Sponsors Link

4 Jenis Prosesor Terbaik untuk Game Android agar Tidak Lemot

Sponsors Link

Seiring berkembangnya teknologi, para vendor hp Android kenamaan seperti Samsung, Oppo, Sony, Huawei, dan lain-lain saling kejar mengejar untuk menjadi yang terbaik. Tuntutan pasar yang selalu mengingin hp android dengan kualitas terbaik mulai dari hp android segmen kelas menengah ke bawah atau low-end, segmen kelas menengah ke atas atau mid-end, sampai segmen kelas menengah atas atau high-end membuat para produsen hp android berlomba-lomba untuk memuaskan permintaan para pelanggannya.

Tak bisa dipungkiri bahwa hp sudah menjadi bagian besar dalam hidup kita. Coba bayangkan berapa lama anda menggunakan hp android anda tiap harinya? Jaman yang modern dan didukung oleh teknologi yang kian maju juga, menjadikan penggunaan hp android adalah hukum wajibnya. Hal ini kemudian melahirkan beberapa macam seri hp android dengan sasaran pangsa pasar yang bermacam-macam pula.

Contohya adalah Oppo. Vendor hp android asal Tiongkok ini kerap kali menggunakan tag line “Selfie Expert” ke dalam lini hp android rilisannya. Bukan tanpa sebab karena hp Oppo sendiri memang difokuskan bagi mereka-mereka yang menginginkan hp android dengan spesifikasi kamera yang aduhai. Salah satu hp android Oppo yang digadang-gadang punya kemampuan menjepret objek berkualitas terbaik adalah Oppo F11.

Mencari hp android dengan spesifikasi gaming yang super ngebut? Jangan khawatir, karena anda akan menemukan banyak sekali brand hp android yang menyematkan prosesor terbaik di kelasnya ke dalam lini hp android mereka. Prosesor yang mumpuni tentu akan membuat pengalaman memainkan game di hp android akan terasa lebih menyenangkan. Jika anda tertarik, anda bisa coba meminang Asus Zenfone Max Pro M2 yang merupakan seri hp android keluaran Asus dengan spesifikasi gaming ciamik. Zenfone Max Pro M2 sendiri adalah suksesor dari sang pendahulu, Asus Zenfone Max Pro M1.

Sebelum menentukan hp android dengan fokus utama kemampuan gaming yang ingin anda beli, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu prosesor yang mengotaki sebuah hp android. Hal ini penting dilakukan agar anda tak salah membeli hp android. Alih-alih mempunyai hp android khusus game yang mumpuni, anda malah membeli hp android yang lemot dan lelet sekali. Tidak lucu bukan?

Prosesor sendiri adalah chipset yang terpasang pada tiap hp android. Prosesor adalah otak dibalik kinerja hp android yang anda gunakan. Jika prosesor tidak disematkan pada hp android, mustahil bagi hp android kesayangan anda untuk bisa digunakan. Prosesor adalah komponen utama pada tiap seri hp android yang beredar di pasaran.

Mencari prosesor terbaik untuk game android bukan lah perkara sulit. Terhitung, ada banyak sekali ragam prosesor yang digunakan pada hp android. Prosesor yang dipilih tentu bukan yang abal-abal. Prosesor yang baik tentu akan memberikan pengalaman anda dalam memainkan game android berat seperti Mobile Legend atau PUBG menjadi anti lag dan lemot. Berikut adalah prosesor terbaik untuk hp yang cocok untuk game berat:

1. Snapdragon

Snapdragon adalah prosesor yang paling banyak digunakan pada berbagai seri hp android mulai dari yang low-end hingga high-end atau flagship. Snapdragon merupakan produk keluaran Qualcomm yang menawarkan berbagai macam keunggulan seperti performa yang ngebut, konsumsi daya yang hemat, hingga kualitas grafis terbaik. Semakin tinggi seri Snapdragon maka akan semakin cepat juga performa yang ia hasilkan pada hp android anda. Google Pixel 2 adalah salah satu seri flagship yang sudah menggunakan prosesor terbaru Snapdragon yaitu Snapdragon 835. Tentu, dengan prosesor jenis terbaru tersebut, pengalaman memainkan game android akan jauh dari kata lemot dan panas.

2. MediaTek

Tak kalah dengan Snapdragon, MediaTek adalah salah satu prosesor terbaik yang biasanya dipakai oleh banyak hp android. MediaTek biasanya digunakan pada hp-hp android low-end karena ia cenderung lebih murah ketimbang Snapdragon. Meski murah, bukan berarti MediaTek abal-abal. Meski beberapa tahun yang lalu prosesor ini dikenal sebagai prosesor “setrikaan“, MediaTek terus berkembang hingga menjadi lebih baik sampai hari ini.

Prosesor ini biasanya digunakan untuk pangsa pasar Asia. Contohnya adalah Xiaomi, vendor asal Tiongkok yang terkenal akan hp android murah namun dengan kualitas yang bisa diadu. Xiaomi pada beberapa seri hp android awal kemunculan mereka, kerap menggunakan MediaTek sebagai otak dari hp android jagoan mereka.

3. Exynos

Exyonos adalah prosesor yang secara ekslusif disematkan Samsung untuk lini hp android mereka. Meski begitu, Exynos juga dapat ditemui pada beberapa hp android milik vendor pesaing Samsung seperti Meizu dan Lenovo. Prosesor ini diklaim mampu memainkan game-game HD tanpa lag sedikit pun. Tercatat ada banyak sekali seri android Samsung yang menggunakan si Exynos ini.

Sebut saja lini flagship milik samsung seperti Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S9, hingga yang paling terbaru dan termutakhir, Samsung Galaxy S10 yang menggunakan prosesor ini. Penggunaan Exynos tentu menambah value sendiri pada produk keluaran Samsung sehingga ia menjadi begitu prestis. Jika anda termasuk pengguna samsung, maka berbangga lah.

4. Intel

Mendengar nama Intel, tak heran jika anda mengaitkan namanya dengan perangkap laptop atau PC. Bisa dimaklumi memang karena gaung Intel sendiri dalam dunia perponselan seakan kurang terdengar. Intel, selain memfokuskan diri mereka sebagai prosesor yang kerang digunakan pada perangkat komputer juga nyatanya menghadirkan prosesor terbaik untuk game android ke dalam beberapa seri hp android. Contohnya adalah lini Asus Zenfone yang secara konsisten menggunakan prosesor ini. Tentu, pengalaman memainkan game berat lewat Intel akan terasa sangat mengasyikkan meski pun hp android anda bukan termasuk ke dalam kelas flagship.

Demikian artikel tentang beberapa jenis prosesor terbaik untuk gaming yang biasanya digunakan pada hp android di pasaran. Penggunaan keempat prosesor terbaik di atas, tentu akan membuat pengalaman memainkan game berat dan kekinian seperti Mobile Legend dan PUBG akan semakin seru. Silakan pilih prosesor mana yang anda inginkan dan jangan sampai salah membeli, ya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi