smartphone? Hati-hati saat menginstall aplikasi game pada smartphone. Jika game yang diinstall terlalu berat dan tidak sesuai dengan sistem pada smartphone, maka smartphone akan sering mengalami error, tidak merespon, tidak berfungsi, mengalami force close dan merestart sendiri. Hal ini dikarenakan aplikasi game tertentu dapat memberatkan beban dan kinerja CPU, RAM dan GPU. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menginstall game yang terlalu berat pada smartphone Anda. Jika sudah terinstall pada smartphone, ada baiknya aplikasi game yang berat dihapus atau di-uninstall agar smartphone tidak lagi merestart sendiri secara tiba-tiba.

Baca juga:

8. Format atau Ganti Memori Eksternal

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, kerusakan pada kartu memori eksternal dapat membuat kinerja ponsel Android menjadi bermasalah. Untuk mengetahui apakah kerusakan kartu memori yang menyebabkan smartphone Android mengalami restart, lepaskanlah kartu memori eksternal dari smartphone. Dan perhatikan perubahan yang terjadi, apakah masalah restart sudah teratasi? Apabila memang kartu memori eksternal yang menyebabkan smartphone restart sendiri, Anda dapat memformat ataupun mengganti kartu memori (microSD) yang sedang digunakan. Tentunya hal ini dilakukan setelah semua data penting yang ada pada memori ekstenal di-backup ataupun dipindahkan.

Baca juga:

ads

9. Ganti SIM card

Cobalah untuk menonaktifkan smartphone dan melepaskan SIM card yang sedang digunakan. Kemudian, aktifkan kembali smartphone tanpa SIM card. Atau ganti SIM card yang sedang digunakan dengan SIM card lainnya. Selanjutnya, lihat pengaruhnya terhadap smartphone Android tersebut. Apakah masih mengalami restart sendiri? Jika masalah restart sendiri sudah tidak terjadi lagi, maka penyebab smartphone Anda ter-restart sendiri adalah SIM card yang sedang digunakan. Hal ini cukup sering terjadi pada kasus smartphone yang mengalami restart sendiri.

Baca juga:

10. Bersihkan Cache yang ada di Smartphone

Untuk menghapus cache yang ada di dalam smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master, maupun pembersih cache lainnya. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membersihkan sampah cache yang ada di ponsel secara menyeluruh dan berkala. Jika tidak memiliki aplikasi pembersih, Anda dapat menggunakan cara manual melalui menu pengaturan.

Cara manual ini akan menghapus sampah cache yang terdapat pada aplikasi saja. Setelah masuk ke menu pengaturan, pilihlah sub menu Application dan tab All. Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan sampah cache-nya. Kemudian, pilih pilihan “Clear cache” atau “Clear data”.

Baik secara manual maupun menggunakan aplikasi, proses pembersihan cache sangat bermanfaat.  Membersihkan cache pada smartphone, dapat mengatasi dan menghindarkan smartphone dari masalah restart sendiri secara terus menerus. Pada dasarnya, membersihkan cache juga akan meningkatkan kinerja dan kemampuan smartphone Anda. Jadi, bersihkanlah sampah cache yang ada di smartphone Anda secara berkala.

Baca juga:

11. Lakukan Wipe Cache Partition

Kegiatan menginstall dan meng-uninstall aplikasi dan game akan menyebabkan banyak sampah cache dan file sementara yang tertinggal pada smartphone. Hal ini menyebabkan memori pada smartphone menjadi penuh dan smartphone menjadi tidak cukup kuat untuk menjalankan fungsinya. Seperti yang sudah disebutkan di bagian atas, smartphone yang tidak kuat menjalankan operasi akan mengalami restart sendiri secara tiba-tiba.

Wipe Cache Partition merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghapus sampah cache yang tertinggal. Opsi Wipe Cache Partition dapat diakses pada ponsel melalui recovery mode. Cara ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama-tama simpan dan salin semua data ke cloud, drive maupun memori eksternal agar tidak ada data penting yang hilang.
  • Matikan smartphone Android. Lepaskan memori eksternal dari smartphone untuk mencegah kehilangan data.
  • Masuk ke dalam recovery mode dengan cara menekan tombol volume up, home dan power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.
  • Kemudian, saat Android bergetar atau muncul robot Android pada layar smartphone, lepaskan tombol power. Hal ini akan membuat recovery mode muncul.
  • Lepaskan tombol volume up dan home.
  • Gunakan tombol volume down untuk memilih tindakan berikutnya. Pilihlah pilihan “Wipe Cache Partition”.
  • Tekan tombol home setelah melakukan pemilihan. Smartphone akan melakukan penghapusan cache dan restart secara otomatis.

Pada beberapa jenis smartphone maupun tablet Android, recovery mode diakses dengan cara serta kombinasi tombol yang berbeda-beda. Anda dapat memastikan kembali apakah kombinasi tombol ini sudah sesuai untuk jenis produk Android yang Anda miliki.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis Android

12. Lakukan Hard Reset atau Factory Reset

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan  melakukan hard reset atau factory reset pada smartphone. Cara ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dengan “ Wipe Cache Partition”, yakni dengan masuk ke recovery mode pada smartphone. Setelah masuk ke recovery mode, pilihlah pilihan “Wipe data / factory reset”.  Selain melalui recovery mode, factory reset juga dapat dilakukan melalui menu pengaturan dan sub menu backup & reset. Pilihlah pilihan factory data reset untuk melakukan reset pada smartphone.

Setelah melakukan factory reset, semua file, cache maupun aplikasi akan dibersihkan dan dihapus. Selain itu, semua pengaturan juga akan dikembalikan ke kondisi semula seperti saat baru diproduksi dari pabrik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyalin semua file penting yang ada di dalam smartphone ke memori eksternal (micro SD card) ataupun drive agar data yang penting tidak hilang, termasuk data file galeri dan data kontak nomor telepon.

Baca juga: Cara Mengatasi Lag pada Android

Demikian sekilas informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi Android restart sendiri. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mengatasi dan memperbaiki smartphone Android yang ter-restart sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi